Rambut Rontok Berjilbab, Siapa Takut !!!

Penulis: Ummu Salamah

Bagi wanita, rambut adalah mahkota tubuh. Akan tetapi, bagi wanita berjilbab rambut merupakan salah satu aurat yang harus ditutupi. Kendati demikian, bukan berarti rambut wanita berjilbab tidak dirawat, bahkan justru harus lebih diperhatikan. Jika terlalu sering ditutup rambut akan lembab dan “kepanasan” sehingga bisa menimbulkan kerontokan dan mengundang ketombe.


Sebenarnya kerontokan merupakan proses alamiah bagi rambut. Akan tetapi, jika berlangsung terus-menerus, kerontokan akan mengakibatkan kebotakan. Jika kerontokan rambut berkisar antara 80 hingga 100 helai per hari, ini masih dianggap wajar. Tetapi jika melebihi 100 helai rambut per hari, baru dikatakan tidak normal.

Kerontokan Rambut dan Penyebabnya

Banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Di antaranya pemakaian sampo yang tidak tepat, sering dikuncir, atau langsung mengenakan jilbab segera setelah keramas tanpa mengeringkannya dulu.

Selain itu, pemakaian obat-obatan yang salah juga bisa menyebabkan kerontokan, terutama dari jenis obat yang berfungsi mencairkan darah. Penyakit juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut di antaranya adalah tifus, penyakit yang timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, atau penyakit yang kekurangan berbagai zat penting seperti Zinc (terkadang dijumpai pada vegetarian). Ketegangan atau tekanan jiwa (stres), dan gangguan psikis lainnya juga bisa menjadi sebab terjadinya kerontokan rambut.

Tips Merawat Rambut

Rambut yang sering ditutupi jilbab biasanya mudah berkeringat dan sangat lembab. Terlebih jika wanita berjilbab ini mempunyai aktivitas yang sangat tinggi. Berikut ini tips yang bisa ukhtiy gunakan untuk mencegah kerontokan pada rambut:

  1. Keramas secara teratur
  2. Rajin menyisir rambut (3 x dalam sehari). Dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah.
  3. Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang.
  4. Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi, karena kerontokan bisa berawal di garis belahan rambut.
  5. Hindari mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi dengan menggunakan karet gelang. Hal ini akan mengakibatkan trauma bagi rambut. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
  6. Jangan biarkan rambut terikat terus.
  7. Hindari memakai kerudung/jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
  8. Sampo yang digunakan pun harus sesuai dengan kondisi rambut berjilbab. Sebaiknya memakai sampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Tanaman itu berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Bisa pula memakai sampo kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.

Wallahu a’lam bishowab.

***

Artikel www.muslimah.or.id

Maroji’:

  1. Sentuhan Nilai Kefikihan untuk Wanita Syekh Dr. Shaleh bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan
  2. Kafemuslimah.com
  3. Atti Melati K. (Pikiran Rakyat)
Donasi dakwah YPIA

152 Comments

  1. humairah says:

    Assalamualaikum…
    info yg sangat bagus
    terimakasih…!!!

  2. Tanti says:

    Ass…
    Sy br sembuh dr sakit sekitar 3thn. 1 tahun belakangan rambut rontok melebihi dr biasnya…klo 100 lbr/hari masih normal klo tiap hari gmn solusinya dan apap ad hub dng konsumsi obat yg sdh lama? Rambut sy panjang dn tertutup…mohon balas lewt email,,,

  3. risma imoy says:

    sya bru stgah tahun mmakai jlbab,,blakangan rmbut pd rntok,
    ky na krn pke plmbab rmbut dh..

  4. Nani says:

    Ass. sesui tuntunan syar’i sehari-hari sy mengunakan jilbab bahkan kadang ketika rambut sedang basah. skrg ini rambut sy mangalami kerontokan ya mungkin karena habis melahirkan juga sih. makasi ya atas infonya sangat berguna bagi saya.

  5. lisna says:

    Assalamualaikum…..
    bener rambut sbelum menikah dan sudah menikah sangat beda sekali, jadi rontok sering berketombe dan gatal-gatal….apalagi sekarang pake jilbab jadi kadang diurus kadang engga, jadi takut botak neh!!!!bagaimana solusi tepatnya

  6. Femmy says:

    Assalamu’alaykum,, ana izin share ya ummu . syukron

  7. sovie says:

    rambut saya rontok lbih dr 100helai/hari.. saya brjilbab,,dan kmrin juga smpat sakit gejala tifus,
    trs gimana cara mengatasi krontokan itu..
    tiap habis krmas saya takut untuk menyisir rambut karena rambut akan rontok sangat banyak
    bisa kasih solusi?
    trims

  8. dewi says:

    alhamdulillah infonya sgt bagus bwt saya,cuma saya bisa minta tolong gimana cara ngatasi kerontokan rambut yg sy alami,padahal sy sdh belasan thn pake jilbab n ga ada masalah,skrg sy liat kok rontok n kulit kepala saya hampir keliatan,sdh semua produk shampo n serum sy coba tp hasilnya nihil..

  9. Anggit Lugina says:

    Tumbuhan tumbuhan apa aja ya yang bagus buat perawatan kesehatan rambut?

  10. harlinah says:

    assalmualaikum. info yg sa ngt b agys n bermanfaat….ana ijin share.. jazakallakhair

  11. sri mulyati says:

    assalamualaikum…aku izin share lagi ya…

  12. Bagus banget ya tips sangat bermanfaat apalagi rambut saya rontok dan berketombe juga jadi perlu dipraktekan nih ilmu yang baru saya dapet…

  13. Reni says:

    Assalamu alaikum,

    infonya bagus, izin share ya mb,
    thk

  14. masyithah says:

    assalm…

    syukron atas infonya ya ukht
    oh ya apa ini boleh saya share k teman2 saya ukht??
    syukron kasiran y..

  15. helda amelia says:

    assalamualaikum….
    thaks infonya,
    rambut sy ttp rontok pdhal sdh perawatan hair spa, dberi serum,
    krn sy sehari hari mmakai jilb.

  16. cha says:

    aq pake jilbab baru 1 bln,tp rmbt q trs rontok,ktombe dmna2,,rmbt q tipis skrg,,apa ya yg hrs q lakukan

  17. dida septika says:

    ass…………
    ada cr lain gk???

  18. shofiyyah says:

    ana ijin copy ukhti..

  19. milky says:

    tq ya… infonya

  20. anna says:

    ass…… rambut sy udh lm rntk n skrng mlah tmbh bnyk n ktmbe jg…. gmn y cranya spya rmbut saya tdk rntk lgi dan sehat n lbat kmbli…?? mkch

  21. nurjanah says:

    syukron atas infonya sangat bermanfaat…izin share ya…

  22. anna says:

    wah info brmanfaat.. thx

  23. luvi says:

    rambut saya rontok lbih dr 100helai/hari.. saya brjilbab,,dan kmrin juga smpat sakit gejala tifus,
    trs gimana cara mengatasi krontokan itu..
    tiap habis krmas saya takut untuk menyisir rambut karena rambut akan rontok sangat banyak
    bisa kasih solusi?
    terima kasih..

  24. maya says:

    terimakasih tipsnya..

  25. jhannah says:

    makasih info’a :)

  26. nesha.r.a says:

    ass.. aku nesha dalam beberapa hari ini sering sekali mengalami kerontokan rambut padahal sebelumnya saya tidak pernah mengalaminya, kenapa itu bisa terjadi?????

  27. Lina Mufidah says:

    Assalamu’alaikum.. begini saya tidak diperbolehkan memakai kerudung di rumah saya, hanya boleh saat keluar rumah saja, padahal banyak lk2 yang sering melihat aurat saya. Saya jadi banyak berdosa. Saya tidak berani melawan ibu saya. Kata ibu saya, saya terlalu fanatik. Bagaimana? Tolong dijawab, maaf klo. malah bertanya

  28. Latiffah says:

    Assalamu’alikm…

    terimaksih…^_^

  29. siti sulaehah says:

    syukron tipsnya….
    smga dngn mlkukan tips yg ummu ksh,rmbut sy tdk rontok lagi…amin

  30. makasiiii yaa
    saya akan mencobanya

  31. antonius says:

    saya sudah mengalami kerontokan sejak tahun 2001 sampai sekarang,, dan saya sangat bingung takut dengan keadaan yang saya alami…ciri kerontokan yang sa alami adalah ketika bangun pagi trasa gatal, kepala berminnyak, kalo berkeringat rasa gatl skali,,pada ujung akarnya terdapat gumpalan seperti jerawat,,kulit kepala sering terjadi benjolan seperti jerawat dan bernanah,,,tolong dong apa penyebabnya n gimana cara mengatasinya,,apa bisa dengan dokter kullit,,,,mohon infonya di email saya,,,

  32. sinta says:

    kalo shamponya yang dipakai kandungannya ginseng gmn ? terus, gmn dengan perawatan salon ? seperti creambath untuk anak seusia 15 tahun dan berjilbab ?

  33. aya says:

    assalamu’alaikum ukhti..

    sukron katsiraon ya ukhti,

    wassalamu’alaikum ukhti.

  34. Fauziah says:

    Asslkm,,,
    Terimaksih atas infonya,,ini sangt brguna bgi sya,, dan saya mau tanya,sya brjilbab sjak kcil,tapi dalam dua tahun blkangan ini rambut saya rontok brlbihan, shgga rambut saya sdah tralu tipis n jg brketombe, sya sdh mncba shampo yg mgndung lidah buaya tsb,,tapi rontok nya msh blum brkurang,,untuk itu apa yg hrus saya lakukan spya rambut saya tdk rontok lgi meski brjibab.
    Teimaksh,,

  35. titik says:

    asslamualaikum….
    poin 1 krmas tratur baikya sprti apa
    poin 4 belahan yg sperti apa
    poin 7 klo rambut udh agak kering ( lembab ) gk masalah kn,mke jilbab
    poin 8 mmm maap za sampo yg di maksud tu tpatya merk apa…?
    mkch sblumya….

  36. DiskonTop says:

    Terima kasih untuk infonya:)

  37. vi2 says:

    Assalmu’alaikum wr,wb
    mb’…..
    Mnta msukanny dunk…
    Rambutq rontok…
    Awalnya gra2 ktombe…skrg ktombe yda ilang g’tau knpa ni rontok g’ilang2,awlny da mnghindari hbs keramas g’pke jilbab…msalhny…q skrg hrz krja pg pulang malam…kondisi sharian penuh d jilbabi…bingung mo kramas kpan..pg krja klo malem da g’boleh kramas ma ortu..mnta msukanny ya…
    Karena dulu rambutq yg super lebat skrg da tipiiiiiiis bgt…
    Trz kira2 apa ya yg bsa mnumbuhkan rmbut biar bsa tbal lg kya dlu….
    Tolong ya mb’….
    Wasslamu’alaikum wr,wb

  38. cahya says:

    assalamualaikum..
    terima kasih infonya.belakangan ini rambut saya rontok,setelah sy baca info ini, saya jadi mengerti kemungkinan rambut rontok karena sering memakai jilbab dalam keadaan basah.

  39. Suchye says:

    Assalamu Alaikum wr.wb!!!

    Artikelnya sangat membantu . . . ^^
    sy bru memakai kerudung beberpa bulan lalu, sebelumnya tak pernah mengalami rmbut rontok yang berebihan, tpi kok akhir2 ini rmbut sy rontok tdk sewajarnya. untuk mengobati kerontokan, sy memakai her tonic khusus rmbut rontok, dan hasilnya nihil.
    apakah ada cara lain untuk mengurangi rambut rontok???

    terimakasih!!!
    wassalam . . .

  40. Isni says:

    Info yang bagus banget.
    Saya Habis melahirkan anak ke 2, dulu sebelum menikah kebiasaan saya keriting rambut, sekarang rambut saya lepek dan rontok.
    saya juga sering berganti shampo.
    Mohon solusinya….
    Trims

  41. laily maulidiah says:

    asalamualaikummm…. mksh y.. aq mmg pke jlbb dan btuh bgt sran ini

  42. Rinda says:

    alhamdulillah…trims infonya

  43. ainal mardiah says:

    ASSALAMU’ALAIKUM
    RAMBUT SAYA LEPEK DAN RONTOK
    KIRA2 SAMPO PA YA YG COCOK?
    KIRA-KIRA PA BOLEH SAYA KERAMAS SETIAP HARI DENGAN SAMPO BABY?
    TERIMA KASIH…

  44. niya kurnia says:

    Assalammualaikum,,, syukron tipsnya ummu,,,izin share lg ummu…

  45. UUS says:

    o gt, sekalian mau tanya, , itu sih hukumnya gmna klo seorang wanita sholat tpi 5f pakaian dalamnya terkena keputihan,padahal si wanita itu sholat sedang bepergian dan tidak membawa pakaian lain??mkasih sblumnya

  46. marlena says:

    bagaiman ya q ckr pakai jilbab tapi setiap di sisir rambut aku selalu rontok baik itu kering atu basah,dan rontoknya itu luar biasa banyak…??
    ada gak cara solusi lain,

  47. angela says:

    ass…
    tehh knapaa yah rambut sayaa seringg rontokk dan berketombee semua sampo tidak cocok bagaimana cara mengatasinya

  48. Fina Artaningrum says:

    berkali-kali aq udah cari cara biar rambutq ga rontok,,,tp terus ajha rontok rambutq ini…

    kadang aq pengen nangis klo liat helai demi helai rambutq jatuh…
    jd gmna dunt,,,

    tlong ksh saran bwat aq yuaa,.,.,sampo apa yg cocok bwat aq????

    dan bgaimana cara mengurusx???

  49. yulianis says:

    terimakasih info nya sangat mmbantu :)

  50. bida selalu says:

    askuum,,
    w seneng ama artikel yang u buat..karna akan menambah wanita yang memaka kerudung,,,,

Leave a Reply