Tuntunan Pemberian Nama (Nama-Nama yang Disunnahkan)

Nama-Nama yang Disunnahkan untuk Diberikan kepada Bayi: Nama Abdullah dan Abdurrahman berdasarkan hadits yang diriwayatkan Muslim dalam Kitab Shahihnya dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi …

121 61

Nama-Nama yang Disunnahkan untuk Diberikan kepada Bayi:

  1. Nama Abdullah dan Abdurrahman berdasarkan hadits yang diriwayatkan Muslim dalam Kitab Shahihnya dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

    إِنَّ أَحَبَّ أَسمَائِكُمْ إِلَى اللَّهِ عَبدُاللَّهِ وَ عَبدُ الرَّحْمَنِ

    “Sesungguhnya nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman.” (HR. Muslim no. 2132)

    Karena nama tersebut adalah nama terbaik, sampai-sampai di kalangan para sahabat terdapat sekitar 300 orang yang bernama Abdullah.

  2. Nama yang menunjukkan penghambaan diri terhadap salah satu dari nama-nama Allah ‘Azza wa Jalla, seperti Abdul Malik, Abdul Bashiir, Abdul ‘Aziz dan lain-lain.Namun perlu diketahui di sini bahwa hadits, “Sebaik-baik nama adalah yang dimulai dengan kata “Abd (hamba)” dan yang bermakna dipuji” bukanlah hadits shahih bahkan tidak diketahui darimana asal-usulnya sebagaimana dijelaskan oleh para ulama.
  3. Bernama dengan nama para nabi dan rasul. Mereka adalah orang-orang yang memiliki akhlak yang paling mulia dan memiliki amalan yang paling bersih. Diharapkan dengan memberi nama seorang anak dengan nama nabi ataupun rasul dapat mengenang mereka juga karakter dan perjuangan mereka. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri juga pernah menamakan anaknya dengan nama Ibrahim, nama ini juga beliau berikan kepada anak sulung Abu Musa radhiallahu ‘anhu dan beliau juga menamakan anak Abdullah bin Salaam dengan nama Yusuf.Adapun hadits tentang keutamaan orang yang bernama Ahmad atau Muhammad tidak ada yang shahih. Ibnu Bukair al-Baghdadi menyusun sebuah kitab tentang keutamaan orang yang bernama Ahmad atau Muhammad, dan pada kitab tersebut beliau menyertakan 26 hadits yang tidak shahih. Wallahu a’lam.
  4. Memberi nama dengan nama orang-orang shalih di kalangan kaum muslimin terutama nama para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dalam sebuah hadits shahih dari al-Mughirah bin Syu’bah radhiallahu ‘anhu dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Mereka dahulu suka memakai nama para nabi dan orang-orang shalih yang hidup sebelum mereka.” (HR. Muslim no. 2135)
  5. Memilih nama yang mengandung sifat yang sesuai orangnya (namun dengan syarat nama tersebut tidak mengandung pujian untuk diri sendiri, tidak mengandung makna yang buruk atau mengandung makna celaan), seperti Harits (orang yang berusaha) dan Hammam (orang yang berkeinginan kuat).Diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan sanad yang dha’if dari Abu Wahb al-Jusyami bahwasannya nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pakailah nama para nabi, nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman, yang paling benar adalah nama Harits dan Hammam dan yang paling jelek nama Harb dan Murrah.” (HR. Abu Daud dan An Nasai. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi sebagaimana disebutkan dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1977)

Pembahasan kami sebelumnya:
Pilihlah Nama Terbaik Untuk Buah Hati Anda
Waktu Pemberian Nama bagi Buah Hati
Tuntunan Pemberian Nama (Pendahuluan)

***
Artikel muslimah.or.id
disusun ulang oleh tim muslimah.or.id dari Buku Ensiklopedia Anak Tanya Jawab Tentang Anak Dari A sampai Z karya Abu Abdillah Ahmad bin Ahmad Al-Isawi

Sebarkan!
510 1 0 0 0 51
In this article

Ada pertanyaan?

61 comments

  1.    Reply

    Assalamu’alaikum
    Bagaimana dengan nama Azra Hamdallah untuk anak perempuan? Apakah nama ini bermasalah dari segi makna ataupu kaidah pemberian nama sesuai syariah?

  2.    Reply

    Assalamualaikum
    Saya mempunyai anak yang baru lahir,saya memberi nama anak saya Muhammad Radja Alkhalifi,ada yang bilang nama tersebut berat buat anak saya?benar atau tidak y?tapi saya suka karna nama tersebut mempunyai arti pemimpin yang baik hati.mohon penjelasannya.tolong y.was

  3.    Reply

    kira kira nama yang bgus d antara nama ini
    Queena Tasyifa
    Hafizah Khalisa Sashira
    Raisya Kayla Sashira

    Mohon solusix

  4.    Reply

    saya bingung dng nama anak saya.skrang umurnya sudah satu bulan.sy udah pernah memberikan nama,tp bnyak yg keberatan dng nama pemberian sy
    Hafizah Khalisa sashira
    dan Raisya Kayla Sashira

  5.    Reply

    ada yang tau arti nama al ?

  6.    Reply

    terima kasih ya !

  7.    Reply

    harus itu !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8.    Reply

    @dewicitra:apa bener hadis itu?bukankah sahabat banyak yang tidak menamai anaknya dengan nama muhammad/ahmad begitu pula cucu nabi (hasan dan husein)

  9.    Reply

    namaku ada abdurrahmannya oya kunjungi blogku ya inginmenjadimubaligh.blogspot.com

  10.    Reply

    Assalamualaikum.Wr.Wb..
    Jika nma anak perempuan Queena Alnayra Setiawan” apakah boleh.. Trimakasih.. Wassalam.Wr.Wb..

  11.    Reply

    jika anak laki2 diberi nama Al Ahza apa dibolehkan??

    terimakasih

  12.    Reply

    Assalamu’alaikum warahmatullahiwabaraktuh….
    minta tolong daftar nama-nama anak menurut Al-Qur’an dong
    Wassalam

  13.    Reply

    Maaf ne mau nanya penggabungan nama orang tua buat anak yg pantas apa ya buat buah hati kami yg akan lahir…
    Nama ayah ade dermawan
    Nama ibu Amilatun Fatikha

  14.    Reply

    Assalamu alaikum Wr.Wb.
    Saya rencananya mau memberikan nama calon anak laki2 saya dgn nama Muhammad alif al azzam.
    Apakah termasuk yg dianjurkan dalam Islam? susunan nya sudah benar ato belum? mohon penjelasannya,
    Terima Kasih,

  15.    Reply

    apa saja arti dari nama saya????????

  16.    Reply

    Assalam…
    Saya kan lagi di suruh untuk mencarikan nama bayi lali – laki. Menurut Anda.Bayinya saya namain Habibi Majib Abdullah bagus tidak ??

  17.    Reply

    wah bagus sekali ini baru inspirasi yg sangat bagus

  18.    Reply

    Assalamu alaikum Wr.Wb.
    saya M Okto saya mau memberikan nama anak yaitu muhammad ammar mahdi apakah itu nama yang baik artinya ?? kalau susunannya apakah sudah benar ??? dan bagaimana apabila ditambah abdullah dan Abdurrahman dibelakangnya ?? mohon sarannya

  19.    Reply

    asaalamu’alaikum

    saya pernah baca buku tentang pemberian nama pada anak (lupa judul bukunya)
    dalam buku itu dituliskan juga hadist yang intinya bahwa orangtua yang memiliki anak laki-laki namun tidak memberi nama Muhammad atau Ahmad, maka orangtua itu termasuk bodoh.
    sahihkan hadis tersebut?
    tolong donk, kalau sahih saya minta hadistnya secara lengkap.

    Terima kasih

  20.    Reply

    nama anak saya zivano auba azzawa…bolehkah….?

  21.    Reply

    Artikel tersebut sama sebagaimana yang telah kami baca juga dalam Kitab Tuhfatul ahkam bi ahkamil maulud karya Ibnul Qayyim Al jauziyah. Alhamdulillah artikel tersebut sangat membantu dalam memberikan nama untuk anak kamiyang telah kami tunggu-tunggu selama 12 tahun.
    Baarakallahu fiyk.

  22.    Reply

    Sebenarnya arti kata Al dalam nama2 islam (mis: al-amin, al-mughirah) itu apa ya?

  23.    Reply

    Arti nama Milatul Ulya apa ya? Terimakasih sebelumnya…

  24.    Reply

    Orang tua saya menginginkan saya memberi nama anak saya
    “Radinal Akbar” kira-kira apa artinya ya

  25.    Reply

    klo saya mau beri nama anak saya misal laki2 saya beri nama Muhammad larizki minallah giman boleh tidak???karena saya mau beri nama ke anak itu rencananya

  26.    Reply

    assalamualaikum
    Saya mau ngasih nama anak saya

    ABDURRAHMAN FARID ATTALLAH

    Apa artinya

  27.    Reply

    Assalamu’alaikum,
    Saya ingin bertanya nama apa sajakah yg mengandung pujian untuk diri sendiri? mohon untuk diberikan contoh dan penjelasannya. Terima kasih.

  28.    Reply

    bolehkah menambahkan nama lain dibelakang nama abdullah atau abdurrahman, seperti abdullah shalih atau abdullah fauzan?apakah yang demikian itu juga termasuk nama yang dicintai Allah?

    1.    Reply

      @ Ummu Fauzan
      Yang dipraktekan oleh para sahabat adalah memakai nama dengan satu kata. Misalnya Abdullah, Abdurrahman saja dan demikianlah nama-nama yang dicintai Ar-Rahman.

  29.    Reply

    Bagaimana dengan nama Abror? Bolehkah?

  30.    Reply

    Alhmdllah…ada tuntuan dalam pemberian nama utuk mujahid kecil kita..:)
    izin share ya..

  31.    Reply

    Assalamualaikum Wr,Wb,
    Saya rncananya memberikan nama anak perempuan saya dgn nama Aleesya Qurratuain,
    Apakah termasuk yg dianjurkan dalam Islam?
    Thx

  32.    Reply

    Assalamu’alaikum,ada seorang pria bernama ‘nurul soimun’,dia merasa minder dengan namanya sendiri karena seperti nama wanita,terus dia ingin ganti namanya sendiri.dia termasuk durhaka pada ortunya atau tidak karena dia sempat debat karena nama itu?mohon solusinya

  33.    Reply

    saya pernah baca dan mendengar untuk nama anak laki – laki yang menggunakan kata AFFLAH tdk dianjurkan dalam Islam,benar kah..? Mengapa?

    1.    Reply

      @ Dessy
      Beriku ini jawaban Ust.Aris Munandar
      Benar, hukumnya makruh karena Nabi shallallahu’alaihi wasallam melarangnya.

  34.    Reply

    Ma’af,Menurut P.Ustadz nama “NABIL ATIQ MUBAROK’termasuk baik atau makruh.

  35.    Reply

    kita memanfaatkan media masa untuk jalan dakwah kita mudah2n bermanfaat.amin……………..saya pribadi sngt snang dengan yang anda lakukan berbagib pengetahuan ttng ajaran islam

  36.    Reply

    iya makasih banget atas bahasan yg telah anda paparkan ,mrpkn sumbangan kajian tntng pendiudikan islam

  37.    Reply

    mau menayakan anak saya perempuan saya beri nama ATHAFAIZA AZZAHRA mohon artinya apa ya…terimakasih

    1.    Reply

      @ Sahabat
      Hendaknya orangtua tidak memberi nama kepada anaknya kecuali telah mengetahui arti nama tersebut.

  38.    Reply

    izin copas,syukron

  39.    Reply

    kalo memberikan nama Hildan Almasih boleh gak ya?
    apa sih arti Almasih?

    1.    Reply

      @ Yardan
      Al masih berasal dari kata masaha artinya mengusap, membasuh, membelai. Kami sarankan hendaknya memberi nama anak dengan nama yang dianjurkan dalam islam dan memiliki arti yang benar.

  40.    Reply

    Semoga nama-nama yang diberikan sudah merupakan salah satu dari anjuran di atas.
    AAmiin

  41.    Reply

    Assalamu alaikum Wr.Wb.
    Ana Ummi Hafizah, nama anak saya St.Hafizah Faisal,truz anak sy sering sekali sakit&kata org2 namanya harus dganti krn tdk baik.mohon penjelasannya?

    1.    Reply

      @ Ummi Hafidzah
      Wa’alikumussalam,
      Tidak ada kaitan antara nama anak dengan kondisi kesehatannya. Anak sakit karena terkena penyakit bukan karena namanya. Jadi jika kita megkaitkan sesuatu yang tidak ada kaitannya maka ini termasuk tathayyur dan hukum tathayyur adalah haram karena termasuk perbuatan syirik.

  42.    Reply

    sepertinya pedoman di atas mudah dipraktekkan terhadap anak laki2. Bagaimana petunjuk pemberian nama anak perempuan yg sunnah?

    1.    Reply

      @ Abu Khansa
      Pembahasan diatas memang kebanyakan ditujukan untuk anak laki-laki. Namun jika hendak menamai anak perempuan maka tinggal mengganti dhamir (kata ganti) menjadi dhamir perempuan. Misalnya Abdullah (untuk laki-laki) menjadi Amatullah (untuk anak perempuan), Abdurrahman menjadi Amturrahman dst. Dalam kaidah bahasa arab biasa disebut isim mudzakkar (nama yang menunjukkan laki-laki) dan muannats (nama yang menunjukkan perempuan). Atau bisa juga menamai anak perempuan dengan nama-nama shahabiyyah, istri-istri Nabi shallallahu’alaihi wasallam serta istri-istri para nabi yang tentunya beriman.

  43.    Reply

    Izin share ya umm

  44.    Reply

    nama calon anak anak ‘Ukasyah Abdurrohman Habibie… bolehkah?