Bagaimana Menentukan Masa Subur?

Penyusun: Ummu Salamah

Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan.

Siklus menstruasi dipengaruhi oleh hormon seks perempuan yaitu esterogen dan progesteron. Hormon-hormon ini menyebabkan perubahan fisiologis pada tubuh perempuan yang dapat dilihat melalui beberapa indikator klinis seperti:

  1. Perubahan suhu basal tubuh.
  2. Perubahan sekresi lendir leher rahim (serviks).
  3. Perubahan pada serviks.
  4. Panjangnya siklus menstruasi (metode kalender).
  5. Indikator minor kesuburan seperti nyeri perut dan perubahan payudara.

Ukhtiy harus tahu!

seorang laki-laki selalu dalam keadaan subur, sedangkan kesuburan perempuan terjadi dalam suatu siklus.

Melalui pengalaman, fase subur dan fase tidak subur dalam siklus menstruasi dapat dinilai secara akurat dan pengetahuan ini dapat digunakan untuk merencanakan kehamilan dan menghindari kehamilan. Metode yang paling efektif adalah dengan menggunakan pendekatan berbagai indikator biasanya perubahan suhu yang dikombinasikan dengan perubahan lendir serviks. Indikator-indikator ini secara ilmiah telah terbukti merefleksikan perubahan hormonal dan status kesuburan secara akurat.

Selain suhu dan perubahan lendir serviks, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur wanita, yaitu: indikator perubahan pada serviks, Metode Kalender, dan Indikator Minor Kesuburan.

Dengan mengetahui masa subur, ini akan bermanfaat bagi pasangan yang bermasalah dalam mendapatkan keturunan, yaitu dengan cara:

  1. Menilai kejadian dan waktu terjadinya ovulasi.
  2. Memprediksikan hari-hari subur yang maksimum.
  3. Mengoptimalkan waktu untuk melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan kehamilan.
  4. Membantu mengindentifikasi sebagian masalah infertilitas.

Dalam kesempatan ini, kita hanya akan membahas cara menentukan masa subur melalui perubahan lendir serviks.

Perubahan lendir serviks dapat diamati melalui vulva (alat kelamin luar) dan dicatat setiap hari. Perubahan lendir dapat juga diamati pada serviks dimana lendir tersebut akan muncul sehari sebelum muncul di vulva. Perubahan ini mungkin dikaburkan dengan adanya cairan sperma, spermisida atau infeksi vagina.

Lendir serviks ini dapat dikenali dengan rasa/sensasi, penampakan, dan tes dengan jari tangan.

Sensasi

Sensasi sangat penting dan sering merupakan hal tersulit untuk dipelajari. Ada atau tidaknya lendir dikenali dengan sensasi pada vulva. Sensasi mungkin merupakan rasa yang jelas tentang kering, lembab, lengket, basah, licin, atau lubrikasi.

Penampakan

Kertas tisu putih dan lembut diusapkan pada vulva. Tisu akan basah dan bila ada lendir serviks, lendir akan terlihat menggumpal pada tisu. Warna lendir dicatat, mungkin berwarna putih, krem, buram, atau transparan. Lendir sering terlihat pula pada celana dalam, dalam kondisi kering sehingga karakteristiknya telah berubah

Tes Jari

Tes ini dapat dilakukan pada lendir yang terdapat di atas tisu dengan cara mengambil lendir tersebut dengan ujung jari telunjuk dan ibu jari. Dengan perlahan, jari telunjuk ditarik, untuk melihat elastisitas lendir. Lendir mungkin elastis, atau mudah pecah, atau lembut, licin seperti putih telur yang mentah. Elastisitas ini dikenal dengan nama efek Spin dan menunjukkan bahwa lendir subur.

:: TES 1

Sensasi pada vulva: Lembab atau lengket.

Tes dengan jari:

Penampakan: Lendir awal sedikit tebal, putih lengket, dan cenderung berbentuk tetap.

:: TES 2

Sensasi pada vulva: Basah

Tes dengan jari:

Penampakan: Lendir pada masa transisi jumlahnya meningkat, lebih tipis, berawan, dan sedikit elastis.

:: TES 3

Sensasi pada vulva: Licin

Tes dengan jari:

Penampakan: Lendir dengan kesuburan tinggi jumlah banyak, tipis, transparan, elastis (seperti putih telur yang mentah).

Pada pemeriksaan lendir serviks ini ada beberapa yang harus diingat:

  1. Jumlah dan kualitas lendir bervariasi pada seorang perempuan dengan perempuan lain dan pada satu siklus dengan siklus yang lain.
  2. Setiap perubahan sensasi dan bahkan pada sejumlah kecil lendir harus diperhatikan.
  3. Jika menemukan kesulitan dalam mendeteksi lendir dari luar, kadang-kadang lebih mudah dikenali setelah berolahraga atau setelah buang air besar.
  4. Kegel (gerakan mengerutkan otot panggul bagian bawah seperti menahan kencing) juga kadang membantu pengeluaran lendir.

Supaya lebih mudah memahami artikel ini, sebaiknya Ukhtiy membaca artikel sebelumnya yang berjudul “Lebih Dekat dengan ‘Tamu Bulanan’” karena pada artikel tersebut ada penjelasan lebih jauh tentang ovulasi dan siklus menstruasi yang berkaitan erat dengan masa subur wanita.

Maroji’: www.MER-C.com

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

144 Comments

  1. @ Lisa

    Ukhti..mengapa anti melakukan aborsi? Jika anti membaca artikel ini dan juga komentar-komentar pembaca, maka anti akan dapati artikel ini memuat bacaan yang memotivasi, memberikan tips-tips agar orang bisa memiliki anak/momongan.

    Tidakkah anti ingat firman Allah ‘Azza wa Jalla yang artinya:
    “Katakanlah: ‘Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapak, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar.’ Demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami(nya).” (QS. Al An’am [6] : 151).

    Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang artinya:
    “Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar.” (Q.S. Al-Isra’ [17] : 33).

    Jika melihat penuturan anti, maka aborsi yang anti lakukan bukanlah karena kondisi darurat yang dibenarkan oleh syariat Islam. Oleh karenanya, hendaklah anti beristighfar dan bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya karena telah melakukan perbuatan yang dilarang oleh syari’at. Islam telah melarang membunuh jiwa seperti dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala di atas.

    Aborsi (menggugurkan kandungan) yang anti lakukan bukanlah disebabkan oleh alasan medis (misalnya karena kehamilan tersebut mengancam jiwa sang ibu sehingga terpaksa harus digugurkan) yang memang secara syar’i juga diperbolehkan, namun alasan anti lebih kepada alasan kekhawatiran tidak bisa membantu pekerjaan suami. Perlu ukhti ketahui bahwa seorang istri tidak dibebani kewajiban mencari nafkah sebagaimana para suami. Boleh-boleh saja anti membantu pekerjaan suami selama tidak menyalahi aturan syari’at.

    Tindakan yang anti lakukan sangat berisiko dan bisa membahayakan diri anti sendiri, baik dalam hal kesehatan secara umum, maupun kesuburan anti. Sedangkan Islam melarang umatnya untuk melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya. Bagaimana tidak? Anti melakukan sendiri tindakan aborsi dengan meminum pil penggugur kandungan. Siapa yang bisa menjamin tentang isi dan dosis obat yang telah anti minum?

    Jika anti ditakdirkan hamil, maka terimalah takdir yang Allah tetapkan itu dengan lapang dada, syukur, tawakal dan doa agar diberikan kemudahan dalam menjalani takdir tersebut. Mungkin hal itu adalah yang terbaik buat diri anti dan suami tanpa ukhti sadari.
    (dr. Avie Andriyani Ummu Shofiyyah)

  2. lisa says:

    terima kasih bu dokter atas nasihatnya..
    saya memohon ampun pd NYa.. sy bersyukur ibu dokter memberikan nasihat yg begitu dashyatnya,.,

  3. nurfitmi says:

    ass..kak..saya wanita yg sudah menikah 2 tahin lebih tp blom dikaruniai keturunan..pgen konsul..sekresi lendir sperti apa yg bgus utk dibuahi atau waktu yg baik u bersenggama…trima kasih… wassalam

  4. hera dewani says:

    mohon bantuannya dok.terakhir saya mens tgl 26 dmana setiap saya mens utk bln berikutnya lebih awal 5 hari,kapan masa subur saya ya dok?trus hari atau tgl berapa lg saya bisa berhubungan agar hasilnya maksimal.terimakasih atas jawabannya.

  5. vivi says:

    malam dok.saya wanita berumur 24 tahun dan mempunyai 3 orang anak.anak ke 3 saya berumur 3tahun.skrng sy berniat merencanakan kehamilan yg ke 4.sudah 2tahun ini sy tdk hamil-hamil.saya sudah menjalanin metode kalender utk menentukan kpn masa subur sy hadir.saat pas 2hari sebelum masa subur saya tes menggunakan alat tes kesuburan sampai hari H MASA SUBUR dan 2hari sesudah masa subur ttp saja hasil nya NEGATIF.yg saya mau tanyakan apakah sel indung telur saya kosong karna keluar semua terbawa haid dan tdk melekat di rahim atau ada faktor lain??makasih

  6. mailen says:

    siang dok. saya wanita yg brumur 21 thn sya sda mnikah 2 thn tpi blm dkaruniai anak,sya bingung bgaimna mnentukan msa subur sya?? sya jg sda knsultasi k dokter2 sya tdk ada pnyakit dn sya jg uda mnum obat dr dok. jamu jg sya mnum tp ttap aja hsilnya negatif..ada apa y dok. tiap bln sya sllu mnantikkan hsil yg positif tpi smpe krg blm ada tnda.. tlong sya y dok. bln okt sya mens tgl.29 bln nov tgl.26 jd kpn dok msa subur sya?? mksy

  7. liza says:

    assalamualaikum wr.wb

    saya berumur 25th dan suami sy 27th.kami sdh menikah 4th tetapi belum dikaruniai momongan.saya sdh konsultasi kedokter kandungan tetapi dokter tersebut menyarankan saya untuk bayi tabung.kondisi saya sendiri sering datang bulan tidak teratur 2 atau 3 bulan sekali itupun harus diransang dengan obat.kalaupun kedokter saya hanya diberi obat penyubur sebanyak 4 x .saya bingung harus bagaimana.saya kurang mengerti tentang menghitung masa subur ini.tolong bantu saya.terima kasih…

  8. dwi says:

    assalamu`alaikum..dok..saya mau nanya..masa menstruasi saya tidak teratur..terkadang maju..terkadang juga mundur 1 minggu..yang ingin saya tanyakan..bagaimana cara mengetahui masa subur saya secara efektif..? terutama dengan kalender..dua bulan terakhir ini tanggal mens saya mundur 1 minggu..apa berarti itu sudah menandakan keteraturan dok..apa pula penyebab ketidak teraturan masa menstruasi..?terimakasih atas jawabannya..

  9. tian says:

    nice info, menarik sekali,

  10. rizki says:

    assalamualaikum ukhti..
    sebenarnya yang saya tulis disini bukanlah komen, tapi pertanyaan yang berhubungan dengan artikel ini..boleh kan ukhti..
    saya ibu dgn 1 orang anak, skrng berumur 20bln. selama ini saya tidak menggunakan alat kontrasepsi setiap berhubungan dengan suami, selalu menggunakan kalender ovulasi. yang saya risaukan sepertinya semalam saya salah menghitung tanggal, saya takut kalo nanti ternyata saya hamil. hari pertama haid terakhir saya tgl 4 des 2010, biasanya interval haid saya 30hr, alhamdulillah selalu teratur, maju & mundurnya cm 1hr. terakhir berhubungan dgn suami tgl 21 des 2010, apakah itu sudah masuk masa ovulasi? kalau berdasarkan lendir serviks, itu sudah tidak keluar sejak tgl 20 des 2010, jd saya pikir masa ovulasi saya sudah lewat. tp saya was-was, karna setelah saya hitung2 itu baru hari ke 18 setelah hari pertama haid saya. apa yang harus saya lakukan ukhti..?? sedangkan saya ingin menunda kehamilan saya dulu sampai anak saya berusia min 2thn (karna sampai skrg dia masih asi)
    adakah cara lain untuk mencegah kehamilan setelah kejadian malam itu..?? saya takut sekali..dan ini mempengaruhi pikiran saya.
    mungkin itu saja yang ingin saya tanyakan pd ukhti..
    mohon maaf pabila ada salah kata..
    wassalamualaikum..

  11. rodes says:

    sangat bermanfaat sob……thnk ya..

  12. nilam says:

    ass…sy mau tnya do,sy da nkh 5thn pi blm di karunia in ank, it penyebabnya apn y dok?pdhl sy ma suami sy da brobt kdokter-dokter pi g ad hasilnya.trmksh……….

  13. eneng sumyati says:

    assalamualaikum,penghitungan dengan kalender dalam menentukan masa subur,walau dalam siklus normal terjadinya pembuahan terjadi sangat sulit.padahal sudah dapat keturunan,dan bermaksud untuk program mendapatkan adik anakmpertama.ada pengalaman yang bisa di bagi.trimakasih,wassalamualaikum wr wb

  14. nuha says:

    Ass Dok, saya wanita berumur 28 thn, saya bingung bgaimna mnentukan msa subur saya?? bln nov saya mens tgl 27 dan bln des tgl 29 jd kpn dok msa subur saya nanti?? terima kasih…

  15. davidson says:

    assalamu’alaikum
    saya seorang guru, tapi bukan bidang biologi. Suatu hari ditanya oleh rekan saya yang belum menikah. Pertanyaanya apakah wanita memiliki mani/sperma, kemudian saya jawab dengan spontan punya karena wanita juga mengalami orgasme, tapi kwantitasnya berbeda. jika jawaban saya benar berarti saya tidak membodohi kawan, jika salah tolong kasih tahu.
    Maaf jika pertanyaan ini menyimpang tapi saya mohon jawabannya terima kasih.

  16. zura says:

    asmk..saya dah kahwin hampir 1 thn,tp blm d kurniakan zuriat.haid saya pula tetap pada setiap bln..adakah saya seorang yg sbr?

    • @ Zura

      Assalamu ‘alaykum.

      Ukhti Zura, semoga Allah memberi balasan yang terbaik bagi Ukhti, di dunia dan di akhirat. Tetaplah bersabar dan sentiasa berharap akan karunia Allah berupa zuriat (anak keturunan). Ambillah teladan dari orang saleh terdahulu yang juga ditimpa ujian semacam ini, seperti: Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dan Imran (ayah Maryam).

  17. tips artikel ini sangat membantu saya dalam memilih waktu yang tepat untuk merencanakan kehamilan atau tidaknya..

  18. adhe chintiya says:

    Asw…Dok saya wanita berumur 27 tahun…sudah hampir 3 tahun ini saya belum juga di karuniai anak,,,padahal saya ingin sekali punya anak,apalagi umur saya hampir menganjak ke kepala 3,,saya bingung gimana caranya agar saya bisa mendapatkan keturunan? sudah berulang kali ke dokter tapi kata dokter tidak ada tanda – tanda berbahaya dalam kandungan saya,,saya selalu di beri obat penyubur kandungan yg hasilnya malah tubuh saya yang semakin hari semakin bertambah lebar,,,yang bikin saya heran dok sebelum saya menikah haid saya normal setiap bulan ada tapi setelah saya nikah malah sudah tidak teratur…kira2 apa ya’ penyebabnya?
    saya juga tidak mengerti tentang masa subur untuk wanita…bisa ngga dok di jelaskan….seandainya saya datang bulan pada tanggal 12/2 kira – kira tanggal berapa kandungan saya dalam keadaan subur??? apakah di hitung seminggu setelah datang bulan atauuuu….trus kira – kira selang berapa hari baru bisa berhubungan???………Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih banyak

  19. hana says:

    asslm.mo nanya, klo saat hamil 6 bulan keluar cairan putih lengket, itu knpa yach?saya takut dan khawatir terjadi sstu dengan kandungan saya, terimakasih, jawabnya tolong diemail saja, sekali lg terimakasih

  20. #hana

    Wa’alaykumussalam. Pada waktu hamil terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan sekresi/pengeluaran cairan vagina yang lebih banyak daripada hari biasa. Hal ini termasuk keputihan yang tidak perlu dikhawatirkan selama tidak menimbulkan keluhan yang mengganggu seperti gatal, panas, bau, dll. Keputihan seperti ini tidak berbahaya pada janin dalam kandungan. Yang penting tetap menjaga kebersihan daerah kemaluan. (dr. Avie Andriyani)

  21. #adhe chintiya

    Jika anti sudah periksa ke dokter dan dinyatakan baik-baik saja. Maka, sekarang giliran suami anti yang memeriksakan diri. Ada baiknya untuk datang berdua dengan suami jika hendak berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hendaknya anti tidak terlalu banyak pikiran, karena bisa mempengaruhi siklus haid sehingga menjadi tidak teratur. Serahkan semua urusan pada Allah Ta’ala, senantiasa berusaha, lalu berdoa dan tawakal. (dr. Avie Andriyani)

  22. yuyosi says:

    apa pula yg dimaksud dgn suhu basal..
    terutama pd pagi hari?????
    tolong di perjelas………

  23. ling says:

    saya mau nanya knapa cew slama 2 bln gak datang haid itu karena apa ya ,,,,,

  24. ling says:

    dokter,lin mau nanya knp ya slma 2 bln gk dtg haid itu karena apa ya ,,,, tapi kadang perut terasa mau haid gt tp gak datang apa artinya ya dokter terima kasih

  25. deandra says:

    thnks infonya……..

  26. yani says:

    assalamualaikum…
    saya sdh nikah 7bulan tp blm dapat keturunan.. saya 26th.. saat subur itu seperti apa y? apa seperti ini maksudnya :: Lendir dengan kesuburan tinggi jumlah banyak, tipis, transparan, elastis (seperti putih telur yang mentah). it ceknya dg tisu atau dg jari? jk beli ovulasi strip itu bs ga? beli diapotik bs ya?
    mohon bantuannya

  27. marwa says:

    asalamualaikum
    dok saya sering datang buln ksakitan smpe terkadang sking gak kuat saya nahan sakit saya bisa pingsan.apakan karna sakitnya masa haid saya masa kesuburan saya terganggu
    terimakasih wasalaualaikum………

  28. Rani says:

    Assalamualaikum Wr Wb

    Dokter..saya sudah menikah 10 bln tapi belum dikaruniai anak. kata dokter kandungan,saya memiliki masalah hormon sehingga menstruasinya tidak teratur dan sulit untuk menentukan masa subur.lalu saya diberi obat seperti pi Kb agar menstruasinya bisa lancar.yang saya mau tanyakan apakah boleh meminum obat(pil Kb) tersebut?yang saya tau meminum pil KB itu tidak boleh menurut agama.Mohon penjelasan&solusinya Dok?Jazakallah

  29. mona kusuma says:

    dok sy mau tanya, udah 2tahun lebih nikah sy blm juga hamik, kata dokter tempat sy periksa sel telur saya kecil, penyebabbya apa ya dok?bgmnmengatasinya?sy sudah dikasih penyubur tapi juga belum behasil.mohon sarannya. jazakillah

  30. lusa says:

    numpang baca ukhti..

    makasie infonya, sangat membantu sekali…

  31. indra says:

    ukthi….
    saya baru menikah 1bulan tapi saya mau menunda mempunyai anak… karna hal yg tertentu..
    nah saya melakukan hub suami istri, 1 hari setelah istri saya beres haid.. dan saya melakukannya lagi seminggu sebelum dia haid…

    tp slama saya berhub itu saya tidak mengeluarkan didalam, saya slalu mengeluarkan dluar..

    apakah itu bisa menyebabkan kehamilan pada istri saya??
    tolong bantuannya???

  32. fitriyani says:

    tolong saya bagaimana cara nya saya bisa mendapatkan tamu bulanan
    umur saya sudah 17 tahun tapi saya belum juga
    mendapay kan tamu bulanan

    tolong sya………..????

    saya ingin seperti wanita” lain nya
    toiong saya,bantu saya

  33. Julie says:

    Saya mempunyai masalah dengan menstruasi pada tahun ini dan berencana mempunyai keturunan terakhir saya menstruasi tanggal 7 sept dan selesai tgl 22sept dan sampai saat ini belom datang bulan lagi. bulan lalu juga lama nya datang bulan 2 minggu pas. bagaimana cara saya menghitungkan hari sibur?

  34. serly says:

    tanggal bera[a masa subur kl tgl haid it antara tgl 1-6 stiap bulan,trimakasaih

  35. Rachma says:

    @Rachma…..

    Bagaimana cara menentukan masa subur jika menstruasi tdk teratur????thanks

  36. riski ahmad says:

    salam kenal,gwe riski …

    sy mau nnyk dok ..
    kalau berhubungan seksual dengan istri saya kenapa selalu
    menolak UNTUK
    menggunakan gaya/ yang ektifisean ???

    sy bertanya seperti ini dikarnakan setiap kali sy berhubungan seksual dengan istri,istri saya selalu menolak untuk melakukan hubungan sex yg menggunakan pariasi sex !!
    thanks…

  37. doni says:

    pasangan saya setelah selsai datang bulan,berhubungan intim dengan saya,tapi cairanya tidak dimasukkan didalam.apkah itu bisa terjadi pembuahan atau kehamilan???

  38. alida says:

    ukhti..bagaimana ya untk mengthui msa subr sedang wkt haidh sy sngt panjng {15hr].dblg msa subur kan 14hr after haidh ana ms suci sktr 20hr.thnks

  39. fany says:

    selamat malam . . .
    dokter, saya terlambat datang bulan udah satu minggu tapi saya tes pake tes pack sudah beberapa kali hasilnya Negative namun saya khawatir karena saya melakukan hubungan suami istri 6 hari sebelum tanggal datang bulan saya .
    terima kasih , mohon di jawab yah dok

  40. siti marfuah says:

    umi sy mw tanya. .
    Saya mens tgl 13 agustUs tp cm 3hr’a gITu sUDAH slsi dan tidak b’atURAN,gmN Y cAra mengHitUNG k’suburan dan kapan ms subur sy bs d’ketahui. . .
    Karena sy sudah menikah,sudah 4bln k’pingin punya mOmOngan
    S’kranya tU Z Mksh

  41. lina says:

    ass..
    kmren q sempat USG Vagina kata dokter sel telur sebelah kiri besar namun sebelah kanan kecil,,,,q trakhir haid tggl 21 januari dan baru kmren tggl 4 kluar flek coklat n merah selama 3 hari dan keluare cm sedikit dan gk terus”an.biasanya mensq teratur siklusnya tp q tespect negativ hasilnya pas keluar flek itu.. kira” knp?dan kapan masa suburku?

  42. ?r.umy kyu says:

    Sya sudah 9 bulan ini menikah, suami begitu sabar menanti datangnya seorang buah hati, ukhty..beliau seorang sangat sholeh dan sbr..kami sdh berusaha setiap wkt berhubungan pd saat masa subur dan smpe kini msh blm jg berhasil..mohon doanya ukhty supaya kami berdua bs sabar dan sgera diberi momongan.. Sya menangis membaca coment seseorang diatas dg mengugurkan janin unt membantu suami bkerja.. Sedangkan sya dilarang bekerja terlalu keras hanya krn supaya sya bs cpt hamil.. Inilah hdp yg nyata bila kt tdk bersykur maka akan sering berkeluh kesah dan mengutuk nasib.. ?r.Ummu boleh lah sya meminta emailnya agar kt bs bersilaturahmi dan bertukar info lewat email..ada banyak yg ingin sya consulkan.. Trmksh dokter .. Maaf sya sendiri jg satu profesi dg ?r ummu..trmksh

Leave a Reply