Permasalahan Pasca Persalinan Bagian 3 (Permasalahan Terkait Nifas)

3. Permasalahan Terkait Nifas

Mengeluarkan darah

Kebanyakan ibu telah mengetahui bahwa dirinya akan mengeluarkan darah selama masa nifas. Namun, beberapa ibu masih saja khawatir melihat banyaknya darah, terutama ketika alirannya deras dan tiba-tiba pada saat bangun tidur pada hari-hari awal setelah melahirkan. Jangan khawatir, karena itu merupakan suatu proses yang normal terjadi.

Ibu juga tidak perlu khawatir ketika nampaknya jumlah pengeluaran darah sudah berkurang selama satu atau dua hari namun tiba-tiba mengalir lagi dengan deras. Hal tersebut biasanya terjadi karena ibu kecapekan setelah melakukan aktivitas tertentu. Oleh karena itu, ibu perlu segera beristirahat, mengingat kondisinya yang masih lemah.

Infeksi nifas

Selama nifas, ibu akan mengeluarkan cairan yang berasal dari rahim, cairan ini disebut “lokia”. Pada hari pertama dan kedua ibu akan mengeluarkan lokia rubra atau lokia kruenta, berupa darah segar bercampur sisa selaput ketuban dan lain-lain. Hari berikutnya keluar lokia sanguinolenta, berupa darah bercampur lendir. Setelah satu pekan, keluar lokia serosa yang berwarna kuning dan tidak mengandung darah. Setelah dua pekan, keluar lokia alba yang hanya berupa cairan putih. Biasanya lokia berbau agak amis. Bila berbau busuk, mungkin terjadi lokiostasis (lokia tidak lancar keluar) dan infeksi.

Salah satu kelainan yang dapat ditemukan setelah melahirkan (selama nifas) adalah “infeksi nifas” atau dalam istilah medis disebut juga “infeksi puerperalis”. Infeksi nifas adalah infeksi bakteri pada saluran genital (kemaluan) yang terjadi setelah melahirkan yang ditandai dengan kenaikan suhu tubuh sampai 38°C atau lebih selama dua hari, terjadi dalam sepuluh hari setelah melahirkan tapi dengan mengecualikan 24 jam pertama.

Setelah melahirkan, organ reproduksi ibu berangsur-angsur akan pulih kembali seperti keadaan sebelum hamil. Suhu badan setelah melahirkan dapat naik lebih dari 0,5°C dari keadaan normal (36-37°C) tapi tidak lebih dari 39°C. Sesudah 12 jam pertama melahirkan umumnya suhu badan kembali normal. Bila lebih dari 38°C, harus dipikirkan kemungkinan terjadinya infeksi nifas.

Tanda-tanda infeksi nifas sangat bervariasi tergantung bagian yang terinfeksi dan keparahannya. Jika ditemui tanda-tanda berikut ini, segeralah membawa ibu ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapat penanganan yang sesuai:

  • Demam tinggi (38°C atau lebih), kadang disertai menggigil.
  • Rasa panas dan nyeri pada tempat infeksi
  • Kadang-kadang terasa perih saat buang air kecil.
  • Ibu terlihat sakit dan sangat lemah

Tidak setiap ibu yang melahirkan mengalami infeksi nifas. Kondisi tiap ibu yang melahirkan memang bisa berbeda, ada yang baik-baik saja tanpa masalah, namun ada pula yang mengalami berbagai masalah terkait dengan kondisi kesehatannya. Beberapa faktor risiko yang memperbesar kemungkinan terjadinya infeksi nifas, antara lain:

  • Setiap keadaan yang menurunkan daya tahan tubuh ibu, seperti perdarahan, kelelahan, gizi buruk, preeklamsi, eklamsi, infeksi lain yang diderita ibu, penyakit jantung, TBC paru, pneumonia, dan lain-lain.
  • Ibu dengan proses persalinan lama, persalinan yang tidak terduga (mendadak) sehingga kurang tertangani dengan baik
  • Kemungkinan infeksi panggul setelah melahirkan yang serius, berhubungan dengan lamanya ketuban pecah sebelum melahirkan.
  • Luas serta banyaknya luka guntingan atau robekan ketika proses persalinan
  • Ibu yang menjalani tindakan operasi, baik lewat jalan lahir maupun perut.
  • Tertinggalnya sisa ari-ari, selaput ketuban, atau bekuan darah dalam rahim.

Setelah mengetahui bahaya infeksi nifas yang mungkin saja terjadi, alangkah lebih baik jika kita menempuh cara-cara untuk mencegahnya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi nifas, antara lain :

  • Sebaiknya ibu memperhatikan kondisi kesehatannya selama hamil, segera periksa ke bidan atau dokter jika ada keluhan.
  • Minum suplemen zat besi secara teratur untuk mencegah terjadinya anemia.
  • Konsumsi makanan yang bersih, sehat, cukup kalori, protein, dan serat (sayur, buah).
  • Minum air dalam jumlah yang cukup.
  • Ibu hendaknya memilih tenaga penolong persalinan yang terlatih, supaya proses persalinan terjamin kesterilannya.
  • Harus menjaga kebersihan dan memberi perawatan khusus jika terjadi perlukaan seperti di tempat jahitan pada jalan lahir maupun perut (operasi cesar)

Perawatan Ibu Setelah Melahirkan

Terkadang seorang wanita sangat memperhatikan kondisi dirinya dan janinnya ketika masih mengandung, namun hanya sedikit yang mengerti bahwa perawatan ibu setelah melahirkan juga tidak kalah pentingnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa ditempuh untuk merawat ibu setelah melahirkan:

  • Setelah melahirkan, ibu harus cukup istirahat. Delapan jam setelah melahirkan, ibu harus tidur telentang untuk mencegah perdarahan. Setelah itu, ibu boleh miring ke kiri atau ke kanan untuk mencegah thrombosis(pembekuan darah).
  • Ibu dan bayi ditempatkan pada tempat yang sama supaya terjalin kontak fisik dan psikis (kejiwaan) yang erat. Hal ini juga akan memudahkan dalam melakukan aktivitas menyusui dan mengurangi risiko terjadinya sindrom baby blues.
  • Makanan yang dikonsumsi harus sehat, cukup kalori, protein, dan serat (sayur, buah). Sangat tidak dianjurkan diet ketat ketika masih menyusui. Penurunan berat badan sesudah melahirkan jangan lebih dari 0,5 kg setiap pekan. Pada 6 bulan pertama masa menyusui saat bayi hanya mendapat ASI, ibu perlu tambahan nutrisi 700 kalori/hari, 6 bulan selanjutnya 500 kalori, dan tahun kedua 400 kalori. Dalam menu sehari-hari ditambah makanan yang merangsang produksi ASI seperti daun katuk dan daun pepaya.
  • Karena jumlah cairan yang keluar lebih banyak, ibu menyusui dianjurkan minum air 8-12 gelas sehari.
  • Ibu menyusui tentunya mengeluarkan tenaga yang tidak sedikit, apalagi terkadang ibu harus terbangun malam karena bayi menangis dan meminta ASI. Oleh karena itulah ibu menyusui membutuhkan istirahat dan tidur cukup supaya tenaganya pulih kembali.
  • Bila perlu ibu bisa melakukan senam nifas secara bertahap (bisa dimulai sejak 24 jam setelah persalinan normal). Senam nifas mempunyai banyak manfaat antara lain membantu melancarkan sirkulasi darah, membantu mengembalikan kedudukan otot kandungan, menguatkan otot-otot perut, otot-otot dasar panggul (tempat diantara kedua paha) dan pinggang, membentuk sikap tubuh, serta membantu memperlancar produksi ASI.Senam nifas sangat bervariasi, berikut ini salah satu contoh gerakan-gerakan pada senam nifas yang bisa dipraktekkan oleh ibu setelah melahirkan:
    • Ibu telentang lalu kedua kaki ditekuk, kedua tangan diletakkan di atas dan menekan perut. Lakukan pernafasan dada lalu pernafasan perut.
    • Dengan posisi yang sama, angkat pantat lalu taruh kembali.
    • Kedua kaki diluruskan dan disilangkan lalu kencangkan otot seperti menahan buang air kecil dan buang air besar.
    • Duduklah di kursi, perlahan bungkukkan badan sambil tangan berusaha menyentuh tumit.
  • Ibu hendaknya memeriksakan diri enam pekan setelah melahirkan atau kapan saja ketika dirasakan ada keluhan yang mengganggu. Pemeriksaan dilakukan untuk melihat keadaan umum ibu secara menyeluruh dan menindaklanjuti jika ada keluhan-keluhan setelah melahirkan. Jika ibu mengalami masalah ketika menyusui, hendaknya berkonsultasi pada tenaga terlatih di pusat pelayanan kesehatan (misal di klinik laktasi). Suami, keluarga, dan orang-orang terdekat harus selalu memberi dukungan moral supaya ibu bisa melalui masa-masa menyusui dengan baik.

Jalani Dengan Sabar Dan Ikhlas

Mengandung dan melahirkan anak merupakan pengalaman yang menakjubkan sekaligus melelahkan bagi seorang wanita. Hendaknya seorang ibu melakukan tugasnya dengan penuh kesabaran dan ikhlas untuk mengharap keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan begitu, tugas yang berat akan terasa lebih ringan dalam menjalaninya. Terlebih lagi jika mengingat bahwa mengasuh dan mendidik anak bisa menjadi ladang pahala bagi seorang wanita. Demikian penjelasan yang berkaitan dengan kondisi ibu setelah melahirkan, semoga bermanfaat.

baca artikel bagian 1
baca artikel bagian 2
***
Artikel muslimah.or.id

Penulis: dr. Avie Andriyani Ummu Shofiyyah

Referensi:

  1. Cunningham, Mac Donald, Gant. Textbook Williams Obstetry Edisi 18. Bab “Abnormalitas Pada Masa Puerperium”. Tahun 1995. Penerbit EGC, Jakarta.
  2. Arief Mansjoer (editor) dkk. Buku Kapita Selekta Kedokteran UI Jilid 1. Tahun 1999. Penerbit Media Aesculapius, Universitas Indonesia, Jakarta.
  3. Heidi Murkoff, dkk. Buku ”Kehamilan, Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan”. Tahun 2006. Penerbit Arcan, Jakarta.
  4. Buku Manajemen Laktasi, Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Donasi dakwah YPIA

48 Comments

  1. eva novianti says:

    Bagaimana menghilangkan trauma setelah melahirkan, krn saya melahirkan anak pertama dengan proses yg lama 26 jam, diinduksi. dan rasa sakit yang tak terhingga. Krn ternyata badan anak saya terlilit ari-ari dan saya melahirkan normal. Dulu thn 2003 di Bandung blm ada alat pemindai yg sebaik sekarang, sehingga bayi yg terlilit ari-ari tdk terlihat. Sampai sekarang saya masih sangat trauma untuk hamil dan melahirkan lagi.

  2. jam tangan says:

    Terima kasih atas sebuah blog yang informatif. Dimana lagi saya bisa mendapatkan info semacam ini yang ditulis sedemikian rupa? Saya memiliki sebuah proyek yang saya sekarang kerjakan, dan saya telah melihat pada informasi tersebut.

  3. @ eva novianti

    Pengalaman tidak menyenangkan memang biasanya membuat seseorang tidak mau lagi mengalaminya. Namun, satu hal yang perlu ukhti eva ketahui, pengalaman melahirkan pertama dengan berikutnya tidak selalu sama. Untuk itu, sudah seyogyanya tidak perlu muncul was-was berlebihan dalam diri anti, sehingga menjadi takut hamil dan melahirkan lagi. Perjuangan seorang ibu memang sangat berat, dan insyaAllah akan menjadi ladang pahala. Bahkan, sudah seharusnya anti bersyukur, karena walaupun proses persalinannya sangat lama dan sulit, namun anti berhasil melahirkan secara normal dan selamat baik ibu maupun bayinya.
    Sesuai dengan kasus yang anti alami, maka salah satu ikhtiar yang bisa ditempuh untuk mengantisipasi permasalahan ketika persalinan adalah dengan kontrol teratur. Apalagi, saat ini sudah banyak tehnologi yang memudahkan, seperti USG untuk mengetahui kondisi janin, laboratorium untuk cek darah, urin ibu hamil, dan sebagainya. Selain itu, banyak bekonsultasi pada ahlinya juga cukup membantu seorang ibu dalam menjawab permasalahan yang muncul pada saat hamil. Banyak cara untuk mengatasi trauma, namun yang terpenting adalah banyak berdoa karena ini akan sangat berdampak secara psikologis, yaitu memunculkan perasaan tenang dan tidak berputus asa dari rahmat Allah, karena sesungguhnya pertolongan Allah begitu dekat. Jangan lupa untuk selalu berbaik sangka pada Allah dan hendaknya anti banyak berdzikir ketika proses persalinan. (dr. Avie Andriyani Ummu Shofiyyah)

  4. Umi says:

    Saya melahirkan hampir 4 bulan yang lalu.saat ini masih menyusui bayi saya dengan ASI eksklusif. Setelah melahirkan, nifas selama kurang lebih 40 hari. Sejak itu belum haid hingga sekarang. namun sejak kemarin muncul flek yang jumlah dan warnanya kurang lebih seperti haid hari ke5.apakah ini menstruasi??? Lalu apakah saya diperbolehkan untuk shalat?? mohon penjelasan, terima kasih

  5. Ummul Fadhl says:

    Jazakillahu khoiron katsiron dr. Avie atas ilmunya.
    Ana ingin bertanya mengenai kasus yg dihadapi oleh sahabat ana. Beliau mengalami masa nifas selama 40 hari. hari ke 41 bersih dan hari ke 42 s.d 5 hari berikutnya keluar lagi darah.
    Yang ana tanyakan, termasuk darah apakah itu? Masih nifas atau kemungkinan darah haid?

  6. lucsy says:

    setelah melahirkan secara cesar dan jg sesudah menjalani nifas..setiap saya haid..darah yg keluar selalu banyak dari hari pertama sampai ke 4 dan setelah itu menjadi sedikit bahkan terkadang seperti sudah selesai tetapi 2hari kemudian datang lagi seperti hari pertama tetapi hanya 2-3 hari saja..apa mungkin itu hal yang wajar yang biasa terjadi pada orang yang telah menjalani operasi cesar? makasih…

  7. may says:

    saya sudah 35 hari setelah melahirkan tapi kenapa tiba tiba dua hari ini say kembali keluar darah dan darahnya cukup banyak?saya sangat khawatir kenapa itu terjadi padahal saya juga tidak melakukan hubungan suami istri!mohon jawabanya terimakasih

  8. #lucsy
    Apa yang anti alami sebenarnya bukan sesuatu yang khas/pasti terjadi pada wanita yang melahirkan secara caesar. Namun perlu dketahui, bahwa kondisi hormonal wanita setelah melahirkan terkadang masih belum stabil, sehingga berpengaruh pada kebiasaan haid yang berbeda dengan sebelum hamil. Hal ini biasanya berlangsung selama beberapa kali siklus haid, sebelum akhirnya kembali lagi seperti kebiasaan haid ketika belum hamil. (dr. Avie Andriyani)

  9. Semoga bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin

  10. # Ummu Fadhl

    Anti bisa mendapatkan penjelasannya pada artikel Seputar Hukum Darah Kebiasaan Wanita : Darah Nifas, di muslimah.or.id. (dr. Avie Andriyani)

  11. # Umi

    Jika sifat darah yang keluar memang seperti darah haid dan keluarnya juga pada waktu-waktu yang bertepatan dengan waktu biasanya haid, maka ini merupakan darah haid, sehingga tidak diperbolehkan sholat. Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca pada artikel Seputar Hukum Darah Kebiasaan Wanita : Darah Nifas, di muslimah.or.id. (dr. Avie Andriyani)

  12. Vera Sellner says:

    I am typically to running a blog and i actually appreciate your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your web site and keep checking for new information.

  13. devi says:

    setelah lahir anak ke-5, perut bawah(mungkin rahim) saya memang sering mengalami sakit, apalagi saat berhubungan dgn suami atau setelahnya. memang beberapa hari setelah saya mlahirkan suhu tubuh saya tinggi, tapi krn suami tetap harus kerja, saat demam saya tetap mengurus anak2 dan rumah tangga.

    1. sekarang sebaiknya apa yang harus saya lakukan?
    2. pernah saya ke dokter dan di papsmear hasilnya : “tidak mengandung sel ganas” akhirnya tetap saya tidak puas dengan hasilnya.
    3. apabila harus ke dokter apa yang harus saya periksakan.
    4. sebenarnya penyakit apa yang saya alami? karena dari pertama hubungan dengan suami apabila sperma masuk ke dalam saya merasakan sakit yang luar biasa sampai tidak bisa bangun dari tempat tidur, setiap hamil saya pendarahan dan sering kontraksi, sehingga kelima anak saya prematur semua.

    terimakasih banyak saya mohon penjelasannya karena hal ini sudah 9 th saya rasakan. dan setelah melahirkan anak ke-5 sakit itu bertambah.

  14. #devy : kami sarankan untuk periksa ke SpOG. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang baik dgn USG yg biasa maupun USG transvaginal (alatnya dimasukkan lewat vagina). Dari keterangan ibu, rasa sakit yg muncul bisa jadi karena letak rahim yg mengalami perubahan setelah berkali2 melahirkan, atau bisa juga karena faktor infeksi. Untuk memastikannya, dokter biasanya akan menganjurkan pemeriksaan laboratorium

  15. tiwie says:

    dear dr avie,
    boleh ngga saya konsutasi secara pribadi mungkin via email karena ada suatu hal yang sifatnya sangat pribadi?
    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  16. mufita says:

    ass….. Saya seorang istri brumur 23 thn. Saya bru sja melahirkan semnggu yang lalu,pda tanggal 17 okt 2011,tetapi bayi tdk meniggal setelah lahi. Kta bidan bayi saya ketubannya sedikit. persalinan sya norma dan sempat waktu persalinan perut saya didorong agar bayinya cepat keluar. Yang saya tanyakan,apakah saya boleh tidak KB stelah nifas agar saya dapat diberi momongan lagi?
    Berbahayakah bagi nantinya bagi janin n ibunya seandainya hamil lagi karena saya bru saja melahirkan?

  17. mufita says:

    maaf ralat…. Anak saya mninggal saat lahir karena ketubannya sedikit….

  18. fadhilah says:

    assalamu’alaikum, dr!
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih krn blog dr sgt informatif dan bermanfaat bagi kami, terutama saya.
    saya ingin menanyakan ttg badan saya yg seolah2 seperti robot jika bergerak dan perut saya yg kembung dan msh agak keras pasca melahirkan (alhamdulillah secara normal) 2,5 bln yg lalu. stlah konsultasi ke bidan, saya diberi obat disflatyl yg dminum stiap stlah makan. 2hr mngkonsumsi obatnya, kembung saya alhamdulillah berkurang (walaupun tdk terlalu) tetapi perut msh terasa agak keras bila ditekan. apakah mungkin ini pengaruh hormon hamil yg msh bersisa d tubuh saya, dok? atau adakah penyebab lain?
    sebagai pertimbangan utk dr, perut saya d masa hamil memang membesar ke arah depan, tdk menyamping ke arah pinggang. saya melewati proses melahirkan yg cukup traumatis. ketuban sudah pecah sjak jam 9.30 malam, sedangkan saya baru melahirkan jam 5 sore esok harinya. krn baru pertama kalinya mengejan dan berat bayi yg mencapai 3,5 kg (pj 50 cm) utk saya dgn tinggi 145 cm, membuat luka di jalan lahir menjadi besar. apakah ada pengaruh tipe perut saya di masa hamil dan proses melahirkan yg saya alami terhadap kondisi perut saya saat ini, dr?
    saya sempat diolok-olok ipar jangan2 saya hamil lg?? sedangkan saya & suami belum berhubungan lg krn proses penyembuhan saya yg lumayan lama.
    terimakasih, dokter! wassalamu’alaikum!!

  19. elis says:

    Aslmkm. Dr.
    Saya mlhirkn tgl 4jan2012 dg sesar,kmudian tgl 7feb2012 darah nifas saya brhenti. Tapi tgl 14feb2012 saya brdarah lagi,spertinya itu darah haid dan tgl 21feb2012 darah tsb brhenti. Sampai tgl 28feb2012 saya tdk mnggunakan KB saat brhubungn namun tgl28feb2012 sy sudah mulai KB satu bulanan. Yg saya khawatirkan adalah saya keluar darah lagi tgl25mar2012 namun disertai gumpalan darah brwrna merah dan putih besar. Saya khawatir dgn telat datang haid dari tgl14mar2012 itu sudah janin dalam rahim saya,tapi memang saya tidak test urin apakah sy hamil/tdk antara tgl14mar-25mar2012. Saya khwtr gumpalan darah yg besar itu juga disertai sakit yg sangat seperti mules saat melahirkan itu adalah gumpalan darah dari janin saya yg sudah trbentuk. Atau apakah memang orang yg melahirkan setelah sesar hingga haid-nya yg kedua stlh melahirkan msh akan terus mengeluarkan gumpalan darah sebesar kepalan tangan. Mohon pnjelasannya dr. Terimakasih

  20. dr. avie says:

    # tiwie : boleh saja, silahkan kirimkan pertanyaan Anti ke : ummushofiyya.wordpress.com, insyaallah akan kami jawab ke email anti (tidak ditampilkan di blog)

    #fadhilah : wa’alaikumussalam, perlu diketahui bahwa kondisi perut seorang ibu setelah melahirkan tidak serta merta kembali seperti sebelum hamil, hal ini tentu bisa dimaklumi karena proses peregangan (melar) yang hebat selama kurang lebih 9 bulan. Rahim membutuhkan waktu untuk kembali ke posisi dan ukuran semula. Anti bisa melakukan senam ringan untuk mempercepat proses tersebut. Jadi, pada dasarnya, tidak ada kaitan secara langsung antara bentuk/tipe perut ketika hamil dan proses melahirkan yang sulit dengan kondisi perut Anti saat ini.

  21. dr. avie says:

    # elis : Tentunya kami tidak bisa memastikan apakah darah yang keluar itu merupakan bakal janin, namun kemungkinannya sangat kecil mengingat anti baru saja melahirkan (dan biasanya hormon seorang ibu menyusui bisa mencegah kehamilan), apalagi jaraknya sangat dekat. Tidak menutup kemungkinan, darah yang keluar tersebut merupakan efek dari KB suntik yang Anda lakukan, mengingat KB suntik merupakan KB hormonal. Selama haid yang Anda alami bukan merupakan perdarahan berkepanjangan, maka masih tergolong wajar

  22. may says:

    Assalamulaikum…wr…wb.. bila darah yang keluar dari perempuan yang nifas setelah 40 hari itu warna putih bening….darah itu dihukumi apa… dan apa kewajiban perempuan tersebut…..

  23. cheila says:

    saya melahirkan sejak 10 februari lalu,namun hingga saat ini saya belum haid,saya mau tanya apakah hal demikian wajar …????dan ada apa mungkin ada sebab nya gitu ????

  24. eka says:

    Assalamualaikum wr wb dr.avie,
    Sy baru saja melahirkan normal tgl 23 juli 2012 lalu,krn ni pengalaman pertama sy (anak pertama),jd sy keliru dlm mengejan,sehingga jalan lahir robek sampai ke anus,dan butuh sangat banyak jahitan,dokter tdk memberi sy obat luar,hanya obat minum antibiotik (cefadroxil),antinyeri (natrium diklofenak) dan pencahar (laxadin) utk pulang,,
    Sampai skrg,vagina dan anus sy msh sangat nyeri jika d’pakai duduk dan berjalan,juga BAK dan BAB,,sdh lebih dr 40hari nifas sy jg blm brhenti dan kadang2 msh berupa darah merah segar,,
    Stelah melahirkan,sy pnah kontrol k dr.SpOG,tp dokter hanya periksa vagina sy dan bil tdk apa2,kmudian d’beri obat,pulang dr kontrol,vagina dan anus sy malah terasa tmbah sakit,sesampainya d’rmh,sy cek,trnyata malah brdarah byk,pdhl sbelum k’dokter,nifas sy sdh brwarna kuning,,
    Dokter hanya memberi sy antibiotik (cefixim) dan antinyeri (ketoprofen suppos),sy jg rajin minum jamu habis bersalin,,
    Yg ingin sy tanyakan,apakah keadaan sy ini normal atau berbahaya dok? Adakah obat atau latihan yg bisa menyembuhkan/setidaknya mengurangi keluhan sy tsb?
    Terima kasih sekali atas jawabannya,,
    Wassalamualaikum wr wb

  25. ipunk says:

    askum..
    mw tny,istri sya mlahirkan 2bln yg lalu scr normal,tp nympe skrg msh kluar plek kuning2 gt,pa ngk brbhaya pdhl brhnti nifas 40 hr stlh mlhrkan,trim..walkumslm..

  26. meka says:

    Dok,setelah sy melahirkan normal 40 hari lalu tiba2 sy BAB berdarah dan wasir.apa yg hrus sy lakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit sat BAB dan duduk? Terimakasih

  27. dr.avie says:

    # may : jika cairan yang keluar sudah berwarna putih bening itu menandakan nifasnya sudah selesai (meskipun belum 40 hari). Maka wanita tersebut bisa mandi dan kemudian sholat karena sudah suci.

    # cheila
    Anda tidak perlu khawatir, karena sebagian ibu yang menyusui bayinya mengalami tidak haid seperti yang Anda alami. Ada yang 6 bulan pasca melahirkan baru mendapatkan haid lagi, ada yang 9 bulan kemudian baru haid, dan bahkan ada yang sampai anaknya disapih umur 2 tahun baru mendapatkan haid lagi. Selama ibu tidak sedang hamil lagi, kemungkinan paling besar penyebabnya adalah karena menyusui, dimana pada waktu itu hormon prolaktin sangat dominan sehingga mempengaruhi siklus haid.

    # eka
    Jika melihat dari obat yang diberikan dokter (ada obat dengan sediaan suppositoria), maka berarti dokter menduga nyerinya berasal dari anus. Dari penjelasan Anda bahwa telah terjadi robekan ketika persalinan yang masih menyisakan rasa nyeri, maka kemungkinan darah yang keluar tersebut berasal dari luka robek yang belum sepenuhnya sembuh (bukan darah nifas, mengingat darah yang keluar dari vagina sudah berwarna kuning). Selain dengan bantuan obat-obatan tersebut, kami sarankan untuk mengurangi aktivitas yang bisa memperlama proses penyembuhan luka, seperti jongkok, mengangkat benda berat dan sebagainya.
    Anda juga bisa berendam di bak yang berisi air hangat untuk mengurangi nyeri pada anus.

    # ipunk
    ada kalanya ibu akan mengeluarkan flek-flek kuning meskipun nifas sudah selesai. ini terjadi karena kondisi hormonal yang belum normal seperti sedia kala. Hal ini tidak mengapa insyaalah.

    # meka
    untuk mengatasi wasir, kami sarankan untuk :
    ? Pertahankan keteraturan buang air besar supaya tidak terjadi sembelit (susah buang air besar, biasanya karena tinja yang keras) yang akan memperparah keadaan wasir.
    ? Ibu dapat memilih untuk melakukan kompres panas atau dingin, sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Atau bisa juga melakukan kompres panas dan dingin secara bergantian. Ada beberapa ibu yang lebih nyaman dengan duduk berendam di air hangat selama 20 menit, namun ada juga yang justru lebih suka dengan kompres dingin.
    ? Tidur atau berbaring dalam posisi miring, dan hindari posisi telentang.
    ? Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Gunakan bantalan yang empuk ketika duduk.
    ? Jika wasir sangat mengganggu dan tidak kunjung reda, periksakan ke dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat yang dimasukkan lewat anus.

  28. ummu'fari says:

    Assalamualaikum bu’dokter,bulan september tahun lalu sya melahirkan anak ke-2 dgn normal (anak pertama cesar),sesaat stlh melahirkan bidan menyuntikan sintosinon ktnya utk mencegah pendarahan,tp slma nifas(60hr)darah yg keluar tdk banyak&tdk kluar sprti yg sya baca di artikel ini,sya pun mengalami gatal2 skujur tubuh dan berlangsung hingga 2bln lamanya,stlh smbuh perut saya malah membesar&keras sprti sedang hamil 4bln,pdhl stlh melahirkan anak pertama dgn cesar perut saya tdk sebesar itu,sya sdh brusaha dgn rajin sit up,utk mngecilkan,tp perut sya msh keras&besar hingga skrg.mnurut bu’dokter,apakah ini penyebab suntikan itu?krn sya ttdk pernah mngkonsumsi obat2n ataupun suntikan sblmnya.apa yg hrs saya lakukan,syajdi kurang percaya diri dihadapan suami dgn kndisi ini.atas jawabannya saya ucapkan jazakillah khoiron katsiron.

  29. nurma says:

    Asslmkm..
    Saya sangat tertarik dgn blog ini karna saya juga mengalami hal yang hampir sama dengan yang lainnya.. saya melahirkan 7bln yg lalu tp dari hari pertama melahirkan sampai sekarang masih keluar darah, kadang berwana merah segar dan kecoklatan.. darahnya pernah berhenti tp cuma seminggu bahkan kemarin cuma 1hari.. menurut dokter penyebab pendarahan seperti ini karena apa ya? Dan apa yang harus saya lakukan? Saya sudah 2kali ganti KB suntik dan IUD.. terima kasih dok

  30. dr. avie says:

    # nurma
    Sayang sekali ukhty nurma tidak menjelaskan kapan melakukan suntik KB, kapan pasang IUD, dan apakah flek tersebut muncul ketika masih dalam masa ber-KB. Kemungkinannya, kondisi flek tak berkesudahan yang Anda alami turut dipengaruhi oleh metode KB yang sedang dipakai. Untuk itu, kami sarankan untuk menemui dokter kandungan untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai metode KB yang dipilih.

  31. Oktaria muspa sari says:

    Assalamuaikum, wr. wb
    saya mau nanya mbak ttg keaadan saya saat ini. saya sudah melahirkan lebih kurang 4 th yg lalu, melahirkan normal saat melahirkan itu alhamdulillah sebentar merasakan sakitnya mau melahirkan, tapi mbak yang sakitnya saya diperut ini selama 4 tahun inilah yang saya rasakan, udah 3 kali keluar masuk rumah sakit tapi penyakit saya ini dikatakan dokter tidak tau pasti apa yang menyebabkan sakit perut ini, katanya saya sakit radang lambung, kekurang darah gejala anemia, sakitnya itu disekitar pusat terus ke ari2 terus ke ulu hati, kadang bila parahnya sampai punggung ini terasa sakit, yang saya mau tanyakan apa mungkin ya mbak darah yang keluar saat melahirkan itu tidak begitu keluar sempurna, trus sehabis melahirkan itu saya hanya mengeluarkan darah selama lebih kurang 2 minggu, sebulan setelah itu saya suntik kb hanya sekali itu, habis itu saya tidak suntik lagi, terus saya tidak lagi menstruasi selama lebih kurang 4 tahun ini, bagaimana saya itu mbak, di usg rahim saya tidak ada apa2 baik2 saja kata dokter itu, sakit perut saya rasakan terus rasanya ada yang jalan2 dalam perut itu kalo tiba sakitnya itu, mohon penjelasan pada saya apa yang terjadi pada saya, di email aja ya mbak jawabannya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih
    wasalam

  32. neti says:

    dok saya mau tanya , , tgl 4 mei kmren saya melahirkan secara normal tp saya mendapat banyak jahitan 12 jahitan di dalam dan 14 jahitan di luar , , , yang saya tanyakan apa bisa vagina saya kembali ke bentuk semula!????saya khawatr dengan luka jahit yang sangat banyak akan mempengaruhi hubungan dengan suami??dan kapan saya bisa mulai berhubungan lg dengan aman dengan suami??

  33. dr. avie says:

    # neti : Sebaiknya ukhty neti tidak terlalu memperhatikan “jumlah” jahitan, apalagi sampai terlampau memikirkannya. Justru dengan adanya jahitan yang banyak tersebut, diharapkan sobekan yang terjadi pada jalan lahir bisa diperbaiki dan kembali seperti semula. Yang perlu dilakukan sekarang adalah memperhatikan kebersihan dan perawatan jalan lahir yang dijahit tadi sehingga tidak menimbulkan komplikasi dan infeksi. Tidak perlu memantang makanan hewani, bahkan sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya. Protein merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel-sel baru sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Proses penyembuhan luka berbeda-beda kecepatannya tergantung individu dan keparahan luka, tapi rata-rata 10-14 hari robekan luka yang dijahit sudah menutup kembali. Setelah selesai masa nifas (biasanya 40 hari) dan bersuci insyaAllah sudah bisa melakukan jima’ lagi bersama suami.

  34. neti says:

    makasih banyak dok untuk jawabannya , , saya lega sekali, , ,sekarang sudah mulai kering , , , tapi setelaah melahirkan kemarin , , , saya jd punya wasir dok , , kata bidannya itu akibat dr mengejan waktu melahirkan , , ,

  35. dr. avie says:

    # neti : untuk masalah wasir, bisa dibaca di artikel permasalahan pasca persalinan bagian 1 : permasalahan terkait proses persalinan di muslimah.or.id. Semoga bisa membantu

  36. Rini says:

    Asalamu’alaikum dok .. saya melahirkan tanggal 15 feb tapi sampai sekarang saya masih mengalami pendarahan, saya sudah berulang kali pergi ke RS dan d USG alhamdulillah tidak ada apa2 d perut saya.. tp pendarahan itu belum kunjung berhenti, sesudah melahirkan saya langsung d suntik kb yg 3bln, kemudian saya d anjurkan memakai kb IUD krna menurut dktr itu imbas dr kb suntik, tgl 17 mei kmrn sy pk kb IUD, tp smpai sekarang sy masih pendarahan,, menurut ilmu kedokteran apa ini hal yang wajar ? Apa yang harus saya lakukan ? Obat apa yg tepat untuk penyakit ini ? Terimakasih sebelumnya

  37. Rini says:

    Dear dr Avie !
    tgl 15 feb lalu sy melahirkan dan langsung d suntik KB, namun sampai sekarang sy masi mengalami pendarahan, saya sudah sering berobat k RS dan d USG tp hasilnya sehat, namun pendarahan itu masih terus berlanjut, lalu saya d anjurkan memakai kb iud krna kt dktr ada kemungkinan pendarahan sy itu akibat dr kb suntik dan tgl 17 mei sy pkai kb iud, tapi sampai sekarang pendarahan itu tetap terjadi walau kadang hanya keluar pd pg hari sj siang sj atw mlm sj tp kdng jg keluar terus.
    Yg mau sy tanyakan apa ini normal ?
    Adakah obat untuk menghentikan pendarahan ini ?
    Jika pendarahan itu hnya terjadi pd pg hari, apa malamnya sy boleh melakukan hubungan suami istri ?
    Apa ada pantangan makanan atau aktivitas untuk saya ?
    Terimakasih sebelumnya

  38. neti says:

    dear dr.avie
    Dok kmren itu sy sudah check up k dokter bedah , , n wasir saya sudah stadium 3 n harus dioperasi , , sy tertarik melakukan operasi dengn teknik stepler,namun katanya mahal , , apa dokter tau kisaran biaya operasi untuk teknik stepler , , terimakasih seblumny dok

  39. kiki says:

    Asslmkm..dok, tanggal 23 Juni yang lalu istri saya melahirkan normal di klinik, hanya saja proses lahirinya cukup lama hampir 3 jam bayi baru keluar karena ngejan yang kurang benar. Dua minggu kemudian istri saya merasakan sakit perut yg luar biasa sehingga dirawat di rumah sakit sampai 9 hari. Diagnosa dari dokter infeksi puerperalis sehingga mengeluarkan cairan dengan kateter. Sekarang istri sy sudah 3 hari pulang dari rumah sakit, hanya saja ia masih mengeluhkan vaginanya yang nyeri. Pertanyaan saya berapa lama vaginanya baru hilang perihnya atau harus bagaimana dok?,disarankan banyak minum oleh bidan supaya banyak kencing, sudah dilakukan dan memang sering kencing, cuman perihnya sering datang tolong jawaban dan sarannya. Syukron!. By Kiki Supardi

  40. Kiki says:

    Asslmkm..dok, tanggal 23 Juni yang lalu istri saya melahirkan normal di klinik, hanya saja proses lahirinya cukup lama hampir 3 jam bayi baru keluar karena ngejan yang kurang benar. Dua minggu kemudian istri saya merasakan sakit perut yg luar biasa sehingga dirawat di rumah sakit sampai 9 hari. Diagnosa dari dokter infeksi puerperalis sehingga mengeluarkan cairan dengan kateter. Sekarang istri sy sudah 3 hari pulang dari rumah sakit, hanya saja ia masih mengeluhkan vaginanya yang nyeri. Pertanyaan saya berapa lama vaginanya baru hilang perihnya atau harus bagaimana dok?,disarankan banyak minum oleh bidan supaya banyak kencing, sudah dilakukan dan memang sering kencing, cuman perihnya sering datang tolong jawaban dan sarannya. Syukron!.

  41. aina says:

    saya baru 4bulan habis melahirkan,tpi kenapaya ko masih saja sampai sekarang keluar lendir bencampur darah,tapi kadang kadang ga keluar yg ada cuma flek aja,mohon penjelasan nya ya..

    terimakasih

  42. nike says:

    Aslkm..sya sudah 1thn2bln mlahirkn vacum anak kedua,3jam stelah mlhirkn kmaren,saya mengalami pendarahan hebat smpai bidanny bantu menguret mlalui jln lahir smbil perut sya ditekan2,krna kekurangan darah,maka sya tambah darah ato transfusi 2 kantong..yg ingin sya tanyakan dok,sampai sekarang fisik sya mudah lelah dan berat badan saya tdk naik2 padahal sudah 4bln ini anak saya tdk Asi lg..mudah stres,mudah menangis,mudah marah,labil sekali dok,badan sering panas dingin n pegal2..kenapa bgtu ya dok?mohon solusinya biar berat badan sya bs bertambah,skrg hanya 39kg tinggi 157 dgn umur 30thn..mohon jawabanny inbox ke email sya y..thanx vry much be4

  43. Hendi says:

    Selamat malam doctor.mau nanyak doctor kok Isteri saya setela sehari siap operasi Caesar perutnya jadi kembung gaimana cara megobati nya makati sebelunya

  44. aisyah says:

    Assalamualaikum. .
    sy aisyah saya mau tanya dok saudara sya udah dapet 3 bulan melahirkan tapi kok masih keluar cairan kuning ya dok apa itu masih darah nifas waktu dapet ke_60 harinya saudara sya mulai sholat sampe skrang tkutx yang keluar itu darah bukan sekedar cairan

  45. saffana says:

    Assalammualaikum wr wb
    Dok saya mau tanya.saya sudah lepas masa nifas sekitar 15hr yg lalu.tp dari selesai nifas sampai skrg saya masih mengeluarkan cairan sedikit agak berwarna merah.apa itu darah haid atau darah penyakit ya?jika saya melakukan shalat dan yg lainnya apa boleh?
    Terima kasih sebelumnya dok
    Wassalam

Leave a Reply