Ruginya Tidur Setelah Subuh

Bismillah, wasshalatuwassalaamu ‘ala rasulillah wa ‘ala aalihi waman tabi’ahu biihsan ila yaumiddiin…

Ramadan telah tiba kita bersyukur kepada Allah ta’ala karena diberi kesempatan untuk bertemu dengan  bulan yang mulia ini dan menimba pahala yang banyak di dalamnya, karena itu, hendaknya kita manfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin. Hanya saja ada satu kebiasaan buruk yang menjamur, terutama di bulan Ramadhan. Kebiasaan itu adalah tidur di waktu pagi. Ada banyak hal yang menjadi sebab kita tidur pagi. Diantaranya karena sebagian kita tidak terbiasa bangun untuk sahur atau karena sahur terlalu dini di tengah malam atau karena makan sahur terlalu banyak, dan sebab lainnya. Lalu  apakah kerugian tidur diwaktu pagi? Mari kita simak  tulisan barikut.

  • Kehilangan barakah pagi hari

Sebagaimana terdapat dalam Sunan Tirmidzi dan Sunan Abu Daud dan lainnya dari hadis Sakhr bin Wada’ah al Ghamidi radliyallahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka”. Ini adalah doa yang agung yang  Rasulullah panjatkan agar umatnya memberi perhatian yang besar kepada waktu pagi.¹

  • Bisa ketinggalan waktu shalat subuh

Tidak sedikit dari kita tidur setelah sahur sehingga hal ini bisa menyebabkan ketinggalan jamaah shalat subuh (bagi laki-laki) atau bahkan kehilangan waktu shalat subuh.

  • Menyelisihi kebiasaan para salaf

Sebagian ulama salaf membenci tidur setelah shalat subuh.

Dari ‘Urwahin bin Zubair, beliau mengatakan, “Dulu Zubair melarang anak-anaknya untuk tidur di waktu pagi

Urwah mengatakan, “Sungguh jika aku mendengar bahwa  seorang itu tidur di waktu pagi maka aku pun merasa tidak suka dengan dirinya”. [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no 25442 dengan sanad yang sahih].

Yang dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat adalah setelah mereka melaksanakan shalat subuh  mereka duduk di masjid hingga matahari terbit.

Dari Sammak bin Harb, aku bertanya kepada Jabir bin Samurah, “Apakah anda sering menemani duduk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?”. jawaban Jabir bin Samurah, “Ya, sering. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah meninggalkan tempat beliau menunaikan shalat shubuh hingga matahari terbit. Jika matahari telah terbit maka beliau pun bangkit meninggalkan tempat tersebut. Terkadang para sahabat berbincang-bincang tentang masa jahiliah yang telah mereka lalui kemudian mereka tertawa-tawa sedangkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya tersenyum-senyum saja mendengarkan hal tersebut” (HR Muslim).

Skakhr al Ghamidi mengatakan, “Kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika mengirim pasukan perang adalah mengirim mereka di waktu pagi”.

Shakhr al Ghamidi adalah seorang pedagang. Kebiasaan beliau jika mengirim ekspedisi dagang adalah memberangkatkannya di waktu pagi. Akhirnya beliau pun menjadi kaya dan mendapatkan harta yang banyak. Hadits di atas diriwayatkan oleh Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah namun ada salah satu perawi yang tidak diketahui. Akan tetapi hadits ini memiliki penguat dari Ali, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud dll.²

  • Membuat malas dan melemahkan badan

Ibnul Qayyim ketika menjelaskan masalah banyak tidur, beliau menyatakan bahwa banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu. Beliau rahimahullah mengatakan, : “Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan. Banyak tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulkan bahaya bagi badan. Tidur pagi juga Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. (Zaadul Ma’ad, 4/222)

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.” (Miftah Daris Sa’adah, 2/216). Amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula.³

  • Pagi adalah waktu dibaginya rizki

Imam Ibnul Qayyim mengatakan dalam kitabnya Zaadul Ma’aad, bahwasannya orang yang tidur di pagi hari akan menghalanginya dari mendapatkan rizki. Karena waktu subuh adalah waktu di mana makhluk mencari rizkinya, dan pada waktu tersebut Allah membagi rizki para makhluk.

Dan beliau menukil dari Ibn ‘Abbas radliyallahu ‘anhu bahwasannya dia melihat anaknya tidur di waktu pagi maka ia berkata kepada anaknya ‘bangunlah engkau! Apakah kamu akan tidur sementara waktu pagi adalah waktu pembagian rezki? ¹

Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang shalih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barakah (banyak kebaikan).” (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah).³

Semoga Allah selalu memberi taufiq dan hidayahnya kepada kita semua.

Wa shallaatu wassalaam ‘ala anbyai wal mursaliin wal hamdulillahi rabbil ‘aalamiin

***
muslimah.or.id
Penulis: Ismiati Ummu Maryam
Murajaah: Ustadz Ammi Nur Baits

Maraji’ :

  1. Syaikh prof. ‘Abdurrazaaq al-Badr, syarah  hadist doa subuh. Mp3
  2. Tegar diatas Sunnah, blog Ustadz Aris Munandar. Hukum tidur setelah subuh
  3. mengenal ajaran islam lebih dekat,disusun oleh Muhammad ‘Abduh Tuasikal.ST. Kebiasaan tidur pagi ternyata berbahaya
Donasi dakwah YPIA

24 Comments

  1. Rafika says:

    Artikel yang sangat bagus umm, ternyata sayang sekali jika kita tidur diwaktu subuh. syukron
    ijin share ya umm

  2. shidqi says:

    yah bener juga sih ,
    tidur pagi memang membuat kita semakin malas dan seperti g da kehidupan,q nih jagonya tidur pagi loh!
    tapi insyaallah setelah q baca artikel ini q mencoba untuk tidak tidur pagi……….
    makasih atas nasehatnya!

  3. jasmine hanifah says:

    Bgmn dg org yg harus bkerja dari sore hingga dini hari dan baru mpy wktu tidur stelah subuh hingga siang hari? Bgmn sebaiknya, pengaturan waktu tidurnya?

    Syukron

  4. Mira says:

    Subhanalloh ternyata tidur d pagi hari tidak membawa manfaat,, Sukron ya

  5. Hesti Hasan says:

    ternyata tidur dipagi hari menutup rezeki yang sebenarnya jadi milik kita….syukron

  6. nurjannah says:

    syukran y ats pengetahuannya smga mnjadi titik awal bgi ana n qt smua tuk tetp terjaga setelah shalat subuh..

  7. nurjannah says:

    syukran y ats pengetahuannya smga mnjadi titik awal bgi ana n qt smua tuk tetp terjaga setelah shalat subuh..
    izin share y…

  8. ummul fadhl says:

    Alhamdulillaah, penjelasan yang khoir dan bermanfaat. Baarokallohu fiikum,semoga penulis dan segenap pengasuh muslimah.or.id dan para pembaca semakin bersemangat mengenal diinnya, dan mendapat taufik mengamalkan ilmunya.

  9. firha says:

    wahh…. artikelnya bagus, saya suka sekali. Akhirnya saya tahu kalau ternyata tidur setelah sholat subuh itu tidak baik. Jazakillahhu khairan..yaa…

  10. sitti nurhidayah says:

    assalamualaykum,
    makasih sharenya. izin copas ya buat kasih tau temen2 yg lain .

  11. Rizka says:

    Assalamu’alaikum..
    izin share ya,.. syukron katsiron

  12. faiza says:

    nice post.

    visit me yap….
    click here

  13. arif says:

    pagi hari adalah saat yg tepat utk memperoleh berbagai inspirasi secara lbh jernih :)

  14. nency says:

    pepatah juga mengatakan, klu tidur pagi rizkinya bisa di dahului oleh ayam, alis di makan sm ayam duluan,,,heheee

  15. sofyan hadi says:

    emang bener tu semua , kita tidak boleh meragukan karna tu mang adanya

  16. lee pay q says:

    kalau kata orang tua dulu tidur di pagi hari rezekinya di patol ayam

  17. Terima kasih Ukhti, tulisannya sangat bermanfaat. Jazakillah khairan

  18. rey says:

    kalo misalkan ada org yang masih belum mempunyai pekerjaan
    setelah solat subuh dia mengaji beberapa ayat terus hal yang paling baik dia lakukan setelah semua nya apa?
    terima kasih

  19. Afni Nasuton says:

    di dalam artikel diatas ada diktakan bahwa tidur di pagi hari dapat menutup hati kita.
    maksud dari menutup hati tu bagai mana?
    maksudnya hati kita yang tertutup itu, kita menjadi bodoh kah, atau yang bagaimana?
    saya senang dah bisa baca itu, dan mudah-mudahan saya tidak membiasakan diri saya lagi untuk tidur di pagi hari.
    “syukron katsiron”

  20. Ama na Fatimah says:

    Adakah cara agar kita bisa tahan kantuk? Hampir tiap hari tidur setelah subuh, karena selalu tidak bisa tidur di awal malam.

    hatur nuhun

  21. fauzy says:

    yaaaa bner bnget tuh…klo Qta udh dpet yg nmanya tdur pgi,ketika bangun nnti,psti males ngapa-ngapain.lagian kta orang dlu niii.. klo Qta tidur pagi,rizkinya…keburu kepatok ayam…

  22. solikhun says:

    Alhamdulillah, diberi peringatan
    Insya Allah aq akan lbh giat di pagi hari, gak pakai tidur-tiduran,
    biar ternakku lebih berhasil, banyak rizki, amiiin

Leave a Reply