Tidur Cantik Sesuai Tuntunan Rasulullah

Disusun Oleh: Ummu Hajar Muroja’ah: Ust. Abu Salman Tidur bagi muslimah merupakan saat yang sangat penting. Karena dalam tidurnya ia mengumpulkan tenaga untuk beribadah kepada Allah. Selain itu, …

109 95

Disusun Oleh: Ummu Hajar
Muroja’ah: Ust. Abu Salman

Tidur bagi muslimah merupakan saat yang sangat penting. Karena dalam tidurnya ia mengumpulkan tenaga untuk beribadah kepada Allah. Selain itu, ketika tidur hati seorang muslimah di antara jemari Allah. Seorang muslimah cantik karena agamanya. Jadi tidurnya pun harus cantik. Hendaknya seorang muslimah menjaga adab-adab dalam tidur dengan adab yang diajarkan dalam agama Islam. Bagaimana adab-adabnya?

Tidak tidur terlalu malam setelah sholat isya kecuali dalam keadaan darurat seperti untuk mengulang (muroja’ah) ilmu atau adanya tamu atau menemani keluarga, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Barzah radhiyallahu ‘anhu:

“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘allaihi wasallam membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” [Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235)]

Hendaknya tidur dalam keadaan sudah berwudhu, sebagaimana hadits: “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

Hendaknya mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)

Tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam atau pun tidur siang. “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

Membaca ayat-ayat Al-Qur’an, antara lain:

a) Membaca ayat kursi.

b) Membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqoroh.

c) Mengatupkan dua telapak tangan lalu ditiup dan dibacakan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas kemudian dengan dua telapak tangan mengusap dua bagian tubuh yang dapat dijangkau dengannya dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan, hal ini diulangi sebanyak 3 kali (HR. Al-Bukhari dalam Fathul Bari XI/277 No. 4439, 5016 (cet. Daar Abi Hayan) Muslim No. 2192, Abu Dawud No. 3902, At-Tirmidzi)

Hendaknya mengakhiri berbagai doa tidur dengan doa berikut:

باسمك ربيوضعت جنبي وبك أرفعه إن أ مسكت نفسي فا ر حمها و إ ن أ ر سلتها فاحفظها بما تحفظ به عبادك الصا لحين

“Bismikarabbii wa dho’tu jambii wa bika arfa’uhu in amsakta nafsii farhamhaa wa in arsaltahaa fahfazhhaa bimaa tahfazha bihi ‘ibaadakasshaalihiin.”

“Dengan Nama-Mu, ya Rabb-ku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan Nama-Mu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.” (HR. Al-Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, Abu Dawud No. 5050 dan At-Tirmidzi No. 3401)

Disunnahkan apabila hendak membalikkan tubuh (dari satu sisi ke sisi yang lain) ketika tidur malam untuk mengucapkan doa:

لا إ له إ لاالله الواحدالقهاررب السماوات واﻷرض ومابينهماالعز يزالغفار

“laa ilaha illallahu waahidulqahhaaru rabbussamaawaati wal ardhi wa maa baynahumaa ‘aziizulghaffaru.”

“Tidak ada Illah yang berhak diibadahi kecuali Alloh yang Maha Esa, Maha Perkasa, Rabb yang menguasai langit dan bumi serta apa yang ada diantara keduanya, Yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun.” (HR. Al-Hakim I/540 disepakati dan dishohihkan oleh Imam adz-Dzahabi)

Apabila merasa gelisah, risau, merasa takut ketika tidur malam atau merasa kesepian maka dianjurkan sekali baginya untuk berdoa sebagai berikut:

أعوذ بكلمات الله التامات من غضبه و شرعباده ومن همزات الشيا طين وأن يحضرون

“A’udzu bikalimaatillahi attammati min ghadhabihi wa ‘iqaabihi wa syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisysyayaathiin wa ayyahdhuruun.”

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan para syaitan dan dari kedatangan mereka kepadaku.” (HR. Abu Dawud No. 3893, At-Tirmidzi No. 3528 dan lainnya)

Memakai celak mata ketika hendak tidur, berdasarkan hadits Ibnu Umar: “Bahwasanya Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam senantiasa memakai celak dengan batu celak setiap malam sebelum beliau hendak tidur malam, beliau sholallahu ‘alaihi wassalam memakai celak pada kedua matanya sebanyak 3 kali goresan.” (HR. Ibnu Majah No. 3497)

Hendaknya mengibaskan tempat tidur (membersihkan tempat tidur dari kotoran) ketika hendak tidur. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘bismillah’, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, At-Tirmidzi No. 3401 dan Abu Dawud No. 5050)

Jika sudah bangun tidur hendaknya membaca do’a sebelum berdiri dari tempat pembaringan, yaitu:

الحمد لله الذي أحيانابعدماأماتناوإليه النشور

“Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilayhinnusyuur.”

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan.” (HR. Al-Bukhari No. 6312 dan Muslim No. 2711)

Hendaknya menyucikan hati dari setiap dengki yang (mungkin timbul) pada saudaranya sesama muslim dan membersihkan dada dari kemarahannya kepada manusia lainnya.

Hendaknya senantiasa menghisab (mengevaluasi) diri dan melihat (merenungkan) kembali amalan-amalan dan perkataan-perkataan yang pernah diucapkan.

Hendaknya segera bertaubat dari seluruh dosa yang dilakukan dan memohon ampun kepada Alloh dari setiap dosa yang dilakukan pada hari itu.

Setelah bangun tidur, disunnahkan mengusap bekas tidur yang ada di wajah maupun tangan.

“Maka bangunlah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya.” [HR. Muslim No. 763 (182)]

Bersiwak.

“Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Al Bukhari No. 245 dan Muslim No. 255)

Beristinsyaq dan beristintsaar (menghirup kemudian mengeluarkan atau menyemburkan air dari hidung). “Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka beristintsaarlah tiga kali karena sesunggguhnya syaitan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari No. 3295 dan Muslim No. 238)

Mencuci kedua tangan tiga kali, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana, sebelum ia mencucinya tiga kali.” (HR. Al-Bukhari No. 162 dan Muslim No.278)

Anak laki-laki dan perempuan hendaknya dipisahkan tempat tidurnya setelah berumur 6 tahun. (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi)

Tidak diperbolehkan tidur hanya dengan memakai selimut, tanpa memakai busana apa-apa. (HR. Muslim)

Jika bermimpi buruk, jangan sekali-kali menceritakannya pada siapapun kemudian meludah ke kiri tiga kali (diriwayatkan Muslim IV/1772), dan memohon perlindungan kepada Alloh dari godaan syaitan yang terkutuk dan dari keburukan mimpi yang dilihat. (Itu dilakukan sebanyak tiga kali) (diriwayatkan Muslim IV/1772-1773). Hendaknya berpindah posisi tidurnya dari sisi sebelumnya. (diriwayatkan Muslim IV/1773). Atau bangun dan shalat bila mau. (diriwayatkan Muslim IV/1773).

Tidak diperbolehkan bagi laki-laki tidur berdua (begitu juga wanita) dalam satu selimut. (HR. Muslim)

Maraji':
Adab Harian Muslim Teladan

***

Artikel www.muslimah.or.id

Sebarkan!
3052 14 0 0 0 115
In this article

Ada pertanyaan?

95 comments

  1.    Reply

    ijin mengcopy ukhti…

  2.    Reply

    Subhanallah dari semua uraian tadi saya dapat tambahan bahwa Rasul bercelak sebelum tidur… Jazakillah ukhti…

  3.    Reply

    nuwun ya ilmunya…

  4.    Reply

    gmn hukumx bl tak bs tdr karna suatu hal,sdgkan slm tdk tdr Isyaalloh melksnkan sunah2 Rosululloh SAW,sprt tadzabur Quran,dzikir.Jazakalloh khoiron khatsiira…syukran,mohon jawabannya

    1.    Reply

      @ mulyadi sopyan
      Tidur adalah kebutuhan bagi tubuh. Sudah sepantasnya bagi seorang muslim untuk memperhatikan hak hak yang harus dia penuhi, termasuk hak bagi tubuhnya untuk tidur. Dan selayaknya dia berusaha untuk memberikannya dengan porsi yang pertengahan (tidak berlebihan dan tidak kekurangan). Jika karena suatu hal/masalah dia tidak bisa tidur, tentu saja lebih baik menggunakannya untuk hal yang bermanfaat (misal dzikir) dari pada memikirkan hal-hal yang tidak jelas dan tidak karuan. Namun sekali lagi dia harus berusaha bersikap adil, tidak dzolim kepada tubuhnya.

  5.    Reply

    Subhanallah, begitu indahnya Islam semua telah diatur dengan begitu baiknya…ijin share ya mbak… ^_^

  6.    Reply

    Wahhh……. pagi2 udah dapat tips sehat dunia akhirat….. syukran

  7.    Reply

    ASSALAMUALLAIKUM WR WB..

    SMGA ALLOH MELIMPAHKN KEBAIKNYA KPDA AKHI..
    TRIMKSH ATAS ARTIKELNYA..SANGT BERMNFAAT BUATQ
    IZIN SHARE AKHI TRIMKSH BNYK.

    WAALAIKUM SALM WR WB

  8.    Reply

    pak tak kopy,nggeh damel bahan mading,
    hehehehe

  9.    Reply

    sgt bagus sekali artikal ini..=)

  10.    Reply

    Bismillah. Minta tolong menyebutkan matan hadits dari hal “Tidak diperbolehkan tidur hanya dengan memakai selimut, tanpa memakai busana apa-apa. (HR. Muslim)”. Terima kasih.

  11.    Reply

    ass.wr.wb
    mg bs jd manfaat unt sy n yg lainx,amiiiin…..
    ijin sharex…..

  12.    Reply

    subhanallah. syukran infonya

  13.    Reply

    hebbbbaaatttttt bgt tuh doa . .

    amien ya robbal allamin

  14.    Reply

    assalam . makasi info’a . bisa jadi tambah nyaman tidurnya .
    emm , tapi adakah materi tentang hubungan muslimah dan informatika ?
    Syukron yya .
    wassalam .

  15.    Reply

    info yg bermanfaat nich…..
    makacie….

  16.    Reply

    izin share ya ^^ syukron

  17.    Reply

    sungguh indah nya islam yang memiliki aturan2 yang indah dan begitu bermanfaat untuk umat nya…

  18.    Reply

    thanks atas info nya, sangat bermanfaat untuk saya

  19.    Reply

    Tidur adalah suatu pekerjaan yang insyaallah telah teralami oleh seluruh makhluk di dunia ini namun yang membedakan antara tidur kita dengan orang lain adalah tidur yang terlalu melampaui batas,sehingga meninggalkan hal-hal yang menjadi kewajiban terhadap sang pencipta,Subhanallah betapa mulianya mereka yang telah terbangun dari tidurnya di tengah malam hanya untuk menunaikan ibadah sunnah yang sangat dicintai Rosulullah itu…..
    ????? ?? ????? ??

  20.    Reply

    Alhamdulillah, tulisan ini sangat bermanfaat sebagai pedoman kita didalam menjalankan ibadah termasuk tidur. kalau ada format PDF nya bisa kita print dan kita sampaikan kepada jamaah masjid.

  21.    Reply

    Kita cinta kepada Rossul, jelas sunah-sunah dan petunjuk nya wajib kita taati….artikel ini semoga bermamfaat bagi kita semua seta ditunggu artikel-artikel lain yang lebih bisa memberikan petunjuk tata cara ibadah yang lebih baik “amin” ….

  22.    Reply

    wow… baru kutahu tidur yang baik dan benar… Alhamdulillah, begitu lengkapnya petunjukMu, Ya Allah…. terima kasih artikelnya….

  23.    Reply

    AlhamdulillaH,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    SyUkRoN………….

  24.    Reply

    subhanalloh..
    jazakumulloh..
    izin re-post ya..

  25.    Reply

    subhanallah… letsa proud with islaam

  26.    Reply

    assalamu’alaikum…ana izin share ummu,,syukron..

  27.    Reply

    numpang copy ya sukron katsiron

  28.    Reply

    alhamdulillah, smoga bermanfaat buat kita semua

  29.    Reply

    salam.. article yang bagus.. thanks for sharing

  30.    Reply

    Afwan, ana numpang copy-paste. skalian, ana minta maaf, karena ana muslim dan bukan muslimah. afwan udah ngealnggar hijab.

  31.    Reply

    Sungguh artikel yang bagus. Apakah maksud wanita dan laki2 tidak boleh tidur dalam satu selimut berlaku juga untuk suami istri?

  32.    Reply

    assalamu’alaykum ,,
    salam kenal
    jazakillah, sangat bermanfaat sekali,,
    tapi afwan, cuma ada pertanyaan sedikit, pada do’a saat gelisah kok terdapat perbedaan antara tulisan arab dan latinnya ya ukhti (terdapat kata wa iqaabihi) ? kalau dari terjemahannya si bener yg tulisan latin, tapi mohon konfirmasi aja, yg bener pakai wa iqaabihi ya ukht?

    ???? ?????? ???? ??????? ?? ????……. ? ??????? ??? ????? ????? ??? ??? ??????

    Audzu bikalimaatillahi attammati min ghadhabihi wa iqaabihi wa syarri ibaadihi wa min hamazaatisysyayaathiin wa ayyahdhuruun.

    Jazakillah sebelumnya

  33.    Reply

    ga boleh tidur berdua dalam satu selimut itu maksudnya untuk yg sesama jenis ya, misal 2 org lelaki atau 2 org wanita?
    untuk suami isteri boleh kan?

  34.    Reply

    assalamialaikum….. salam ukhuwah ya ukhti
    infonya okee banget

  35.    Reply

    Assalaamu’alaykum warohmatulloh wabarokaatuh
    Cukup tidur meningkatkan kualitas hidup. Kurang tidur dapat menyebabkan kecelakaan kerja.
    Bolehkah saya copy informasi dalam artikel ini dengan menyebut sumber ke tulisan di blog saya?
    Maaf dan terimakasih

  36.    Reply

    moga bisa bermanfaat untuk semua.

  37.    Reply

    keep istiqamah ya di jalan Allah dengan jalan yang lurus………………………
    =)

  38.    Reply

    trIma kAsih TAs inFo x , , ,

    moGA bermAnfat , , , ,

    thAkxx . . .

  39.    Reply

    utk ukhty Maryati… untuk masalah tidur beralaskan tangan kanan… dan mungkin juga termasuk posisi tidur di atas sisi sebelah kanan…

    klo tidak salah ada penjelasan utk permasalahan tsb di buku MInhajul Muslim yg ditulis oleh Syaikh Abu Bakr Jabir al Jazairi… disebutkan bahwa hendaknya kita memulai tidur dengan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan dan dan beralaskan tangan kanan… adapun setelah itu boleh berganti posisi.
    klo masih bingung, anti bisa membaca buku yg sy sebutkan di atas.

    tapi ngomong2… sy punya teman yg setelah mengetahui sunnah tidur di atas, dia berusaha membiasakan tubuhnya… ternyata Bisa lho!! Bisa karena dibiasakan:))

    selain itu dari sisi medis, tidur dg posisi di atas sisi tubuh sebelah kanan itu lebih sehat lho. karena beberapa organ vital itu terletak disebelah kiri. sehingga dg tidur di atas sisi tubuh sebelah kanan tidak akan membebani organ2 vital tsb

    wallohu Ta’ala a’lam..

  40.    Reply

    Assalammualaikum……
    maaf saya masih belum faham dengan maksud kalimat ini, tolong bantuan untuk penjelasan nya!!!
    “Setelah bangun tidur, disunnahkan mengusap bekas tidur yang ada di wajah maupun tangan”
    terima kasih sebelumnya…..

  41.    Reply

    assalammualaikum,salam kenal untuk para akhwat. semoga Alloh subhanuwataala selalu menjaga ukhuwah kita ini.. untuk artikelnya, subhanallah lengkap aja =) n semoga Alloh memudahkan kita untuk mengamalkannya…

  42.    Reply

    makasih ya ukhti saya jd tw banyak….tapi,, ky’a susah dech klo tidur hrs beralaskan tangan kanan… trus bagaimana solusinya???? tolong kirimkan balasan nya ke e-mail ana. syukron.

  43.    Reply

    Assalammu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh..

    Subhanallah, ternyata banyak adab-adab keseharian kita yg harus tetap dipelajari ya, agar sesuai dgn tuntunan Al Quran dan As-Sunnah. Jazakillah, insya ALLAH, sangat bermanfaat.
    Bagaimana kalau adab-adab keseharian lainnya jg diterangkan disini, seperti mandi biasa, mandi junub dan lainnya?

    Jazakumulloh khoiron katsiron..
    Wassalammu’alaikum

  44.    Reply

    Assalamu’alaikum…
    Alhamdulillah akhirnya nemuin juga tuntunan tidur Rasulullah, sangat bermanfaat bwt ana yg blum tahu…
    semoga ana dpt mengamalkannya dg baik.

    syukron.
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

  45.    Reply

    assalamu’alaikum warahmatulloh.. subhaanalloh, artikel2 yang telah ditampilkan di muslimah ini sangat bagus.. insyaaAlloh bermanfaat.. wassalamu’alaikum warohmatulloh wabarokaatuh..

  46.    Reply

    Thanks aku ucapkan krn dng artikel ini membuat aku tidur lebih baik dari sebelumnya dan membuat diri ini lebih nyaman dng sunah-sunah Rasul

  47.    Reply

    Sukron atas tipsnya. Semoga Allah memberi barokah kepada kita semua.

  48.    Reply

    Really good.

  49.    Reply

    1. shafwah
    January 6th, 2007 at 2:59 am

    alhamdulillah mudah-mudahan ini menjadi info yang bermanfaat bagi kehidupan ana

    2. riana
    January 6th, 2007 at 3:01 am

    islam selalu memiliki aturan yang bermanfaat sekecil apapun, tidak mengekang tetapi melegakan

    3. sRie
    January 9th, 2007 at 10:26 pm

    Trimakasih untuk info2 penting yang diberikan slalu brmanfaat untuk qu

    4. ummu_habibah
    January 11th, 2007 at 9:34 pm

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Ummu Hajar, ayo semangat kejar cita-cita anti…
    Jangan putus asa ketika kita terjatuh dan terluka.
    Insyaalllah luka itu akan membuat kita tambah kuat dan semangat.
    Ayo kita berjuang sampai kita berjumpa dengan Allah

    5. johan
    January 15th, 2007 at 3:39 am

    Alhamdulillah setelah saya membaca sekarag saya tau bagai mana cara tidur yang di anjurkan/di sunah kan.Saya mau bertanya, kallau kita bermimpi pada siang hari ketika berpuasa, apakah batal puasa kita?..

    6. Ibnu Syarif
    January 15th, 2007 at 8:56 pm

    Untuk akh Johan, mimpi basah pada siang hari tidaklah membatalkan puasa kita karena diantara orang yang tidak dicatat amalannya adalah seorang yang tidur sampai dia bangun. Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan kemudahan dalam agama kita…..

    7. aneez
    January 17th, 2007 at 12:27 am

    wah, islam komplit ya.. Alhamdulillah aq bisa baca ini coz bermanfaat bgt

    8. endar
    January 18th, 2007 at 3:27 am

    ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WA BAROKATUH….
    HAI ORANG-ORANG YG BERIMAN BERTAQWALAH KEPADA ALLOH SWT DENGAN SEBENAR-BENAR TAQWA, semoga saya dan pembaca tetap Istiqomah

    9. endar
    January 18th, 2007 at 3:36 am

    ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABABOKATUH ……
    Mohon maaf , untuk Websitenya menyusul ini ana baru belajar, mohon diikhlaskan , JAZAKUMULLOHU KHOIRON KATSIRO

    10. Ummu Faiz Dian_Ngawi
    January 19th, 2007 at 10:59 pm

    alhamdulillah. Sekarang ana jadi tahu bagaimana adab tidur yang benar. Banyak info berharga yang bisa ana dapatkan di web ini. Jazakillah khair. Salam untuk akhwat2 RI. Keep istiqomah yaa…

    11. suci
    February 15th, 2007 at 2:33 am

    alhamdulillah,akhirnya ALLAH tlah memberikan aku pengetahuan sutu adab agar aku menjadi yg lebih baik.

    12. abu faruq
    March 3rd, 2007 at 3:24 am

    wah saya baru tau sekarang, terima kasih ya.

    Alhamdulillah

    13. Tee-@
    March 6th, 2007 at 9:53 pm

    Hatur Nuhun pisan infonya ISLAM IS MY WAY
    saya baru tau kalo tidurpun ada tata caranya tetap ISTIQAMAH

    14. devi nasution
    March 17th, 2007 at 3:36 am

    Assalamu’alaikum.wr.wb
    Alhamdulillah dgn m’baca artikel ini,saya jadi tahu bagaimana posisi tidur yang bagus.
    Semoga info2 yang disajikan selalu bermanfaat untuk kita semua.Syukron Katsiron(^_^)

    15. zafirah
    April 17th, 2007 at 3:28 am

    makasih y……… ana jad taw banyak d!

    16. Trisna
    April 25th, 2007 at 5:42 am

    Subhanallah …
    Saya jadi tahu ada tuntunan tidur bagi muslimah

    17. yun
    May 29th, 2007 at 12:04 am

    Seorang wanita adalah keindahan untuk seluruh dunia. JIka wanita itu hancur, maka hancurlah dunia

    18. LINDA
    June 5th, 2007 at 8:01 am

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Alhamdulillah..setelah membaca info ini ana jadi tau bagaimana cara tidur yang dianjurkan dan menurut sunnah Rasul. Semoga ini juga bermanfaat buat pembaca yang lain.
    Wassalam…

    19. hafidz abdurrahman
    June 8th, 2007 at 8:51 am

    Assalamu’alaykum
    saya minta tolong kepada akhwat siapa saja, karena adek perempuan saya diterima di UGM supaya pergaulannya terjaga, mohon kepada para akhwat yang bersedia untuk menjadi temannya agar dapat memberikan bimbingan ke jalan yang haq dan tidak ngikut jadi haroki.syukron…
    syukron

    20. muslimah.or.id
    June 8th, 2007 at 10:34 pm

    Waalaikum salam warohmatullah wabarokatuh,
    Akhi, begini saja. Jika antum di kota Jogja, antum bisa mengajak adek antum ikut kajian-kajian di Ma’had ‘Ilmi Putri, dan insya Allah sebentar lagi ada dauroh selama 2 bulan berturut-turut + Bahasa Arab Intensif. Atau jika tidak, antum bisa menghubungi kami melalui pengurus ikhwan muslim.or.id melalui e-mail [email protected] saja. Lebih baik seperti itu…

    21. maya agustika
    June 12th, 2007 at 8:14 am

    Ass…ana adangikutin cara tidur Rasulullah.tapi cuma bisa bertahan 1 hari aja.habis tu bosen.ada cara yang baik untuk menghilangkan bosennya itu?

    22. tim muslimah.or.id
    July 9th, 2007 at 1:01 am

    wa’alaikumussalam wa rohmatullahi wa barokaatuh, ukh maya, silakan ukh perbaiki niat tidur anti demi pahala Allah yang tidak bisa dibandingkan dengan apapun di dunia.

    23. tazKiya
    August 8th, 2007 at 5:56 am

    Assalamu’alaikum…
    Subhanallah..

    Jazakillah untuk infonya, insyAllah ini menjadi tambahan ilmu dan referensi buat ana. Sungguh sangat indah,apabila kita hidup dengan meniru kebiasaan2 Rasul kita :).

    wass..

    24. Ummi Shafra
    August 22nd, 2007 at 9:51 pm

    Jazakillah buat infonya, moga bermanfaat.

    25. putri
    February 28th, 2008 at 5:06 am

    Alhamdulillah…artikel ini sangat bermanfaat buat putri,putri seneng banget dengan semua artikel yang ada di muslimah.or.id ini,,,
    untuk artikel ini khususnya, putri mau tanya, mungkin tidak susah untuk mengikuti adab saat kita baru mau mulai tidur…tapi saat udah tidur agak susah kayaknya soalnya putri kalo udah tidur gak sadar udah gerak kemana2(merubah posisi tidur tanpa menyadarinya)..bisa tengkurap atau terlentang,,gimananya cara untuk menjaga posisi tidur sesuai sunnah Rasul kita??please di jawab ya….