Pilihlah Nama Terbaik Untuk Buah Hati Anda

Al-Ism (nama) berasal dari kata al-wasm yang artinya pertanda atau lambang. Hal ini banyak tercantum dalam Al-Quran seperti firman Allah Ta’ala ,

Hai Zakariya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.” (QS. Maryam: 7)

Ada yang berpendapat kata al-ism berasal dari kata al-sumuw yang artinya al-‘uluw (tinggi). Akan tetapi tidak masalah menggabungkan dua makna ini terutama ketika nama itu diberikan kepada anak Adam dari kalangan kaum muslimin. Dengan demikian nama tersebut sebagai pertanda yang tinggi (luhur) untuk dirinya.

Hakikat dari nama bayi adalah sebagai identitas dan tanda pengenal yang dapat dibedakan sesuai dengan kemuliannya sebagai anak Adam dan sebagai kaum muslimin. Oleh karena itu, para ulama sepakat menetapkan wajibnya memberi nama kepada laki-laki atau perempuan. Nama juga memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap akhlak dan cara hidup umat ini.

Keterkaitan Seseorang dengan Namanya

Tidak disangsikan lagi bahwa terdapat keterkaitan antara arti sebuah nama dan orangnya sebagaimana dijelaskan oleh dalil syar’idan atsar, di antaranya sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أَسلَمُ سَالَمَهَا اللَّهُ وَ غِفَارُ غَفَرَ اللّهُ لَهَا وَعُصَيَّةُ عَصَتِ اللَّهَ وَ رَسُولَهُ

Aslam (nama orang -ed) semoga Allah mendamaikan hidupnya, Ghifaar (nama orang -ed), semoga Allah mengampuninya dan ‘Ushayyah (nama orang -ed) telah durhaka terhadap Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikian juga sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau melihat Sahl bin Amr datang pada hari perjanjian Hudaibiyah,

سَهلَ أمْرَكُمْ

Urusan kalian menjadi sahl (mudah).” (HR. Bukhari)

Rasulullah juga memberikan kepada Abul Hakam bin Hisyaam dengan julukan (kunyah) Abu Jahal. Sebuah kunyah yang sesuai dengan orangnya dan ia adalah makhluk yang paling berhak mendapatkan kunyah ini. Demikian juga kunyah Abu Lahab yang diberikan kepada Abdul ‘Izza karena ia akan di tempatkan di dalam neraka yang memiliki lidah api.

Juga perhatikan hadits Sa’id bin Musayyib dari ayahnya dari kakeknya, ia berkata, “Aku pernah menghadap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bertanya kepadaku, ‘Siapa namamu?’ Ia menjawab ‘Namaku huzn (kasar atau sedih).’ Beliau kembali bersabda, ‘Ganti namamu dengan nama Sahl (mudah).’ Ia berkata, ‘Aku tidak akan menukar nama yang telah diberikan oleh ayahku.’ Ibnu Musayyib berkata, Sejak saat itu sifat kasar senantiasa ada di keluarga kami.” (HR. Bukhari)

Maka pilihlah nama yang terbaik untuk buah hati anda.

***
Artikel muslimah.or.id
disusun ulang oleh tim muslimah.or.id dari Buku Ensiklopedia Anak Tanya Jawab Tentang Anak Dari A sampai Z karya Abu Abdillah Ahmad bin Ahmad Al-Isawi

Donasi dakwah YPIA

33 Comments

  1. Muhammad Yusuf says:

    Dari sekian banyak nama-nama yg ada, manakah yg terbaik u/ anak laki dan anak perempuan? terimakasih.

  2. Bunda Nabil says:

    bagaimanakah dengan istilah masyarakat tentang keberatan Nama? Apakah benar dalam islam ada hal seperti itu? Syukron..

  3. wati rizal says:

    kami telah memberikan nama kepada ananda kami Annisa Jaziilah, yg arti yg kami dpti di buku adalah wanita baik yg menyukai berbuat kebaikan, mohon penjelasan apakah nama tsb baik sebaik arti yg kami baca dr ref? terima kasih

  4. Ummu Qoim says:

    Copas juga yah…

  5. hendra wijayana says:

    mengenai nama selain non arab yg menjadi ciri orang kafir menurut artikel sebelumnya sy koq kurang setuju klo memang di haramkan mana dalilnya karena nama sy juga non arab pakah islam itu harus arab buklan kah islam itu rahmatan lil alamin? mhn penjelasannya trims.

    • @ Hendra
      Mohon untuk diperhatikan bahwa yang diharamkan adalah nama non arab dan menjadi ciri khas orang kafir. Sehingga tidak semua nama non arab itu haram karena tidak semua nama non arab itu ciri khas orang kafir. Demikian semoga menjadi paham.

  6. iptek says:

    thanks infonya…salam kenal

  7. oseavanty says:

    assalamu’alaikum.
    nama saya termasuk ke dalam nama non arab dan identik dgn orang kafir.
    menurut ortu saya, mereka hanya ingin memberi nama yang indah kpd putri mereka shg dipilihlah nama bunga mawar.
    saya diberi nama mawar dlm bhs inggris sdngkn adik saya diberi nama mawar juga tetapi dlm bhs arab.
    bgmn menurut anda?
    barokallohu fiikum
    wassalam

  8. ponakan saya perempuan diberi nama Nurul Namira Fiqri dan yang laki-laki bernama Tsaqif Khumeidi Aziz.
    mohon pencerahan atas nama-nama tersebut & syukron.

  9. kristian says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    setelah baca ini,saya jadi ga pede karena nama saya non muslim banget.tapi mudah2an ga merepresentasikan sesuatu yg negatif.
    Wassalam

  10. n_riskia says:

    beri kan nama yang bagus pada anak saya menurut agama islam

  11. Helmiati says:

    ada juga keterangan yang menyatakan bahwa, al-ism ad-du’a, nama itu adalah do’a bagi pemiliknya. jadi hendaknya setiap orang tua memilihkan nama yang terbaik, yang memiliki makna baik dan mulya untuk buah hatinya, agar ia tumbuh menjadi anak yang baik dan mulya sesuai namanya..

  12. Ibnu Darwin says:

    ukhti, ana mau nanya tentang kunyah nih..
    bedanya Abu dengan Abul apa ya ??
    atau sama aja ??
    jazakillahu khayran

  13. aldy marzelino says:

    Aslmk wr…Dari sebanyak_banyaknya nama wanita yg dicintai allah nama yg seperti apakah wslm.

  14. Rian says:

    nama yang baik menurut kita belum tentu baik menurut allah.
    tapi yang baik menurut allah sudah pasti baik menurut kita

  15. dwi febrianti says:

    tolong kasih tau nama yang baik untuk wanita dong beserta ari namanya

  16. SULKHAN FAIHARI says:

    Ayaatul Husna Artinya apa?

  17. najhan says:

    saya ingin tahu arab yg anda tulis diatas “Rasulullah juga memberikan kepada Abul Hakam bin Hisyaam dengan julukan (kunyah) Abu Jahal. Sebuah kunyah yang sesuai dengan orangnya dan ia adalah makhluk yang paling berhak mendapatkan kunyah ini. Demikian juga kunyah Abu Lahab yang diberikan kepada Abdul Izza karena ia akan di tempatkan di dalam neraka yang memiliki lidah api.

    Juga perhatikan hadits Said bin Musayyib dari ayahnya dari kakeknya, ia berkata, Aku pernah menghadap Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bertanya kepadaku, Siapa namamu? Ia menjawab Namaku huzn (kasar atau sedih). Beliau kembali bersabda, Ganti namamu dengan nama Sahl (mudah). Ia berkata, Aku tidak akan menukar nama yang telah diberikan oleh ayahku. Ibnu Musayyib berkata, Sejak saat itu sifat kasar senantiasa ada di keluarga kami. (HR. Bukhari)”
    kalau bisa pengambilannya dikitab apa.
    atas perhatiannya saya ucapkan banyak2 terima kasih

  18. edi putra says:

    Assalamu’alaikum..
    Bagaimana tata cara menganti nama yang disyari’atkan, seminsalkan nama yg makruh atau nama yg haram diganti ke nama yg di anjurkan/sunnah..syukron

    • @ EdiPutra
      ??????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????
      Cara mengganti nama tentunya seperti halnya memberi nama. Memanggil orang tersebut dengan nama yang baru (yang disunnahkan)bila perlu merubah akta kelahiran sesuai dg nama yang baru.

  19. juhari says:

    assalamualaikum wr. wb
    saya mao bertanya kepada bapak/ibu..
    saya ingin memberi nama anak saya
    MUHAMMAD LUQMAN NUL HAKIM
    apakah nama ini diperbolehkah atau diharamkan??
    terima kasih.
    saya mengharapkan jawabannya segera.
    wassalamualaikum wr. wb

  20. deni sanjaya says:

    bagaimana dengan nama AQEEL ALFARO

  21. sabrina fara says:

    ass saya ingin tahu apa arti nama saya zabrina za farany hasana

  22. alvionita says:

    Nama anak saya adalah Muhammad Yusuf Ibrahim,, saya berharap kalak anak saya menjadi anak laki2 yg tampan cerdas n bijaksana,, tp bnyak yg menentang katanya keberatan nama, nama 3 nabi di pake semua,, tolong kasih penjelasanya,,, trimksh

  23. ana says:

    Assalamu’alaikum
    Saya berencana mmberi nama anak laki2 saya fakhrie al qurrohman, apakah artinya? Karena setiap saya mncari arti kata qurrohman susah skali,,
    Mohon bantuannya, krna suami saya brnama taufiqurrohman dan ingin skali memakai nama qurrohman di akhiran nama anak saya nanti. Terima kasih

  24. Syamsul says:

    Assalamu Alaikum Wr. Wb.

    Mohon penjelasannya. Saya memberi nama anak perempuan saya dengan nama “MIRZA HAFIZAH”, yang sekarang usianya sudah 22 bulan pada 7 Desember 2013 dan genap 2 tahun pada tanggal 7 Februari 2014 nanti, Insya Allah.

    Saya baru menyadari kalo nama MIRZA itu diperuntukkan untuk nama laki-laki. Menurut pandangan Anda bagaimana seharusnya saya menyikapi hal tersebut. Ada saran dari keluarga untuk menggantikan nama anak perempuan saya tersebut. Tolong pandangan dan sarannya.

    Thank, Wassalam…

  25. yeni says:

    ???????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????
    Ingin bertanya, nama anak pertama kami Asma Amatul-a’la. Setahu kami amatul-a’la sama artinya dg abdullah. Namun bgmn jika penulisan pd akte dll dipisah mjd Asma Amatul A’la, apakah merubah artinya? Syukron.

  26. yana says:

    ???????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????
    ‘afwan jika anak laki-laki ber-kunyah kepada ayah itu ibnu ya?
    Kalau anak perempuan ber-kunyah kepada bapak itu di sebut apa?
    Syukron

  27. […] kami sebelumnya: Pilihlah Nama Terbaik Untuk Buah Hati Anda Waktu Pemberian Nama bagi Buah Hati Tuntunan Pemberian Nama […]

Leave a Reply