Proposal Semarak Ramadhan Yayasan Pendidikan Islam Al-atsari

RINGKASAN
Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari bermaksud melaksanakan serangkaian kegiatan dakwah selama bulan suci Ramadhan 1431 H.

Kegiatan ini terdiri dari; Penerbitan Buku Panduan Ramadhan, Kultum Ramadhan, Buka Puasa Bersama, Penyambutan Mahasiswa Baru, Penerbitan Koran Mahasiswa Muslim “Uleennuha”, Kajian Tematik Ramadhan, Dauroh Kaidah Penafsiran al-Qur’an, Artikel Ramadhan, SMS Tausiyah, Bingkisan Hari Raya Untuk Para Da’i, dan Pembagian Brosur Mudik dan Idul Fitri.

Kami memohon kepada Allah untuk memberikan kekuatan dan kemudahan bagi kami dalam melaksanakan kegiatan ini dengan penuh keikhlasan dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

MUQODDIMAH
Segala puji bagi Allah, salawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi Muhammad, keluarga, para sahabatnya, dan segenap pengikut setia mereka. Amma ba’du.

Datangnya bulan Ramadhan merupakan saat yang dinantikan oleh setiap insan beriman. Sebab di bulan itu banyak keutamaan dan pahala yang dijanjikan. Yang dengan melakukan amalan-amalan yang dituntunkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maka mereka berharap untuk bisa menuai cinta dan ampunan ar-Rahman. Tidak hanya ibadah puasa di siang hari saja, bahkan umat Islam bisa menikmati indahnya bulan Ramadhan dengan merenungi kandungan ayat-ayat suci al-Qur’an dengan semangat yang lebih daripada pada bulan-bulan selainnya. Apalagi ditunjang dengan diadakannya kultum, siraman rohani dan kajian-kajian keislaman yang bisa menambah keimanan dan memperkuat keyakinan.

Di samping itu, maraknya masjid dengan jama’ah shalat tarawih membuat suasana bulan Ramadhan semakin menyejukkan. Di saat-saat semacam itulah kita dapati ketenangan dan kenikmatan beribadah yang jarang dijumpai pada bulan-bulan yang lain. Belum lagi, kenikmatan yang dirasakan ketika berbuka puasa dan janji pahala besar bagi orang-orang yang menyisihkan hartanya untuk berbuka dan mendukung amal-amal kebaikan yang lainnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun telah memberikan teladan kedermawanan yang luar biasa di bulan yang mulia ini.

Berangkat dari situlah, maka Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari ingin turut berpartisipasi menyalurkan sebagian harta dari kaum muslimin yang dengan penuh kerelaan dan pengharapan terhadap keridhaan-Nya untuk mendukung terlaksananya kegiatan dakwah di masyarakat yang diadakan oleh Yayasan ini pada bulan Ramadhan, di Yogyakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini diberi nama Semarak Ramadhan 1431 Hijriyah.

LANDASAN KEGIATAN
Kegiatan ini diadakan dengan melandaskan pada.
1. Firman Allah ta’ala, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dengan sebenar-benar ketakwaan kepada-Nya dan janganlah kamu mati melainkan dalam keadaan sebagai muslim.” (QS. Ali Imron: 108).

2. Firman Allah ta’ala, “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (QS. al-Baqarah: 183).

3. Firman Allah ta’ala, “Saling tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa, dan janganlah kalian saling tolong menolong dalam dosa dan pelanggaran.” (QS. al-Ma’idah: 3).

4. Firman Allah ta’ala, “Katakanlah -wahai Muhammad-, Jika kalian mengaku mencintai Allah maka ikutilah aku.” (QS. Ali Imron: 30).

5. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang dikehendaki menjadi baik oleh Allah maka ia akan dipahamkan dalam urusan agamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim).

7. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Puasa itu adalah perisai yang dengannya seorang hamba melindungi diri dari api neraka.” (HR. Ahmad).

8. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang memberikan buka bagi orang yang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa itu, hanya saja hal itu sama sekali tidak mengurangi pahalanya sedikitpun.” (HR. Tirmidzi, dan dia menyatakan sahih).

9. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

TUJUAN
Adapun tujuan pelaksanaan Semarak Ramadhan 1431 Hijriyah adalah sebagai berikut.
1. Mempersiapkan bekal ilmu dalam menyambut bulan Puasa
2. Melestarikan Sunnah Nabi dalam berpuasa yaitu dengan berbuka
3. Meningkatkan nilai-nilai ketakwaan kepada Allah ta’ala
4. Mempererat jalinan ukhuwah islamiyah
5. Memakmurkan masjid dengan aktifitas ibadah

SASARAN
Kegiatan ini diadakan dengan sasaran sebagai berikut.
1. Masyarakat muslim di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya
2. Warga muslim di sekitar kampus UGM (daerah Pogung dan sekitarnya)
3. Mahasiswa baru angkatan 2010/2011

BENTUK KEGIATAN
Kegiatan ini mencakup.
1. Penerbitan Buku Panduan Ramadhan
2. Artikel Ramadhan
3. Kultum Ramadhan
4. Kajian Tematik Ramadhan
5. Dauroh Kaidah Penafsiran al-Qur’an
6. Dauroh Tajwid
7. SMS Tausiyah
8. Bantuan Buka Puasa Bersama
9. Buka Puasa Bersama Wisma Muslim
10. Penyambutan Mahasiswa Baru
11. Penerbitan Koran Mahasiswa Muslim “Uleennuha”
12. Penerbitan Brosur Mudik dan Idul Fitri
13. Bingkisan Hari Raya untuk Para Da’i

RENCANA ANGGARAN
1. Penerbitan Buku Panduan Ramadhan: Rp 16.620.000,-
2. Kultum Ramadhan: Rp 770.000,-
3. Kajian Tematik Ramadhan: Rp 1.000.000,-
4. Dauroh Kaidah Penafisran al-Qur’an: Rp 4.200.000,-
5. Dauroh Tajwid: Rp 1.900.000,-
6. SMS Tausiyah: Rp 330.000,-
7. Bantuan Buka Puasa Bersama: Rp 55.200.000,-
8. Buka Puasa Bersama Wisma Muslim: Rp 810.000,-
9. Penyambutan Mahasiswa Baru: Rp 1.960.000,-
10. Penerbitan Koran Mahasiswa Muslim “Uleennuha”: Rp 3.250.000,-
11. Penerbitan Brosur Mudik dan Idul Fitri: Rp 3.100.000,-
12. Bingkisan Hari Raya untuk Para Da’i: Rp 3.200.000,-

Jumlah: Rp 92.340.000,-
Perincian dana masing-masing kegiatan kami lampirkan.

KETENTUAN DONASI
1. Setiap donatur harap mengkonfirmasikan donasinya kepada kami di nomor : Abu Hasan Putra (0856 644 00 941).

2. Donasi dapat dikirim melalui rekening berikut:
a) Rekening Bank Mandiri cabang UGM (Yogyakarta)
Atas Nama : Satria Buana – muslim.or.id
No. Rekening : 137 00 0503568 4

b) Rekening Bank BNI Syari’ah
Atas Nama : Syarif Mustaqim QQ LBIA
No. Rekening : 0105338917

c) Rekening Bank BCA
Atas Nama : Satria Buana – muslim.or.id
No. Rekening : 2951825893

d) Western Union (pos)
Atas Nama : Retno Syaputra
Alamat : Wisma Misfallah Tholabul Ilmi, Pogung Kidul No. 8C RT. 01 RW. 49 Sleman, Yogyakarta, Indonesia

PENUTUP
Demikianlah proposal kegiatan ini kami susun. Keberhasilan dan kelancaran kegiatan ini tidak terlepas dari karunia dan petunjuk Allah subhanahu wa ta’ala, kemudian peran serta aktif dari semua pihak. Hanya kepada Allah lah semestinya kita bergantung dan mengharapkan kemudahan. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Yogyakarta, 19 Juni 2010

Untuk lebih detilnya dapat mengunduh Proposal Semarak Ramadhan 1431 Hijiriyah melaui link berikut.
http://www.mediafire.com/?m0mqayig1iy

Donasi dakwah YPIA

3 Comments

  1. Untuk link download di atas sudah tidak valid lagi. Untuk link yang valid adalah http://www.mediafire.com/?taznhyz1qym.

  2. rodes says:

    gimna cra gabungnya??

  3. maulana says:

    tanks buat artikelnya. membantu bgt

Leave a Reply