Rambut Rontok Berjilbab, Siapa Takut !!!

Penulis: Ummu Salamah Bagi wanita, rambut adalah mahkota tubuh. Akan tetapi, bagi wanita berjilbab rambut merupakan salah satu aurat yang harus ditutupi. Kendati demikian, bukan berarti rambut wanita …

120 155

Penulis: Ummu Salamah

Bagi wanita, rambut adalah mahkota tubuh. Akan tetapi, bagi wanita berjilbab rambut merupakan salah satu aurat yang harus ditutupi. Kendati demikian, bukan berarti rambut wanita berjilbab tidak dirawat, bahkan justru harus lebih diperhatikan. Jika terlalu sering ditutup rambut akan lembab dan “kepanasan” sehingga bisa menimbulkan kerontokan dan mengundang ketombe.


Sebenarnya kerontokan merupakan proses alamiah bagi rambut. Akan tetapi, jika berlangsung terus-menerus, kerontokan akan mengakibatkan kebotakan. Jika kerontokan rambut berkisar antara 80 hingga 100 helai per hari, ini masih dianggap wajar. Tetapi jika melebihi 100 helai rambut per hari, baru dikatakan tidak normal.

Kerontokan Rambut dan Penyebabnya

Banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Di antaranya pemakaian sampo yang tidak tepat, sering dikuncir, atau langsung mengenakan jilbab segera setelah keramas tanpa mengeringkannya dulu.

Selain itu, pemakaian obat-obatan yang salah juga bisa menyebabkan kerontokan, terutama dari jenis obat yang berfungsi mencairkan darah. Penyakit juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut di antaranya adalah tifus, penyakit yang timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, atau penyakit yang kekurangan berbagai zat penting seperti Zinc (terkadang dijumpai pada vegetarian). Ketegangan atau tekanan jiwa (stres), dan gangguan psikis lainnya juga bisa menjadi sebab terjadinya kerontokan rambut.

Tips Merawat Rambut

Rambut yang sering ditutupi jilbab biasanya mudah berkeringat dan sangat lembab. Terlebih jika wanita berjilbab ini mempunyai aktivitas yang sangat tinggi. Berikut ini tips yang bisa ukhtiy gunakan untuk mencegah kerontokan pada rambut:

  1. Keramas secara teratur
  2. Rajin menyisir rambut (3 x dalam sehari). Dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah.
  3. Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang.
  4. Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi, karena kerontokan bisa berawal di garis belahan rambut.
  5. Hindari mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi dengan menggunakan karet gelang. Hal ini akan mengakibatkan trauma bagi rambut. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
  6. Jangan biarkan rambut terikat terus.
  7. Hindari memakai kerudung/jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
  8. Sampo yang digunakan pun harus sesuai dengan kondisi rambut berjilbab. Sebaiknya memakai sampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Tanaman itu berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Bisa pula memakai sampo kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.

Wallahu a’lam bishowab.

***

Artikel www.muslimah.or.id

Maroji':

  1. Sentuhan Nilai Kefikihan untuk Wanita Syekh Dr. Shaleh bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan
  2. Kafemuslimah.com
  3. Atti Melati K. (Pikiran Rakyat)
Sebarkan!
597 0 0 0 0 24
In this article

Ada pertanyaan?

155 comments

  1.    Reply

    selmat semunaya sukses selalu

  2.    Reply

    makasih ya tas infonya bener2 membantu bngt

  3.    Reply

    semenjak habis bersalin anak pertama rambut ana sering rontok.ana akan coba tipsnya.syukron jazakallah khoiran katsiro….

  4.    Reply

    assalamualaikum.
    ak maw curhat dikit donk..
    rambutku itu selalu rontok kalau lagi dapet, and aku jg pakai kerudung. trus gimana donk solusinya biar gak rontok??

    soalnya satu hari aja kerontokannya udah melebihi 100 helai. sukron.

  5.    Reply

    Saya ingin bertanya, apakah kuning telur juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut? Bagaimana caranya menghilangkan bau amis pada kuning telur tersebut ? Apa perlu dicamour dengan shampo?

  6.    Reply

    makasih , tah infonya….tapi sayang rambutku pndek terus, menrut agama apakah dilarang?

  7.    Reply

    Assamuaikum Wr Wb
    Hai Musllimah

  8.    Reply

    Asslm wr wb
    Mmm..saya udah coba trik & tips untuk mengurangi kerontokan rambut, alhmdulillah berhasil. Akan tetapi bagaimana dengan kulit kepala yg udah tipis rambutnya/botak karena rontok?apakah ada cara untuk menumbuhkannya kembali?
    terima kasih

    Wassalam wr wb

  9.    Reply

    alhamdulillah jadi tambah ilmunya.. ^^

    syukron…

  10.    Reply

    Assalamu’alaikum

    Jazakillah Khoir ya ukhti,
    insyaAllah akan ana coba tips’y

    Wassalamu’alaikum

  11.    Reply

    1. Bagaimana cara mengatasi rambut kering bagi wanita berjilbab?
    2. Bagaimana caranya agar rambut tetap bisa rapi sehingga tidak kelihatan melayang dan kusut?

  12.    Reply

    alhamdulillah, bagus sekali artikelnya & sangat bermanfaat. apalagi tambahan2 dr millis sangat bermanfaat. insyaAllah mau d coba, apalagi yg pakai lidah buaya. tp afwan ya, saya mmg tau klo rambut ngga’ boleh terlalu lama diikat, tp klo g’ diikat gmn, kan rambut panjang. lalu klo pas pulang kerja & kerudung d buka rasanya kepala panas. itu ada tips2 yg laen g’? biar tambah banyak gitu. syukron

  13.    Reply

    alhamdulillah…makasih banget infonya, bbrp bln ini aku stress mikirin rambutku yg rontok, dulu rontoknya ga banyak tpi skrg buanyak buanget, apalagi pas keramas, banyak skali rambut yang lepas sendiri, aku smpi serem liatnya..tpi stlh baca semua info ini aku mau coba, mudah2an berhasil…amin…

  14.    Reply

    Makasih … atas tips … aku jadi tahu nich sekarang bahwa merawat rambut yang pakai kerudung itu gitu ….

  15.    Reply

    Alhamdulillah saya sudah pk jilbab sejak 20th yang lalu sekarang panjang rambut sy sepinggang keluhan tentang rambut rontok biasa tp stlh sy pake urang-aring, dan lidah buaya, juga setiap mo tidur dan bangun tidur selalu disisir dan dirumah sy tak pernah mengikat rambut dengan kencang tidak ada keluhan sm sekali dan setiap kali berangkat kerja sy kepang dan gelung dengan ikatan dr bahan

  16.    Reply

    Syukron atas infonya….

    :)

  17.    Reply

    thanks infonya, kbtulan rambut aq jg rontok slama pake jilbab….

  18.    Reply

    Syukron taz infox….
    Jd tau nih knp rambut jd pada rontok…

    Saya bleh tanya ga,,,seputar masalah rambut..
    Knp ya rmbut sy byk yg memutih…
    klo cm 2-3 helai masih wajar..
    tp yg t’jd pd sy melebihi itu, bahkan s4 mpe 20 helai..
    tp stiap helai rambut g putih semua, tp bercampur antara hitam n putih…
    mohon masukanx ya…??

  19.    Reply

    AssLm..

    An jg puny mslh ma rmbut,bnr kali yaa gara2 sering ditutupi n (jilbabn mksdnya)
    pengen gabung nanya2 dsni..bantu an yaahh..

    an baru 18thn, tapi dah puny mslh ma rambut yaitu Rontok dan Ketombe..

    sampe bingung mw pake shampoo apa,udah sering dgnti2..tp teuteup ajah blm ada yg cocok..

    saking parah ketombenya..baru slse keramas, bgtu kering,kplanya dah nongol ktombe lg..aneh kn?

    soal kerontokan jg parah pisan,yg cm di usap ajah rambutny (smbl dgnggam) udah ada yg ikutn ketarik..
    byk bgdh lg..

    mohon bantuannya bgdh yahh..

    an pengen jd muslimah yg meskipun rambutnya ditutup terus (krn mmng HRS) tapi rambutnya teteup bgs..

    ditunggu tips2nya..

    Jazakillah wa Ahsanul jaza (0_0)

  20.    Reply

    terima kasih tas infonya

  21.    Reply

    Alhamdulillah, nambah ‘Ilmu.

  22.    Reply

    ada resep yang alhamdulillah sudah pernah saya coba dan berhasil. tahu asam jawa ? itu loh yg biasa kita pakai untuk masak dlm jumlah yg agak banyak, santan kur lebih 1 ltr dari 1 butir kelapa, dan daun semanggi. ini mungkin agak susah dicari. biasanya tumbuh di sekitar rumputdi tempat yg agak lembab, cari yang daunnya mengkilat dan agak tebal.Cara memakainya: campur bahan2 tersebut dalam baskom, dan siram ke kepala kita sambil pelan2 dipijat. ulang2 kur lebih 15 mnt.Setelah itu keramas smpi bersih. Mudah2an bermanfaat.
    semua jenis ketombe basah atau kering bisa sembuh.

  23.    Reply

    syukron katsiron lakum jamiian ….

  24.    Reply

    syukron katsiron lakum jamiian ….aku coba tipsnya.Ok

  25.    Reply

    Subhanallah, ana kira ana saja yang mengalami rambut rontok karena ingin menutup aurat secara kaffah. Ternyata, Allah menguji kita dengan rambut rontok. Syafanallah..

  26.    Reply

    seneng deh jadi tau cara merawat rambut bagi muslimah…mang bener..kita harus menikmati bagaikmana merawat rambut dengan baik.walaupun berjilbab justru menjadi tantangan bagi kita dengan tetap menjaga aurat.karena yang berhak atas aurat kita hanyalah suami kita.ocreh…..!!!!

  27.    Reply

    Assalamu alaikum,
    Terima kasih atas infonya ya ukhti. Ana mo ijin copy yaw…….. coz mo ana taruh di blog ana.
    jazaakallah khairan. Sukran

  28.    Reply

    jazakumulloh khoiron…….. berguna bangt tipsnya wat ana. memang benar itu peroblem bagi wanita pasti setiap yang memakai jilbab pasti merasakan hal itu apalagi kalo jilbabnya lebar wah…….. pasti lembab bgt tuch…..

  29.    Reply

    syukron atas informasinya’……..
    aku jd lbh smangat deh merawat rambutQ
    kapan-kapan tampilin juga tips merawat wajah dengan cara yang islami serta kosmetik alami donk. (klw perlu kirim ke web aQ (he99x)

  30.    Reply

    Assalamu’alaikum

    jazakillah khoir infonya, ana ijin copy ya..mo ana taruh di blog ana..syukron..

  31.    Reply

    Merawat rambut memang butuh perjuangan masyaAllah
    Tapi ketika rambut menjadi sehat, kita akan merasakan bahwa perjuangan kita tidak sia-sia insyaAllah
    Nikmati saja saat-saat kita merawat rambut…..
    Yassarallahu fii kulli halikum

  32.    Reply

    Untuk ukhti lela
    Penyebab utama kerontokan rambut anda adalah ketombe. Jadi selain mengatasi kerontokan rambut, yang perlu diperhatikan adalah mengatasi ketombe.
    Ketombe bisa banyak penyebabnya, misalnya rambut terlalu kering, rambut terlalu berminyak, jamur, dll.
    Mengatasi ketombe harus disesuaikan dengan penyebabnya. Mungkin selama ini ketombenya belum teratasi, karena belum tahu penyebabnya.
    Mungkin kru muslimah.or.id bisa membantu memberikan ulasan seputar ketombe insyaAllah

  33.    Reply

    Untuk ukhti rahmi
    Kalo boleh tahu perawatan rambut apa yang sudah dilakukan dan apa jenis rambut anda?
    Perawatan rambut sebaiknya disesuaikan dengan jenis rambut.
    1. Dalam pemilihan sampo, gunakan yang cocok untuk jenis rambut
    2. Usahakan sampo natural dengan kandungan detergen yang sedikit
    3. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pijat terlebih dahulu kulit kepala sebelum menggunakan conditioner atau sampo
    4. Keramas yang ideal adala 2-3 kali seminggu, tambahkan juga conditioner pada ujung rambut
    5. Lakukan pengeringan rambut dengan aman (seperti comment saya sebelumnya)
    6. Yang paling penting adalah asupan makanan yang dikonsumsi. Makanlah makanan yang mengandung banyak protein seperti susu, kacang-kacangan dan ikan. Hal ini disebabkan protein berpengaruh pada pertumbuhan sel-sel rambut.
    7. Gunakan pewarna rambut alami pada rambut beruban
    8. Untuk rambut yang mulai menipis, pilihlah tonik yang aman dan cocok. Bisa menggunakan minyak kemiri pada kulit rambut dan didiamkan sekitar 10 menit sebelum keramas. Minyak kemiri ini juga bisa digunakan setiap hari untuk merawat rambut. Minyak kemiri sudah terbukti secara ilmiah merangsang pertumbuhan rambut
    10. Pilih sisir yang cocok untuk rambut dan berkualitas baik. Jangan gunakan sisir yang sudah patah beberapa giginya. Ada beberapa jenis sisir, nanti mungkin akan saya paparkan sedikit insyaAllah
    Semoga Allah mudahkan. Barakallahu fiik

  34.    Reply

    Tips cepat mengeringkan rambut agar rambut tidak rusak
    1. bungkus rambut dengan handuk sebentar, jangan menggosok rambut dengan handuk
    2. jangan gunakan conditioner saat rambut ingin cepat kering karena conditioner memperlama pengeringan rambut
    3. gunakan hairdryer dengan jarak minimal 10 cm. Usahakan hairdryer selalu bergerak agar semprotan udara panas tidak mengarah pada satu bagian rambut saja. Jika perlu gunakan ‘hair protectant’ sebelum menggunakan hairdyer
    4. bisa menggunakan bantuan kipas angin jika hairdyer tidak ada
    5. sisiri rambut dengan jari-jemari ketika proses pengeringan rambut sampai rambut kering 80 %. Jika rambut sudah tidak menyangkut pada jemari, berarti ukhty sudah bisa menggunakan sisir untuk menyisiri rambut
    Mudah kan?Met mencoba ya

  35.    Reply

    syukron,jazakillah khoir… atas tips-tipsnya coz memberikan solusi bagi ane. Rambut ane juga rontok & ane tuh paling jarang sisir rambut (paling pagi aja pas mo kerja) coz pulang kerjanya malam jdny dah capek deh?sudah bingung harus bagaimana. Ok, tipsnya ane coba!:-)

  36.    Reply

    menurut pengalaman nih, kalo kepepet pakai jilbab saat rambut masih basah, sebelum pakai jilbab rambut dikasih tonik dulu. selain buat akar rambut kuat, rambut jadi wangi :)

  37.    Reply

    kasih tips untuk yang rabutnya sudah terlanjur rontok, dong…. Bagaimana untuk menyuburkan kembali, Karena ana sudah terlanjur agak menipis rambutnya… Sekedar info, 18 tahun sudah ana pake jilbab…. dan segala bentuk perawatan sudah dilakukan tetapi tetap rontok dan lama kelamaan menipis…. Syukron

  38.    Reply

    keringin rambut yg bagus buat rambut pake ap si?

  39.    Reply

    ane tuh serba salah klo masalah rambut, d satu sisi ane mesti ngerawat, di sisi lain saat setelah kramas, ane dah harus pergi (paje jilbab donk…….?)klo keringin pake pengeing katanya g baus, d gosok pake anduk ktny bikin rambut pecah2? trus gmn tu?masak g pernah d kramas?

  40.    Reply

    trimakasih tas infonya
    sangat beguna bagi saya.

  41.    Reply

    terimakasih informasinya
    semoga berguna untuk ana & sohib2 lainnya

  42.    Reply

    trus kalo yang rontok karena berketombe gimana?
    karena rambut ana suka ga cocok dengan shampo setelah botol shampo ke dua, apapun itu, nah sekarang pake selsun, alhamdulillah lebih baik rambutnya,,,
    n syukron utk infonya, akan ana coba,,

  43.    Reply

    nuhun yakkkk jazakillah khoir….
    ane juga baru aja dapat masalah kerontokan setelah pake jilbab yang agak lebar dikit,,,,hehehe,,,,tpi emang kesalahan ane rambut masih basah langsung dikerudung soalnya ane keramasnya pagi siyyy….seringpulang malam klo keramas malam2 suka masuk angin,,,hehehe….oia ane baru tau skrg klo ga bleh pendek rambut lha ane rambutnya pendek terus….pendek banget….soalnya lebih enteng…bisa kasih dalilnya gak????biar lebih yakin githu

  44.    Reply

    syukran infonya., ana ada tips untuk muslimah yg ingin memanjangkan rambut, lagipula seorang muslimah tidak boleh pendek rambutnya, minimal dibawah bahu.. untuk mengurangi rambut rontok, biasanya ana keramas tiap hari (sore), truss.., tiap hari sabtu/minggu, ana pake lidah buaya pada kulit kepala., sorenya dicuci… InsyaAllah rambut ana baik2 aja

  45.    Reply

    makacih kabar-kabari nya

  46.    Reply

    tanks ya atas imfonya

  47.    Reply

    Untuk mengurangi kerontokan, biasakan meminyaki rambut dengan minyak zaitun (yang terbaik: extra virgin olive oil). Bisa dipakai malam sebelum tidur, kemudian keramas pada pagi harinya. Untuk hasil yang lebih baik… jadikan MADU sebagai conditionernya (encer saja) biarkan setidaknya 5 menit. Wallahualam

  48.    Reply

    makasih yah atas informasinya.
    insya Allah ini berguna untuk ana.

  49.    Reply

    trims infonya,syukron

  50.    Reply

    Jilbab dan kerontokan?
    Makasih infonya.
    jazaakallaju khairan