Fakta Thibbun Nabawi: Habbatus Sauda, Madu, dan Minyak Zaitun

Penyusun: Ummu Hajar

Saudariku, tahukah kalian bahwa penyakit itu ada dua macam, penyakit hati dan penyakit jasmani? Kedua penyakit itu disebutkan dalam Al-Qur’an. Klasifikasi jenis penyakit ini mengandung hikmah ilahi dan kemukjizatan yang hanya bisa dicapai oleh kalangan medis di pertengahan abad ke-18. Sesungguhnya iman kepada Allah dan para Rasul, yaitu aqidah yang tertanam dalam hati, merupakan solusi pengobatan yang terpenting bagi hati, yakni bagi penyakit jiwa. Sedangkan untuk penyakit jasmani, kita bisa menengok metode pengobatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.


Istilah Thibbun Nabawi dimunculkan oleh para dokter muslim sekitar abad ke-13 M untuk menunjukkan ilmu-ilmu kedokteran yang berada dalam bingkai keimanan pada Allah, sehingga terjaga dari kesyirikan, takhayul dan khurofat.

1. Habbatus Sauda’ atau Jinten Hitam atau Syuwainiz

Imam Bukhari meriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. bahwa ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”. Habbatus sauda’ berkhasiat mengobati segala jenis penyakit dingin, bisa juga membantu kesembuhan berbagai penyakit panas karena faktor temporal. Biji habbatus sauda’ mengandung 40% minyak takasiri dan 1,4% minyak atsiri, 15 jenis asam amino, protein, Ca, Fe, Na dan K. kandungan aktifnya thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY). Telah terbukti dari berbagai hasil penelitian ilmiah bahwa habbatus sauda’ mengaktifkan kekebalan spesifik/kekebalan didapat, karena ia meningkatkan kadar sel-sel T pembantu, sel-sel T penekan, dan sel-sel pembunuh alami. Beberapa resep penggunaan dan manfaat habbatus sauda’:

  1. Ditumbuk, dibuat adonan dangan campuran madu, kemudian diminum setelah dicampur air panas, diminum rutin berhari-hari: menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kencing, memperlancar air seni, haid dan ASI.
  2. Diadon dengan air tepung basah atau tepung yang sudah dimasak, mampu mengeluarkan cacing dengan lebih kuat.
  3. Minum minyaknya kira-kira sesendok dicampur air untuk menghilangkan sesak napas dan sejenisnya.
  4. Dimasak dengan cuka dan dipakai berkumur-kumur untuk mengobati sakit gigi karena kedinginan.
  5. Digunakan sebagai pembalut dicampur cuka untuk mengatasi jerawat dan kudis bernanah.
  6. Ditumbuk halus, setiap hari dibalurkan ke luka gigitan anjing gila sebagian dua atau tiga kali oles, lalu dibersihkan dengan air.

Untuk konsumsi rutin menjaga kesehatan, sebaiknya dua sendok saja. Sebagian kalangan medis menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsinya bisa mematikan.

2. Madu atau ‘Asl

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

Beberapa hasil penelitian tentang madu:

a. Bakteri tidak mampu melawan madu

Dianjurkan memakai madu untuk mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti)

b. Madu kaya kandungan antioksidan

Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress)

c. Madu dan kesehatan mulut

Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain.

d. Madu dan kulit kepala

Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala dan wajah diurut pelan-pelan selama 2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala.

e. Madu dan pengobatan kencing manis

Madu mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsure antioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu nutrisi kaya vitamin B1, B5, dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sebaiknya penderita diabetes melakukan analisis darah dahulu untuk menentukan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.

f. Madu mencegah terjadinya radang usus besar (colitis), maag dan tukak lambung

Madu berperan baik melindungi kolon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat dan membantu pengobatan infeksi lambung (maag). Pada kadar 20% madu mampu melemahkan bakteri pylori penyebab tukak lambung di piring percobaan.

g. Selain itu madu amat bergizi, melembutkan sistem alami tubuh, menghilangkan rasa obat yang tidak enak, membersihkan liver, memperlancar buang air kecil, cocok untuk mengobati batuk berdahak. Buah-buahan yang direndam dalam madu bisa bertahan sampai enam bulan.

Madu terbaik adalah yang paling jernih, putih dan tidak tajam serta yang paling manis. Madu yang diambil dari daerah gunung dan pepohonan liar memiliki keutamaan tersendiri daripada yang diambil dari sarang biasa, dan itu tergantung pada tempat para lebah berburu makanannya.

3. Minyak Zaitun

“Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Fungsi minyak zaitun:

  1. Mengurangi kolesterol berbahaya tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.
  2. Mengurangi risiko penyumbatan (trombosis) dan penebalan (ateriosklerosis) pembuluh darah.
  3. Mengurangi pemakaian obat-obatan penurun tekanan darah tinggi.
  4. Mengurangi serangan kanker.
  5. Melindungi dari serangan kanker payudara. Sesendok makan minyak zaitun setiap hari mengurangi risiko kanker payudara sampai pada kadar 45%.
  6. Menurunkan risiko kanker rahim sampai 26%.
  7. Pengkonsumsian buah-buahan, sayuran, dan minyak zaitun memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari kanker kolon.
  8. Penggunaan minyak zaitun sebagai krim kulit setelah berenang melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma)
  9. Berpengaruh positif melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi risiko tukak lambung.
  10. Mengandung lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi manusia seperti yang terdapat dalam ASI.
  11. Penggunaan sebagai minyak rambut mampu membunuh kutu dalam waktu beberapa jam saja.

Setiap penyakit itu ada obatnya, seperti hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya: “Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan obatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim) Setiap kali Allah menurunkan penyakit, Allah pasti menurunkan penyembuhnya. Hanya ada orang yang mengetahuinya dan ada yang tidak mengetahuinya. Jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang pesat, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah mengetahui dan menerapkan pengobatan yang terbukti kemanjurannya.

Maraji:

  1. Keajaiban Thibbun Nabawi, Aiman bin ‘Abdul Fattah
  2. Metode Pengobatan Nabi SAW, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

141 Comments

  1. enna says:

    assallamu’allaikum kabsul/ biji habbatus sauda’ itu apa? saya ingin beli,kalo beli dimana? mohon jawab secepatnya untuk mengobati kencing manis buat suami terima kasih sebelom nya wassalam’alaikum

  2. Subhanallah…. ternyata minyak zaitun, madu,Habbatus Sauda ada disini.

  3. abu hasna says:

    Asalamu’alaikum
    Alhamdulillah…
    Mohon Ijin copy.
    jazakumullah

  4. Latifah says:

    Assalamu’alaikum wr wb

    Bu, utk habbatusauda sendiri yg murni bisa di daptkan dimana? begitu juga dg madu murni dan minyak zaitun murni.. tolong informasinya ya bu..

    trus apakah sama minyak zaitun yg untuk konsumsi dan penggunaan bagian luar tubuh?
    terima kasih..

    Wassalamu’alaikum Wr Wb

  5. iwan says:

    assallamu’allaikum,
    apakah habbatus sauda boleh di konsumsi pada penderita tensi rendah, apakah boleh mengkomsumsi langsung yg blm di olahsudikah saya minta gambar bentuk habbatus saudakarena saya dpt dr kawan untuk mensikronkan. di mana bisa mendapatkan madu dan habbatus sauda yg asli dan bercangkang halal, atas bantuannya terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr Wb

  6. mualimin says:

    Ilmu kedokteran adalah ilmu tentang tatacara pengobatan dan mengobati penyakit. tokoh dalam ilmu ini di dunia Islam yang terkenal adalah Ibnu Sina,Bapak Kedokteran Islam, telah banyak karya dan khasanah pengobatan yang telah kita rasakan manfaatnya. kalau kita baca buku2 klasik Mukoddimahnya Ibnu Khaldun maka kita akan menemukan bagimana sesungguhnya proporsi pengobatan yang telah jelas antara kita ber”ittiba ke pada Rasul dengan pengobatan sesuai dengan ilmu pengetahuan dan tekhnologi; dulu sebelum rasul lahir di Jazirah Arab telah tumbuh pengobatan2 di Quraisy. mhn juga membaca buku al Miwal wa Nihal karya Asyahrastani tentang para Filosof sebelum Islam di negeri Romawi dan Yunani di Zaman Nabi Sulaiman AS, maka akan kita akan terbuka dalam menilai cakrwawala pengobatan sehingga tidak akan salah dalam menilai: karena Rasul bersabda barangsiapa yang mengobati seseorang tanpa pengetahuan ilmu maka semua akibat pengobatannya/komplikasi akan ditanggung. afwan

  7. Adri Muslim says:

    Assalamu’alaikum, istri saya menurut dokter kena penyakit Fatty Liver (perlemakan pada organ hati), apakah ada obat herbal yang bisa membantu proses penyembuhan ? mohon bantuannya. Wassalam

  8. abufarannisa says:

    Assalaamu’alaykum,
    saatnya kembali ke pengobatan nabi..
    baarokallahu fiik

  9. maya says:

    ass.wr.wb.apakah ada manfaatnya juga minyak zaitun untuk diminum oleh laki2 mempersubur atau memberi kwalitas sperma laki dan untuk wanita yang menginginkan kehamilan. mohon balasannya. wassalam.

  10. hariyanto says:

    assalamu’alaikum….
    bagaimana cara mengobati pentakit tbc pada orang dewasa maupun anak2 secara thibbun nabawi?
    Terima kasih
    wassalamu’alaikum…

  11. frida says:

    Assalammualaikum.
    saya minta izin mengcopy artikel diatas,trmksh

  12. dedy mirwan says:

    assalamu’alaikum….
    mohon informasi untuk daerah pontianak dimana saya bisa dapatkan buku thibbun nabawi?
    terima kasih…
    wassalamu’alaikum..

  13. cipil says:

    klo madu plus habbah sauda ditambah zaitun bisa ga dikonsumsi sekaligus

  14. ayip says:

    assalam’alaikum
    bisa mengobati gagl ginjal ga ???
    trimakasih sebelumnya

  15. ummu azfira says:

    assalamu’alaikum,,,
    afwan ukhti kalo boleh ana tahu “apakah minyak zaytun bagus di konsumsi oleh ibu hamil”???
    syukron,,,
    wassalamu’alaikum,,,

  16. itsna says:

    assalamu’alaikum wr.wb
    mo tanya nih, di pasaran itu kan byk dijual habatusauda bgmana membedakan ini produk asli habatussauda? sebyk barapakah meminum habatusauda? trus bagusnya itu diminum kapan? setelah/sebelum makan? pagi /siang /sore/malam? trima kasih.
    wassalamu’alaikum wr.wb

  17. Lina says:

    Apakah boleh mengkonsumsi habbatussauda jika ingin hamil ? trims

  18. Ajeng says:

    Assalamualaikum…

    Bagaimana cara penyembuhan kista bertholin.. Apakah bisa dgn konsumsi habbatus sauda?
    Terima kasih

  19. Artikelnya sangat membantu
    Obat-obatan tersebut msh ada & sdh banyak beredar sekarang

    Terimakasih

  20. Abdullah says:

    ‘afwan untuk madu sebagai obat diabetes sepertinya perlu diklarifikasi, soalnya madu mengandung zat gula yg tinggi seperti glukosa yg mana dapat meningkatkan kadar gula darah.syukron

  21. Abdullah says:

    ajeng@ insya Allah bisa, trus dibantu dg antibiotik/ekstrak sirsak lbih bgus.
    Adri muslim@ coba pake kunir
    Enna@ untuk diabetes selain pake habbat pake kayu manis juga. habbat mengobati scara ekstern (hanya mnurunkan kadar gula), dan kayu manis scara intern (memperbaiki ke tingkat sel)dosisnya 2X1 sendok teh (bisa dibuat teh). syukron

  22. abu azam says:

    tobib pengen tanya,bisakah obat tersebut tadi untuk mengobati payu dara bengkak.dan bagai manakah caranya sukron katsiron

  23. Yudha Nhara says:

    Assalamu’alaikum Ijin untuk mengcopy.Jazakillahu khoiron

  24. ani says:

    assalamu ‘alaikum. saya menderita tumor rahim kurang dari 2cm. kata dokter, org yg menderita tumor rahim susah hamil. sedangkan kami sudah sangat menginginkan anak. mohon jawabanx. syukron…

  25. Bustamil says:

    dimana saya bisa mendapatkan habatussauda pak?

  26. Assalamualaikum wr wb, untuk penyakit klep jantung yang sudah berlubang pakai obat apayah ? memang saat ini sedang dalam terapi pengobatan prana, tetapi sebagai obat tambahan. wassalam

  27. siti sovianty says:

    saya ingin berdakwah melalui thibbun nabawi,karena itu..tolong di bantu ya…jz

  28. adis says:

    ass. izin copy

  29. rubiyatun says:

    Assalamu’alaikum….ya ukhti…untuk mendapatkan baik habbatus sauda, madu serta minyak zaitun yang asli itu dimana belinya…krn dipasaran kan banyak, sementara kita tdk tahu mana yng bener2 asli….wassalamu’alaikum

  30. miftah says:

    Assalaamualaikum wr.wb mohon informasinya cara pengolahan, dosis dan herbal yang digunakan untuk obat radang lambung. Juga saya bisa mendapatkan madu asli untuk obat lambung dimana yaa.. Mohon bantuannya. Terima kasih.

    • riyani says:

      assalamualaikum….saya ingin sekali beli madu dan minyak zaitun yang asli tp saya tidak tahu belinya dmn…bisakah saya mendapatkan informasi tentang ini….wassalamu’alaikum

  31. Lily says:

    Mohon info dimana bisa mendapatkan habatusaudah yang asli dan bagaimnakah proses pengolahannya untuk dikonsumsi serta dosisnya, untuk getah bening benjolan dileher dan pencernaan. Terimakasih

  32. lita septelina says:

    bagaimana ciri2 habatussauda dan minyak zaitun asli? dimana saya bisa mendapatkannya? tks

  33. irpan says:

    bagaiman pendapat antum mengenai imunisasi bayi?

  34. ibnu winata says:

    artikelnya sangat bermanfaat,ijin share yaa
    (kami menjual susu kefir-susu fermentasi(sapi&kambing))

  35. pengobatan herbal memang banyak dianjurkan oleh para pakar kesehatan,. Karena ampuh dan man bagi tubuh.

Leave a Reply