Ternyata Hari Jum’at itu Istimewa

Penyusun: Ummu Aufa
Muraja’ah: Ustadz Abu Salman

Saudariku, kabar gembira untuk kita semua bahwa ternyata kita mempunyai hari yang istimewa dalam deretan 7 hari yang kita kenal. Hari itu adalah hari jum’at. Saudariku, hari jum’at memang istimewa namun tidak selayaknya kita berlebihan dalam menanggapinya. Dalam artian, kita mengkhususkan dengan ibadah tertentu misalnya puasa tertentu khusus hari Jum’at, tidak boleh pula mengkhususkan bacaan dzikir, do’a dan membaca surat-surat tertentu pada malam dan hari jum’at kecuali yang disyari’atkan.


Nah artikel kali ini, akan menguraikan beberapa keutamaan-keutamaan serta amalan-amalan yang disyari’atkan pada hari jum’at. Semoga dengan kita memahami keutamaannya, kita bisa lebih bersemangat untuk memaksimalkan dalam melaksanakan amalan-amalan yang disyari’atkan pada hari itu, dan agar bisa meraih keutamaan-keutamaan tersebut.

Keutamaan Hari Jum’at

1. Hari paling utama di dunia

Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada hari jum’at ini, antara lain:

  • Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi.
  • Hari akan terjadinya kiamat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

2. Hari bagi kaum muslimin

Hari jum’at adalah hari berkumpulnya umt Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti shalat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah jum’at yang berisi wasiat taqwa dan nasehat-nasehat, serta do’a.

Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

3. Hari yang paling mulia dan merupakan penghulu dari hari-hari

Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)

4. Waktu yang mustajab untuk berdo’a

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari jum’at lalu beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)

Namun mengenai penentuan waktu, para ulama berselisih pendapat. Diantara pendapat-pendapat tersebut ada 2 pendapat yang paling kuat:

a. Waktu itu dimulai dari duduknya imam sampai pelaksanaan shalat jum’at

Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata padanya, “Apakah engkau telah mendengar ayahmu meriwayatkan hadits dari Rasulullah sehubungan dengan waktu ijaabah pada hari jum’at?” Lalu Abu Burdah mengatakan, “Aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Yaitu waktu antara duduknya imam sampai shalat dilaksanakan.'” (HR. Muslim)

Imam Nawawi rahimahullah menguatkan pendapat di atas. Sedangkan Imam As-Suyuthi rahimahullah menentukan waktu yang dimaksud adalah ketika shalat didirikan.

b. Batas akhir dari waktu tersebut hingga setelah ‘ashar

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hari jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslimpun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘ashar.” (HR. Abu Dawud)

Dan yang menguatkan pendapat kedua ini adalah Imam Ibnul Qayyim rahimahullah, beliau mengatakn bahwa, “Ini adalah pendapat yang dipegang oleh kebanyakan generasi salaf dan banyak sekali hadits-hadits mengenainya.”

5. Dosa-dosanya diampuni antara jum’at tersebut dengan jum’at sebelumnya

Dari Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah seseorang mandi pada hari jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara jum’at tersebut dan jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari)

Amalan-Amalan yang Disyari’atkan pada Hari Jum’at

1. Memperbanyak shalawat

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.” (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)

2. Membaca surat Al Kahfi

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim dan Baihaqi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

3. Memperbanyak do’a (HR Abu Daud poin 4b.)

4. Amalan-amalan shalat jum’at (wajib bagi laki-laki)

  • Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian.
  • Berpagi-pagi menuju tempat shalat jum’at.
  • Diam mendengarkan khatib berkhutbah.
  • Memakai pakaian yang terbaik.
  • Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar.

Saudariku, setelah membaca artikel tersebut semoga kita bisa mendapat manfaat yang lebih besar dengan menambah amalan-amalan ibadah yang disyari’atkan. Sungguh begitu banyak jalan agar kita bisa meraup pahala sebanyak-banyaknya sebagai bekal perjalanan kita di akhirat kelak. Wallahu a’lam.

Maraji':

  1. Do’a dan Wirid, Pustaka Imam Asy-Syafi’i
  2. Tafsir Ayat-Ayat Yaa Ayyuhal-ladziina Aamanuu, Pustaka Al-Kautsar
  3. Amalan dan Waktu yang Diberkahi, Pustaka Ibnu Katsir

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

139 Comments

  1. ica says:

    Assalam..
    izin share ya smg dpt mnmbah khasanah pngetahuan bagi yg mmbaca,trima ksh.
    wassalam..

  2. ben says:

    mohon ijin share

  3. febby says:

    assalamu’alaikum
    terima kasiih
    atas nasehat n pemberitahuanny anda
    wassalamu’alaikum

  4. ukhti mirna says:

    ana ijin share yah…

  5. Ahmad says:

    Terimakasi artikelnya

  6. idris says:

    Kalau bertemu dengan istri pada jum’at apa keutamaannya ya?, jzkb

  7. thank’s because it have give me knowleague about islamic.

  8. Ino says:

    izin share ke pembaca blog saya, terima kasih.

  9. Ranting says:

    Alhamdulillah meski terlambat membaca artikel ini tetapi tidak terlambat untuk memahami keistimewaan Hari Jum’at .. Semoga bermanfaat .Amin

  10. Ulul says:

    Hri jumat memang hari paling istimewa

  11. lutfiyatun says:

    artikelnya bagus banget

  12. mulyadi says:

    Ass.Wr.Wb….
    Isinya bagus & sangat bermanfaat, tetapi nampaknya untuk perempuan nasihatnya, karena dengan kata “Saudariku”…

  13. nahda says:

    ana ijin share. jazakumullah

  14. masri gusman says:

    untuk dibagikan kepada teman-teman mohon izin share ya, terimakasih

  15. YUSUF says:

    bila kita sholat jumat trus sholat juhurnya gimana tu,,,,,,,,,

  16. Muhammad Silvanam tanjung says:

    assalamualaikum wr wb , terima ksh imunya izin share ya…

  17. harlando says:

    sipppppppppp

  18. 'Jilbab Hati' says:

    Assalamu ‘ alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

    Afwan ana ijin coppy mudah-mudahan bermanfaat buat semua temen ana dan ana sendiri..

    Syukron dan salamu ukhwah..
    -

  19. dirman says:

    ass…terima kasi atas arti makna hari jumat sebab kami belum sepenuhnya memahaminya arti di atas?

  20. wardy zxr says:

    allhamdllah sya udah tao betapa pentink x hry jum’at ito n sya sngat2 bnxak trma ksh bnxk dg xank penerbt ini smga umat2 muslim yank laen x bza tao btpa pentink x hry jum’at ine
    n smga saja seluruh umat islam bza mengamal kan amalan hary
    n kta semua bza kumpul di surga bersama rasullah amien
    by wardy zxr

  21. HASANUDDIN says:

    saya sangat setuju dengan artikel diatas semoga kaum muslimin bisa mengaksesnya ,dengan demikian mereka tahu pentingnya sholat jumat bagi ummat islam,juga menambah wawasan bagi kaum muslimin sehingga mereka semakin yakin untuk selalu beribadah kepada sang pencipta jagat raya ini trims

  22. ari says:

    bagus-bagus good job deh

  23. fachrizal says:

    mohon izin shere.
    unyuk menambah pengetahuan saya
    terimakasih

  24. fatma says:

    jumat tidak banyak ditemukan dalam al-quran

  25. khairuddin usman says:

    al hamdulillah trimakasih pak ustadz semoga bermanfaat

  26. wanwan says:

    Alhamdulillah telah mengingatkan kembali…

  27. haryo says:

    JUM’AT IS BEST OF THE BEST DAY

  28. M Taufik Saleh says:

    Allah telah banyak memberikan waktu terbaik buat kita untuk melakukan amal kebaikan dng beribadah.Diantara waktu tsb adalah hari Jum’ah.Maka bagi kita yg cerdas pasti akan mengunakan waktu tuk mengumpulkan bekal yg dibutuhkan.Dan se-baik2 bekal adalah Taqwa.Dan inilah yg sering diingatkan oleh khotib.Bertaqwalah dimanapun kapanpun kalimat ini pula yg sering disampaikan dlm berbagai kesempatan oleh berbagai dai’.Bertaqwa berarti melaksanakan perintah dan meninggalkan larangaNya.Semoga kita termasuk orang2 yg mendengar seruan tsb dan mentaatinya, amin

  29. didi says:

    postingan yg bgus,,numpang copy ya ukti, kunjungi blog saya, thanks…..

  30. Titi says:

    Makasih atas ilmu x…. ^_^
    Moga b’manfaat bgi Qta semua aamiin…..

  31. tono effendi says:

    Ijin share juga yaaa.
    Alhamdulillah… udah mendapatkan tambahan ilmu tent hari “Jumat” .sangat bermanfaat…

  32. bunna says:

    Assalalaikum,
    sholawat disini maksudnya sholawatan? atau bagaimana? & bagaimana bacaannya??

    • @ Bunna
      Sedkit koreksi alangkah baiknya jika Anda berkenan menulis salam dengan benar.
      Shalawat yang dimaksud adalah bacaan shalawat yang dituntunkan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam. Dan bacaan shalawat yang paling ringkas adalah allahumma shalli ‘ala Muhammad. Dan yang paling komplit seperti bacaan shalawat ibrahimiyyah yang kita baca sewaktu duduk tahiyyat akhir.

  33. Ronny eltd says:

    Alhamdullilah..’ aartikel ini sungguh sangat membrikan smangat 45 bg umat muslim..’ jdi nga sbr lagi ud pingin cpat2 hri jum’at kembli..’

  34. Assalamu’alaikum. izin utk share ya ketemen2 yg lain. smg bisa bermanfaat utk kita smua. Amin….

  35. lilik says:

    Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,,

    Alhamdulillah, artikelnya bagus ana tertarik dan suka,, tapi ana ingin bertanya, apakah amalan membaca surat alkahfi itu memang disunnahkan secara terus menerus di baca setiap hari jum’at??

    lalu mengenai hari jum’at 12 jam yang disebutkan dlm hadits, maksudnya dari jam berapa sampe jam berapa yah umm??

    mohon jawabannya
    Jazakillahu khoyron,, ^^

    • @ Lilik
      Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh
      1. Sesuai dzahir hadits jika ingin mendapatkan keutamaan surat Al-kahfi yang dibaca pada hari jum’at maka tentu dibaca tiap Jum’at.
      2. 12jam dimulai dri subuh smpai ba’da ashar. Allahua’lam

  36. subhanalloh artikelnya bagus sekali….

  37. ayy zhilany maadila says:

    subhanallah…. mudah2an indonesia juga libur nasional d hari besar islam ya ytu jumat jgn minggu hehe atw nambah jd 3 hari jg bagus jum’at sabtu minggu hehehe

  38. NN says:

    mutasyakkiron,, sem0ga umat muslim bisa memanfaatkan sebaik mungkin akan hari jum’at,, :)

  39. fitra says:

    Assalammualaykuum..

    sejak kapan manusia menamai hari-hari?
    Apakah sejak nabi Adam? Sistim penanggalan mana yg dipakai?
    Apakah istilah jumat yg dipakai sama dng jumat masa sekarang ini?
    Mohon pencerahannnya?

  40. abdullah says:

    Assalamu’alaikum izin share buat ana posting diblog ana , syukron JazzakumAllah khair

  41. bang zen says:

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Pa ijin coppy ya, mudah-mudahan bermanfaat buat saya dan umat

    Barakallh…………

  42. Alfath says:

    Subhanallah
    benar2 brmanfaat bagi saya

  43. amin says:

    artikelnya bagus saya sangat suka buat nambah gairah dan semangat beribadah.tapi dalam komentar masalah yasinan. itukan khilafiyah. bagi yg ndak suka jangan Menyalahkan. Beramal lah sesuai keyakinan dan keihlasan. semoga Allah menurunkan hidayahnya kepada kita semua. amin.

  44. Masya Allah sungguh banyak faidah di hari Jumat

  45. diyah says:

    ijin share yah, makasih

  46. fuad says:

    trimah kasih ilmunya……

  47. ihsan says:

    syukron, jazakallah
    semoga dapat pahala jariyah karena telah mengingatkan

  48. suratman says:

    smoga ALLOH memberi kebaikan kpd ust abu salman. bolehkah aku kopy di komputerku…? Tp gimana caranya…? aku belum bisa. tolong dong kasih tau.

  49. betha says:

    Tanya??
    Tersebar dimasyarakat, bahwa berhubungan suami isri di sunnahkan malam jum’at. Apakah ini benar? adakah dalilnya?

  50. Ade says:

    Afwan sebelumnya,Amalan-amalan shalat jumat
    Bukankah amalan2 ini sunnah?
    Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian.
    Berpagi-pagi menuju tempat shalat jumat.
    Memakai pakaian yang terbaik.
    Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar.

Leave a Reply