Bagaimana Menentukan Masa Subur?

Penyusun: Ummu Salamah

Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan.

Siklus menstruasi dipengaruhi oleh hormon seks perempuan yaitu esterogen dan progesteron. Hormon-hormon ini menyebabkan perubahan fisiologis pada tubuh perempuan yang dapat dilihat melalui beberapa indikator klinis seperti:

  1. Perubahan suhu basal tubuh.
  2. Perubahan sekresi lendir leher rahim (serviks).
  3. Perubahan pada serviks.
  4. Panjangnya siklus menstruasi (metode kalender).
  5. Indikator minor kesuburan seperti nyeri perut dan perubahan payudara.

Ukhtiy harus tahu!

seorang laki-laki selalu dalam keadaan subur, sedangkan kesuburan perempuan terjadi dalam suatu siklus.

Melalui pengalaman, fase subur dan fase tidak subur dalam siklus menstruasi dapat dinilai secara akurat dan pengetahuan ini dapat digunakan untuk merencanakan kehamilan dan menghindari kehamilan. Metode yang paling efektif adalah dengan menggunakan pendekatan berbagai indikator biasanya perubahan suhu yang dikombinasikan dengan perubahan lendir serviks. Indikator-indikator ini secara ilmiah telah terbukti merefleksikan perubahan hormonal dan status kesuburan secara akurat.

Selain suhu dan perubahan lendir serviks, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur wanita, yaitu: indikator perubahan pada serviks, Metode Kalender, dan Indikator Minor Kesuburan.

Dengan mengetahui masa subur, ini akan bermanfaat bagi pasangan yang bermasalah dalam mendapatkan keturunan, yaitu dengan cara:

  1. Menilai kejadian dan waktu terjadinya ovulasi.
  2. Memprediksikan hari-hari subur yang maksimum.
  3. Mengoptimalkan waktu untuk melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan kehamilan.
  4. Membantu mengindentifikasi sebagian masalah infertilitas.

Dalam kesempatan ini, kita hanya akan membahas cara menentukan masa subur melalui perubahan lendir serviks.

Perubahan lendir serviks dapat diamati melalui vulva (alat kelamin luar) dan dicatat setiap hari. Perubahan lendir dapat juga diamati pada serviks dimana lendir tersebut akan muncul sehari sebelum muncul di vulva. Perubahan ini mungkin dikaburkan dengan adanya cairan sperma, spermisida atau infeksi vagina.

Lendir serviks ini dapat dikenali dengan rasa/sensasi, penampakan, dan tes dengan jari tangan.

Sensasi

Sensasi sangat penting dan sering merupakan hal tersulit untuk dipelajari. Ada atau tidaknya lendir dikenali dengan sensasi pada vulva. Sensasi mungkin merupakan rasa yang jelas tentang kering, lembab, lengket, basah, licin, atau lubrikasi.

Penampakan

Kertas tisu putih dan lembut diusapkan pada vulva. Tisu akan basah dan bila ada lendir serviks, lendir akan terlihat menggumpal pada tisu. Warna lendir dicatat, mungkin berwarna putih, krem, buram, atau transparan. Lendir sering terlihat pula pada celana dalam, dalam kondisi kering sehingga karakteristiknya telah berubah

Tes Jari

Tes ini dapat dilakukan pada lendir yang terdapat di atas tisu dengan cara mengambil lendir tersebut dengan ujung jari telunjuk dan ibu jari. Dengan perlahan, jari telunjuk ditarik, untuk melihat elastisitas lendir. Lendir mungkin elastis, atau mudah pecah, atau lembut, licin seperti putih telur yang mentah. Elastisitas ini dikenal dengan nama efek Spin dan menunjukkan bahwa lendir subur.

:: TES 1

Sensasi pada vulva: Lembab atau lengket.

Tes dengan jari:

Penampakan: Lendir awal sedikit tebal, putih lengket, dan cenderung berbentuk tetap.

:: TES 2

Sensasi pada vulva: Basah

Tes dengan jari:

Penampakan: Lendir pada masa transisi jumlahnya meningkat, lebih tipis, berawan, dan sedikit elastis.

:: TES 3

Sensasi pada vulva: Licin

Tes dengan jari:

Penampakan: Lendir dengan kesuburan tinggi jumlah banyak, tipis, transparan, elastis (seperti putih telur yang mentah).

Pada pemeriksaan lendir serviks ini ada beberapa yang harus diingat:

  1. Jumlah dan kualitas lendir bervariasi pada seorang perempuan dengan perempuan lain dan pada satu siklus dengan siklus yang lain.
  2. Setiap perubahan sensasi dan bahkan pada sejumlah kecil lendir harus diperhatikan.
  3. Jika menemukan kesulitan dalam mendeteksi lendir dari luar, kadang-kadang lebih mudah dikenali setelah berolahraga atau setelah buang air besar.
  4. Kegel (gerakan mengerutkan otot panggul bagian bawah seperti menahan kencing) juga kadang membantu pengeluaran lendir.

Supaya lebih mudah memahami artikel ini, sebaiknya Ukhtiy membaca artikel sebelumnya yang berjudul “Lebih Dekat dengan ‘Tamu Bulanan'” karena pada artikel tersebut ada penjelasan lebih jauh tentang ovulasi dan siklus menstruasi yang berkaitan erat dengan masa subur wanita.

Maroji': www.MER-C.com

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

145 Comments

  1. ali says:

    Wong blognya bagus gini loh, kenapa sih pake bikin virus segala. menyusahkan beberapa orang tuh :)
    walaupun saya akui isi virusnya bagus sebaiknya segeralah sadari bahwa membuat virus itu kurang baik untuk dilakukan. Bisa nyrimpeti loh :)

    Terimakasih dan mohon maaf kalo kurang berkenan.

  2. Lilis komariah says:

    Ass. Usia Saya 24 thun, suami 29 thn. Kmi menikah tahun 2006. Saya ingin brtanya. Juli 2008 saya kguguran kata dokter ( BO ) mau menginjak 3 bln kmudian dikiret. Sampai skr 2009 saya blum hamil lagi. Hed saya tidak teratur kadang 1 bln 2 kali, kadang 2 bln sekali, lama hed nya juga tdak tratur kdang 5 hari smpai 2 mggu. jadi saya bingung menentukan masa suburnya kapan. Mungkin ada dari shabat2 yg sama mempunyai pngalaman sperti saya. Kira2 bgaimana solusinya supaya saya bisa hamil lgi. Mksih

  3. lia Yulia noviani says:

    trimakasih atas infonya karena saya seorang ibu yag tidak cocok dengan alat kontrasepsi. Baik yang hormonal atau bukan, selalu terjadi pendarahan.

  4. melly says:

    Slamat pagi bu,,,,,
    Saya haid tanggal 9 oktober dan terakhir haid saya tanggal 16 oktober,,,,kra kira masa subur saya berada pada tanggal berapa ya bu,,

    mohon bantuan jawabannya,,,,,,

    Terima Kasih,,,,,

  5. nelly says:

    saya ingin merancang untuk mendapat anak ke3 tetapi selama 3tahu saya telah mengunakan pil perancang sebanyak 21biji tiap bulan.sekiranya saya ingin hamil pada waktu terdekat ni bilakah waktu yang sesuai.adakah saya kena berhenti mengunakan pill perancang selama 3bulan baru merancang untuk hamil.atau bolehkah selepas pusingan haid pada bulan berikutnya saya merancang untuk hamil.contoh,biasanya habis pil perancang sebanyak 21biji dalam 4 hari haid saya akan keluar.saya start haid pada 18october dan habis haid pada 22october.bolehkah selepah 14 haid dari haid 1 saya merancang untuk hamil.kerana ada yg mengatakan saya kena tungu 3bulan berhenti mengunakan pil perancang baru boleh merancang untuk hamil.

  6. intan tiram says:

    selalunya kesuburan adalah pada hari ke 14 hingga 21,tapi jika darah haid habis dalam masa 4 atau 7 hari blh ka hubungan seks dilakukan sebelum sampai masa kesuburan dan tidak ka ada apa efek?dan ada ka masa ni kehamilan akan terjadi?

  7. umi says:

    saya menikah tahun 2006 sampai sekarang belum mempunyai keturunan, padahal sudah periksa dan hasilnya bagus. haid terakhir tanggal 3 Nov dan berakhir tanggal 8 nov kira2 kapan masa subur saya, saya berhubungan kadang seminggu sekali karena memang kami sama2 bekerja dan smp dirumah lelah dan cape. oh y biasanya saya haid maju 3-4 hari. tolong solusinya terimakasih.

  8. Budiarti says:

    saya ibu mau tanya seandainya saya setiap bulannya mennstruasi tanggal 24 tanggal berapa masa subur aya, trimakasih

  9. Budiarti says:

    saya ibu mau tanya seandainya saya setiap bulannya mennstruasi tanggal 24 – 30, tanggal berapa masa subur saya, trimakasih

  10. chesia says:

    ass,usia saya13thun,saat sya mentstruasi badan saya tdak sbur sampai skrg ne sya pengen bngt bdan sya sangt sbur sperti tmen2 sya,
    saya mnta tlong gmnNa ya cRs ya badan saya subur mnta donk tipz ya.

    terimakasih dan tlong dikometari ya.

  11. letchumy says:

    saya nak tanya waktu subur tarikh haid 24hb setiap bulan bila tarikh kesuburan saya,tolong beri jawapan saya tunggu masa untuk dapat satu cahaya mata.

  12. tutik says:

    saya menika bulan oktober 2009,, sudah dua bulan berlalu dan belum terlihat hasilnya buah pernikahan kami,,, intinya pengen cepet nyusul punya momongan juga gimana caranya ya?? mohon bantuannya saya haid terakhir mulai tanggal 7 desember 2009 kemungkinan bulan depan(januari 2010) kapan sebaiknya saya untuk persiapan ? mohon bantuan dan jawabannya trimakasih

  13. soy surya says:

    istri sya biasa haid tanggal 4.berarti nasa suburnya skitar tanggal 15-19 kan?tapi kita berhubungan intim pada tanggal 30 desember 2009 dan sampai sekarang(7 januari 2010) belum haid.setelah dites kata istri saya dia hamil.bagaimana bisa terjadi seperti itu?????apakah ini keajaiban atau bagaimana????

  14. ummu asma' says:

    apabila kesulitan menghitung sendiri masa subur,ukhti bisa menghitung dengan sistem kalender ovulasi yang bisa ditemukan di beberapa situs, seperti http://www.anmum.com/id/ovulation_calendar.aspx atau situs luar negeri seperti http://www.femta.com. ukhti tinggal memasukkan tanggal hari pertama haid terakhir serta siklus haid. umumnya siklus haid adalah 28 namun juga ada yang 26, 27, dst.
    idealnya persiapan kehamilan dilakukan beberapa bulan sebelumnya dengan memiliki gaya hidup sehat dan jangan lupa senantiasa berdo’a kepada Alloh Ta’ala. sekeras apapun kita berusaha, jika Alloh belum menghendaki maka tidak akan terjadi.

  15. rina says:

    Saya biasanya haid pada tgl 17 s/d 23 kira2 kapan masa subur saya?

  16. Nue says:

    Brnanfaat bgd

  17. Lenda says:

    saya betul-betul ingin tahu, hari yang betul-betul subur hari yang ke berape dari tarikh hari pertama period? adakah betul hari ke 14? Tolong beritahu saya ya..terima kasih..

  18. aminah rahmawati says:

    kami menikah juni 2009 kemarin,tp sampai sekarang belum dikaruniai momongan,terakhir haid tgl 7januari2010, masa suburnya tgl berapa? lantas apa aja yang harus saya lakukan untuk cpt dpt momongan? terima kasih

  19. setiani says:

    sy mnikah th 2003 smpe skrg blum pnya momongan. mohon dibantu menentukan masa subur. sy haid tgl 15 februari dan terakhir tgl 19 februari, kira-kira kpn masa subur saya? sy dan suami sy sama2 bkerja, agak kecapean jg.mohon solusinya, trima kasih.

  20. Bibi wen says:

    saya ingin merancang utk mengandung tahun ini,saya dtg bln pda 21.01.10 hingga 30.01.10,jdi bla masa subur saya..

    terima kasih…

  21. agus says:

    hmmm…. aku agus, aku mau nanya?hmm… nglakuin hubungan sex, tp sbelumnya cairan sperma cowok di kluarin dl sehari sbelum hubungan apakah bisa hamil jika melakukan hubungan…?makasih.

  22. Mimi says:

    Sy seorang perempuan ,usia sy 23 thn .datang bln tgl 26 .apa masa subur itu masih terjadi sampai pada hari ke 29 stelah dtng bulan ? Trims sebelumny .

  23. Anita Ayatullah says:

    Assalamu’alaikum….
    Saya baru menikah 8 bln dan saya ingin sgr hamil, tp siklus haid saya sllu berubah-ubah, jd bgmna cr mnghitung masa subur saya ya?….

  24. joko turwiyanto says:

    bagaimana untuk yang tidak teratur dalam siklus haid, apakah berlaku artikel yang diatas… tanks

  25. Ari says:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Saya dulu pernah kista.dengan terapi suntik (sepertinya suntik KB)sekitar bulan Juni 2009 saya dinyatakan sembuh oleh dokter sp.OG. selama terapi tersebut saya tidak haid. tapi mulai bulan Juli 2009 saya haid 2x sebulan,setelah saya konsul dan periksa ke dokter tsb, beliau mengatakan itu efek dari terapi yang pernah saya lakukan dan efek tsb bisa sampai 2 hingga 6 bulan kekepannya. SEharusnya Januari siklus haid saya sudah normal, tapi bulan Januari 2010 saya masih 2x haid. Dokter bilang kalu dilihat dari kalender itu normal karena selisih H1 haid pertama dg H1 haid kedua ada 21 hari. padahal kan haid pertama saya selama 15 hari. Kemudian sampai pada bulan ini, Maret 2010 saya masih 2x haid dalam 1 bulan. Haid pertama +/-10 hari kemudian selang +/- 6 hari saya haid lagi. Apakah hal tersebut masih tergolong normal atau ada kelainan apa? bagaimana menghitung masa subur saya? Saya menikah bulan Juli 2009, sekarang usia saya 28 th dan suami saya 31 th dan ingin segera punya keturunan padahal sampai sekarang belum ada tanda2 kehamilan. Mohon solusinya Ummu… Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    dari Ari – Yogyakarta

  26. Ari says:

    maaf,tambahan yang sebelumnya. mohon informasi bagaimana menentukan masa subur saya secara kalender.
    Terima kasih. Wassalamu’alaikum wr.wb.

  27. Atin Solihah says:

    Ass.Mau tanya…saya menikah sdh 1 tahun lebih,tp blm hamil2 jg…siklus haid saya sblm nikah biasanya maju 1 minggu…ato 5 hari.Setelah menikah maju 2 hari,kadang 3 hari.Yg ingin saya tanyakan: Adakah efek samping jika selesai/sehabis berhubungan,terjadi menstruasi…?Apakah itu pertanda janin ga jadi…kok ada yg bilang begitu…?Makasih sblmnya.

  28. zuly says:

    saya masih bingung,sedangkan saya haid nya ga teratur.. jd gmn cr nya saya mengetahui masa subur saya.. padahal saya dah pengen.. apa bs saya puya anak klo dr dulu saya haid nya ga tentu.. tanggal nya berubah

  29. bebby says:

    Ass…usi saya 21 tahun, suami 22 tahun, kami udah nikah sekitar 5 bulanan, haid saya teratur, tapi kenapa saya belum hamil yaa ?
    kami belum pernah periksa ke dokter sih, siklus haid saya rata-rata 30 hari, jd masa subur untuk bisa hari keberapa setelah haid pertama ??
    mohon infonya yaa, saya ingin sekali menjadi seorang ibu, dan merasakan kehamilan.
    berdasarkan siklus haid saya apakah saya bisa hamil cepat ??
    mksih

  30. Ani'k says:

    Saya wanita berumur 22 tahun suami saya 28 tahun, menikah tgl 3 desember 2009. sampai sekarang belum mendapat momomgan. padahal saya sudah pengen bangt hamil. haid saya tidak teratur tanggalnya. terakhir haid tanggal 18 april 2010. saya mau tanya kapan masa subur saya dan bagaimana solusinya biar saya cepat dpt momongan karena saya dan suami sama2 kerja. trimakasih

  31. mahardeka says:

    kalau kita berhubungan 2 hari setelah menstruasi bersih, apakah masa subur kita. Saya menstruasi selama 5 hari. terima kasih atas balasannya

  32. debora says:

    saya dapat haid tgl 24-mei.kapan masa subur saya.makasih

  33. andri says:

    begini bu.saya sudah i thn menikah tapi sam[pe sekarang saya belum dikasih keturunan.saya dan suami pingin sekaLI cepwt punya keturunan. apa yang harus saya lakukan?

  34. andri says:

    asalamualaikum,disini saya mau minta tolong untuk ilmunya.saya sudah 1 tahun menikah tapi belum juga dikasih keturunan.saya dan suami pingin sekali mendapatkan keturunan.saya bingung sekali saya takut apakah saya bisa punya anak/tidak. menurut ukhty apa yang dimaksut dengan indung telur yang tertutup?dan bagaimana solusinya. tolong sekali ukhty mau membantu saya.syukron sebelumnya

  35. fitriani says:

    slamat siang….

    saya terakhir haid tgl 24 mei 2010,,,trus saya berhubungan intim sehingga keluar darah dari vagina saya,tetapi pasangan saya menggunakan kondom,,,apakah saya akan hamil???
    atau apakah saya masih bisa mengetahui masa kesuburan saya atau tidak???

    terima kasih.

  36. adi says:

    masa subur itu ..
    sblum atau sesudah mens sih ?>?
    brp hari kira” ..

    tq

  37. marlina says:

    saya sdh menikah 4 tahun…saya blm mpy keturunan…apakah klu kita tdk dtg haid pada bulan lalu dan kita cek tdk hamil…,lalu kita berhubungan sama suami pakah kita bisa kemungkinan hamil….!!!!! trim’s

  38. lia says:

    alhamdulillah..sangat jelas, saya sudah 6 bulan menikah, tp belum hamil…dengan penjelasan ini semoga saya bisa mengambil manfaatnya

  39. jony says:

    wassalam, saya merasa tertarik tuk mengetahui kesuburan istri saya saat berakhirnya mens. alasanya, karena saya memilih kalender yang mana beresiko apabila berintim sbg suami istri. pertanyaan saya, berapa hari masa subur setelah mens? mohon bantuan dari saudara, trima kasih

  40. affendy says:

    wah artikelnya kern banget. dengan artikel ini aku bisa tau saat istriku sedang dalam masa subur. dan sekarang aku dah berhasil punya momongan. makasih yach……!!!!!!

  41. ledi nensi aulia says:

    informasinya cukup membantu,, tapi saya memiliki siklus haid yang tidak teratur jadi agak kesulitan menentukan masa subur,, cara menghitung siklus haid 6 bln terakhir jg bkn bingung,, sementara cara alami mengamati kondisi tubuh saya rasa culup membantu,, tapi saya dan suami long distanca,,jd pas lg masa subur suami gak ada di rumah,,,hhhhhh,,,,,,

  42. rnurhasanah says:

    dokter saya mau tanya
    siklus haid saya tidak terakhurkan ,,jadi saya selalu salah dalam menghitung masa subur saya ,,,pd bulan agustus yg lalu hari pertama mens saya tgl 23 ,,,kemudian pd bulan sep hari pertama haid saya tgl 20,,,kira kira hari ebara yah masa subur saya …
    saya tunggu balasannya ,
    terima kasih

  43. ayue says:

    Doctr,sy udh pelajari cr menghitung masa subur,dan akan syikutin saran ny,,krn kbtln men sy 3bln terakir ini teratur,,doc,apa ada tips posisi yg baik untuk berhubungan intim??

  44. @ rnurhasanah

    Untuk metode kalender (perhitungan) agak sulit dilakukan jika siklus haid tidak teratur. Untuk menghitungnya, paling tidak anti tahu 3x siklus haid kemudian mengambil rata-rata dari ketiganya. Saran ana, dalam menghitung masa subur, sebaiknya dikombinasikan dengan metode lain (suhu basal, lendir serviks) seperti yang telah disebutkan dalam artikel.

    -dr. Avie Andriyani Ummu Shofiyyah-

  45. anna says:

    saya berumur 24 tahun, saya dan suami sangat ingin punya anak namun blum jg ada tanda-tanda kehamilan. kami sdh cukup berusaha,kata orang masa subur yaitu pada saat 2-3 hari setelah selesai datang bulan dan kami melakukan setelah selesai saya datang bulan, namun blum jg diberi keturunan..apakah itu menandakan saya tidak subur? tolong masukan nya ya…terimakasih,

  46. @ Ayue

    Secara teori, sebenarnya tidak ada posisi tertentu yang menjamin akan berhasilnya pembuahan. Namun, sampai saat ini posisi istri di bawah masih menjadi posisi yang paling dianjurkan karena terkait dengan gaya gravitasi, sehingga dipercaya dapat memudahkan sperma dari suami masuk untuk kemudian terjadi pembuahan. (dr. Avie Andriyani Ummu Shofiyyah)

    @ Anna

    Sebaiknya anti baca kembali artikel di atas, dan coba ikuti langkah-langkah dalam menentukan masa subur. Perhitungan yang anti lakukan (yaitu menganggap 2-3 hari setelah haid berarti masa subur) tidaklah tepat. Pada beberapa wanita, mungkin bisa menggunakan patokan tersebut. Namun, bisa jadi itu tidaklah tepat untuk anti, karena seperti kita ketahui siklus haid masing-masing wanita berbeda. Sedangkan untuk dikatakan masuk kriteria tidak subur adalah jika sudah menikah selama 1 tahun namun belum hamil juga, yaitu dengan catatan pasangan tersebut telah melakukan hubungan suami-istri secara teratur. Permasalahan belum kunjung dikaruniai anak juga tidak hanya terkait dengan masa subur, namun juga masalah lain yang bisa mengganggu terjadinya proses pembuahan, baik dari pihak suami maupun istri, dan tentunya tidak terlepas dari takdir Allah. Ada baiknya anti membaca artikel tentang infertilitas di muslimah.or.id, dan jangan lupa untuk selalu berdoa dan memasrahkan semuanya pada Allah. (dr. Avie Andriyani Ummu Shofiyyah)

  47. lisa says:

    saya mau tanya bu, sehabis sy keguguraan 4hr kemudian sy dapat haid. setelah selesai haid hari itu jg sy dan suami melakukan hubungan suami istri apakah pertanda masa subur atau tidak ya bu? trimakasih sebelumnya.

  48. @ Lisa

    Secara umum, perhitungan masa subur yaitu 14 hari sebelum haid berikutnya. Untuk itu, besar kemungkinan, waktu yang anti sebutkan (tepat setelah haid berakhir) bukanlah masa subur. Ana sarankan untuk menentukan masa subur dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan dalam artikel di atas. Pada kasus pasca keguguran seperti yang anti alami, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai program untuk hamil lagi.
    Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan saat yang tepat untuk hamil lagi setelah mengalami keguguran. Misalnya, kasus keguguran tersebut merupakan kehamilan pertama atau bukan, apa penyebabnya, berapa umur ibu sekarang, dan bagaimana kondisinya. Jika semuanya normal, maka sekitar 2-3 bulan setelah menstruasi biasanya ibu sudah boleh hamil lagi. Kondisi yang dianggap tidak normal adalah jika kehamilan yang mengalami keguguran tersebut merupakan hamil anggur (mola hydatidosa), karena berpotensi menjadi penyakit trofoblas ganas, yaitu semacam tumor dalam rahim yang terbentuk dari jaringan sel-sel bagian luar pada awal terbentuknya janin, dan bisa menyebar sampai ke paru-paru, otak atau hati. Untuk kasus khusus seperti ini, anti perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan dan jika tidak ada tanda-tanda keganasan pada trofoblas, barulah anti boleh hamil lagi. (dr. Avie Andriyani Ummu Shofiyyah)

  49. lisa says:

    terimakasih bu dok.. iyah sy keguguran karena sy mnum pil pengugur kandungan..sy msh berumur 23 thn..karena pekerjaaan sy hrs membantu suami jika sy hamil tidak dapat memebantu. sy mau tanya dok,apakah membahayakan organ tubuh sy? apakah sy hrs meminum pil KB spy aman bu dok? terima kasih lg bu dok sblumnya..

Leave a Reply