Ketombe Bisa Diatasi

Penyusun: Ummu ‘Abdirrahman

Ketombe adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kepala. Kebanyakan orang merasa kehilangan kepercayaan diri jika berketombe. Selain itu, ketombe juga menjadi salah satu penyebab kerusakan rambut. Oleh karenanya, ketombe sebaiknya segera diatasi.


Gejala dan Tanda

  1. Kulit mati berbentuk serpihan yang tampak putih dan berminyak yang mengotori rambut dan bahu.
  2. Kulit kepala yang bersisik.
  3. Rasa gatal pada kulit kepala.

Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel terluar kulit kepala akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira 2 minggu sekali. Sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung 1 bulan sekali.
Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Penyebab Ketombe

  1. Kulit terlalu kering.
    Keringnya kulit kepala dapat menyebabkan kulit mengelupas dan membentuk serpihan-serpihan kulit.
  2. Kulit terlalu berminyak.
    Minyak yang berlebihan pada rambut dapat menjadi sumber makanan jamur yang berkembang di kulit kepala, di mana jamur akan merangsang pengelupasan kulit kepala berlebihan dan menyebabkan ketombe.
  3. Terlalu sering atau terlalu jarang keramas.
  4. Stres.
  5. Penggunaan kosmetik rambut yang berlebihan atau tidak cocok.
  6. Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan.
  7. Malassezia (jamur yang dapat menyebabkan seborrheic dermatitis yaitu radang pada kulit).
  8. Psoriasis (akumulasi sel kulit mati yang membentu sisik perak yang tebal).
  9. Craddle cap (seborrheic dermatitis pada kulit kepala bayi).
  10. Dermatitis (radang kulit) akibat sensitivitas terhadap produk perawatan rambut tertentu atau pewarna rambut.

Mencegah Lebih Mudah

  1. Belajar untuk mengatur stres.
  2. Keramas secara teratur 2-3 kali seminggu. Jika rambut cenderung berminyak, keramas dapat dilakukan setiap hari dan lebih aman jika menggunakan sampo yang tidak terlalu keras (mild shampoo).
  3. Hentikan pemakaian produk penata rambut yang tidak cocok bagi rambut dan dapat memicu ketombe misalnya hair spray, styling gels dll.
  4. Makan makanan yang sehat. Makanan dapat menyediakan cukup zinc (seng), vitamin B, dan asam lemak esensial yang dapat membantu mencegah ketombe.
  5. Sedikit berjemur di bawah sinar matahari karena sinar matahari dapat membantu proses pencegahan dan penyembuhan ketombe. Namun jika terlalu lama, sinar matahari dapat merusak kulit kepala dan rambut.

Cara Mengatasi Ketombe

  1. Bersihkan kulit kepala dengan sampo yang lembut untuk menurunkan kadar minyak pada kulit kepala.
  2. Hindari meminjamkan sisir pada orang lain dan begitu pula sebaliknya.
  3. Jaga barang-barang pribadi agar senantiasa dalam keadaan bersih, seperti sisir, handuk dan sarung bantal.
  4. Jaga agar kulit kepala dan rambut tetap bersih. Cucilah rambut secara teratur  dan lakukan pemijatan pada kulit kepala.
  5. Kurangi  makan makanan yang berminyak dan berlemak serta memperbanyak makanan yang mengandung zinc (seng).
  6. Jika jenis sampo biasa gagal, gunakan sampo atau krim antiketombe yang dapat dibeli bebas di toko atau apotek.
    1. Sampo antiketombe
      Kandungan sampo yang dapat membantu mengatasi ketombe yaitu tar, asam salisilat, zinc, selenium sulfida, dan ketokonazol. Sampo ini dapat digunakan sepanjang waktu atau hanya 1 atau 2 kali seminggu, tergantung keparahan gejalanya. Jika salah satu sampo tersebut hanya bekerja sementara kemudian ketombe tetap muncul, maka gantilah dengan yang lain. Pastikan juga biarkan sampo selama setidaknya 5 menit agar zat aktif dapat bekerja optimal sebelum dibilas.
    2. Krim
      Terdapat pengobatan tambahan dengan dua tipe krim untuk mengurangi ketombe yaitu krim kortison dan krim antijamur.
  7. Jika Anda telah keramas sesuai anjuran dengan menggunakan produk-produk tersebut namun masih terdapat ketombe maka kunjungi lagi dokter atau ahli dermatologi. Mungkin Anda memerlukan sampo yang lebih kuat atau perawatan yang lebih dengan lotion steroid.

Sumber : www.mayoclinic.com, www.emedicine.com, www.wikipedia.com, www.conectique.com

***
Artikel muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

50 Comments

  1. Desi Astuti says:

    Ayo para Muslimah kita rawat mahkota terindah kita. Utk yang ketombean jangan khawatir lagi, karna penyebab, pencegahan dgn pengobatan sdh diketahui kan? Jazakillah khairan ya Ummu ‘Abdirrahman..

  2. faiz says:

    sipppp

  3. badar online says:

    Jazakillah khaira…

  4. Liska says:

    Aku mau tanya.
    Rambut aku ini tergolong berminyak,dan banyak sekali ketombe dimana2,ketombe aku sangat banyak dan besar2,apa itu berbahaya?trus bagaimana mengobatinya?

  5. Alhamdulillah allahuma shali’ala muhammad wa’ala ali muhammad, amma ba’du

    Semoga tulisan ini bermanfaat bagi ikhwan akhwat yang membacanya

    Saya beberapa tahun yang lalu baca di majalah kalo tidak salah elfata atau Nikah bahwa justru memakai sampho itu berbahaya bagi kepala.

    Dan dikepala sebenarnya sudah ada minyak yang membersihkan rambut dan kepala kita.

    Maka cara terbaik lepas dari ketombe adalah lepas dari shampo karena diketahui di shampo ada zat yang katanya pengawet mayat.

    Setelah saya praktekan tips rambut dan kepala sehat dengan meninggalkan shampo maka ALHAMDULILLAH SAYA SUDAH BEBERAPAA TAHUN INI TIDAK LAGI MEMAKAI SHAMPO & JUSTRU TIDAK ADA LAGI KETOMBE, RAMBUT RONTOK SUPER BANYAK YG MENGGANGGU, DAN KELUHAN2 LAIN.

    JADI CARA TERBAIK ADALAH MENINGGALKAN SHAMPO.

    tapi mungkin pekan pertama & kedua & ketiga saat meninggalkan shampo akan terasa gatal & berbau tapi terus disiram air, insyaAllah setelah itu justru rambut kepala akan lebih indah.

    DAN SETELAH MENINGGALKAN SHAMPO KITA CUKUP PRAKTIS BERSIHKAN HANYA DENGAN AIR.

    Semoga Allah memudahkan urusan kita, dan kita tidak lagi sibuk dengan urusan rambut secara berlebihan, dan waktu kita bisa menjadi lebih banyak untuk ilmu ..

    barakallah fikum
    jazakumullah khairan

    washalallhu’ala nabiyina muhammad wa’ala alihi wassalam

  6. ummu umair says:

    ketika ana diberi matakuliah dosen membahas bahwa ketombe juga akibat pemakaian sampo
    apakah hal tsb bnr?
    dosen ana mengatakan sampo terlalu banyak mengandung bahan kimia yang apabila terlalu sering keramas menyebabkan bahan-bahan kimia tsb terakumulasi pd kulit kepala dan menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe
    shg dosen ana menyerahkan utk keramas seminggu sekali
    mungkin terkesan jorok ya….
    wallahu a’lam bishowab

  7. ummu abdirrahman says:

    # ukh Liska
    Ketombe bisa menyebabkan rambut rusak dan rontok, jadi sebaiknya segera diatasi. Coba diatasi terlebih dahulu dengan sampo anti ketombe secara teratur. Selain mengatasi ketombe, sampo anti ketombe pada umumnya juga membantuk mengontrol minyak berlebih di kepala.
    Beberapa jenis ketombe yang parah dan sulit dihilangkan juga bisa disebabkan oleh dermatitis, psoriasis atau seboreik. Jika ketombe sangat sulit diatasi, maka sebaiknya merujuk pada dokter sehingga dapat diketahui penyebab dan cara pengatasannya

  8. ummu abdirrahman says:

    Afwan sebelumnya atas kekurangan ilmu saya dan mohon masukannya jika terdapat kekurangan dan kesalahan.
    Setahu saya, sampo dapat menimbulkan ketombe pada seseorang akibat tidak cocok dengan kulit kepala tersebut atau digunakan secara berlebihan. Selama menggunakan sampo yang cocok dan aman, juga memperhatikan frekuensi dan jumlah yang sampo yang cukup untuk keramas, maka insyaallah tidak bermasalah.

    Berikut ini sedikit tips dalam memilih sampo :

    Jika rambut berminyak: Pilih sampo yang dibuat khusus untuk rambut berminyak. Formulanya harus mampu membersihkan minyak dan lemak pada kulit kepala, tapi juga harus cocok untuk penggunaan sehari-hari. Produk tidak harus yang berformula terlalu keras, karena bahan kimia yang terlalu keras dapat mengambil kandungan minyak alami di kulit kepala, sehingga kelenjar minyak pada kulit kepala akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengatasi kekeringan, yang akibatnya rambut akan semakin berminyak.
    Untuk penggunaan kondisioner, pilih yang sedikit mengandung minyak untuk mencegah kelebihan minyak dan agar rambut tidak terlalu lembap. Jenis Clarifying Shampoo merupakan pilihan yang paling tepat untuk Si Rambut Berminyak, karena secara efektif mengurangi kandungan minyak dan lemak, sehingga rambut tidak lepek dan terasa lebih ringan. Sampo dengan ekstrak mint atau lemon merupakan pilihan ideal untuk rambut berminyak. Bersihkan rambut minimal tiga kali seminggu.

    Untuk rambut kering:
    Rambut kering cenderung bercabang dan mudah patah. Pilih sampo khusus rambut kering yang mengandung lebih banyak pelembap dan nutrisi. Formulanya juga harus lembut dan mengandung bahan-bahan alami seperti minyak almond, madu, chamomile, atau minyak zaitun. Kondisioner pelembap sangat diwajibkan untuk rambut kering. Tekstur kondisioner yang lebih pekat merupakan pilihan sempurna untuk rambut kering dan rusak, untuk perawatan harian yang lebih intensif.

  9. ummu abdirrahman says:

    # komentar singkat
    Jazakumullah khairan atas ilmunya. Afwan sebelumnya, untuk masalah sampo.
    Sebenarnya masalah penggunaan sampo ini telah menjadi perdebatan yang panjang, apakah sebaiknya memakai sampo atau tidak. Dari beberapa sumber yang saya baca, memang menghindari pemakaian sampo memiliki lebih banyak keuntungan. Namun, karena keterbatasan saya, saya pribadi masih belum bisa menyimpulkan mana yang lebih kuat.
    Untuk melihat sampo berbahaya atau tidak, maka dapat dilihat kandungan dan dosisnya. Semua zat kimia asal digunakan dengan cara yang tepat dan dosis yang tepat maka tidak bermasalah, terutama jika sudah dilakukan penelitian sebelumnya.
    Untuk masalah sampo mengandung zat pengawet mayat, mohon diperjelas jenis zatnya (dan jika bisa produknya). Karena semua produk resmi yang diluncurkan ke pasar pasti sudah melakukan uji kelayakan terlebih dahulu baik terutama manfaatnya bagi konsumen. Suatu industri tentu tidak akan mengambil resiko menggunakan bahan-bahan yang berbahaya yang akan membahayakan konsumen dan selanjutnya mematikan produk mereka. Demikian juga pihak BPOM tentu akan berhati-hati mengizinkan suatu produk untuk dapat digunakan oleh masyarakat. Jadi, jika memang terjadi penggunaan zat berbahaya dalam produk, sebaiknya kita melakukan telaah lebih lanjut dan melaporkannya pada pihak yang berwenang yaitu BPOM.

  10. Suryadi says:

    Askum
    saya mau nanya tentang ketombe
    1.Bagaimana cara menghilangkan ketombe yg ampuh
    2.ketombe d kepala saya sudah tergolong parah ketombenya sudah numpuk dan tebal tapi klw saya kramas pake sabun colek ketombenya ilang tapi dlm itungan hari ketombenya dtng lagi,saya sudah berobat ke dokter kulit dan ga ada hasil

    tolong bantuanya untuk mengatasi ketombe saya
    trima kasih :)

  11. bintu_qaryah says:

    Assalaamu’alaikum..
    Terimakasih atas artikelnya…
    problematika yang sy hadapibersama teman sy, sama2 berketombe dan sama2 bandelnya si ketombe padahal ud menjelajahi berbagai macam shampoo…

  12. hamba Alloh says:

    assalamu’alaikum

    sedikit berbagi pengalaman untuk menghilangkan ketombe..
    Bagi yang sudah ber-ketombe (afwan) ada cara yang paling efektif untuk menghilangkannya yaitu dengan menggunakan VCO (minyak kelapa murni) yang sudah banyak di jual di apotik2. sehabis mandi atau keramas antum gunakan VCO tersebut insyaAlloh dalam waktu beberapa hari ketombe akan hilang. semoga bermanfaat wassalam

  13. assalamu ‘alaikum,

    info kesehatan yg lumayan bagus dan sangat bermanfaat sekali,

    mungkin hanya sekedar bagi-bagi pengalaman saja,

    bahwa saya adalah termasuk orang yg pernah terkena penyakit ketombean, mungkin lebih dari 10 th dan sangat parah sekali bahkan bau tidak sedap ketika rambut basah habis mandi, sehingga saya malu untuk keluar rumah kecuali kalo pake kopeah untuk menutupi ketombe yg parah tadi,

    kenapa saya bisa ketombean..?
    pertama tentu krn saya waktu itu kurang bisa menjaga kebersihan, kedua krn saya sering pinjem topi teman atau kopeah sering di pake orang lain wallahu a’lam, ketiga pemakaian shampo yg tdk cocok,

    berbagai macam cara udah saya coba untuk mengobati ketombe namun gagal lagi gagal lagi,

    kemudian setelah saya hampir putus asa, saya pun mencoba untuk memilih shampo cocok dg kulit saya, dan proses pencarian ini dari pengalaman gonta-ganti shampo sehingga bisa menetapkan shampo yg cocok,
    dan ternyata pilihan saya tdk salah,
    sayapun sering mempergunakan shampo tadi untuk keramas
    setelah saya berkeramas saya olesi kulit kepala dg minyak zaitun,
    kemudian setelah itu saya tdk atau jarang sekali menggaruk-garuk kepala,
    krn ternyata pengalaman saya ketika sering digaruk justru ketombe akan semakin parah,
    setelah saya menemukan shampo yg cocok tadi dan mengolesi kulit kepala dg minyak zaitun kemudian tdk menggaruk-garuk kepala,
    alhamdulillah setelah beberapa bulan kemudian ada hasilnya,
    yg pada akhirnya kepala bersih dari ketombe dg idzin Allah,
    padahal sebelumnya ana pesimis akan sembuh, tapi ternyata Allah maha kuasa untuk menyembuhkan jika kita mau berusaha,
    wallahu a’lam, mudah-2an pengalaman saya ini ada manfaatnya,
    bagi yg masih ketombean jgn khawatir insya’Allah akan sembuh.

  14. Vionissa says:

    Subhanallah, memang hanya Allah Maha Penyembuh, terbukti obat ketombe yg hanya berbahan alamilah yg sangat sesuai dgn fitrah manusia..

  15. Pendi says:

    aku pendi, ak sring gatal2 pd kepala, gak tau knapa tuh, temanku bilang kmu ketombenan za..
    ak jadi malu,
    kalo aku garuk2 apa gak pa2, mas, mbak, tolong bls lwt email aja..

  16. oneng says:

    ne penyakit saya dari dulu bahkan tambah parah kulit saya kering….tp KETOmbenya banyak……….trus mau tanya krim/shampoo yang cocok untuk saya yang mana ketombe saya tidak serbuk tapi berupa kepingan besar sampai kulitkepala saya berbeda dengan permukaan kulit lain

  17. Nato says:

    Patut dicoba!!!!!!

  18. Indra says:

    Saya mau tanya.
    rambut saya berketombe sangat banyak dan merusak kulit kepala saya hingga sampai kewajah saya, jika sampai diwajah akan merusak kulit wajah dan bentuknya seperti orang yang terkena penyakit kulit panuh…pertanyaan saya kira-kira bagaimana cara mengatasi dan mengobati ketombe saya ini?

  19. anti ketombe says:

    Ketombe saya gede2 kayak emping mlinjo, tuluuuuuuuuung……
    Ayo adain lomba gede2an ketombe yg pernah mengelupas sy bisa juara tuh… horeee (maap stress karena ketombe)

  20. edy says:

    untuk pengobatan secara tradisonal ( ramuan2) ada tidak….? coz…q tiap 2-3 hari sekali ketombe q selalu kluar….! tebal2 dan berlebihan jd tdk PD q…dgn rekan2 di kantor…Q sering pkai minyak rambut kemiri/flora mulai sejak SMP smpai sekarang mhn petunjuknya..

  21. rukuan sujuda says:

    bisa sebutkan merek pa yg mengandung zat2 tuk mencegah ketombe tersebut..
    contohnya samphoo pa gitu..

  22. rukuan sujuda says:

    ketombe saya banyak banged n tebal2,,ngebuat saya gag pede..tolong solusiny y..
    samphoo pa yg mengandung zat2 yg sudah anda sebut kan..
    trima kasih..

  23. april says:

    alhamdullilah berguna bangat info nya tapi di kepalaku seperti ada jerawat. memangnya ada ya jerawat di kulit kepala?

  24. novi says:

    saya sudah pakai sampo zinc dan asam namun ketombe saya selalu ada malah sekarang makin parah saya bingung. terkadang saya malu apalagi kalau lagi keramas dan gatal bangat….

  25. yulie deny says:

    terimakasih, ini sangat membatu saya yang sedang berketombe.

  26. wahyu says:

    ok lah klo begitu

  27. titik says:

    trima kasih ya saran nya…nanti saya coba pratekkan..

  28. yuri says:

    bissmillah. .sya jga pny mslah d kulit kpala.awal ny sdkit tp skrang udah lmyan bnyk..ktmbe ny gde2 kyak sisik brwrna ptih..gmna cra mngatasi ny tnpa prlu k d0kter?

  29. Solihati says:

    Syukron

  30. safira says:

    terimakasih ya …
    mungkin nanti saranya bisa kucoba dirumah ….
    sekali lagi jazakumullah . . .

  31. irawan says:

    makasih atas tips2-nya… Semoga ketombe beta segera ilang…gatel bgt nih..tiap kena panas.. :D

  32. nurjanah says:

    apaka ktombe dpt diakibatkan karena faktor keturunan?

  33. Koesdinar says:

    Trima kasih atas tipsnya, mudah2an bisa cepat membantu pengobatan ketombe di kepala saya.informasikan segera kalo ada tips sehat lagi

  34. Sekar says:

    biasanya sih aku selang seling samphoo-nya, antara samphoo biasa n antiketombe trus keramas 3hari sekali karena rambut tergolong kering.. lumayan loh, yg dulunya ketombe banyak lama2 berkurang meski belum hilang sama skali..

  35. egy says:

    aq mau tanya,,
    bagaimana caranya menghilangkan ketombe yg sudah menebal di kepala??

  36. sherin says:

    msi kurang akurat nch. . .
    mksudnya yg alami. .

  37. Phi says:

    Mau tanya,,disebutkan bhw slh satu pnyebab ktombe adalah STRESS. Bgmn prosesny kok sampe stress bisa bikin ktombean? Thanks.

  38. adinda says:

    ASS..ukhti sya ingin bertanya
    sya mengenakan jilbab..rmbut sya lmyan pnjg..v ketombe sya mungkin bisa sya ktakan sdah akut..krna selain gatal yg mengganggu rambut sya rontokx parah sya takut yg ad nntix mlah menimbulkan kebotakan..berbagai merek shampo sdah sya gunakan..bahkan berminggu2 sya menggunakan minyak zaitun ttap tdak ad prbhanx..ap sya perlu konsultasi kedokter..krna ketombe ini sangat mengganggu..tlong bntu sya..syukron sblumx..

    • @ Adinda

      Sepertinya memang Ukhti Adinda perlu berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi ada penyebab hormonal atau penyebab lainnya yang bisa diatasi melalui perawatan medis.

  39. sarah fauzia says:

    jazakallahu khairan katsiro artikelnya.
    maafmau tanya..selain ketombean saya punya masalah dngn kutu rambut.
    bagaimana cara yang efektif untuk membasmi kutu rambut terutama telurnya itu.
    apa langkah pertama saya harus memendekan rambut saya dan menipiskannya? karena kebetulan rambut saya tebal.

  40. suaibah says:

    artikel yang menarik, tapi kalo ketombenya setempat aja gimana pengobatannya ya?

  41. sartika says:

    HI NAMA KU ADESARTIKA,MAU TANYA DULU KULIT KEPALA KU DAN RAMBUT KU SANGAT SEHAT DAN PADA SUATU HARI WAKTU AKU TINGGAL DI SINGAPORE,KU PERGI KE SALON UNTUK MELAKUKAN CUCI RAMBUT DAN YANG KU KAGUM ORANG YANG MENANGANI RAMBUT KU BILANG KATANYA KULIT DAN RAMBUT KU MASIH ORIGINAL SEHAT,MEMANG SELAMA NI BELUM PERNAH KU KE SALON ATAU MENGGUNAKAN BAHAN KIMIA UNTUK RAMBUT KU .TAPI SEKARANG SELAMA KU TINGGAL DI BELANDA KU SANGAT KECEWA KEPALA KU DI PENUHI KETOMBE DAN RASA GATAL YANG SANGAT MENGGANGGU,KADANG KU GAK PERCAYA DIRI DAN MALU KARENA SEMUA BAJU KU WARNA HITAM DAN WARNA HITAM ADALAH WARNA KESUKAAN KU DAN DI BELANDA HAMPIR SEMUA MUSIM DI SANA GAK PERNAH ADA MATAHARI CUACA DINGIN JUGA DI SANA HRUS MENGGUNAKAN AIR PANAS YANG SAYA MAU TANYA APA MUNGKIN KULIT SAYA TERLALU KERING DAN MENYEBAB KAN TUMBUH BANYAK KETOMBE?

  42. Choconaren says:

    semoga cara ini membantu… amien

  43. Syarifah says:

    Sudah dua tahun ini saya berketombe. shampo anti ketombe sudah saya coba tapi belum ada hasilnya. perawatan rambut (hair spa) juga sudah saya lakukan. bagaimana mengatasi ketombe saya yang banyak ini?

  44. puput librita octavia says:

    rambut saya berketombe sejak lma pdahal sya tdak pernh memakai krim yg dapat merusak rambut dan kulit kepala….

  45. ozora says:

    askm ..
    maaf.. tapi akhir2 ini saya sering garuk2 ketombe.. dan akibatx kepala saya agak sedikit berdarah.
    kira2 itu bahaya g??
    makasih
    wskm..

  46. Naila says:

    aku mau ikut bagi tips yah, untuk mereka yang memiliki ketombe yang banyak, tebal dan hampir terdapat di seluruh bagian kepala (dan tidak hilang walaupun sudah pakai samphoo anti dandruf), mungkin dirinya termasuk mereka yang memiliki riwayat psoriasis, juga masalah hormonal dan stress. Agar tidak bertambah parah ketombenya, saya punya tips yang sangat mudah yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Usapkan irisan jeruk nipis pada bagian yang berketombe secara perlahan-lahan dan merata. Shampoo yang bagus saya kira adalah Shampoo Dove karena sudah terbukti efektif mengurangi ketombe tanpa membuat rambut terasa kering. Lakukan ini setiap hari selama satu minggu, maka anda akan merasakan perbedaannya. Ketombe yang semula tebal dan banyak akan secara perlahan lahan menipis…..
    Ingat yah, menggaruk justru akan membuat kulitmu luka dan iritasi (hal inilah yang menyebabkan ketika diolesi irisan jeruk nipis), kulit kepalamu akan perih. saran saya, kurangi menggaruk kepala secara berlebihan dan sisirlah rambut ketika hendak tidur. Kulit kering juga memicu timbulnya ketombe, untuk itu oleskan tipis-tipis minyak zaitun murni atau VCO di kulit yang ketombean tadi. Apabila kamu mau berobat ke dokter, mintalah obat oles (topikal) dan yang diminum. Semoga tips ini membantu…

  47. Seneng baca artikel berupa tips2 seperti diatas,, perbanyak artikel seperti ini doong,, :) makasih yaa…

Leave a Reply