Fakta Thibbun Nabawi: Habbatus Sauda, Madu, dan Minyak Zaitun

Penyusun: Ummu Hajar

Saudariku, tahukah kalian bahwa penyakit itu ada dua macam, penyakit hati dan penyakit jasmani? Kedua penyakit itu disebutkan dalam Al-Qur’an. Klasifikasi jenis penyakit ini mengandung hikmah ilahi dan kemukjizatan yang hanya bisa dicapai oleh kalangan medis di pertengahan abad ke-18. Sesungguhnya iman kepada Allah dan para Rasul, yaitu aqidah yang tertanam dalam hati, merupakan solusi pengobatan yang terpenting bagi hati, yakni bagi penyakit jiwa. Sedangkan untuk penyakit jasmani, kita bisa menengok metode pengobatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.


Istilah Thibbun Nabawi dimunculkan oleh para dokter muslim sekitar abad ke-13 M untuk menunjukkan ilmu-ilmu kedokteran yang berada dalam bingkai keimanan pada Allah, sehingga terjaga dari kesyirikan, takhayul dan khurofat.

1. Habbatus Sauda’ atau Jinten Hitam atau Syuwainiz

Imam Bukhari meriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. bahwa ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”. Habbatus sauda’ berkhasiat mengobati segala jenis penyakit dingin, bisa juga membantu kesembuhan berbagai penyakit panas karena faktor temporal. Biji habbatus sauda’ mengandung 40% minyak takasiri dan 1,4% minyak atsiri, 15 jenis asam amino, protein, Ca, Fe, Na dan K. kandungan aktifnya thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY). Telah terbukti dari berbagai hasil penelitian ilmiah bahwa habbatus sauda’ mengaktifkan kekebalan spesifik/kekebalan didapat, karena ia meningkatkan kadar sel-sel T pembantu, sel-sel T penekan, dan sel-sel pembunuh alami. Beberapa resep penggunaan dan manfaat habbatus sauda':

  1. Ditumbuk, dibuat adonan dangan campuran madu, kemudian diminum setelah dicampur air panas, diminum rutin berhari-hari: menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kencing, memperlancar air seni, haid dan ASI.
  2. Diadon dengan air tepung basah atau tepung yang sudah dimasak, mampu mengeluarkan cacing dengan lebih kuat.
  3. Minum minyaknya kira-kira sesendok dicampur air untuk menghilangkan sesak napas dan sejenisnya.
  4. Dimasak dengan cuka dan dipakai berkumur-kumur untuk mengobati sakit gigi karena kedinginan.
  5. Digunakan sebagai pembalut dicampur cuka untuk mengatasi jerawat dan kudis bernanah.
  6. Ditumbuk halus, setiap hari dibalurkan ke luka gigitan anjing gila sebagian dua atau tiga kali oles, lalu dibersihkan dengan air.

Untuk konsumsi rutin menjaga kesehatan, sebaiknya dua sendok saja. Sebagian kalangan medis menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsinya bisa mematikan.

2. Madu atau ‘Asl

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

Beberapa hasil penelitian tentang madu:

a. Bakteri tidak mampu melawan madu

Dianjurkan memakai madu untuk mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti)

b. Madu kaya kandungan antioksidan

Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress)

c. Madu dan kesehatan mulut

Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain.

d. Madu dan kulit kepala

Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala dan wajah diurut pelan-pelan selama 2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala.

e. Madu dan pengobatan kencing manis

Madu mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsure antioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu nutrisi kaya vitamin B1, B5, dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sebaiknya penderita diabetes melakukan analisis darah dahulu untuk menentukan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.

f. Madu mencegah terjadinya radang usus besar (colitis), maag dan tukak lambung

Madu berperan baik melindungi kolon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat dan membantu pengobatan infeksi lambung (maag). Pada kadar 20% madu mampu melemahkan bakteri pylori penyebab tukak lambung di piring percobaan.

g. Selain itu madu amat bergizi, melembutkan sistem alami tubuh, menghilangkan rasa obat yang tidak enak, membersihkan liver, memperlancar buang air kecil, cocok untuk mengobati batuk berdahak. Buah-buahan yang direndam dalam madu bisa bertahan sampai enam bulan.

Madu terbaik adalah yang paling jernih, putih dan tidak tajam serta yang paling manis. Madu yang diambil dari daerah gunung dan pepohonan liar memiliki keutamaan tersendiri daripada yang diambil dari sarang biasa, dan itu tergantung pada tempat para lebah berburu makanannya.

3. Minyak Zaitun

“Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Fungsi minyak zaitun:

  1. Mengurangi kolesterol berbahaya tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.
  2. Mengurangi risiko penyumbatan (trombosis) dan penebalan (ateriosklerosis) pembuluh darah.
  3. Mengurangi pemakaian obat-obatan penurun tekanan darah tinggi.
  4. Mengurangi serangan kanker.
  5. Melindungi dari serangan kanker payudara. Sesendok makan minyak zaitun setiap hari mengurangi risiko kanker payudara sampai pada kadar 45%.
  6. Menurunkan risiko kanker rahim sampai 26%.
  7. Pengkonsumsian buah-buahan, sayuran, dan minyak zaitun memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari kanker kolon.
  8. Penggunaan minyak zaitun sebagai krim kulit setelah berenang melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma)
  9. Berpengaruh positif melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi risiko tukak lambung.
  10. Mengandung lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi manusia seperti yang terdapat dalam ASI.
  11. Penggunaan sebagai minyak rambut mampu membunuh kutu dalam waktu beberapa jam saja.

Setiap penyakit itu ada obatnya, seperti hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya: “Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan obatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim) Setiap kali Allah menurunkan penyakit, Allah pasti menurunkan penyembuhnya. Hanya ada orang yang mengetahuinya dan ada yang tidak mengetahuinya. Jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang pesat, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah mengetahui dan menerapkan pengobatan yang terbukti kemanjurannya.

Maraji:

  1. Keajaiban Thibbun Nabawi, Aiman bin ‘Abdul Fattah
  2. Metode Pengobatan Nabi SAW, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

143 Comments

  1. www.muslimah.or.id says:

    1. Isnantyo Andri W
    December 22nd, 2007 at 9:14 am

    Alhamdulillah ana telah membuktikannya, dengan mengkonsumsi secara rutin habbatussauda’daya tahan tubuh ana terjaga,biidznillah, ana jarang sakit sehingga dapat beribadah dgn baik.Kebetulan ana juga menjual produk2 thibun nabawi tsb.

    2. Abu Hunaydah
    December 27th, 2007 at 1:39 am

    Alhamdulillah,semakin bertambah ilmu ana tentang Thibbun Nabawi. Insya Allah ana sudah mempraktekkan khasiat Habbattusauda dari Habasyi dan Mesir,Madu Kashmir/Madu Yaman,Minyak Zaitun Al-Amir dan yang lebih penting menjalankan sunnah dari Nabi Muhammad Shallahullaihi’wasalam.Syukron. Jazakumullah.

    3. salim
    January 1st, 2008 at 11:27 pm

    Alhamdulillah, ada info bermanfaat. saya mau tanya,kalau terlanjur sakit maag apa resepnya? soalnya sudah lama sakit maag & cepat lelah.
    Jazakumulloh khoir.

    4. abu shofiyah
    January 13th, 2008 at 11:29 am

    assalamuálaikum…baarokallohu fiikum. Yakin dengan petunjuk Nabi, apalagi banyak penelitian ilmiah yang menerangkannya, makin mantap saja. Ana sendiri lagi belajar hijamah yang dipadukan dengan herbal plus. http://www.bindasmin.blogspot.com

    5. Tommy
    January 14th, 2008 at 5:58 pm

    Ana dapat resep untuk maag akut (dewasa) sbb:
    Campur 200 gr madu dengan air 100 gr (aduk sampai rata), kemudian panaskan sampai mendidih, ditiriskan. Diminum dlm keadaan perut kosong selama sehari. Dosis tsb untuk 1 hari. Lakukan terapi tersebut 2-3 hari berturut-turut. Sebelum minum madu bisa juga minum minyak zaitun 2×1 sendok teh. Semoga bermanfaat

    6. Agus Padli
    January 18th, 2008 at 3:24 am

    ana mau tanya apakah bisa untuk penyakit kencing manis,dan apa anak kecil bisa minum supaya gemuk dan sehat karen anak ana sering mudah sakit dan pertumbuhan badannya kurang?
    Jazakumulloh khoir.

    7. Tommy
    January 19th, 2008 at 1:22 pm

    Ana punya artikel mengenai habbatussauda ditinjau dari beberapa aspek (pengetahuan umum, kandungan nutrisi, cara kerja, detoksifikasi, proses produksi s/d pengolahan, uji klinis/riset, tabel resep untuk dewasa/anak, dll). Bagi yang berminat bisa dikirim via email. [email protected]. Semoga bermanfaat

    8. Rony Setiawan
    February 1st, 2008 at 5:17 am

    Apakah vertigo bisa diobati dengan habbasatussauda? syukran katsira

    9. laksmi
    February 5th, 2008 at 3:11 am

    Apakah habbatussauda baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil?
    terima kasih. Jazakumullah…

    10. Tommy
    February 6th, 2008 at 6:36 pm

    Resep Vertigo :
    a. Minyak Zaitun + Minyak Habbatussauda : 1×1 sendok makan sehari ˝ jam sebelum makan (Habbat’S Oil 369) atau
    b. (Habbat’S Sehat) 2×2 kapsul sehari ˝ jam sebelum makan pagi&malam
    Resep Diabetes :
    Habbat’S Sehat 3×2 kapsul sehari
    Resep Meningkatkan Nafsu Makan & Imunitas (Anak):
    Madu+minyak zaitun+minyak habbats 2×1 sdk makan sehari (Kid Honey).
    Ibu hamil 7 bulan 2×1 kapsul (@500 mg) habbats murni (teori medis)
    Tepi kalo mau silahkan saja konsumsi kapsul habbats murni 2×1 sehari seperti istri ana & rekan lainnya. Menguatkan tulang janin & ibu hamil tidak mudah sakit. Putra kami (25 bln) juga tidak mudah sakit serta kecerdasannya di atas rata2. Alhamdulillah

    11. hardi
    February 11th, 2008 at 5:28 am

    Subhanallah, terima kasih atas informasinya. Ibu saya umur 69 tahun mengidap penyakit diebetes, pernah tiga kali stroke, badanya suka gatal2, mudah kecapean (lemas). Gimana terapinya, apakah obat2 dokter yang dia minum tiap hari sekarang ini, tetap diminum?

    12. Tommy
    February 14th, 2008 at 6:39 pm

    Resep Diabetes/Stroke/Gatal2 (Alergi)
    Habbat’S SEHAT 3×3 setelah makan (untuk diabetes,stroke & gatal2nya).
    Habbat’S Oil 369 (M.Zaitun+M.Habbats) dibalurkan ke bagian yang luka (jika ada) sesuai kebutuhan.
    NB: Kalo bisa sebelum konsumsi dicek dulu kadar gulanya di Laboratorium, setelah 1-2 minggu bisa dicek lagi. Dosis tetap diteruskan meskipun hasil lab berikutnya kadar gula naik. Hal ini karena ada unsur madu di Habbat’S SEHATnya. Bedanya kalo kadar gula naik karena diabetes membuat penderitanya lemas, kalo naiknya karena konsumsi madu tidak membuat lemas.
    Jika ingin tetap menggunakan obat dokter, disarankan ada selisih waktu 2 jam dengan pemakaian herbalnya. Semoga bermanfaat.

    13. dewita
    February 27th, 2008 at 10:42 pm

    Assalamu’alaikum
    alhamdulilah,,setelah membaca artikel ini ana mendapat banyak ilmu,,
    ana mw nanya,,kadang gampang capek dan nafasnya g teratur,,setiap priksa ke dokter,dokter blang kalo kurang nutrisi,,bagaimana cara mengatasi ini
    syukron katsiron

    14. Tommy
    March 5th, 2008 at 12:44 pm

    Nafas kurang teratur & mudah capek bisa dibantu dengan rutin olahraga (misal: jalan cepat,naik turun tangga) untuk meningkatkan kinerja paru2 & jantung (sirkulasi darah).
    Kekurangan nutrisi bisa dibantu dengan minum madu 3×2 sdk makan sehari atau kalo mau konsumsi juga habbatussauda 3×2 kapsul sehari serta perbanyak konsumsi sayur/buah.

    Revisi komentar sebelumnya

    15. djupi
    March 6th, 2008 at 7:10 am

    assalamualaikum.. Ikut tanya. Sebulan terakhir ini saya kena asam lambung , rasanya seperti naik sampai ke mulut (alhamdulillah sekarang sudah lumayan sehat). Apa resep untuk mengobatinya? Selain itu apa bisa digunakan bersamaan dengan obat medis?

  2. sofi says:

    Asslmkm Wr. Wb.

    Alhamdulilah & trima ksh, smoga dpt brmanfaat bg saya yg sdg dalam proses pengobatan agar lekas sembuh
    dengan mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW.

  3. Tommy says:

    Resep untuk asam lambung : rutin konsumsi madu, sebelum diminum direbus dulu atau dicampur dg air panas . Hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat asam yg terkandung di dlm madu. Dosis 3×2 sdk makan/hari. Jika masih sering mual sebaiknya hindari minum minyak zaitun.

    Resep lain :
    Black Seed Honey : 3×2 sdk makan/hari
    Habbat’S CAFE : 2 sachet/hari

  4. ella says:

    Assalamu’alaikum..boleh nanya nggak, kaLo bwt kanker payudara bisa nggk..
    resepnya apa aja..

    dr beberapa testimoni yg pernah saya baca/dengar dr beberapa penderita kanker, mereka mengkonsumsi 4-5 kpsl habbatussauda tiap 3 jam. sdngkan dr bacaan di atas, sgagian medis menyatakan bahwa mengkonsumsi habbatussauda terlalu bnyk bisa mematikan. trz gmn..

  5. Tommy says:

    Wa’alaikum salam

    Penderita kanker disarankan konsumsi :
    Habbat’S Kapsul 3 x 5 kapsul sehari
    Black Seed Honey 3 x 1 sdk makan sehari
    Oil 369 (m zaitun+m habbats) 3 x 1 sdk makan sehari, jika ada luka dibalurkan di bagian lukanya.

    Yang konsumsi 4-5 kapsul per 3 jam itu kalo yg sudah tidak kuat menahan rasa sakit.

    Kenalan saya penderita kanker payudara setelah 1 bln konsumsi resep di atas, mulai menunjukkan tanda positif. Kalo sebelumnya tiap malam bisa bangun s/d 5 kali akibat rasa sakit, sekarang hanya 1 kali saja.
    Selama 1 bulan ini ybs juga mengalami berbagai detoks yg sifatnya sementara (misal : pusing, tenggorokan kering, mencret, dll)

    Saya belum pernah dapat info kalo ada yg mengalami efek mematikan setelah konsumsi habbatussauda. Kalo detoksifikasi memang sebagian ada yang mengalami. Mengenai dosis memang sebaiknya dikonsultasikan dengan produsennya, sebab produsen yang baik tentu ada Dokter/Apoteker. Selain itu jika memungkinkan kita bisa cari produk yg memang sudah lolos uji laboratorium Badan POM. Sebab di sana sudah dilakukan berbagai test klinis atas produk yg diedarkan tsb.

    Jika menyangkut opini medis, akan banyak kita jumpai pertentangan antara dunia medis barat (kedokteran) dengan dunia medis timur (herbal/alternatif). Analisa medis barat tidak boleh kita yakini secara mutlak, krn metode pnyembuhan dengan thibbun nabawi ini sudah ada sejak lama, jauh sebelum riset ilmiah dilakukan.
    Riset ilmiah bukanlah suatu kebenaran yang mutlak, sifatnya relatif karena dibuat oleh manusia.

    Yang terpenting bagi pasien yg akan berobat dgn habbatussauda : Meyakini bahwa kesembuhan datangnya mutlak dari Alloh, Meyakini sabda Rasululloh ttg habbatussauda adalah benar adanya serta pasti bermanfaat bagi umatnya krn pengetahuan itu datangnya dari Alloh (bukan dari pakar medis), Keinginan yang kuat untuk sembuh karena berobat dengan zat yg sudah pasti kehalalannya, Mau sabar, Ikhlas (jika memang Alloh menghendaki kematian bagi kita, maka kita berharap kembali kepada Alloh dengan di atas petunjuk Rasululloh).

  6. anne says:

    klo nyeri dikepala tiba2 datangnya dan satu menit kemudian hilang itu karena apa???ada resepnya gak,,,biar bisa kurnang…n sesak napas yang tiba2 juga,,,,semuanya serba tiba2 n hilangnya pun tiba2

  7. Ummu Ahmad says:

    Campuran HABBA+MADU+ZAITUN, sangat bagus untuk kulit.

    Gunakan untuk luluran (encer saja, agar mudah meresap) maupun masker, kira2 1 minggu sekali (lebih sering pun boleh).

    Mudah, Murah meriah. BISA DILAKUKAN SENDIRI. Insya Allah, Gak perlu salon-salonan maupun facial2an lagi. Aurat pun aman dari pandangan orang lain (meskipun sesama wanita)

  8. Tommy says:

    Untuk sdri Anne

    Kalo punya habbatussauda murni bisa diminum 3×2 kapsul sehari. Atau bisa juga produk Habbat’S Sehat 3×2 sehari, sesudah makan. Jangan lupa senantiasa meminta kesembuhan kepada Alloh. Semoga bermanfaat …

  9. Oemoe Moena says:

    Jangan lupa DOA dan Yakin

  10. ika says:

    alhamdulillah saya sudah merasakan manfaat habbatusauda. walau aktifitas seharian,badan tetap fit

  11. husna says:

    assalamualaikum…
    saya mau tanya cara mendapatkan produk 2x tersebut, saya berminat…..

  12. www.muslimah.or.id says:

    Silakan cek produk-produk thibbun nabawi di http://toko.muslim.or.id pada kategori Produk Herbal

  13. Tommy says:

    Bagi yang membutuhkan artikel seputar Habbatussauda, silahkan mengambil sendiri di http://www.habbats.co.cc. Semoga bermanfaat …

  14. eka says:

    Terima kasih atas ilmunya…
    saya mau tanya, habbatus sauda kan banyaknya sekarang dipasaran, yang paling bagus yang mana ya?
    oiya, kemaren saya denger dari temen, kalau habbatus sauda yang di kapsul merupakan ampas dari habbatussauda cair, jadi kegunaannya mungkin udah habis, betul tidak demikian?
    madu juga yang mana yang bagus, say selama ini mengonsumsi madu assyifa, apakah ini madu yang bagus?
    minyak zaitun pun apa yang bagus ya…?
    maklum lah sekarang banyak berjualan obat, jadi takut alah pilih, apalagi buat keluarga, ntar bukannya jadi obat tapi jadi penyakit.
    terima kasih……

  15. Tommy says:

    Peringkat kualitas jenis habbatussauda di pasaran internasional :
    1. Jenis Balady (Mesir)
    2. Jenis Habbasyi
    3. Jenis Syria
    4. dll

    Jenis no 1 saat ini sering langka karena banyak diimpor negara2 Eropa.

    Penjelasan singkat ttg “ampas” adalah sbb :
    Serbuk Habbatussuda yang biasa kita lihat adalah biji habbatussauda yang telah mengalami proses penggerusan/penghalusan.

    Untuk produksi minyak habbatussauda maka biji habbatussauda akan digerus dengan tingkat tekanan yang tinggi sehingga akan keluar minyaknya.
    Jika produksi ditujukan hanya untuk menghasilkan serbuk saja (tanpa sampai mengeluarkan minyak), maka biji akan digerus tidak sampai halus sekali (agak kasar). Di dalam setiap biji habbatussauda terdapat bagian yang berwarna putih. Bagian ini nantinya yang akan mengeluarkan minyak jika sampai tergerus oleh tekanan yang tinggi.
    Proses produksi yang ditujukan untuk mengambil minyak memang akan menyebabkan manfaat serbuk habbatussauda berkurang. Tapi bukan berarti tidak memiliki manfaat sama sekali.
    Secara kasat mata, habbatussauda yang berwarna hitam pekat (sekali) biasanya berasal dari serbuk yang telah keluar (sebagian) minyaknya. Untuk serbuk yang berwarna hitam (tidak terlalu pekat) & sedikit bercampur serbuk berwarna putih itu menandakan proses penggerusannya tidak terlalu halus shg minyaknya tidak sampai keluar.

    Madu (apapun merknya) selama itu asli maka baik untuk kesehatan. Kalau ada tambahan royal jelly+bee polen+atau herba lain malah lebih baik.

    Minyak zaitun untuk kesehatan pilih yang warnaya hijau, karena itu berasal dari perasan buah zaitun yang pertama. Perasan selanjutnya akan berwarna kekuningan, biasanya untuk masak.

    Berobat dengan thibbun nabawi sebaiknya diiringi dengan keyakinan & tawakkal yang tinggi agar tercipta nuansa religi di dalamnya.
    Apapun merknya selama diiringi dengan 2 hal di atas, Insya Alloh akan mendatangkan manfaat.

    Kalau untuk mencari produk yang sudah lolos uji Laboratorium, bisa cari produk yang memiliki no reg Badan POM RI / DepKes. Tapi hal ini juga tidak mutlak harus dilakukan. Sebab thibbun nabawi ini sudah digunakan & terbukti khasiatnya sejak ribuan tahun yang lalu.

    Jangan sampai kita mencela satu merk tertentu akibat penyakit yang kita derita belum menampakkan tanda2 kesembuhan. Hal itu dikhawatirkan akan menyebabkan diri kita termasuk golongan yang mencela sunnah Rasul. Sebab Rasulullah tidak menyebutkan jenis/merk tertentu, namun hanya menyebutkan nama zatnya saja (misal : habbatussauda, zaitun, madu, dsb). Memberikan kesembuhan adalah hak Alloh SWT, sedangkan manusia hanya wajib berikhtiar saja.

  16. kandihawati says:

    alhamdulillah…saya bisa memperoleh pengetahuan yg banyak ttg kesehatan…sukron katsir

  17. Ummi rafie says:

    Assalamualaikum,ana mau minta informasi,ana menderita keputihan sdh lama(skitar 9 bln),sdh kedokter,kata dokter rahim ana infeksi,dan slama ini perut ana sbelah kiri sering nyeri,tp tdk mengganggu hub ana dgn suami,ana pernah membc buku thibbun nabawi,u penyakit wanita minum minyak habba 10tetes+3sdk makan madu,dan sdh ana coba bbrapa bln ini di+ kpsul habba 2*2,ana skr jg knsumsi herbl SM,tp jarang skali ana minum,hanya ana masukkan sj (afwan)divagina,yg ana tanyakan apa ada resep lain u penyakit ana ini?krn nyeri diperut ana msh sering terasa,jazakumullahi khoiron

  18. Tommy says:

    Kepada ummi Rafie :
    Coba campurkan 1/2 sendok teh minyak habbats+minyak zaitun (Habbat’S OIL 369) dengan 3 gayung air hangat, kemudian gunakan untuk cebok di waktu pagi (saja). Agak perih rasanya tapi cuma sebentar. Dan ditambah 2×2 kapsl Habbat’S SEHAT.

    Semoga bermanfaat …

  19. dyscha says:

    Assalamu’alaikum, syuron untuk setiap ilmu yang tercurah moga memberikan manfaat untuk kita semua, ana pernah dengar bahwa madu Arab murni dapat meningkatkan kesuburan, benarkah dan dimana ana bisa mendapatkan madu tersebut? atau adakah ramuan lain yang dapat membantu meningkatkan kesuburan dan melancarkan haid, saya sudah hampir 2 th menikah tetapi belum diberi keturunan, oleh karena itu ana mohon bantuannya, jazakumullah atas info dan masukannya

  20. Tommy says:

    Pijat refleksi bisa dijadikan salah satu alternatif untuk membantu pasangan yang sulit memiliki keturunan. Biasanya juga akan dibantu dengan mengonsumsi herbal (baik yang diracik sendiri oleh si terapist maupun yang sudah dalam bentuk jadi).

    Jenis madu Arab juga seperti madu dari Indonesia yakni banyak macamnya (tergantung nektarnya). Kalo yang dimaksud madu (Arab) dari nektar bunga habbatussauda, silahkan lihat penyalurnya di http://www.habbats.co.cc atau http://www.habbatsonline.com. Mungkin ada yang dekat dengan daerah anda.
    Atau hubungi Admin situs ini, mungkin beliau juga bisa membantu.

  21. bayu says:

    benarkah terlalu bnyk mengkonsumsi habbatus suda bisa mematikan??
    kebetulan ayah saya suka mengkonsumsi air habbatus sauda satu gelas sehari,beliau bru saja meninggal dunia tanpa diketahui sakitnya apa,waktu itu beliau hanya mengeluh sakit perut saja.

  22. Tommy says:

    Yang namanya berlebihan memang bisa jadi kurang baik, tapi kalau sampai mematikan belum tentu.
    Biasanya dosis yang disarankan @ 500mg sehari 3×2 kapsul atau 3×3 kapsul. Kecuali jika memang terindikasi penyakit yang berat seperti tumor/kanker dosis bisa dinaikkan sampai 3×5 kapsul (sesuai saran terapistnya).
    Jadi sebaiknya kita hindari bersu’udzon dengan habbatussauda’nya, sebab habbatussauda’ adalah resep untuk berobat dari Rasululloh yang notabene juga berasal dari Alloh ta’ala.
    Meninggal adalah takdir dari Alloh, sedangkan keluhan sakit hanyalah salah satu sebab untuk terlepasnya ruh dari jasad. Sebab banyak juga yang meninggal tanpa diawali adanya keluhan sakit. Semoga antum diberi kesabaran atas hal ini dan senantiasa mendo’akan orang tuanya.

  23. Ana pernah beli habbatussauda merk “HABBAT’S” di kota Jember – Jawa Timur. Ana tidak tau itu MERK “HABBAT’S” yang asli atau palsu…(tapi sepertinya palsu)… sudah habis banyak tapi gak ada hasilnya…kecewa deh…bagi pemilik merk HABBAT’S yang sah..tolong segera ditanggapi laporan ini…karena akan banyak orang yang beli produk palsu tersebut…karena pemasarannya yang gencar di kota jember

  24. iya afwan lupa ada tambahan….produsennya ditulis disana AL ATHIBBA’ MALANG JATIM. Dan produk ini waktu itu saya beli di maqshof salah satu ma’had di kota jember

  25. Tommy says:

    Setelah melihat attachment yang antum kirimkan, nampak jelas kalau itu bukan produk dari PT Habbatussauda International. Untuk perbandingan produk dengan merk HABBAT’S yang asli silahkan kunjungi web site perusahaan di http://www.habbatsonline.com atau Blog Mitra HabbatS di http://www.habbats.co.cc, dimana ana cantumkan juga sertifikasi beberapa produk dan registrasi dari instansi terkait (Produk > Registrasi).

  26. Saya sudah menikah 1 thn 4 bulan, belum dikarunia momongan. Adakah resep khusus untuk saya dan suami,..Syukron

  27. bidan za says:

    beberapa ahwat sharing ke ana bahwa konsumsi habbatus sauda dlm dosis tertentu dapat mengeringkan rahim, shg sulit terjadi pembuahan. teman pernah menghentikan konsumsi hbbahsauda (sblmnya dia minum rutin) krn blm jg dkaruniai momongan, qodarulloh 2bln setelah itu dia hamil. apakah hal ini sudah ada penelitiannya atau ikhwah ada info tentang ini? ana sering kesulitan jawab jika ditanya umahat…. jazakumullohu khoir.

  28. Tommy says:

    Untuk ibu Titik, coba hubungi terapist yang sudah dikenal mampu membantu pasutri yang sulit hamil. Biasanya masing2 terapist memiliki ramuan/resep herbal khusus untuk ini. Kalau produk Habbat’S, biasanya yang biasa dipakai untuk meningkatkan kesuburan sel telur/sperma Habbat’S PLUS plus dibantu refleksi.

    Bagi sebagian wanita yang merencanakan kehamilan atau masih dalam masa kehamilan usia muda, konsumsi habbatussauda kadang memang membawa pengaruh kepada rahim. Karena habbatussauda memiliki sifat “panas”, bisa jadi hal ini menyebabkan kekeringan pada rahim. Biasanya topik ini banyak diangkat oleh dunia barat. Salah satu contoh : http://www.answers.com/topic/black-cumin-seed-extract

    Kalaupun ingin tetap mengonsumsi habbatussauda, bisa dengan mengurangi dosis menjadi 1×1 kapsul sehari. Walaupun banyak juga wanita yang tidak memiliki masalah dengan kehamilannya meskipun mengonsumsi habbatussauda. Bahkan yang sebelumnya sulit hamil, dengan ijin Alloh setelah minum habbatussauda malah bisa hamil.

    Wallohu a’lam

  29. Tommy says:

    Bagi akhwat yang ingin sharing seputar resep habbatussauda yang bersifat pribadi juga dapat menghubungi sdri Indria (031-78262303)

  30. M. Saifudin Hakim says:

    Menjawab pertanyaan saudara bayu, apakah mengkonsumsi habbatus sauda bisa mematikan?
    perlu diketahui, bahwa habbatus sauda mengandung banyak zat kimia aktif seperti thymoquinone, dithymoquinone, carvacrol, terpineol, dsb. zat-zat aktif tersebut apabila masuk dalam tubuh, tetap saja bersifat toksik pada dosis tertentu.
    dalam salah satu penelitian yang pernah ana pelajari tentang habbatus sauda, ternyata banyak sekali hewan percobaan (tikus) yang mati. setelah diteliti, ternyata ada kerusakan di hati tikus yang diduga menjadi penyebab kematian tersebut. namun penelitian tersebut belum mengungkap, komponen zat aktif mana dari habbatus sauda yang menimbulkan efek samping tersebut?
    sehingga penelitian tersebut menyimpulkan, bahwa tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi habbatus sauda secara rutin karena adanya kemungkinan zat-zat aktif dalam habbatus sauda yang semakin berakumulasi dalam tubuh kemudian bersifat toksik pada dosis/jumlah tertentu.
    sebagai seorang, KITA WAJIB MEYAKINI BAHWA DI DALAM HABBATUS SAUDA TERDAPAT OBAT BAGI SEMUA PENYAKIT KECUALI KEMATIAN SEBAGAIMANA DALAM HADITS YANG SHAHIH.
    namun, bagaimana untuk mempraktikkan pengobatan dengan habbatus sauda agar menghasilkan efek kesembuhan? bagaimana dosisnya?cara pemberiannya?waktunya?bolehkah untuk ibu hamil?efek samping yang timbul?pertanyaan2 ini tentu membutuhkan penelitian yang mendalam, karena yang kita obati itu manusia, bukan mesin.
    semoga kita dapat merenungkan salah satu hadits nabi berikut ini.
    “BARANGSIAPA YANG MELAKUKAN SUATU PRAKTIK PENGOBATAN, PADAHAL DIA BUKAN AHLINYA, MAKA HENDAKLAH DIA BERTANGUNG JAWAB”.
    jazakumullah khairan.

  31. Tommy says:

    Ana setuju dengan komentar akhi Saifudin di atas, untuk itu produsen habbatussauda hendaknya memiliki tim konsul kesehatan yang memiliki latar belakang ilmu di bidang kesehatan. Selain itu agar setiap produknya didaftarkan terlebih dahulu di instansi yang berwenang (DepKes, BPOM) untuk dilakukan uji klinis. Sehingga produk yang dipasarkan itu memang aman untuk dikonsumsi. Demikian pula dosis yang ditampilkan di label produk juga telah melalui proses konsultasi dengan para ahli di bidangnya. Wallohu a’lam

  32. M. Saifudin Hakim says:

    Perlu diketahui, agar pengobatan dengan habbatus sauda dapat diterima secara medis, maka mau tidak mau, suka tidak suka, harus dilakukan penelitian ilmiah (baca:clinical trial) tentang habbatus sauda. untuk apa? yaitu untuk mengetahui efikasi (kemanjuran) dan safety (keamanan dalam tubuh manusia). alhamdulillah…saat ini habbatus sauda telah diteliti oleh ilmuwan2 di seluruh dunia, baik yang muslim maupun yang kafir. banyak publikasi internasional yang telah terbit tentang habbatus sauda atau orang-orang Barat mengenalnya sebagai black seed atau black cumin. salah satu komponen habbatus sauda yang banyak diteliti adalah thymoquinone. sedangkan komponen yang lain masih kurang diteliti.
    demikianlah, herbal medicine saat ini memang telah berkembang dengan pesat. bahkan, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta saat ini sedang merencanakan untuk mendirikan poliklinik herbal medicine sebagai salah satu layanannya. hal ini menunjukkan bahwa dunia medis itu bisa menerima sesuatu asalkan sesuatu itu terbukti secara ilmiah, bukan hanya berdasarkan cerita, pengalaman, atau kebiasaan. atau kata ilmuwan sekarang, harus evidence-based.
    ana pernah baca salah satu iklan tentang herbal, katanya “TIDAK MENGANDUNG BAHAN KIMIA”. iklan-iklan seperti ini adalah menyesatkan, karena produk herbal pun mengandung bahan kimia, meskipun sifatnya alami. dan prinsipnya, bahan kimia apa pun -baik itu alami maupun sintetik- pasti memiliki sifa

  33. M. Saifudin Hakim says:

    pasti memiliki sifat toksik pada dosis tertentu. oleh karena itu, perlu penelitian yang mendalam agar penggunaan habbatus sauda tersebut menimbulkan efek kesembuhan sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah.
    demikianlah komentar ana, semoag dapat difahami oleh kita semua. jazakumullah khairan.

  34. thiwa says:

    saya telah mengkonsumsi habbatus saudah dalam bentuk kapsul. sejak saya mengkonsumsinya, badan saya terasa pegel2 semua dan bersin2. apakah itu reaksinya untuk pertama kali mengkonsusinya atau habbatus saudahnya palsu. ada yang tau ga ciri2 habbatus saudah palsu. mohon infonya?

  35. Assalamualaikum
    Kami dari tim Klinik Herbal Al-Atsary hanya memberikan masukan saja kepada saudara-saudara disini. Al-Habbatus Sauda’ adalah Nutrisi yang sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit kecuali kematian. Hadits ini adalah hadits yang sangat LUAR BIASA dan penuh dengan keilmuan, tapi bagaimana cara mengamalkanya?
    hal ini banyak dari kaum muslimin yang belum memahami secara benar, bagaimana cara menkonsumsinya?
    Berdasarkan artikel diatas, hal tersebut sudah sangat benar. Bagaimana cara mengkonsumsinya? hal ini tergantung dengan sindrom orang yang hendak terapi penyakit yang diderita. Perlu cek up secara detail dan seorang thabib akan bisa memberikan dosis sesuai kebutuhan pasien dengan penuh keilmuan dan memberikan wawasan bagaimana pasien bisa menerapi dirinya sendiri. Dosis yang diberikan diawali dengan dosis ringan dari kebutuhan 250mg sampai dinaikan bertahap dan diturunkan bertahap.
    Thabib hanya membimbing pasien untuk memahami kebutuhan pasien untuk sehat dan memberikan wawasan keilmuan secara benar selanjutnya dokter terbaik adalah diri pasien itu sendiri.
    Dalam hal yang paling utama adalah rasa percaya dengan Allah merupakan 80% kesembuhan, 10% adalah pemeliharaan kesehatan dan 10% adalah nutrisi. Jadi jika tawakal anda besar Al-Habbatus Sauda’ merupakan obat dari segala penyakit.
    Jika anda ingin berkonsultasi maka anda bisa menghubungi tim kami di http://www.rumahsakitherbal.com, kami akan membantu anda untuk memberikan solusi bagaimana hidup sehat dengan Athibun Nabawy.

  36. akh shodiq says:

    assalam,,pengen nanya ukh,.
    kalo orang kesurupan obat paling manjur selain ruqyah apa ya ?

  37. syamss says:

    assalamualaikum…,afwan mu nanya jadwl kajian rutin d batam ada yg tau ga?

  38. Tommy says:

    @ akhi syamss :
    jadwal kajian di Batam coba aja klik link ini
    http://jadwal.kajian.org/index.php?city=Batam

  39. syahna says:

    subhanallah..
    banyak banget neh ilmu yang q dpt..
    pi model umum habbatus sauda kya mana sih..?\hhe

  40. mutia nova says:

    Assalamu’alaikum warahamtullah
    Sebenarnya sudah sejak lama saya dan teman-teman sekampus farmasi bingung tentang data farmakokinetik, farmakodinamik, indikasi, kontraindikasi, mekanisme aksi dan efek samping tentang thibbun nabawi. Dan yang paling kami bingungkan adalah dosis. As you know keefektifan dan kemanan suatu obat, baik 1 atau beberapa zat aktif (seperti halnya obat di pasaran) maupun herbal tentunya hal yang sangat vital. Apalagi obat herbal, tentulah perhitungan dosis lebih utama karena 1) memiliki banyak kandungan zat aktif 2)adanya kemungkinan interaksi antara berbagai zat aktif yang bisa jadi bermanfaat atau justru berbahaya.
    Saya memang baru sedikit browsing dan hasil penelitian yang saya dapatkan masih sedikit. Kebanyakan sudah dalam bentuk produk jadi. Hmm sebenarnya, saya belum ada kemantapan dengan dosis yang ditetapkan oleh pihak produsen produk. Beberapa lalu sempet tanya ke pihak distributor suatu produk tentang menetapkan dosis berkaitan dengan kefektifannya. Actually, hasilnya tidak memuaskan. Tidak bisa diabaikan, suatu produk perlu uji in vivo dan in vitro sebelum menetapkan dosis. Apalagi suatu produk herbal adalah hasil alam yang susah diprediksi keajegan kualitasnya, perlu pembatasan yang jelas tentang suatu produk yang bermutu.
    So, siapa pun yang sudah punya hasil penelitian dan data klinis mohon dibagikan pada yang lain di website ini. Jazakumullah khayran
    Semoga penelitian yang sudah ada terus berkembang. Aamiin. Because thibbun nabawi is not only an altenative, tetapi seharusnya yang paling diutamakan oleh kaum muslimin karena kefektifannya sudah dijamin oleh Allah ta’ala.

  41. Farid Al Fajri says:

    buat ukhti mutia nova:
    coba baca buku berikut ini, ana dah baca beberapa babnya, isinya lumayan, banyak penelitian mutakhir yang dipakai sebagai rujukan. Apalagi yang nulis seorang dokter, minimal bisa dipertanggungjawabkan akan hasil penelitian secara medis modern yang telah beliau lakukan.
    Semoga buku ini dapat memberikan penjelasan mengenai pengobatan Thibbun Nabawi secara medis modern.
    Maaf, bukannya promosi, karena ana tidak ada kaitanya dengan penulis, tetapi ana hanya melihat manfaat/ faedah yang dapat diambil dari buku tersebut.

    Buku:
    Habbatus Sauda’ Thibbun Nabawi dalam Menangani Berbagai Penyakit

    Penulis:
    dr. H. Hendrik, S.Ked, M. Kes.

    Penerbit:
    Pustaka Al-Ummat

    Deskripsi :
    Buku ini mengajak kita untuk menelaah dan merenungkan kembali esensi Alloh ta’ala menganugerahkan kesehatan kepada manusia. Membahas kaidah-kaidah pengobatan Nabi (Thibbun Nabawi) yang telah dianjurkan oleh Rasululloh Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menghindari terjadinya penyakit pada tubuh manusia.

    Dalam buku ini disampaikan tentang berbagai masalah kesehatan tubuh dan cara pengobatannya, penggunaan habbatus sauda’ sebagai salah satu pengobatan nabawi dan pemeliharaan tubuh, peran dan mekanisme aksi dari habbatus sauda’, sebagai anti oksidan, efek habbatus sauda’ terhadap kardiovaskuler, sebagai anti diabetes melitus, sebagai anti histamin, sebagai obat asthma bronkial, sebagai anti infeksi, sebagai anti panik (anxietas) dan depresi, dan penggunaan habbatus sauda’ dapat pembaca ketahui pembaca ketahui setelah membaca buku ini, insya Alloh.

    Secara khusus, buku ini memfokuskan pada penggunaan habbatus sauda’ sebagai salah satu CAM (Complementary Alternative Medicines) dan terapi dari sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam penanganan berbagai penyakit yang menyerang tubuh dan pemeliharaan kondisi kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan.

    Tema buku ini layak menjadi salah satu literatus tentang pemeliharaan kesehatan dan pengobatan penyakit bagi keluarga muslim mengingat masih jarangnya buku-buku islam yang membahas tentang pengobatan Thibbun Nabawi berdasarkan berbagai penelitian ilmiah modern.

  42. nani septian says:

    Assalamualaimum.wr.wb. saya adalah pemakai habatussauda. yang ingin saya tanyakan apakah habatussauda dapat menimbulkan ketergantungan jika berhenti meminumnya?dan mengapa setelah meminumnya perut mudah lapar?jayakllah

  43. 3kafeL says:

    AssaLamuaLaikum WarohmaTuLLah…
    Ana dan suaMi adaLah koNsumen seTia HabbaSaudah.
    SaaT ini Kami mengk0nsumsi HabbasauDah plus (aDa tambaHan dauN pegaGannya) keLuaRan Madina Herba Medica kaRena suaMi ana menDerita baTuk daN sudaH berTahun2 beLum seMbuh.

    Yang iNgin ana tanyaKan : aPakah pRoduk yaNg kami koNsumsi iTu meMang pRoduk yanG tePat (maksuD ana, pRodusennya paTen/ bukan pRoduk asaL2an)?
    Afwan,buKan maKsud aNa meRemehkan suaTu pRoduk, taPi ana haNya inGin kePasTian saja teNtang prOduk yaNg ana konSumsi.

    Jazakallah…

  44. abu ali says:

    alhamdulillah, jinten hitam banyak manfaatnya adalah hikmah kebenaraan ayat2Allah Ta’ala,kita harus banyak bersyukur kpd-Nya.

  45. pendekar says:

    untuk yang tidak alergi mungkin jinten hitam mjadi obat, tetapi bagi yg punya riwayat alergi harus berhati-hati karena saya punya pengalaman khusus dg yg satu ini. Allah ciptakan sesuatu dengan manfaat dan mudharatnya.

  46. caveboy says:

    @ pendekar…

    Masak sih??

    Apa Anda baru kena pada tahap detoksifikasinya?

    Saya sgt heran jg jika ada statemen alergi, bkn krn bela habis2an jinten hitam. Tp mbok ya komen ntu harus ditimbang dg baik apakah experience sebelumnya itu merupakan fact state atau cuma efek temporer? Nah ntu yg perlu dikaji mendalam dlu.. Bkn self judge by opinion, nanti jadinya untrusted statement..

  47. untuk mas Pendekar: mungkin itu baru sebatas gejala detoxifikasi.

    Detoxifikasi adalah sebuah proses penghilangan racun dari dalam tubuh. Hal ini bukanlah efek samping tetapi sebuah proses awal bekerjanya obat herbal tersebut melakukan pembersihan racun-racun dalam tubuh. Proses ini tidaklah berlangsung lama jika kita secara rutin atau terus-menerus mengkonsuminya. Perlu diingat bahwa pengobatan yang tidak terjadi gejala detoxifikasi, maka proses penyembuhan penyakit sulit terjadi secara maksimal.

    Tanda-tanda proses detoxifikasi adalah:

    1. Rasa sakit kepala terutama di belakang
    2. Keluar penyakit kulit
    3. Sakit pinggang
    4. Batuk berdahak
    5. Agak demam
    6. Salesma (Jawa: mbeler)
    7. Sakit kaki dari sendi
    8. Muntah dan mual

  48. zakiah says:

    Assalamu’alaikum..
    Mohon kejelasan pada pernyataan “Bagi sebagian wanita yang merencanakan kehamilan atau masih dalam masa kehamilan usia muda, konsumsi habbatussauda kadang memang membawa pengaruh kepada rahim. Karena habbatussauda memiliki sifat “panas”, bisa jadi hal ini menyebabkan kekeringan pada rahim”
    Saat ini saya sedang hamil muda akan tetapi saya tertarik untuk mengkonsumsi habbatussauda. Dan untuk diketahui kehamilan saya agak rentan. Untuk itu mohon kejelasannya dan brp dosis yg dianjurkan.
    syukron..
    Wassalam…

  49. must says:

    saya mau tanya tentang kebiasaan sebagian ikhwan atau akhwat yang minum habbatuasauda’ walaupun sedang tidak sakit ( tidak ada gejala sakit ), sehingga habbatusaudah diminum seperti suplemen saja. memang saya menyakini bahwa ada hadits yang datang dari nabi bahwa habbatuasauda’ orang dari segala penyakit.
    yang membingungkan ana kebiasaan sebagian orang yang meminum habbatusada’ walaupun tidak sakit. bukankah habbatusaudah adalah obat, jadi diminum ya ketika sedang sakit tidak dijadikan suplemen harian. karena kita tahu kalau diminum ketika sehat bukankah itu artinya perbuatan pemborosan, kecuali kalau habbatusauda’ berdasarkan uji juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan tubuh maka itu tidak masalah. tapi yang menjadi masalah adalah ketika obat diminum tampa keperluan, sama seperti orang makan atau minum ketika butuh tapi ketika ngak butuh maka tu perbuatan mubazzir bahkan memakan makanan atau minuman yang berlebih atau memasukkan kedalam perut melebihi apa yang dibutuhkan akan membuat badan tambah lemah bahkan bisa sakit. nah disini perlu adanya kearipan dari pemakai habbatusauda’ apakah dia mengaggap bahwa itu sebagai obat atau sebagai suplemen tambahan. kalau obat yang diminum ketika sakit saja, jangan diminum ketika sehat dan segar bugar. tapi kalau yang lain seperti madu atau yang lainnya, maka setahu saya selain sebagai obat madu sangat bagus bagi orang yang sehat karena banyak kandungan protein dan berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh. dan ingat jangan banyak2 nanti lambungnya kepanasan. intinya perlu takaran yang tepat. kalau anak kecil jangan seperti memberi orang dewasa, wanita jangan disamakan dengan pria. ya , mungkin ini komentar saya tentang habbatusada’ sebagai obat dari segala penyakit…..

  50. must says:

    tolong dokereksi bagian salah ketik ya, makasih. jazakumullah khoir

Leave a Reply