Bagaimana Menentukan Masa Subur?

Penyusun: Ummu Salamah Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual …

80 145

Penyusun: Ummu Salamah

Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan.

Siklus menstruasi dipengaruhi oleh hormon seks perempuan yaitu esterogen dan progesteron. Hormon-hormon ini menyebabkan perubahan fisiologis pada tubuh perempuan yang dapat dilihat melalui beberapa indikator klinis seperti:

  1. Perubahan suhu basal tubuh.
  2. Perubahan sekresi lendir leher rahim (serviks).
  3. Perubahan pada serviks.
  4. Panjangnya siklus menstruasi (metode kalender).
  5. Indikator minor kesuburan seperti nyeri perut dan perubahan payudara.

Ukhtiy harus tahu!

seorang laki-laki selalu dalam keadaan subur, sedangkan kesuburan perempuan terjadi dalam suatu siklus.

Melalui pengalaman, fase subur dan fase tidak subur dalam siklus menstruasi dapat dinilai secara akurat dan pengetahuan ini dapat digunakan untuk merencanakan kehamilan dan menghindari kehamilan. Metode yang paling efektif adalah dengan menggunakan pendekatan berbagai indikator biasanya perubahan suhu yang dikombinasikan dengan perubahan lendir serviks. Indikator-indikator ini secara ilmiah telah terbukti merefleksikan perubahan hormonal dan status kesuburan secara akurat.

Selain suhu dan perubahan lendir serviks, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur wanita, yaitu: indikator perubahan pada serviks, Metode Kalender, dan Indikator Minor Kesuburan.

Dengan mengetahui masa subur, ini akan bermanfaat bagi pasangan yang bermasalah dalam mendapatkan keturunan, yaitu dengan cara:

  1. Menilai kejadian dan waktu terjadinya ovulasi.
  2. Memprediksikan hari-hari subur yang maksimum.
  3. Mengoptimalkan waktu untuk melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan kehamilan.
  4. Membantu mengindentifikasi sebagian masalah infertilitas.

Dalam kesempatan ini, kita hanya akan membahas cara menentukan masa subur melalui perubahan lendir serviks.

Perubahan lendir serviks dapat diamati melalui vulva (alat kelamin luar) dan dicatat setiap hari. Perubahan lendir dapat juga diamati pada serviks dimana lendir tersebut akan muncul sehari sebelum muncul di vulva. Perubahan ini mungkin dikaburkan dengan adanya cairan sperma, spermisida atau infeksi vagina.

Lendir serviks ini dapat dikenali dengan rasa/sensasi, penampakan, dan tes dengan jari tangan.

Sensasi

Sensasi sangat penting dan sering merupakan hal tersulit untuk dipelajari. Ada atau tidaknya lendir dikenali dengan sensasi pada vulva. Sensasi mungkin merupakan rasa yang jelas tentang kering, lembab, lengket, basah, licin, atau lubrikasi.

Penampakan

Kertas tisu putih dan lembut diusapkan pada vulva. Tisu akan basah dan bila ada lendir serviks, lendir akan terlihat menggumpal pada tisu. Warna lendir dicatat, mungkin berwarna putih, krem, buram, atau transparan. Lendir sering terlihat pula pada celana dalam, dalam kondisi kering sehingga karakteristiknya telah berubah

Tes Jari

Tes ini dapat dilakukan pada lendir yang terdapat di atas tisu dengan cara mengambil lendir tersebut dengan ujung jari telunjuk dan ibu jari. Dengan perlahan, jari telunjuk ditarik, untuk melihat elastisitas lendir. Lendir mungkin elastis, atau mudah pecah, atau lembut, licin seperti putih telur yang mentah. Elastisitas ini dikenal dengan nama efek Spin dan menunjukkan bahwa lendir subur.

:: TES 1

Sensasi pada vulva: Lembab atau lengket.

Tes dengan jari:

Penampakan: Lendir awal sedikit tebal, putih lengket, dan cenderung berbentuk tetap.

:: TES 2

Sensasi pada vulva: Basah

Tes dengan jari:

Penampakan: Lendir pada masa transisi jumlahnya meningkat, lebih tipis, berawan, dan sedikit elastis.

:: TES 3

Sensasi pada vulva: Licin

Tes dengan jari:

Penampakan: Lendir dengan kesuburan tinggi jumlah banyak, tipis, transparan, elastis (seperti putih telur yang mentah).

Pada pemeriksaan lendir serviks ini ada beberapa yang harus diingat:

  1. Jumlah dan kualitas lendir bervariasi pada seorang perempuan dengan perempuan lain dan pada satu siklus dengan siklus yang lain.
  2. Setiap perubahan sensasi dan bahkan pada sejumlah kecil lendir harus diperhatikan.
  3. Jika menemukan kesulitan dalam mendeteksi lendir dari luar, kadang-kadang lebih mudah dikenali setelah berolahraga atau setelah buang air besar.
  4. Kegel (gerakan mengerutkan otot panggul bagian bawah seperti menahan kencing) juga kadang membantu pengeluaran lendir.

Supaya lebih mudah memahami artikel ini, sebaiknya Ukhtiy membaca artikel sebelumnya yang berjudul “Lebih Dekat dengan ‘Tamu Bulanan'” karena pada artikel tersebut ada penjelasan lebih jauh tentang ovulasi dan siklus menstruasi yang berkaitan erat dengan masa subur wanita.

Maroji': www.MER-C.com

***

Artikel www.muslimah.or.id

Sebarkan!
191 0 0 0 0 3
In this article

Ada pertanyaan?

145 comments

  1.    Reply

    Sy mau tanya bu, saya pulang kerja tgl : 15 agustus 2009, kemudian istri saya haid tanggal 24 agustus 2009, saya kembali ke tempat kerja tanggal 30 agustus sampai sekarang kemudian kabarnya + hamil.
    Pertanyaan bagaimana bisa?

    Atas bantuannya saya sampaikan terimaksih,

    Irwan Nazara

  2.    Reply

    Aku wanita 25thn..siklus haidku panjang. Aku haid bs 2-3bln. Aku pernah test serviks tp tdk mendptkan lendir. Apakah yg aku perbuat skrang? thks

  3.    Reply

    Nambahin Dikit ne….

    Masa subur bisa diketahui dengan menghitung dari periode menstruasi, perubahan lendir, dan perubahan suhu tubuh basal,” terang dr. Lastiko Bramantyo, Sp.OG, dari RSIA Hermina Jatinegara.

    Sebenarnya tak terlalu sukar untuk melacaknya sendiri. Hanya saja memerlukan kecermatan. Yang juga tak kalah penting, mau bersabar agar diperoleh hasil yang lebih akurat. Minimal, pelacakan ini dilakukan beberapa kali dalam beberapa bulan.

    SIKLUS HAID

    Melacak masa subur bisa dilakukan melalui hitungan siklus haid/menstruasi. Masa subur akan amat mudah terlacak jika haid kita selalu teratur setiap bulannya. Siklus yang normal, terang Lastiko, berjalan antara 28-30 hari. Ada pula ahli yang berpendapat, antara 22-35 hari. “Dengan demikian, sel telur keluar pada pertengahan siklus, sekitar hari ke-14 sampai ke-16 dihitung dari hari pertama menstruasi,” terang Lastiko.

    Jadi, 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-16 adalah masa yang memungkinkan bagi sel telur untuk dibuahi. Perhitungan ini berdasarkan kemungkinan sel sperma yang bisa bertahan hidup sampai 72 jam sebelum mencapai sel telur.

    Siklus normal 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke-14 (28: 2). Berarti masa suburnya, tiga hari sebelum hari ke-14, yaitu hari ke-11 (14-3) dan tiga hari setelah hari ke-14, yaitu hari ke-17 (14+3). Jadi, masa subur berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-17 (7 hari) dari suatu siklus wanita yang normal.

    Misalnya, kita datang bulan pada tanggal 1. Nah, masa subur adalah tanggal 11 (14-3) sampai 19 (16+3) pada bulan tersebut.

    Pada mereka yang haidnya tidak teratur (siklus kurang dari 28 hari), maka masa subur diperhitungkan dari jadwal menstruasi yang akan datang. Umumnya sel telur akan keluar pada 14 atau 16 hari sebelum haid yang berikut. Misalnya, perkiraan menstruasi yang akan datang tanggal 18 Agustus. Diperkirakan sel telur akan keluar pada tanggal 2 dan 4 Agustus (18-14 hari mundur = 4 Agustus, dan 18-16 hari mundur = 2 Agustus). Berarti masa subur berlangsung antara 31 Juli (2 Agustus – 3 hari sebelum) sampai 7 Agustus (4 Agustus + 3 hari sesudah).

    Jika siklus haid sama sekali tidak teratur, diperlukan data siklus minimal 6 bulan sampai setahun. Kemudian dihitung dengan memakai rumus Ogino Knouss. Dicari siklus yang paling pendek berapa hari dan siklus paling panjang berapa hari. Masa subur ditentukan berdasarkan siklus terpendek – 18, siklus terpanjang – 11.

    Contoh, siklus terpanjang 40 hari, siklus terpendek 28 hari. Maka, 40-11 = 29 dan 28-18 = 10. Jadi, perkiraan masa suburnya hari ke-10 dihitung sejak menstruasi pertama sampai hari ke-29. Masa suburnya memang menjadi lebih panjang, tetapi tidak bisa diperkirakan kepastian yang paling mendekati. Ini disebabkan menstruasi yang kacau sehingga sulit diketahui, kapan persisnya perkiraan keluarnya sel telur.

    Seorang wanita yang siklus menstruasinya kacau sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebab dan melakukan pengobatan. Dengan demikian, bisa diketahui masa suburnya.

    GETAH LENDIR SERVIKS

    Masa subur juga bisa diketahui lewat pemeriksaan getah lendir (mukus) mulut rahim (serviks). Ini pun dapat kita lakukan sendiri. Caranya, lendir dari mulut rahim diperiksa setiap hari.

    Pada masa subur terjadi perubahan yang bersifat spinbarkeit. Lendir lentur, tidak terputus jika dipegang, dan lengket seperti agar-agar.

    Kalau mau lebih pasti, lendir ini bisa diperiksa ahli pada objek gelas dibawah mikroskop. Lendir yang terjadi pada masa subur, akan terlihat berbentuk seperti daun pakis.

    UKUR SUHU

    Cara lain yang bisa ditempuh adalah mengukur suhu tubuh basal. Saat ovulasi, sel telur dilontarkan dari kantung yang matang. Selanjutnya, tempat asal sel telur tadi (korpus luteum) memproduksi hormon progesteron yang bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah dibuahi. Terbentuknya progesteron ini mengakibatkan kenaikan suhu tubuh.

    Lakukan pengukuran suhu badan pada pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apa pun, seperti turun dari tempat tidur, ke kamar mandi, makan, atau minum. Kerjakan setiap hari pada jam yang sama selama tiga bulan. Gunakan termometer yang dimasukkan ke dalam mulut atau dubur (bukan yang dijepit di ketiak). Letakkan termometer di bawah lidah selama 5-6 menit. Tutup mulut selama pengukuran berlangsung. Catatlah perubahan suhu yang terjadi setiap hari. Jangan lupa untuk menghubungkan catatan hari ini dengan hari-hari berikutnya, sehingga membentuk kurva.

    Pada saat ovulasi, akan terlihat, mula-mula grafik turun sedikit dari perhitungan hari sebelumnya. Kemudian akan naik dengan beda paling sedikit dua derajat celcius. Kalau sudah naik, kurva akan tetap di atas, tidak akan turun lagi.

    Suhu normal tubuh biasanya 35,5 – 36 derajat Celcius. Pada waktu ovulasi suhu akan turun dulu dan naik bisa mencapai 37-38 derajat dan tidak akan kembali pada suhu 35 derajat. Pada waktu perubahan itulah terjadi masa subur. Kondisi kenaikan suhu tubuh ini akan terus terjadi sekitar 3-4 hari.

    Kemudian akan turun kembali sekitar 2 derajat karena produksi progesteron menurun, sehingga suhu tubuh pun turun. Dan akhirnya kembali pada suhu tubuh normal, seperti sebelum menstruasi terjadi.

    Bila pada grafik (hasil catatan suhu tubuh) tidak terjadi kenaikan suhu tubuh, bisa berarti tidak terjadi masa subur karena tidak adanya korpus leteum yang akan memproduksi progesteron. Ini juga berarti tidak akan terjadi kenaikan suhu tubuh.

    Sebaliknya, jika kenaikan suhu tubuh terus berlangsung setelah masa subur, pertanda dimulainya kehamilan. Karena jika sel telur berhasil dibuahi, berarti korpus leteum akan terus memproduksi hormon progesteron. Dengan demikian, suhu tubuh pun tetap tinggi.

    Syarat menentukan masa subur dengan pengukuran suhu tubuh adalah dalam 3 bulan, suhu tubuh tidak dalam keadaan demam, tidak tidur di dekat lampu yang sangat panas, atau dengan AC yang sangat dingin. “Kalau suhu badan kacau, susah mengukurnya dan pemeriksaan pun gagal,” kata Lastiko.

    LEWAT USG

    Sekarang ini, lewat pemeriksaan USG secara serial, bisa diketahui masa subur seorang wanita. Caranya dengan melihat kelenjar telur, perkembangan terjadinya sel telur sampai sel telur tersebut matang dan hendak keluar (ovulasi). Cara ini bisa dimanfaatkan oleh wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

    Dengan pemeriksaan USG secara serial 2-3 hari dapat diukur siklus haidnya, tanggalan haid, dan tanggalan timbul ovulasi. “Perkembangan ini akan terus dipantau. Dari mulai sel telur terbentuk hingga menghilang.” Nah, jika sudah diperoleh saat terjadinya ovulasi, segera dilakukan pencatatan pada hari ke berapa masa subur itu terjadi, dihitung dari hari pertama menstruasi.

    mau lebih lengkapnya baca az di sini :
    http://www.solusisehat.net/selfdiag_masa_subur.php

  4.    Reply

    Ass?Afwan..Ana sa as al.Siklus menstruasi saya tidak teratur terkadang 21 hari,22,23,24,26,27 hari.Masa menstruasi sekitar 7 hari.Misal:bln ini saya dapat haid tgl 9 sept 09 nah dpt haid lg kira2 kadang belum tentu sepert hari d atas.Kira kira masa subur saya tanggal berapa dan bagaimana menentukan masa subur saya yg tidak teratur.Jujur sampai sekarang saya masih bingung??
    Syukron.Mohon jwbn nya.
    Wass?

  5.    Reply

    siklus haid saya tidak teratur jadi sulit untuk menentukan masa subur tapi artikel ini memberi saya solusi.Selama ini saya sudah berobat ke dokter dan pengobatan alternatif tapi haid saya belum teratur juga.semoga tips2 tersebut bisa membantu saya menentukan masa subur dan bisa program kehamilan.terimakasih

  6.    Reply

    jd cara ngitung masa subur tuh spt apa? adkah cara menunda kehamilan yang dibolehkan secara syari’ah?

  7.    Reply

    Ass.wr,wb…
    Yang ingin Saya tanyakan adalah :
    1. kapankah masa subur saya?karena kalau sedang haid, hanya 3 atau sampai 5 hari sudah selesai…bagaimana cara menghitungnya…?
    2. apakah benar saat masa subur, kita hanya boleh melakukan hubungan dengan suami hanya 2 hari saja,krn sperma hiduo cuma 2 hari…?
    terima kasih..
    Wass, Wr, Wb….

  8.    Reply

    apakah abis haid tu bs di bilang masa subur???

  9.    Reply

    om swastyastu,saya sdh lama 2 th menikah,belum dikarunia momongan,sy jg sdh srg periksa ke dokter ahlinya,tp tetap ga berhasil,sy jg sdh pernah di HSG hslnya ada penyempitan di sauran tuba kiri saya.gmn cara mengatasinya ?terima kasih.Om Cantih…Cantih..Cantih Om

  10.    Reply

    Assalamu’Alaikum Wr.Wb
    Saya mau bertanya,Saya sdh lama menikah dan smp saat ini blm di karuniakan anak. Saya sdh sering bertanya mengenai masa subur tp mungkin slalu meleset,padahal dulu prn hamil dan akhirnya keguguran. Dan di bulan Mai,Saya melakukan tindakan Laporaskopi karna ada penyumbatan di rahim saya,sehingga harus di angkat indung telur yang sebelah kanan dan sebelah kirinya di bolongin. Smp saat ini slalu mencoba,mens pun jeda wktnya antara 26 smp 28 hari. kira2 kpn wkt suburnya dan apa kah Saya msh bs hamil dng normal selain bayi tabung. Saya harap Mohon di balas,krn Saya sangat menantikannya. Trima kasih.
    Wassalamun’Alaikum……

  11.    Reply

    Assalamu’alaikum
    Sy 25 th uda menikah, ummu sy 4 bln lalu bru aja d kiret usia kandungan 2,5 bln.
    ummu sy ingin hamil lg tp ko sepertinya siklus haid saya ko banyak (35-36) misal bulan ini:
    29 mei 2009
    04 Juli 2009
    normal kah siklus haid sy ummu?
    trus kpn masa subur sy?
    setau sy masa subur sy sekitar 23 Juli – 29 benarkah itu ummu ?
    mohon d balas ke email sy.
    wassalamu’alaikum….

  12.    Reply

    ane mo tanya setelah saya baca artikel tentang ASI, saya sekarang tengah hamil 7 bulan anak pertama, tapi ASI dah keluar sejak usia kehamilan 5 bulan dan terus keluar hingga sekarang padahal berdasarkan penjelasan artikel ASi yg keluar pertama kali mempunyai imunitas yang kuat. apakah ASI yang keluar setelah anak lahir sudah tidak mempunyai sitem imun?//

  13.    Reply

    SAYANGNYA DALAM SITUS INI TIDAK DIBERIKAN CARA ATAUPUN RUMUS UNTUK MENGHITUNG MASA SUBUR SECARA GAMBAR DIKALENDER UNTUK MEMPERJELAS PEMAHAMAN / MEMPERMUDAH PEMBACA DALAM MEMAHAMI ISI DARI PENJELASAN.MAKA DALAM HAL INI SAYA MINTA AGAR DIBERIKAN PENJELASAN SECARA VISUAL DATA AGAR PERHITUNGAN SIKLUS MASA SUBUR MUDAH DIPAHAMI. TERIMA KASIH

  14.    Reply

    Ass.
    Sy tertarik mengenai pembahasan dimana pihak suami lebih mudah u pemeriksan melalui analisa sperma,karna suami sy sudah diperiksa dg hasil sperma”oligospermia”,kami sdh menikah selama 1th 7bln,tp sampai saat ini kami blm jg dikaruniai keturunan,mohon bantuannya solusi apa yg hrs sy dan suami lakukan,agar kami dpt diberi keturunan yg sholeh,krn sy dan suami sdh sangat ingin mendpt keturunan..adapun sbg bahan informasi siklus menstruasi sy adl sbb: mei 2009 tgl 10-17,juni 2009 tgl 7-14,juli 2009 tgl 2-9, sekali lg mohon bantuannya ummu salmah..wassalam..syukron,jika bsa mohon dibalas lewat email sy saja ummu..

  15.    Reply

    luar biasa ! boleh saya print halaman ini untuk saya berikan istri ?? tq ya

  16.    Reply

    Ass
    Sebenarnya klo wanita hamil itu bagiman”Apa terjadi krn sperma lakinya di simpan di dlm klamin wanita??

  17.    Reply

    Assalamu’alaikum……
    saya sudah menikah 5 thn tp blm jg diberi momongan,sya udah ke Dr kandugan dan Alhamdulillah ga ada masalah kt Dr.Apakah karena keputihan jd telat hamil?& Bagaimana menghilangkan keputihan?
    Minta Do’anya jg kpd ukhti smua spy kt cepat diberikan momongan…..
    ????

  18.    Reply

    Saya menikah sudah 8thn punya anak 1 (7th), rencana ingin nambah momongan, slama ini sy pake kb kondom, dan sudah 8bln terakhir ini tidak pake lagi. Tapi blm berhasil, apa krn terlalu lama menunda? Atau sy berhub. tidak pas masa subur? bln febr. haid tgl.9, bln maret. haid tgl.9, haid berikutnya tgl. 2 April dan terakhir tgl. 29 April.. Mohon sarannya spy cepat berhasil. Terima kasih

  19.    Reply

    ass..
    saya sudah menikah selama 2.5th. tapi masih belum dapet momongan, siklus menstruasi saya :
    12 january 2009
    23 february 2009
    28 maret 2009
    13 mei 2009

    tolong di bantu kapan saya harus melakukan hubungan sex pada saat masa subur ? dan bagaimana saya tahu mengenai length of my cycle ?
    terima kasih.

  20.    Reply

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Saudaraku.
    Saya sudah menikah sekitar 2,5 tahun,tapi kami belum dikaruniai momongan,padahal saya dan suami ingin sekali mempunyai momongan,biar selepas pulang kerja kami ada hiburan.Mohon do’anya Terima kasih
    Wassalamu’aliakum

  21.    Reply

    ass…..
    sy sdah menikah 1th,tp blm diberi momongan. siklus menstruasi sy sbb:
    28/02/2009 bant
    26/03/2009
    20/03/2009.

    tlg bantu saya menentukan masa subur.trima ksh sblmnya.
    wass…

  22.    Reply

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Saudaraku.
    Saya baru menikah sekitar 4 bulan,tapi kami belum dikaruniai momongan,padahal saya dan istri ingin sekali mempunyai momongan,biar selepas pulang kerja kami ada hiburan.Mohon do’anya Terima kasih
    Wassalamu’aliakum

  23.    Reply

    ummu,mohon penjelasannya bila saya sering sekali haid lebih dari 7hari itu apakah mempengaruhi kesuburan saya?dan kalo baru saja selang 2pekan saya sudah haid lagi?mohon di balas ke email saya..jazakillah

  24.    Reply

    Ummu, mohon penjelasannya masa subur itu setelah haid dalam satu minggunya apa hari kedelannya setelah haid ?
    sebelumnya trimakasih . tolong dijawab di email saja ya

  25.    Reply

    ummu,
    apakah berhubungan setelah terjadinya ovulasi dapat membahayakan sel telur yang sudah dibuahi?

  26.    Reply

    @ukhty cucam silahkan link ke sini artikel 1 artikel 2 artikel 3untuk tau lebih detail masalah masa subur
    @ukhty rahma… barokallohu fiyk

  27.    Reply

    Bismillah,
    Ukhti cucam, apakah anti melakukan jima’ (bersetubuh) pada hari ke 8 waktu haidh sedangkan anti masih mengalami haidh?
    Berhati-hatilah, jangan melakukan jima’ dengan suami pada saat haidh.
    Adapun, melakukan jima’ pasca masa suci setelah haidh, maka wanita memiliki potensi untuk hamil, karena sedang dalam masa subur.
    Lebih lanjut, ukhti bisa berkonsultasi dengan shahibah Ummu Raihan di http://www.roihan.wordpress.com
    Insya Allah dia faham akan masalah ini.

  28.    Reply

    saya melakukan hubungan seks hari ke 8 waktu haid.. adakah saya berpotensi hamil?

  29.    Reply

    ukhty dara… anak adalah rahasia Alloh, semua sudah ditakdirkan dan diberikan pada waktu yang terbaik. namun memang kita sebagai manusia wajib berikhtiar semaksimal mungkin. salah satu caranya dengan memperhatikan masa subur. hal ini gampang-gampang susah, karena banyak aspek yang harus diperhatikan (bukan melulu tanggalnya saja) silahkan berkunjung di blog ana http://www.roihan.wordpress.com dan copy artikel “Sulitkah Menentukan Masa Subur?”, insyaAlloh banyak hal baru yang harus kita cermati.
    Semoga dimudahkan

  30.    Reply

    gimana sih biar cpt hamil,pas masa subur itu dah berhubungan ,tapi kok blom juga hamil

  31.    Reply

    saya sudah menikah 2,8 th, tapi saya belum hamil, padahal saya sering telat menstruasi 5 sampai 8 hari, bagaimana ini dok?

  32.    Reply

    untuk menjawab pertanyaan saudari windri, saya ingin menjelaskan sedikit tentang siklus yang terjadi di ovarium pada wanita.
    rata-rata, siklus haid berlangsung selama 28 hari. rentang normalnya adalah 21-35 hari. jika kurang dari 21 hari disebut polimenore, sedangkan jika lebih dari 35 hari disebut oligomenore. kelainan tersebut bisa normal-normal saja, atau mungkin ada masalah pada sistem hormonal wanita.
    sekarang saya ingin menjelaskan siklus rata-rata 28 hari.
    fase 1, adalah fase menstruasi yang rata-rata berlangsung 5 hari. (hari 1-5)
    fase 2, adalah fase proliferasi, yaitu suatu fase dimana ovarium “mematangkan” sel ovum yang baru. fase ini berlangsung kurang lebih 9 hari (hari 6-14).
    fase 3, adalah fase OVULASI, yaitu lepasnya sel ovum yang telah “masak” dari ovarium menuju rahim. ini merupakan MASA SUBUR BAGI WANITA. fase ini sangat singkat, hanya kurang lebih 3 hari. (hari 15-17). apabila dalam 3 hari tersebut ovum tidak dibuahi oleh sel sperma, maka ovum tersebut akan mati.
    fase 4, adalah fase sekretori, yaitu fase dimana ovarium memproduksi hormon progesteron untuk mempersiapkan rahim agar siap “ditempeli” zigot apabila terjadi pembuahan.
    berdasarkan penjelasan di atas, maka masa subur wanita dengan siklus haid rata-rata 28 hari kira-kira 7-10 hari setelah hari terakhir haid. untuk mengetahui masa subur tersebut (baca: fase ovulasi) memang banyak sekali metode yang digunakan, sebagaimana yang tercantum dalam artikel di atas.
    demikian komentar dari saya, semoga dapat mudah difahami.
    jazakumullah khairan.

  33.    Reply

    apa benar jika waktu haid kita 7-8 hari,maka waktu suburnya adalah 2-4 hari sesudah haid itu?

  34.    Reply

    saya jg bingung tatkala menghitung masa subur itu.apa benar seminggu sebelum dan seminggu sesudah haid itu adalah masa subur ?

  35.    Reply

    tambahan tentang pasangan yang belum juga dikaruniai momongan…
    menurut WHO, pasangan suami istri baru bisa dikatakan infertil jika dalam waktu 1 tahun setelah menikah belum dikaruniai anak, dan selama periode tersebut tetap melakukan hubungan seks dengan aktif (3-4 kali per minggu). sehingga ana sarankan kepada ikhwah sekalian yang baru 3 atau 4 bulan menikah belum dikaruniai anak, agar tidak terburu-buru resah dahulu.
    apabila dalam periode 1 tahun belum dikaruniai anak, maka yang pertama kali diperiksa adalah pihak suami. karena pemeriksaannya yang mudah, yaitu dengan menganalisis sperma. apakah jumlah spermanya cukup, atau kualitas spermanya tidak baik.
    demikian sedikit tambahan dari ana. jazakumullah.

  36.    Reply

    secara teoritis, melakukan hubungan seks dalam keadaan bukan masa subur tidak akan menimbulkan pembuahan. karena pembuahan baru terjadi jika ada pertemuan antara sel ovum dengan spermatozoa, sehingga terbentuklah zigot. sedangkan ovum hanya dikeluarkan dari ovarium dalam waktu tertentu saja, dan hanya bertahan kurang lebih 2 hari di dalam tuba falopi. sehingga masa subur wanita sangat singkat, hanya kurang lebih 2 hari tersebut.
    masa dikeluarkannya ovum dari ovarium disebut fase ovulasi, yang biasanya (dalam siklus 21 hari) terjadi kurang lebih 1 minggu setelah hari terakhir haid. salah satu ciri fase ini peningkatan suhu basal tubuh dibandingkan hari biasa.
    namun perlu diketahui bahwa tidak semua wanita yang haid berarti subur. karena ada wanita yang haid, tetapi tidak mengalami ovulasi (menstruasi anovulasi).
    sebaiknya artikel membahas/memcantumkan tentang siklus yang terjadi di ovarium untuk lebih memudahkan pembaca dalam menentukan masa subur. jazakallah.

  37.    Reply

    ass . . .

    ummi . . jd sbenaRnya masa subur waniTa itu kpan??apakah kalau melakukan hubungan seks dalam keadaan bukan masa subur tidak akan menimbulkan kehamilan..saya kurang terlalu paham soal masa subur wanita itu kapan..menjelang menstruasikah..??atau setelah menstruasi . . .??/

    makasih . . .

  38.    Reply

    assalamu’alaikum…
    untuk semua ikhwah…
    coba thibbun nabawi untuk membantu dalam meningkatkan kualitas reproduksi.
    habbatussauda, madu, minyak zaitun, air putih, dll…

  39.    Reply

    aslm.wr.wb.mksh bnyk ats pnjlsnnya!

  40.    Reply

    aslm.sy sdh menikah.terakhir haid tgl 17 okt.4hr ssudah nya kmi mlakukn hub.apkh sy dlm msa subur?

  41.    Reply

    Assalaamu’alaikum.
    Saya wanita 28 th sudah menikah 2 th tp blm memiliki momongan, 1 th lalu pernah keguguran, sudah ke dokter tetapi blm berhasil dan sekarang saya dan suami berpisah tempat dan 1 bln sekali suami plg, bagaimana menentukan masa subur saya, mulai mens tgl 17-23 siklus 28 hr, tlg ya bu saya png bgt bs hamil dan bgmana doa2 biar cpt hamil adik2 saya sudah py anak dan cpt hamil terima kasih.

  42.    Reply

    kalau saya dtg bln tgl 4Agustus2008 dan selesai tgl 10Agustus2008,kpn tgl masa subur saya????????thanks before……………

  43.    Reply

    ass.wr.wb
    ummu salamah, thanks atas infonya.saya wanita 24 thn. sudah menikah 7 bulan.sy sudah pengen punya anak, hanya haid saya setiap bulan selalu mundur 5 hari. Pada bulan depan(september) saya berencana pengen hamil jika Alloh mengizinkan..Apakah kemunduran haid juga berpengaruh bu terhadap kehamilan dan bagaimana menentukan masa subur? terima kasih

  44.    Reply

    Bismillah..
    Setahu ana, siklus haid wanita rata2 adalah 28 hari. Maksudnya, jika hari 1 ia menstruasi, maka pada hari ke 29 setelah hari tsb, secara fisiologis ia akan mengalami menstruasi kembali. Jumlah hari haid pada wanita dengan siklus ini cenderung tetap, sekitar 5-7 hari. Masa suburnya kurang lebih adalah pertengahan siklus, yaitu sekitar hari ke 14. yang dimaksud dengan masa subur disini adalah pelepasan ovum wanita, siap dibuahi jika bertemu dengan sperma yang sesuai. Untuk yang menginginkan pembuahan, waktu yang dianjurkan untuk berhubungan 1 hari sebelum hingga 2-3 hari sesudah ovulasi tersebut. mengingat sperma dapat bertahan hidup di bagian portio rahim wanita selama sekitar 3 hari. Jadi kira2 dpt diperkirakan demikian. Untuk yang masa haidnya lebih panjang, ovulasi dapat dideteksi dengan cara dlm artikel diatas.

  45.    Reply

    ass. wr.wb. mohon bantuan menentukan masa subur, informasi tgl dtng bulan saya selama 3 bulan terakhir setiap tgl 21 dan selesai selama 7 hari. masa subur saya jatuh pada tanggal berapa. thanks,wasalam wr.wb.

  46.    Reply

    apakah orgasme salah satu faktor untuk bisa hamil? saya sudah menikah 5 bulan tp blm jg hamil. ada konsul ke dokter ktnya dinding rahim saya lengket yg mengakibatkan saya selalu merasa sakit pd wkt berhub bdn dg suami. Dokter jg bilang bahwa itu jg yg mengakibatkan saya susah hamil.
    thx

  47.    Reply

    assalam,

    saya ingin bertanya bagaimanakah cara untuk merancang kehamilan? bulan lepas 5may saya priod dan bulan 3june saya sentiasa datang period? kenapa setiap kali bersama suami tak pernah lekat? boleh kah bantu saya bagaimanakah cara yang terbaik untuk mendapatkan anak?

  48.    Reply

    Mohon dibahas tentang keputihan dan obatnya. terima kasih

  49.    Reply

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/kesehatan/bagaimana_menentukan_masa_subur_/

  50.    Reply

    1. riza

    betul, memang menentukan masa subur itu penting. terutama untuk membagi ilmu dengan suami

    2. Kaylila

    Ass.
    siklus menstruasi ana termasuk panjang (32 hari). Masa menstruasi sekitar 7 hari. Bagaimana menentukan masa suburnya ya??
    Sampai saat ini Kami belum dianugerahi momongan. Udah pengen banget…Terima kasih.

    Wass

    3. ummu aufa

    Mengenai momongan banyak faktor bukan sekedar karena siklus menstruasi yang panjang, antara lain :
    1. Pihak Laki-laki :
    a. Keadaan sperma
    b. Kedaan psikologisnya

    2. Wanita :
    a. keadaan ovumnya
    b. keadaan psikologisnya
    c. kesiapan organ reproduksi
    d. penyakit yang menyertai misalnya ada kista
    dsb……….
    kalau boleh tahu sudah menikah berapa tahun dan usia anti dan suami berapa?
    Sudah pernah dikonsultasikan pada dokter?
    Dan sekali lagi datangnya anak adalah rizqi dari Alloh, jadi serahkan kepada-Nya. Seperti kisah nabi ibrohim ‘alaihi wassalam yang bertahun-tahun menanti seorang anak, karena kegigihan dalam usaha dan berdoa, akhirnya Alloh memberi keturunan kepadanya.
    Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari cerita-cerita yang demikian.

    Tambahan lagi jika menurut anti dengan mengalami siklus yang panjang tidak mengalami gangguan maka tidak masalah, karena siklus menstruasi tiap wanita berbeda-beda namun pada umumnya 28 hari. seperti itu yang ana ketahui. Semoga bermanfaat

    4. Sari

    Ass,
    Berapa lama-kah masa subur wanita sejak lendir serviks elastis (seperti pd gambar tes3) keluar?
    Terima kasih.
    Wass

    5. ummu aufa

    Saudariku sari :

    Tidak bisa diperkirakan berapa lamakah masa subur wanita sejak lendir serviks elastis, karena banyak faktor misalnya tiap wanita panjang masa suburnya berbeda.
    Demikian yang bisa saya bantu. maaf jika belum memuaskan dari pertanyaan anti

    6. lenny

    Ass …
    kalau boleh tau masa subur tuh sebelum atau sesudah haid ??tolong jawab sejelas2nya. Terima kasih.

    7. triani

    masa subur, KB, Momongan………
    ada di Test Pack

    8. armaji

    ass
    saya adalah pemuda yang berumur 26 yang mau menikah dengan pacar saya, sebelumnya saya sering melakukan hub intim dengan pacar saya.pacar saya barusan datang bulan, lima hari yang lalu.tepatnya tanggal 5 april kemarin adalah terakhir dia berhenti haid,setelah itu kemarin pada tanggal tanggal 10 april saya melakukan hub intim dengan pacar saya.apakah bisa mengakibatkan kemahilan pacar saya?tolong jawab ya dok, saya kwatir dengan dengan pacar saya.makasih sebelumnya.

    9. ummu aufa

    Kekhawatiran mengenai dosa maka jalan satu-satunya adalah bertaubat.
    Saudaraku, tahukah anda bahwa perbuatan saudara itu tidak dibenarkan syari’at bahkan itu adalah tindakan zina.

    Apa-apa yang telah Allah perintahkan kepada kita adalah baik dan mengandung banyak maslahat bagi hamba-Nya. Dan apa-apa yang telah dilarang oleh-Nya berarti mengandung kemadhorotan yang besar.

    Perbuatan Zina adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah.

    Maka sebaiknya segeralah bertaubat. entah si wanita hamil ataupun tidak, tetap mohonlah ampun kepada Allah, sebelum kita tidak bisa lagi memohon ampun pada-Nya.

    10. purnomo&istri

    Assalaamu’alaikum..
    Mohon dido’akan,saya pengen banget punya anak yang sehat dan sholeh/sholehah.Terima kasih sebelumnya.
    Tak lupa sholawat dan salaam kami haturkan untuk Nabi Muhammad SAW.
    Juga sholawat dan salaam kami untuk Nabi Ibrahim AS.
    Amin.
    Terima kasih atas do’a Anda semua. Semoga Allah membalas kebaikan Anda semua.
    Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

    11. purnomo jogja

    Assalaamu’alaikum..
    buat Ummu Aufa,
    maaf kalo saya salah..
    sedikit koreksi, setahu saya Nabi Ibrahim tepatnya Alaihi Salaam, bukan Alaihi wassalaam..iya bukan? maaf lho kalo saya salah..
    Wallahu a’lam..
    Wassalaamualaikum Ummu..
    peace.

    12. ummu aufa

    Untuk akh Purnomo di yogya:

    Jazakallahu khoiro, atas koreksinya. Mungkin waktu itu saya salah ketik.

    13. dian anggraeni

    makanan apa saja yang bisa membantu untuk meningkatkan kesuburan perempuan maupun laki-laki, mengingat sampai saat ini kami belum dikaruniai keturunan setelah 6 bulanan menikah?

    14. ummu aufa

    Ukhti Dian :

    Makanan yang bisa menyuburkan reproduksi antara lain :kecambah, dan bahan makanan dari kedelai misalnya tempe.

    faktor-faktor belum mempunyai keturunan ada beberapa hal, namun jika dari makanan bisa didukung dengan jenis makanan seperti yang diatas. semoga bermanfaat

    15. faiza

    Ass.

    Kalau menginginkan sesuatu, kan harus diiringi usaha dan do’a. Tetapi saya belum tau do’anya, baik yang akan saya baca atau suami saya. Mohon bantuannya ya.. Biar saya dapat anak yang sholeh/sholehah. Amin.
    Terima Kasih

    Wass

    16. ina

    Assalamu’alaiku..
    ina ingin tanya.. apakah ada hubungan antara kista dengan masa subur..
    ada seorang dokter yang menyarankan untuk ina tidak hamil sampe kistanya diobati dulu.. adakah makanan (buah atau sayuran) yang bisa membantu menghilangkan atau mengecilkan ukuran kista ?
    maaf agak melenceng dari topiknya
    Terima kasih atas penjelasannya
    wassalam

    17. ummu salamah F

    Ukhti Ina, sebelum menjawab pertanyaan perlu diperjelas bahwa kista adalah daging tumbuh. Ada/ tidaknya kista tidak mempengaruhi masa subur. Masa subur tetap berjalan sesuai siklusnya. perihal dokter yang menyarankan untuik tidak hamil sampai kistanya diobati itu karena berpengaruh pada perjalanan uvum untuk sampai ke rahim. jika kista tersebut tumbuh didaerah yang bisa menghalangi proses perjalanan ovum ke rahim kemungkinan untuk bisa hamil kecil.

    Sejauh pengetahuan saya, kista bisa hilang dengan obat-obatan, Dioperasi dan bisa pula hilang secara sendirinya. Tergantung besar kecilnya kista dan sifdat kistanya dan saya belum menemukan penelitian yang menyebutkan bahwa ada buah atau sayuran yang bisa menghilangkan/ mengecilkan ukuran kista. Wallohu a’lam.

    18. achmed

    Ass
    Mohon informasinya doa agar lekas diberi anak yang sholeh/sholehah beserta makanan penyubur untuk lekas memperoleh anak,terimakasih
    Wassallam

    19. Shelly

    Ass….
    Tolong bantu saya nih..
    Selama 2 bulan terakhir ini saya sudah coba ukur suhu nbadan saya, tapi koq tidak ada penurunan ataupun kenaikan suhunya,selalu stabil (antara 35.6 – 35.8). Sementara lendirnya juga selalu buram kekuningan. Mungkinkah saya tidak pernah mengalami masa subur?

    FYI, siklus saya tidak teratur, antara 29-32 hari.

    Terima kasih
    Wass

    20. agusnawan

    Apa hukumnya menunda kehamilan?

    21. Zudan

    kenapa wanita bisa haid dalam
    1 bulan sampai 2 kali

    22. Hanna

    saya menikah sudah hampir 8 thn tapi belum jg punya anak. kami periksa ke dokter mereka bilang kami sempurna tak ada kekurangan apa….mohon petunjuk nya bagaimana spy cepat dapat anak.
    terima kasih

    23. sofi

    bagaimanakah hukumnya menunda kehamilan dengan cara KB, setahu saya ada beberapa pandangan terhadap hal itu mohon dijelaskan, trim….

    24. ummu nuha

    ass.ana sdh brhenti KB tp knp ya,haid ana tdk teratur.smenjak lepas KB 4bln yg lalu smp skrg ana blm mndptkan haid.knp ya,dok?kl haid tdk tratur mgknkah bs hamil kmbali.syukron

    25. sari-p

    cara apakah yang paling efektif untuk menunda kehamilan??
    bagimana caranya kalau ingin menunda kehamilan kira2 sekitar 1 tahun??

    jazakaillah
    NB :tolong dibalas ke email saja ya…

    26. Aishah

    Assalamualaikum Ummu Aufa,

    Bagaimana cara / masa sesuai untuk bersama suami bagi mendapatkan anak lelaki? Saya sudah ada 2 putri

    27. Abu Maryam (untuk aishah)

    assalamu’alaikum saudari aishah.

    alhamdulillah ana memiliki ringkasan artikel dalam bahasa inggris mengenai cara untuk mendapatkan anak laki2 atau perempuan yang penelitiannya dilakukan oleh DR Shettles.
    cara ini disebut dengan Shettles Methods. Tulisan berikut ana ambil dari artikel tersebut dengan gaya bahasa yang lebih mudah untuk dipahami. – semoga bermanfaat –

    menurut penelitian yang dilakukan oleh DR Shetles, apabila cara2 berikut diterapkan, maka persentasi untuk memperoleh anak laki2 bisa mencapai 75-80 %. dan perempuan 70-75% (meskipun tidak 100 %, karena sesungguhnya semuanya ALLAH jugalah yang mengatur).

    perlu diketahui bahwa dalam menentukan jenis kelamin tergantung dari kromosom2. yaitu kromosom X dan Y.(ingat pelajaran biologi di SMA)
    jenis kelamin laki2 ditentukan oleh kromosom XY sedangkan perempuan kromosomnya adalah XX.

    sel telur memiliki kromosom X, sedangkan sperma memiliki kromosom X dan Y. jadi sperma terbagi menjadi dua yaitu sperma X dan sperma Y.

    apabila anda ingin memperoleh anak laki2, maka sperma Y harus membuahi sel telur X.

    sebelum membahas kiat2 bagaimana cara sperma Y dapat membuahi sel telur X agar maka ada baiknya kita mengenal sifat2 dari Sperma X dan Y.

    sperma X memiliki sifat lebih besar, lebih kuat namun lebih lambat. (bigger, stronger and slower)
    sedangkan sperma Y bersifat lebih kecil, lebih cepat namun lebih lemah.
    (smaller, faster and weaker).

    kiat2 yang anda bisa lakukan agar sperma Y dapat membuahi sel telur X adalah :

    1. dikarenakan sperma Y bersifat faster namun weaker. maka untuk memperoleh jenis kelamin laki2 ditentukan dengan kapan waktu anda berhubungan dengan pasangan anda. apabila anda berhubungan 3 hari atau lebih sebelum masa subur, maka kemungkinan sperma Y sudah mati sebelum datangnya masa subur. sehingga nantinya yang tertinggal adalah sperma X, dan apabila ia berhasil membuahi sel telur, maka jenis kelamin anak akan perempuan. maka waktu berhubungan yang tepat untuk mendapatkan anak laki2 adalah H-1, H dan H+1. dimana H adalah masa subur. (untuk mengetahui masa subur dapat dilakukan dengan metode yang dijelaskan pada artikel di situs ini). Catatan : apabila anda melakukan hubungan 2 hari sebelum masa subur, maka kemungkinannya adalah 50:50.
    2. PH dari jalan lahir wanita juga memiliki peranan penting. Semakin asam lingkungan jalan lahir akan menyebabkan sperma Y lebih cepat mati. Semakin dekat pintu masuk jalan lahir, maka daerah tersebut umumnya semakin asam. Posisi yang disarankan untuk memperoleh anak laki2 adalah posisi yang dilakukan oleh kaum muhajirin terhadap istri2 mereka. (posisi yang pada awalnya ditolak oleh wanita2 anshor). Karena posisi ini dapat menempatkan sperma Y lebih dekat ke sel telur sehingga terhindar dari daerah asam jalan lahir dan akan lebih cepat membuahi sel telur. Untuk anak wanita disarankan posisi yang umumnya dilakukan. Catatan : sebagian wanita memiliki kondisi PH yang sangat asam, sehingga sulit baginya untuk memperoleh anak laki2.
    3. Terpenuhinya kebutuhan biologis wanita (maaf, orgasme). Juga berpengaruh terhadap PH. terpenuhinya kebutuhan biologis wanita akan menyebabkan wanita mengeluarkan substansi yang bersifat basa. Oleh karena itu, hal ini akan lebih membantu bagi sperma Y untuk bertahan. (Untuk anak perempuan, maka sebaliknya. )
    4. jumlah sperma juga sangat berpengaruh. Semakin banyak sperma, maka akan semakin besar kemungkinan memperoleh anak laki2. hal2 yang disarankan oleh DR Shettles adalah :
    a. untuk mendapatkan anak laki2, jangan berhubungan 3-4 hari sebelum H-1 atau H. (DR Shettles menjelaskan juga sebelum H-2, namun berhubung persentasi H-2 adalah 50:50, maka sebaiknya jangan berhubungan pada hari ini). Untuk perempuan, lakukan hubungan setiap hari mulai dari hari pertama seorang wanita bersih dari haid dan maksimal 3 hari sebelum masa subur (H-3). Setelah itu jangan berhubungan lagi.
    b. DR Shettles menyarankan kepada para suami untuk mengenakan celana pendek (semisal celana yang digunakan oleh para petinju) untuk mengganti (maaf) celana dalam yang ketat. Karena celana dalam yang ketat dapat menurunkan kualitas sperma. Celana dalam yang ketat menyebabkan kondisi menjadi panas, sperma membutuhkan lingkungan yang “adem” agar dapat bertahan. Dan metode ini akan sangat membantu bagi sperma Y untuk dapat bertahan, karena mereka lebih lemah dibandingkan sperma X. Namun, bukan berarti apabila anda ingin memperoleh anak perempuan maka anda menggunakan celana dalam yang ketat, cara ini salah, karena hal ini hanya akan menurunkan tingkat kesuburan. Catatan : saran untuk para suami yang menggunakan celana dalam yang ketat, untuk segera menggantinya untuk memperbaiki tingkat kesuburan sperma.
    c. Untuk memperoleh anak perempuan, disarankan untuk mandi dengan air panas sebelum berhubungan. (prinsipnya sama dengan penggunaan celana pendek, lingkungan yang panas akan lebih cepat membunuh sperma Y yang lebih lemah, sedangkan sperma X yang kuat masih dapat bertahan)
    d. Terakhir, untuk memperoleh anak laki2, maka disarankan bagi pihak suami untuk minum secangkir kopi berkafein sebelum berhubungan. DR Shettles masih belum memahami tentang hal ini, namun tampaknya hal ini memberikan “energi ” lebih bagi sperma Y.

    Metode2 di atas merupakan intisari dari buku yang ditulis oleh DR Shettles. Untuk lebih detail, silakan baca buku tersebut (namun afwan ana sendiri tidak memilikinya).

    Terakhir, jangan lupa untuk selalu berdoa dan berusaha, apabila ALLAH menakdirkan tidak sesuai dengan yang kita inginkan, maka percayalah bahwa itu yang terbaik untuk kita….

    Ingatlah, bahwa sesungguhnya yang memberikan anak laki2 dan perempuan adalah ALLAH. Anak laki2 dan perempuan sama saja. Yang dinilai oleh ALLAH adalah ketakwaan seseorang bukanlah jenis kelamin seseorang.

    ALLAH yang lebih tahu mengapa Dia memberi hambaNya anak laki2, dan memberi hambaNya yang lain anak perempuan. Kita harus ridho dengan takdirNya. Dan tidak boleh kita membenci apabila kita dianugerahkan anak perempuan. karena hal tersebut merupakan sifat2 kaum musyrik jahiliyah dimana mereka membenci anak perempuan bahkan mereka sampai membunuhnya.

    Demikian tulisan yang ana buat. Semoga bermanfaat . lebih dan kurangnya mohon maaf.
    Wallahu a’lam.

    28. Ratu&suami

    Assalaamu’alaikum..
    Mohon dido’akan,semoga kami segera mendapatkan anak yang sehat dan sholeh/sholehah.Terima kasih sebelumnya.
    Tak lupa sholawat dan salaam kami haturkan untuk Nabi Muhammad SAW.
    Juga sholawat dan salaam kami untuk Nabi Ibrahim AS.
    Amin.
    Terima kasih atas do’a Anda semua. Semoga Allah membalas kebaikan Anda semua.
    Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.