Hukum Cadar: Kesimpulan Antara 2 Pendapat Ulama (5)

Pertama, wanita menutup wajahnya bukanlah sesuatu yang aneh di zaman kenabian. Karena hal itu dilakukan oleh ummahatul mukminin (para istri Rasulullah) dan sebagian para wanita sahabat. Sehingga merupakan …

4 173

Pertama, wanita menutup wajahnya bukanlah sesuatu yang aneh di zaman kenabian. Karena hal itu dilakukan oleh ummahatul mukminin (para istri Rasulullah) dan sebagian para wanita sahabat. Sehingga merupakan sesuatu yang disyariatkan dan keutamaan.


Kedua, membuka wajah juga dilakukan oleh sebagian sahabiah. Bahkan hingga akhir masa kehidupan Nabi shallallahu ‘alaihin wa sallam, dan berlanjut pada perbuatan wanita-wanita pada zaman setelahnya.

Ketiga, seorang muslim tidak boleh merendahkan wanita yang menutup wajahnya dan tidak boleh menganggapnya berlebihan.

Keempat, dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan kewajiban wanita untuk berhijab (menutupi diri dari laki-laki) dan berjilbab serta menutupi perhiasannya secara umum. Dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang tidak mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan bahwa wajah dan telapak tangan wanita bukan aurat yang harus ditutup.

Inilah jawaban kami tentang masalah cadar bagi wanita. Mudah-mudahan kaum muslimin dapat saling memahami permasalahan ini dengan sebaik-baiknya. Wallahu a’lam bishshawwab.

Baca Artikel Sebelumnya:
Dalil yang mensunnahkan cadar adalah sebagai berikut:
http://muslimah.or.id/fikih/hukum-cadar-dalil-dalil-ulama-yang-tidak-mewajibkan-3.html
http://muslimah.or.id/fikih/hukum-cadar-dalil-dalil-ulama-yang-tidak-mewajibkan-4.html
Sedangkan dalil-dalil yang mewajibkan cadar adalah sebagai berikut:
http://muslimah.or.id/fikih/hukum-cadar-dalil-dalil-ulama-yang-mewajibkan-1.html
http://muslimah.or.id/fikih/hukum-cadar-dalil-dalil-ulama-yang-mewajibkan-2.html

***

Penulis: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.
Sumber: Kumpulan tulisan ustadz Kholid Syamhudi
Dipublikasikan kembali oleh www.muslimah.or.id

Sebarkan!
453 0 0 0 0 25
In this article

Ada pertanyaan?

173 comments

  1.    Reply

    Terimakasih atas pencerahannya, ilmunya juga, ..

  2.    Reply

    di eropa khususnya inggris dan jerman dah banyak loh akhwat yang bercadar dan manhajnya salafi padahal mereka negara yg maju n modern. kita orang indonesia kemana aja?!

  3.    Reply

    bagus banget ana copy makalah nya boleh ga?
    kalo boleh tolong kirimkan makalah, masalah cadar ke email ane sebelumnya jaza kalloh, insya alloh ber manfaat.

  4.    Reply

    Assalamu’alaykum…
    Alhamdulillah setelah baca artkel ini ana semakin berkeinginan untuk brcadar.mudah-mdahn ana bs cepat memakainya&kuat menghadapi cobaan2nya..

  5.    Reply

    Assalammualaikum,…

    Ingat ya uhkti fillah.. Berssyukrlah pada karunia Allah yang diberikan kpd kalian yang maniz n caantik2 ^_^.. trus berhijab, bercadar bahkan sampai berburdah..
    Allah senantiasa menjaga hati dan akan memberikan kado indah didunia dan akhirat buat kalian..

    wanita baik2 untuk laki2 yang baik pula…

    Afwan, ada nggak ukhti sekalian yang siap menikah>???
    ^_^ ana serius utk taaruf!!!
    Ana ikhwan, 23 tahun n dah bekerja (sebagai karyawan)…

    Jazakillah khairan … Wasalammualaikum

    ^_^ ALLAH HU AKBAR…

  6.    Reply

    afwan untuk Ummu Kholil Muttaqin, Semoga kita selalu dalam hidayah ALLAH dan LindunganNYA. salam untuk Pak Pamuji. Semoga situs yang ana berikan selalu bisa dibuka sehingga kita dapat mengambil manfaatnya. kapan2 ana akan ajak Kholil untuk main internetan Mungkin bisa pakai Video Call. wassalam

  7.    Reply

    semoga bermanfaat buat saudara2 di malaisia

  8.    Reply

    Inilah pertama kali ana membuka situs ini,Alhamdulillah ini sgt bermanfaat skali bagi kami yg ada negri jiran yang dimana kami banyak dikelilingi dengan maksiat,jazakillah khaira buat pak Banna atas pemberian situsnya ini.

  9.    Reply

    subhanallah, baru kali ini nemu pembahasan mengenai cadar yang sangat objective dan tidak memihak dan menghakimi salah satu pihak, syukron kepada penulis…

  10.    Reply

    afwan bwt ukhti temboro, bukan ana gak stuju akhwat disana berniqab tapi lebih bagus lagi kalo diimbangi dengan ubudiyah yang sesuai dengan manhaj ahlusunnahwaljama’ah, tablighi tetap aja tablighi ahl bid’ah wadldlolalah

  11.    Reply

    Di kampung Temboro Magetan Jawa Timur para wanitanya sebagian besar sudah pada bercadar sehingga tidak bisa membedakan mana santriwati dan orang umum

  12.    Reply

    assalamualaikum…salam ta’aruf bwt ukhti anna.
    ana juga ingin pakai cadar,,,karena ana sendiri juga ngerasa..walaupun sudah memakai jilbab gede..masih saja ada yang “suara2″usil…kata tman2 ana memang punya wajah yang manis.ana juga ngerasa…tapi disisi lain ana ingin hanya untuk dilihat oleh suami ana kelak.

  13.    Reply

    asalamu’alaykum.. mau koment kok susah bgt sih msknya?

  14.    Reply

    untuk teman2 akhwat yang ingin berkenalan,silakan email ana.

  15.    Reply

    btw..btw…ana kurang setuju kalo akhwat bercadar itu identik dengan kelompok tertentu..yah..banyak sekali anggapan negatif. tapi…sahabat,mereka beranggapan seperti itu karena mereka belum tahu..hukumnya,manfaatnya,dll.
    cadar juga gak mengganggu aktiftas,bahkan ia bisa melindungi dari fitnah n penyakit”. di kampus,justru teman2 menghormati kami yang bercadar.

  16.    Reply

    alhamdulillah,ana dah 2 bulanan ini pake cadar..n alhamduillah..ortu ga ngelarangmbahkan calon suami pun mendukung. meski banyak tantangan,tapi yakin aj..ini yang kita lakukan adalah kebaikan,niatkan unuk ibada kerana Allah. cadar juga memiiki banyak manfaat dar segi kesehatan,bahkan ana pernah baca artikel bhw para dokter barat justru memandang positif thd cadar..
    – buat sahabat2 akhwat yang udah pakai..istiqamah ya…!
    – buat yang beda pendapat,ga usah saling cela..karena kita satu Iman,satu Islam…,kita sama-sama umat Nabi Muhammad.SAW.

  17.    Reply

    Assalamualaikum
    saya memakai cadar 13 tahun yang lalu, awalnya saya memakai belum tahu ilmunya. Saya memakai cadar karena saya sangat nyaman memakainya. Saya merasa tentram dan merasa terlindungi. walaupun tidak tahu ilmunya dan ditentang banyak orang tapi Alhamdulillah saya bisa bersabar dari goncangan. Setelah setahun memakainya saya baru tahu hukum hijab dan cadar ternyata wajib, ya….saya sangat senang sekali karena ternyata bercadar itu bagian dari kewajiban dan sunnah rosulullah. Subhanallah…kadang saya sendiri tidak tahu dapat kekuatan dari mana……? saya kok tiba-tiba memakai cadar. Saya baru menyadari…ternyata Allah selalu menuntun saya dalam Hidayah dan rahmat-Nya.

  18.    Reply

    bismillah…
    wahai akhowati fillah…apa yang menghalangimu untuk berhijab? tundukkan nafsumu dan sambutlah seruan Allah dan Rosul Nya. insyaallah akan kalian dapati diri kalian menjadi jiwa-jiwa yang tenang (nafsul muthmainnah).
    jangan ragu-ragu, Allah bersama kalian…

  19.    Reply

    Alhamdulillah, akhirnya setelah sekian lama, Allah memberiku jalan untuk mengenakan cadar juga…
    Alhamdulillah…

  20.    Reply

    subhanallah…penjelasan yang sudah cukup jelas…jangan sampe ada lagi yang memperdebatkan antara wajib dan tidak wajib..dengan apa yang telah dicontohkan,,ana harap pembaca dapat mengambil maslahatnya bahwa wajib atau pun tidak wajib pke cadar..semuanya sesuai dengan apa yang disarankan, tanpa ada sifat provokasi untuk mengharuskan…

  21.    Reply

    syukran ya akhi ><

    ma aqdir atakallim katsir
    waslam
    ridwan rahmat saleh

  22.    Reply

    kita diciptakan beragam, begitu juga nabi memberikan pilihan yang beragam. Islam sangat sempurna, tergantung masing2 dari kita. daripada saling berargumen memnagkan pendapat masing, mending koreksi diri aja. kalo mantep ya jalanin kalo nggak ya jangan nyalahin pendapat yang lain. ukhti akhi masih banyak PR kita, lihat sekelilingmu masih banyak yang harus diperbaiki…..belajrlah, amalkan dan berjuanglah. Islam untuk perbaikan..

  23.    Reply

    Assalam’alaikum…
    Salam kenal ya…subhanallah, blognya keren abis.
    Ana sepakat sekali kalo akhwat2 tuh pada berniqab. Ana juga ingin skali bercadar karena meski sudah memakai jilbab dan kerudung yang super lebar, masih aja ada pandangan yang kurang nyaman di hati. Astaghfirullah…
    Buat akhwat2 yang udah mantap..sharing pengalaman ya..:-)

  24.    Reply

    Alhamdulillah,sbelumnya ortu ga mendukung dengan cadar yang ana pakai. Karena background keluarga kami gak terlalu fanatik.
    Mungkin karena terbiasa liat ana pake cadar kalo mo keluar ke acara2 islami, akhirnya umi ana agak welcome.
    Terbukti minggu kemarin,ana harus ke luar kota bareng umi.
    Dan kebetulan kami harus naik bis berdua.Ana pakai cadar yang niat awalnya sih cuma nutupin wajah dari angin pas perjalanan naik motor dari rumah ke terminal.
    Eh…ana coba nggak nyopot tuh cadar,dan subhanallah, gak ada kalimat protes dari umi satu spasi pun.
    Cihui,alhamdulillah…perjuangan setengah tahun pertahankan cadar berbuah juga,walopun baru dikit.

    Habis urusan selesai,perjalanan pulangnya,kami sempet mampir ke beberapa mall.Umi ngajak ana beli sepatu. Banyak orang usil manggil ana Aisyah,maimunah,ninja, ninja hatori, de el el deh.
    Yang ana balas dengan semyum manis.hehehe…mana mereka tau ;p
    Umi cuma bilang, “Udah, gag usah di dengerin.”
    Subhanallah…I love you so much umi!

    Sekarang tinggal tetangga nich…masih suka ngrasani kalau ana pake cadar :(

    …Ya Rabb…bukalah hati mereka terhadap segala syari’at Mu…

  25.    Reply

    iya sih ana setuju dengan pendapat abu sa’id. kerana walaupun kita dah coba jaga pandangan, & berpakaian syar’i(tp blm b’cadar),akhlak juga dah dijaga tapi tetep aja ada yang jahilin…tapi bagaimana cara utk merealisasikan sunah tersebut?? kerana ortu si akhwat belum mengizinkan…kmudian bagaimana tentang realita buka tutup cadar, misal saat ditempat kuliah yang jauh dirantau dia bercadar tapi kalau dikampung halaman tidak lagi, ya…kerana ortu. mohon pendapatnya…syukron.

  26.    Reply

    tuk: akhwt_4ever
    Hal ini kembali kepada akhwat tersebut, kalau ia menguatkan pendapat yang wajib memakai cadar maka ia wajib memakai cadar apabila bertemu dengan bukan mahramnya.
    Adapun jika ia berpendapat memakai cadar tidak sampai derajat wajib (sunnah) maka ia tidak wajib memakai cadar meskipun wajahnya cantik…
    Tetapi kami tetap menasihatkan kepada akhowat agar bersemangat menutup wajahnya, kita sekarang berada di zaman yang penuh dengan cobaan, meskipun ia beranggapan memakai cadar tidak wajib bukankah memakai cadar itu sunnah, dan sunnah adalah amalan yang sepantasnya kita lakukan… apalagi kalau akhwat tersebut berparas cantik maka hendaknya ia lebih bersemangat lagi menutup wajahnya agar tidak menjadi cobaan bagi yang lain.
    waffaqonAllah

  27.    Reply

    assalamu’alaikumWrWb<

    bagaimana dengan wanitayang cantik sehingga kecantikannya dapat menarik perhatian para ikhwan? apakah perlu memakai cadar???
    yang mengetahui mohon jawabannya,,,,syukron.

  28.    Reply

    af1 ana gak terlalu paham, jadi g bs beri komentar.tp ana setuju kalau ukkowat di indonesia yang beragama aslam diwajibkan berhijab.

  29.    Reply

    Saudara Iman,

    Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kepada antum petunjuk dan kaum Muslimin semuanya.
    Kita orang muslim dan muslimah adalah orang yang berserah diri, patuh dan tunduk kepada perintah Allah ‘Azza wa Jalla. Karena diantara sifat seorang muslim yang beriman pada Allah dan Rasul-Nya adalah “sami’na wa atho’na (kami mendengar dan kami taat)”, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang artinya, “dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat.” (QS. Al-Baqarah [2]: 285).
    Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya, Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab [33]: 59).
    Tidak perlu kita berpanjang-panjang mencari alasan, karena apa yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan pastilah bagi baik bagi kita. Karena siapakah yang lebih tahu akan kebaikan bagi diri kita?
    Jawabnya tidak lain dan tidak bukan adalah ALLAH Subhanahu wa Ta’ala, Sang Pencipta segala makhluk.

  30.    Reply

    Selama perempuan dianggap sebagai obyek dan selama sahwat lelaki diumbar maka selamanya perempuan akan dibungkus rapat. Tapi kok mau juga ya perempuan dianggap sebagai barang dan disalahkan kalau kemudian sahwat lelaki yang punya pikiran kotor terbangkitkan.. he.. hee..he..

  31.    Reply

    insya Allah web ini ga khusus untuk orang Indonesia saja. Karena isi di dalamnya adalah ilmu tentang agama Islam, maka bisa dimanfaatkan untuk muslimah secara umum.

  32.    Reply

    For orcide_18, from Malaysia,

    Website ini memang dibuat oleh kami (admin) dari Indonesia untuk kaum muslimin dan muslimat secara khusus di seluruh penjuru negeri. Akan tetapi, karena keterbatasan resources yang ada pada kami, maka kami baru boleh menampilkan isi website ini dalam bahasa Indonesia sahaja. Kami bercita-cita, suatu saat nanti, website ini bisa multilingual, agar bisa diakses secara lebih luas oleh kaum muslimin dan muslimat di seluruh dunia. Jadi adakah yang ingin membantu?

  33.    Reply

    assalamu’alaikum. ukhti2 yg shalehah, semoga rahmad dan hidayah Allah selalu menyerrtai langkah-l2 kita untuk selalu berhijab, baik secara fisik maupun dari sikap dan tingkah laku kita. Setiap wanita dilahirkan cantik, dia menarik dari segi fisik maupun kepribadian, dengan hijab kita akan ingat kepada Allah, dan tidak mudah terbawa arus gemerlapnya dunia yang jahiliah.

  34.    Reply

    adakah ini laman web org indonesia saja?kalau tidak boleh saya sertai juga… assalamualaikum

  35.    Reply

    Assalamu’alaikum..
    Mas Fahrul..hati-hati klo komentar..ini Ramadhan lho..
    1. dari mana mas bisa bilang cadar kebiasaan orang arab? coba cek lg ayat tentang kewajiban berjilba!
    2. saya setuju dg masalah ta’at pada pemimpin, tp bukan sebagai dasar pengambilan dasar hukum! coba cek kalam ulama tentan ayat “taatilah Allah dan taati Rasul serta pemimpin kalian”! jg bukan menyesuaikan dg lingkungan lho Mas..! bisa berabe nanti..! tp dalam mengmbil hukum berdasarkan pendapat yang lebih kuat dalilnya..setuju kan? ya harus setuju..!
    baarakallahu fiikum..

  36.    Reply

    sebenarnya masalah pemakaian cadar adalah kebiasaan wanita-wanita arab yang baik yang dilakukan sebagian wanita dizaman nabi untuk mengindari fitnah yang terjadi saat itu,namun hal tersebut susah untuk diterapkan pada zaman sekarang apalagi diterapkan di indonesia yang mengunakan hukum pemerintah,tapi bukan bearti kita mendahului hukum Allah,karna taat pada pemimpin juga kewajiban bagi kita.makanya dalam masalah ini,kita harus bisa memilih salah satu pendapat yang sesuai dengan lingkungan negara kita dan kemaslahatan nya lebih besar selagi pendapat tersebut tidak menyimpang dari islam.
    dalam masalah cadar ini,saya lebih cendrung untuk mengambil pendapat jumhur ulama’ yang mengatakan wajah dan telapak tangan bukanlah aurat yang harus ditutup.
    kalau pun ada yang memakai cadar,itu bukalah sesuatu yang wajib,tapi lebih menitik beratkan untuk menhidari fitnah dan keamanan terhadap diri wanita.perlu kita tahu bersama bahwa timbulnya fitnah dalam diri wanita bukan hanya disebabkan oleh wajah,tetapi juga dari sikap dan tingkah laku wanita tersebut,apalagi memakai pakaian yang membuka aurat..wallahu ‘alam

  37.    Reply

    Assalamualaikum,
    Saya sangat salut dengan para akhwat yang menundukkan hawa nafsunya untuk tampil menarik dengan memenuhi perintah Allah swt ini….Sebab memakai cadar memiliki konsekuensi yang kadang tidakng ringan bagi yang mengamalkannya, apalagi di tengah masyarakat kita yang semakin “jahiliyah” ini. Kiranya hanya kekuatan imanlah yang akan mengokohkan keistiqamahan seorang muslimah dalam melaksanakan perintah mulia ini…
    Kepada semuanya, saya mohon doa agar diberikan kemudahan dan kekuatan dalam melaksanakan perintah ini, sebab saya dan beberapa akhwat ingin memakai cadar, tetapi banyak yang merintangi kami sehingga belum dapat melaksanakannya….
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

  38.    Reply

    Assalamu’alaikum warohmatuLLAHI wabarokatuhu..:-) AlhamuduLILLAH penjelasan Ustadz sngt bgus dan jelas dngn dall-dalilnya,jd itu smua kembali pada diri kita masing2,dan bagi ana semakin kita banyak mengamalkan syari’at,maka semakin mendekatkan diri kita kepada ALLAH.. ;-)

  39.    Reply

    Alhamdulillah, dengan salah satu sifat-Nya yang Maha Pengasih, ana tiba di website ini. Cadar bukanlah pakaian adat suatu negara, bukan pula kebudayaan suatu daerah, tetapi cadar merupakan salah satu hukum Islam yang datangnya dari Allah SWT. Ukhti fillah, semoga kita diberi hidayah untuk dapat istiqomah dalam menjalankan syari`at-Nya khususnya dalam menutup aurat secara sempurna. Allahumma Aamiyn.

  40.    Reply

    alhamdulillah saya tlh meyakini slh satu pendpat. memang bnr bhwa lbh pnting menjaga ukhuwah drpd slg ykn myknkn ttg pndpt msg”. sm0ga qta dberikan kyakinan yang terbAik. untk mjadi yg tbAik..jazakumullah,

  41.    Reply

    kekuatan untuk memakai cadar adalah iman kalau terlalu di paksa pasti tidak akan tahan lama bila terpengaruh dengan tawaran dunia( pekerjaan)

  42.    Reply

    Asslmkm,akhwati fillah, p3rhiasan yg t3rindah d dunia ini adalah wanita yg shalehah,yg setiap untaian kata2nya menjadi penyejuk hati bg ssvaminya,wanita sholehah adalah wanita yg selalu menjaga dirinya dari pandangan2 khianat seorang lelaki,yg tdk mav berdandan hanya untuk di pandang seorang pecundang, tp dandananya di hanya persembahkan untuk komandan tersayang,pemimpin dlm hidupnya,,”Bercadarlah y ukhti,,,! semoga Allah mencurahkan rahmatNYA untukmu,,,”

  43.    Reply

    Alhamdulillah, akhirnya ana menemukan hujjah yang jelas seperti ini, tekait masalah akhowat yang bercadar. Ust. tapi af1, ada gak akhwat bercadar hafal qur’an. Saat ini ana lagi mencari, agar supaya kelak ia menjadi ibu dari anak-anak yang juga hafal qur’an. Semoga. minta do’anya ya agar ana menemukan seorang istri yang hafal qur’an juga bercadar.

  44.    Reply

    Assalamualikum,jazakallah ustad telah menjelaskan hukum memakai dan tidak memakai cadar dengan proporsional disertai dengan dalil-dalil yang kuat sehingga ana tidak memiliki keresahan lagi dalam berhijab yang syar’i.semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari penjelasan ini,sehingga memberi kemantapan kepada kami para akhwat yang sedang belajar tentang jilbab yang disyariatkan.

  45.    Reply

    Jazakalallah Ust. telah menjelaskan mengenai hukum cadar dengan adil dan proposional. Maka hendaknya bagi setiap kaum muslimin tidak saling menyalahkan satu sama lain, selama pendapat tersebut masih berpegang teguh pada dalil-dalil yang shahi. Dan jangan pula saling menyesatkan. Yang terpenting, jagalah ukhuwah islamiyah. Bukankah menjaga ukhuwah sama wajibnya dengan memakai cadar?

  46.    Reply

    Alhamdulillah penjelasan ustadz sangat jelas maka barang siapa yang yakin dengan salah satunya itu adalah suatu keutamaan . Mudah mudahan kaum muslimah bisa melaksanakannya. yang belum menutup auratnya segera menutupnya dengan baik yang sudah menutup tetapi belum sempurna semoga dapat menyempurnakan menurut saya yang memakai cadar tidaklah lebih istimewa dengan yang tidak memakai cadar karena keduanya dibolehkan oleh rasulullah wallohu a’lam

  47.    Reply

    Barokallohufyk
    Artikel ini bagus sekali, dan cukup jelas dalam menjelaskan hukum cadar.
    Ana minta ijin untuk mengcopy buat diri ana dan disebarkan kepada teman2 akhwat yg lain. Jazakillahukhoir

  48.    Reply

    na’am mudah2an semua akhowat diberi hidayah dan dimudahkan menggunakan cadar. Jika tidak, bisa bikin fitnah….. yang bersumber dari wajah akhowat2, karena akhowat tu kadang bahkan sering sedikit ato banyak mesti mendandani wajahnya (minimal dibersihkanlah…,wanita normal mana yang mau kelihatan jelek…?) biar kelihatan cantik/manis/dst maka waspadalah…waspadalah…..

  49.    Reply

    assalamu’alaikum untuk akhwat yang mau pakai cadar yang sadar akan perintaha Rabbnya’pakailah cadar!!!fa ida azamta fatawakal ‘alalloh!!!bayangkan keimanan para shahabiyah ketika ayat hijab turun mereka tanpa bertanya-tanya tanpa meminta izin kepada suami maupun ayah mereka…sami’na wa ata’na ya akhawatie,…so kenakan cadar barakallohu fikunna ya akhwati!!!!

  50.    Reply

    semoga semua Akhowat pada make cadar biar kagak terjadi fitnah!!!