Cara Membersihkan Karat Dengan Soft Drink

Alat dan Bahan

Minuman bersoda (soft drink) dalam satu gelas ukuran tinggi, alat yang berkarat (misalnya alat pembuka botol dan mur), dan wadah.

Cara Kerja

  1. Cara pertama: Rendam terlebih dahulu kain di dalam segelas soft drink selama satu jam.
  2. Setelah itu gosokkan kain pada bagian yang berkarat.
  3. Cara kedua: Rendam alat berkarat yang terbuat dari besi itu di dalam wadah dengan soft drink selama satu jam.
  4. Langkah terakhir, usai direndam selama satu jam angkat alat yang berkarat itu dari dalam wadah lalu bersihkan dengan kain.
  5. Lihatlah serpihan karat di alat pembuka botol telah rontok. Untuk membuatnya berfungsi kembali gosoklah alat pembuka botol yang telah dibersihkan tersebut dengan menggunakan lap.

Mengapa Begitu?

Tingkat keasaman atau PH rata-rata dari soft drink adalah 3,4. Ini sangat tinggi. Artinya tingkat keasaman ini cukup kuat untuk melarutkan gigi dan tulang! Karat pada alat dan kotoran pada keramik saja bisa ‘rontok’ oleh asam dan segala bahan campuran yang ada pada soft drink, apalagi gigi dan organ pencernaan dalam tubuh manusia. Maa syaa Allah, sungguh mengerikan!

Tahukah Anda bahwa tubuh kita berhenti menumbuhkan tulang pada usia sekitar 30 tahun?! Setelah itu setiap tahunnya tulang akan larut melalui urine tergantung dari tingkat keasaman makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. ‘Larutan tulang’ itu berkumpul di dalam arteri, urat nadi, kulit, urat daging, dan organ. Hal tersebut akan mempengaruhi fungsi ginjal dalam membantu pembentukan batu ginjal.

Apakah Anda pernah mencoba menaruh gigi patah di dalam botol soft drink? Subhanallah, dalam sepuluh hari gigi tersebut dapat melarut dalam cairan tersebut! Tentunya Anda dapat membayangkan, jika gigi yang keras saja bisa melarut maka apakah yang akan terjadi dengan usus dan lapisan perut kita yang halus jika kita terus-menerus meminum soft drink! Soft drink memiliki kandungan gula yang tinggi, bersifat asam, dan mengandung banyak zat aditif seperti pengawet dan pewarna.

Banyak orang yang menyenangi makan didampingi minuman soft drink yang dingin. Anda juga termasuk yang demikian? Simaklah penjelasan berikut ini:

Tubuh kita mempunyai suhu optimum 37°C agar enzim pencernaan dapat berfungsi, sedangkan suhu soft drink dingin jauh di bawah 37°C, terkadang mendekati 0°C. Akibatnya, enzim tidak bekerja dengan baik dan memberi beban berlebih pada sistem pencernaan kita. Malahan makanan yang sudah bercampur dengan soft drink akan menjadi seperti ‘difermentasi’. Akibatnya, makanan tadi akan menghasilkan bau, gas, sisa busuk, dan racun yang diserap oleh usus lalu diedarkan oleh darah ke selruh tubuh. Penyebaran racun ini menyebabkan berbagai macam penyakit. Apa kiranya yang mungkin terjadi apabila setiap hari kita meminum soft drink dingin seusai makan? Rusaklah sudah pencernaan kita!

Tahukah Anda?

Soft drink juga dapat menghilangkan noda lemak pada pakaian. Caranya tuangkan segelas soft drink pada pakaian yang bernoda lemak, tambahkan deterjen, diamkan selama 10 menit, setelah itu kucek pelan-pelan. Kegunaan lainnya adalah membersihkan kabut pada kaca depan mobil. Subhanallah!

Di Universitas Delhi pernah diselenggarakan sebuah kompetisi meminum soft drink. Akhirnya kompetisi dimenangkan oleh seorang mahasiswa yang berhasil menenggak 8 botol soft drink! Tapi dia tidak dapat menikmati kemenangannya itu karena dia meninggal seketika! Apa penyebabnya? Dia mengalami kelebihan karbondioksida dalam darah dam kekurangan oksigen akibat meminum soft drink. Bagaimana, apakah Anda masih berminat meminum soft drink setiap hari?

Sumber: Majalah Iptek Anak “ORBIT”, No. 07 Tahun IX, hlm. 6-7.
(dengan pengubahan bahasa seperlunya dari redaksi www.muslimah.or.id)

Donasi dakwah YPIA

28 Comments

  1. Pertanyaan says:

    Bisa di perjelas ini minuman soda merek apa ? ato asal yang mengandung soda bisa dipake ?

  2. hermansyah says:

    assalamu’alaikum… boleh ana upload di web atau web blog ana bu?

    assalamu’alaikum

  3. Sitha says:

    syukron ….atas infonya.

  4. putri says:

    huhu,ternyata serem yaah.salah satunya ana tuh , syukron jidan infonya, jazakillah khoyr ^_^

  5. Rahmat says:

    sukro katsiron q jd teu bhya dr minuman softdrink.

  6. deka says:

    saya dulu pernah baca artikel seperti ini,
    dan yang dipakai percobaan adalah coca cola,
    tapi untuk coca cola yang zero sugar, saya blum tau
    bereaksi nya sama dengan artikel ini….

    wassalam
    masdeka.web.id

  7. joko says:

    ternyata soft drink tuh ganas ya……! iiiiih gitu kok banyak yang doyan minum sih….termakan iklan sepertinya orang-orang indonesia ini…gampang di pengaruhi hal negatif :-(

  8. fitri says:

    Alhamdulillah…. syukron atas infonya….

  9. umair says:

    jazaakumullah khairaa
    artikel ini semakin menambah kalo kita semua harus lebih berhati2 dengan minuman softdrink

  10. adhim rakhman n says:

    subhanallah…syukron jazakillah khoiron katsiro.sebelumnya ana suka minum softdrink(fanta merah).insya allah mulai sekarang ana berhenti.cukup air putih yang menyehatkan.btw,kalo teh bagaimana?apakah bagus utk kesehatan.syukron jazakillah khoiron katsiro.wassalamu alaikum warohmatullahi wa barokatuh.

  11. umi yatin says:

    assalamu’alaikum……boleh upload atau copy paste ga

  12. sitinoor karomah hamida says:

    untuk penggunaan sofdrink di atas apakah softdrink dalam kondisi dingin atau suhu ruangan biasa ? adakah pengaruhnya ?

  13. edi says:

    setahu sy pernah baca hadits nabi, kesehatan badan tergantung dari hati,kalau hati baik maka baik seluruh tubuh,dan sebaliknya.
    jd klo pengin sehat jaga kebersihan hati dari penyakit2 hati seperti iri dengki sombong ujub dll.
    yg penting makan halalan toyyiban, tidak berlebihan,dan selalu berusaha menjaga kebersihan hati insyaAllah kita akan selalu sehat.

  14. Muhammad Reza says:

    Afwan mengapa situs terpercaya untuk berbagi ilmu agama seperti muslimah.or.id menampilkan informasi yang tidak dapat dipercaya seperti ini? setahu saya artikel semacam ini dusta belaka alias hoax, dan sudah ada bantahannya di hoax.wordpress.com

    http://hoax.wordpress.com/2007/03/13/bahaya-coca-cola-dan-pepsi/

  15. Muhammad Reza says:

    afwan, mengapa situs terpercaya seperti muslimah.or.id dalam mengambil ilmu agama, menampilkan informasi yang tidak dapat dipercaya alias hoax???!!!! setahu saya informasi seperti ini awalnya dari pesan berantai melalui email yang tidak jelas kebenarannya, dan telah terbukti kepalsuannya karena telah ada bantahannya di http://hoax.wordpress.com/2007/03/13/bahaya-coca-cola-dan-pepsi/

  16. Muhammad Reza says:

    kenapa komentar saya tidak ditampilkan??? saya tegaskan ini adalah artikel bohong….

  17. Ummul Hasan says:

    Alhamdulillah, al-akh Muhammad Reza memberi masukan yg sangat berarti bagi muslimah.or.id.

    Sebelum memberikan tanggapan, kami hendak menasihati diri kami sendiri dan juga kepada kita semua, agar berkepala dingin dan berhati tenang. Kami yakin bahwa kita semua melakukan publish artikel di situs ini, memberi komentar, dan berdiskusi, adalah untuk saling memberi manfaat terhadap orang lain.

    Yang kami pahami dari masukan al-akh Muhammad Reza, adalah bahwa artikel yang kami sampaikan ini adalah hoax (berita dusta). Al-akh Reza pun telah memberi link situs yang menjadi dasar masukan beliau.

    Setelah kami mengunjungi dan membaca link situs yang diberikan tersebut, maka dalam hal ini kami ingin menanggapi:

    [1] Artikel ini bisa kita bagi menjadi 2 point yang bisa memicu kesan hoax
    Pertama: bahwa softdrink adalah minuman yang berbahaya bagi tubuh manusia karena bisa terbukti secara eksperimental bisa membersihkan karat.
    Kedua: kisah mahasiswa new delhi yang dikabarkan meninggal setelah memenangi lomba meminum softdrink terbanyak.

    [2] Jika yang sangat ditekankan al-akh Reza sebagai hoax: adalah point kedua, maka kami pun belum berani menanggapi lebih jauh. Penelusuran benar atau tidaknya kabar tersebut pun belum bisa benar-benar kami lakukan secara teliti dan mendalam, karena rujukan yang ada pada umumnya adalah situs internet (baik yang mendukung kebenaran kabar tersebut ataupun yang menyatakan adalah sebuah hoax),. Kami pun tak begitu mengetahui apakah situs tersebut menampilkan fakta ataupun hanya sekadar kabar yang santer beredar.

    [3] Jika yang al-akh Reza setuju dengan opini bahwa softdrink berbahaya bagi tubuh karena terbukti bisa menghilangkan karat, maka kami tidak memaksa al-akh Reza untuk menyetujui opini bahwa softdrink berbahaya bagi tubuh karena terbukti bisa menghilangkan karat. Opini yang ditampilkan dalam artikel muslimah.or.id tentang softdrink ini adalah hasil sebuah eksperimen. Jika kita perhatikan sejak awal, artikel ini berisi langkah-langkah eksperimen, dan akhirnya memberi kesimpulan akhir tentang kemampuan softdrink menghilang karat. Dalam eksperimen pun tidak disebutkan mereke softdrink tertentu, karena inti eksperimen ini adalah pembuktian secara umum. Dari link yang al-akh Reza berikan pun (http://hoax.wordpress.com/2007/03/13/bahaya-coca-cola-dan-pepsi/), banyak yang memberi komentar bahwa mereka sudah melakukan eksperimen sendiri (meskipun sederhana) dan mereka membuktikan keampuhan beberapa merek softdrink dalam menghilangkan karat, dan berbagai fungsi lainnya. Intinya, mereka sudah mencoba membuktikannya sendiri di rumah.

    Ini adalah beberapa komentar yang bisa kami kutipkan dari link yang al-akh Reza berikan:
    [a] pengalaman saya sih anak lelaki saya sejak masih kecil suka sekali minum coca cola, akibatnya sampai sekarang (usianya 11 thn) ia mengalami gangguan pencernaan. So minum air putih aza deeehh

    [b] err.. may be u should give it a try.. at least once.. krn itu ga merugikan kok utk nyobanya.. saya pernah iseng2 mencoba coke utk cuci toilet, and u know what? ternyata lebih kinclong dibanding pembersih toilet porstex, xixixi. of course sangat sulit dipercaya, dan saya jg tidak meminta untuk percaya.. just sharing.. lagipula ga ada ruginya khan mencoba? hehe.. tp itu jg nyobanya udah lama bgt. may be sekarang uda engga lagi krn udah ganti komposisi kandungan.. tp yg pasti, mineral water is the best..

    [c] Coba campur coca cola ama mentos. Masukkan 12 butir mentos kedalam tabung, buka coca cola atau pepsi yang botol besar, masukkan semua mentos kedalamnya Silahkan lihat reaksinya. Luar biasa coca cola menyembur sampai 2 m Saya udah coba sendiri Silahkan coba

    [d] Aku udah pernah nyoba dan berhasil! nyoba buka baut yg kratan denga coca-cola, secara org bengkel gak ada yg bisa.

    ===============================================

    Setelah al-akh Reza menyampaikan pendapat bahwa isi artikel ini adalah hoax, maka kami berkonsultasi dengan seorang dokter gigi. Berikut ini jawaban beliau:

    Softdrink sebenarnya mengandung asam yang cukup tinggi. Bbrp penelitian terhadap pengaruh pada gigi, cukup significant meningkatkan karies dan juga (kalo tidak salah) gigi aus. Sebab sebenarnya email kita yang sangat kuat ini sangat tdk toleran/menjadi lemah structurnya bila ter-ekspos asam. Salah satunya softdrink.

    Sehingga kekerapan minum softdrink termasuk dalam satu pertanyaan (terutama pada pasien anak2) pada saat kita mengisi kartu status pasien/medical dental record.

    Dari artikel yg ukhti kirim : Untuk perhatian kita PH rata-rata dari soft drink, 3.l coca-cola & pepsi 3.4. tingkat keasaman ini cukup kuat untuk melarutkan gigi dan tulang! Tubuh kita berhenti menumbuhkan tulang pada usia sekitar 30 th

    Keasamannya kayaknya memang sekitar itu yg pernah saya baca tapi saya kurang pasti, mesti baca lagi jurnalnya. Hanya bukan berarti bisa melarutkan gigi dan tulang secara ekstrim. Mekanisme itu perlahan, perlu waktu.

    Untuk melarutkan calsium (decalcified) email gigi, biasanya kami menggunakan Asam nitrat 5% itupun direndam berterusan, dan ditukar setiap hari, kita perlukan seminggu baru gigi menjadi agak lunak.

    Setelah sy baca (link yang diberikan oleh al-akh Reza -red), memang rata2 yg udah pernah mencoba “eksperimen” dgn minuman soda, berhasil membuktikan bhw minuman bersoda itu tergolong kurang sehat. Kalau kurang sehat …memang iya, terutama pada gigi dan obesitas. Ada yg coba menggunakannya sbg pembersih toilet, ada juga yg untuk membersihkan karat, dll

    ======================================================
    Kesimpulannya:

    • Artikel ini hanya menyampaikan hasil akhir eksperimen. Apakah al-akh Reza juga sudah mencoba bereksperimen sendiri sebagaimana beberapa orang yang memberi komentar dari blog http://hoax.wordpress.com/2007/03/13/bahaya-coca-cola-dan-pepsi/ yang al-akh Reza berikan?
    • Adapun terkait dengan kebenaran kisah mahasiswa new delhi tersebut, maka kami belum bisa memberi tanggapan lebih jauh. Dan apa bila ada ikhwah yang telah mengetahui informasi yang sebenarnya dari berita tersebut, silakan konfirmasikan kepada redaksi.
    • Pada dasarnya memang softdrink tidak menyehatkan. Namun, efeknya tidak bisa seketika tampak dan tentunya akan berbeda bagi tiap orang. Sebagaimana rokok yang sudah jelas-jelas tidak menyehatkan, bahkan berbahaya, namun efeknya bisa berbeda tiap orang. Kami pernah menjumpai seorang bapak yang sudah merokok sejak usia belasan tahun, tapi hingga usia 30 tahunan lebih tubuh beliau masih segar bugar.

    Dengan menampilkan artikel ini, kami berharap bisa berbagi sedikit pengetahuan baru terhadap orang lain. Tidak ada sedikitpun niat kami untuk menyampaikan berita bohong. Adapun jika ternyata ada pihak lain yang memiliki opini, maka bisa kita bandingkan dasar dan argumentasi masing-masing pendapat.

    Semoga diskusi ini tidak berlarut-larut dan bisa memberi tambahan pengetahuan dan informasi kesehatan bagi kita semua.
    Jazaakallohu khayraa pada al-akh Reza yang telah memberi masukaan yang berarti bagi kami.
    Wallohu alam bish shawaab.a

  18. Nurlaili Wardati says:

    Astaghfirullah…
    Baru tahu, ternyata sangat berbahaya kandungan dari soft drink ini bagi kesehatan pencernaan bagi tubuh manusia…
    Emm… Trima kasih…
    Hal ini dapat menambah wawasan ilmu saya.

  19. andrik says:

    nyoba dulu ahhhhhhhhh…….trimakasih infonya…

  20. agus setiyanto says:

    lebih minum air putih tanpa ada efek samping

  21. Musthofa says:

    Info yang bermanfaat. Saya kira itu ada benarnya.

  22. arman says:

    nyoba ah.. kebetulan ada paku karatan di toolbox, hhe.. mumpung blm ad kesibukan berarti,

  23. ahmad says:

    wah…. ternyata pada sesuatu yang merusak (negatif) tapi juga ada manfaatnya (positif) ya!,

  24. Noyalita says:

    heum,,senyawa apa yg terkandung dalam softdrink tersebut kira2?
    apa semacam HCL..atau senyawa lain yang bisa menghilangkan karat
    mohon diperjelas untuk kandungan apa tepatnya pada softdrink yg bisa menghilangkan karat tersebut?

  25. kholik says:

    ya.. syukurlah… mudah-mudahan produk yang di keluarkan USA dapat di blokir dan tidak berkembang di negara kita, karena stiap pembelian produk USA berarti telah menyumang amunisi untuk membunuh saudara kita… waspadalah….

  26. heritry says:

    Assalamualaikum. Wah saya baru baca artikel ini. Menurut saya artikel ini cukup bisa membuat orang awam merinding ketakutan setelah membaca.
    Just sharing.
    Pertama, tahukah anda kalau dalam lambung manusia terdapat cairan yg disebut asam lambung, yang pH nya mencapai 1? Lebih ekstrim dibandingkan pH softdrink yg anda sebutkan bukan? Jadi, sistem pencernaan kita sudah biasa bekerja dalam suasana yg sangat asam.
    Kedua, suhu tubuh normal manusia memang sekitar 37 C. Dan tubuh kita memiliki sistem yang akan mempertahankan suhu tubuh tetap normal agar enzim2 dapat bekerja dengan optimum.

  27. heritry says:

    [Lanjutan]
    Jadi, meskipun kita hidup di kutub utara sekalipun yg suhunya mencapai <-10C, suhu tubuh tetap 37C, tidak mengikuti suhu lingkungan.
    Ketiga, mungkin hikmah yg bisa kita ambil dari berita mahasiswa di Delhi yg meninggal adalah bahwa apapun yg kita konsumsi secara berlebihan pasti tidak baik bagi tubuh. Contoh nyata, obat jika dikonsumsi sesuai dosis, bisa mengobati penyakit. Tapi jika dikonsumsi berlebihan bisa menjadi racun, biasa dikenal overdosis.

    Sekian pengetahuan yg bisa saya berikan untuk menanggapi artikel ini. Semoga bermanfaat.
    Wassalam.

Leave a Reply