Ruqyah (1): Terapi Ruqyah Syar’i

Penulis: Ummu Mu’aadz
Muroja’ah: Ustadz Aris Munandar

Saudariku yang dirahmati Allah, saat ini, sering kali kita mendengar terapi pengobatan ruqyah  namun pengertian yang terlintas dibenak kita adalah terapi untuk mengusir gangguan jin. Hal ini adalah pendapat keliru dan  salah kaprah dikalangan masyarakat saat ini. Padahal, ruqyah yang sesuai syar’i adalah sunnah Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wa sallam</em> yang disyari’atkan untuk dilakukan bagi setiap muslim pertama kali saat dirinya merasa sakit, baik sakit fisik maupun karena gangguan jin.

Apa itu Ruqyah ?
Ruqyah (dengan huruf ra’ di dhammah) adalah yaitu bacaan untuk pengobatan syar’i (berdasarkan riwayat yang shahih atau sesuai ketentuan ketentuan yang telah disepakati oleh para ulama) untuk melindungi diri dan untuk mengobati orang sakit. Bacaan ruqyah berupa ayat ayat al-Qur’an dan doa doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wasallam</em>.

Tidak diragukan lagi, bahwa penyembuhan dengan Al-Qur’an dan dengan apa yang diajarkan oleh Nabi <em>shallallahu ‘alaihi wasallam</em> berupa ruqyah merupakan penyembuhan yang bermanfaat sekaligus penawar yang sempurna bagi penyakit hati dan fisik dan bagi penyakit dunia dan akhirat. Bagaimana mungkin penyakit itu mampu melawan firman-firman Rabb bumi dan langit yang jika firman-firman itu turun ke gunung makai ia akan memporakporandakan gunung gunung. Oleh karena itu tidak ada satu penyakit hati maupun penyakit fisik melainkan ada penyembuhnya.

Allah berfirman, “Katakanlah, ‘AlQur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang orang yang beriman.’” (Qs. Fushilat: 44)

Dan di surah Al Isra’ 82, “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang orang yang beriman.”

Dan di surat Yunus ayat 57, “Hai sekalian manusia, sesungguhnya telah datang kepada kalian pelajaran dari Rabb kalian, dan penyembuh bagi penyakit penyakit  (yang berada) didalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Qs. Yunus: 57)

Pada masa jahiliyah, telah dikenal pengobatan ruqyah. Namun ruqyah kala itu banyak mengandung kesyirikan. Misalnya menyandarkan diri kepada sesuatu selain Allah, percaya kepada jin, meyakini kesembuhan dari benda benda tertentu, dan lainnya. Setelah Islam datang, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang ruqyah kecuali yang tidak mengandung kesyirikan,

‘Auf bin Malik radhiallahu ‘anhu berkata, “Dahulu kami meruqyah di masa jahiliyyah. Lalu kami bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang hal itu?’

Beliau menjawab, ‘Tunjukkan kepadaku ruqyah-ruqyah kalian. Ruqyah-ruqyah itu tidak mengapa selama tidak mengandung syirik’.” (HR. Muslim no. 2200)

Al-Qurthubi <em>rahimahullah</em>u berkata, “Hadits menunjukkan bahwa hukum asal seluruh ruqyah adalah dilarang, sebagaimana yang tampak dari ucapannya: ‘Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wa sallam</em> melarang dari segala ruqyah.’ Larangan terhadap segala ruqyah itu berlaku secara mutlak. Karena di masa jahiliyyah mereka meruqyah dengan ruqyah-ruqyah yang syirik dan tidak bisa dipahami maknanya. Mereka meyakini bahwa ruqyah-ruqyah itu berpengaruh dengan sendirinya. Ketika mereka masuk Islam dan hilang dari diri mereka yang demikian itu, Nabi <em>shallallahu ‘alaihi wa sallam</em> melarang mereka dari ruqyah secara umum agar lebih mantap larangannya dan lebih menutup jalan (menuju syirik). Selanjutnya ketika mereka bertanya dan mengabarkan kepada beliau bahwa mereka mendapat manfaat dengan ruqyah-ruqyah itu, beliau memberi keringanan sebagiannya bagi mereka. Beliau bersabda, ‘Perlihatkan kepadaku ruqyah-ruqyah kalian. Tidak mengapa menggunakan ruqyah-ruqyah selama tidak mengandung syirik’.

Mencegah Lebih Baik dari Mengobati
Saudariku, sesungguhnya syari’at Islam telah sempurna sehingga tidak ada hal melainkan sudah ada keterangannya dari Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wasallam</em>. Karena itu, Allah telah mengabarkan apa apa yang baik bagi seorang hamba dan apa apa yang mesti ditinggalkan dengan segala hikmah yang kita ketahui maupun yang tidak kita ketahui.

Diantara apa yang diajarkan Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wasallam</em> yaitu berdzikir mengingat Allah dalam setiap keadaan, dzikir pagi dan petang hari, ketika hendak tidur,  ketika masuk dan keluar rumah, saat memakai baju, dan lainnya hingga tidur lagi. Jika kita selalu menjaga dzikir dzikir ini pada waktunya, niscaya ia akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat, mencegah segala keburukan, mendatangkan berbagai manfaat dan menolak datangnya bahaya.

Ibnul Qayyim <em>rahimahullah</em> berkata, “Jika Allah akan memberi kunci kepada seorang hamba, berarti Alah akan membukakan (pintu kebaikan) kepadanya dan jika seseorang disesatkan Allah, berarti ia akan tetap  berada di muka pintu tersebut.” Bila seseorang tidak dibukakan hatinya untuk berdoa dan berdzikir, maka hatinya selalu bimbang, perasaannya gundah gulana, pikiran kalut, gelisah hasrat dan keinginannya menjadi lemah. Namun bila seorang hamba selalu berdoa dan berdzikir memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai keburukan, niscaya hatinya menjadi tenang karena ingat kepada Allah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” (Qs. Ar Ra’d: 28)

Doa dan dzikir yang dilaksanakan seharusnya adalah doa dan dzikir yang ada tuntunannya dari Rasulullah. Imam Ibnul Qayyim <em>rahimahullah</em> berkata, “Dzikir yang paling baik dan paling bermanfaat adalah doa dan dzikir yang diyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan, dilaksanakan dengan konsisten dari doa dan dzikir yang dicontohkan dari Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wa sallam</em> serta orang yang melakukannya memahami makna dan maksud yang terkandung didalamnya.”

Seorang muslim seharusnya menjaga diri semaksimal mungkin dengan hal hal yang telah disyari’atkan Allah Ta’ala yaitu menjaga AllahTa’ala dengan benar benar mengikhlaskan diri dalam mentauhidkan-Nya, senantiasa bertaqwa, senantiasa berpegang teguh kepada sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, menjauhi bid’ah dan menyelisihi pada pengikut hawa nafsu.

Pada artikel selanjutnya insya Allah akan dijelaskan tentang tahap-tahap meruqyah, insya Allah.

Sumber:
Doa dan Wirid, Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawaz
Doa doa Ruqyah ,Dr.Khalid bin Abdurrahman al-Jarisi

Donasi dakwah YPIA

130 Comments

  1. Satria says:

    Assalamualaikum bapak ustad , saya satria mau cerita tentang yang saya alami pak ustad,..,
    gini ,
    1.saya sering mendengar orang memanggil nama saya tapi saya tidak pernah liat orangnya apakah itu halusinasi saya ataukah memang ada gangguan setan dan jin?
    2.entah dimana saya selalu melamun bukan karena saya sengaja melamun tapi saya gak tau apakah itu hanya perasaan saya atau apa?
    3. saya selalu mendapat mimpi buruk anehnya mimpi itu sering terulang dan terulang?
    menurut bapak ustad itu gangguan atau hanya halusinasi saya?
    terima kasih
    wassalamualaikum,.

    • @ Satria

      Saran kami:
      1. Perbanyak belajar di majelis ilmu syar’i yang sahih agar ilmu Saudara bertambah dan ketenangan bisa menyelimuti Saudara.
      2. Shalatlah dengan baik dan senantiasa memohon perlindungan dan penjagaan Allah subhanahu wa ta’ala.
      3. Senantiasa bacalah Alquran, pahami maknanya, dan amalkan.
      3. Jauhilah dan tinggalkanlah musik.
      4. Bergaullah dengan orang-orang yang beriman yang mampu menulari Saudara dengan sifat baik.

      Semoga Allah menjaga Saudara.

  2. sandi says:

    kalau anak suka memukul dan rewel terus bisa diruqyah ga? kalau dbandung alamat ruqyah center dmana?

  3. eva says:

    syukran jiddan ya ukhti…barakallahu laki…

  4. iman says:

    assalamua’laikum,,. nm sya iman .minta solusinya, setiap mw dzhur kdang suka lemes pnas dngin,. gampang nerves, tbuh slalu gemetaran tiap melakukan sesuatu, wktu jd imam juga sya smpe gmeteran, badan kaki tangan bahkan yang paling parah suara sya juga ikutan gmetar pdahal saya ykin sya bsa bcaannya, shingga stiap sya mau mlkukan kebaikan slalu terhalang oleh itu, jdi timbulya malas beribadah, apa mungkin ada gangguan……minta doanya…..mdh2n kita termasuk orng yang sllu mndpat hidyah nya, trima ksih. wasslmualkum

    • @ Iman
      Wa’alaikumussalam,
      Kami sarankan banyak-banyaklah membaca Al-Qur’an dan metadabburi maknanya, sering-seringlah mendatangi majlis ilmu terutama yang membahas tentang tauhid, memperbanyak dzikr seperti doa pagi dan petang, menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat, dan yang terpenting adalah berdoa dan bertawakkal hanya kepada Allah agar dijauhkan dari godaaan setan dan dimudahkan dalam beramal kebaikan. Allahu A’lam

  5. dian says:

    asslkm wr wb,
    sya gadis b’umur 23thn, dngan umur sgni saya sdah 3x gagal mnkah.ada sja yg mmbuat rncana itu seakan sulit skali untuk trlaksana. pdahal ortu mnginginkan sya nikah di usia muda.
    masa lalu saya bsa d blang lmayan bebas,saat ini alhmdllah saya sdah bsa mulai sdikit dmi sdikit mngubah smua nya mnjdi lbh baik.
    d keadaan saya yg bgini scara tdak sadar mngubah sifat2 dan sikap saya,
    saya jauh dari sifat ceria sprti dulu, slalu punya pmikiran buruk tentang orang lain, sensitive,dan mnjadi seorang yg tramat sangat pmalas.
    sy bminat utk d ruqyah, stlh mndgr crta2 dr tmn2, sdra, dn klrga.
    trlebih stlh sy cr tau apa sbnrna ruqyah itu di artikel ini..
    mohon petunjuk nya,
    saya hanya ingin mnjadi manusia yang lebih baik..

  6. RAINNY says:

    Ruqiyah merupakan pengobatan hati baik buruknya manusia, tidak terlepas dari itu, setiap manusia punya pokok permasalahan yang di kontrovesikan dng hawa nafsu yang tinggi.

    dan ketidak berdayaan manusia saat dimana manusia itu, merasa ketakutan lebih dulu, tanpa berpikir panjang.

    ruqiyah merupakan pengobatan, tapi juga apabila kita selalu setiap sholat 5 waktu mengucapkan kalimat sahadat dan tiap malam kita sholat tahajud….kita sebagai manusia hamba allah dapat mengambil sikap.

  7. marta says:

    Asalammualaiku. wr.wb
    ibu saya sekarang dalam kondisi sakit bisa dibilang sdh tdk sadar menurut medis sakit ibu lever akut.. setelah membaca rubik ini sya jadi tergugah u/dpt merugyah ibu saya..mungkin ibu saya dpt diberikan jalan terbaik oleh Allah swt..klu boleh tau dimana saya bisa menemui pengobtan rugyah ini..

    atas bantuan dan perhatiannya sya ucapkan terimakasih

  8. Adi says:

    Ass wr wb
    Apakah terapi ruqyah dapat dilakukan terhadap seorang istri yang tidak ingin berobat, walau kenyataannya dia sering gelisah???
    istri saya terlanjur mencintai pemuda selingkuhannya yang usianya 20 thn lebih muda darinya.
    Kendati pemuda itu sudah menghilang, istri saya masih sangat berharap bisa kembali dengan pemuda itu walaupun kenyataannya dia tidak sanggup untuk meninggalkan keluarga (5 anak).
    selama kejadian itu istri saya tidak mau shalat, dia selalu merasa gelisah dan sakit apabila bayang2 laki2 itu hadir.
    yang membuat saya sabar adalah sy mengganggap istri sy sedang mabok cinta alias sedang sakit walaupun kenyataannya dia tidak merasa sakit.
    wass

  9. Afi says:

    Assalamualaikum,
    Saya mau bertanya&cerita tentang adik saya. Saya punya adik laki-laki berusia 15tahun, belakangan ini sifat dia sangat aneh&kenakalan dia sudah dibatas kewajaran, karena kemungkinan dia sudah terpengaruh dengan teman2 sekolahnya dan sering tidak tidur dirumah. Orang tua kamu sudah bercerai, saya tingal berdua dengan ibu, dan adik saya tinggal dengan ayah, ayah saya sudah menikah lagi&mempunyai anak lagi. Jadi perhatian&komunikasi ayah saya terhadap adik kurang baik.
    Saya dan ibu berencana ingin meruqyah adik saya, supaya kenakalannya bisa hilang. Apakah rencana saya dan ibu saya untuk meruqyah adik saya udah tepat?
    Mohon penjelasannya. Terimakasih sebelumnya.
    Wassalamualaiku.

  10. Shyffha Anam says:

    Assalamu ‘alaikum…

    Saya shyffha..
    Apa boleh Saya minta alamat pengobatan terapi ruqiyah..???
    Saya benar2 membutuhkan alamat tersebut utk mengobati kakak perempuan saya..

    Trima kasih..

    Wassalam…

  11. rizka widia says:

    gimana ya untuk dapat meredam emosi saat di rumah, kata tmen aq sehh rumah aq uda banyak penunggu nya…
    apa bisa aq dirukhiya?

    • @ rizkia widia

      1. Untuk perlindungan.
      Rajinlah membaca dzikir pagi dan sore. Untuk teks zikirnya bisa dilihat di tautan berikut: http://www.rumaysho.com/belajar-islam/amalan/3380-bacaan-dzikir-petang.html. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memberikan jaminan keamanan dari gangguan jin bagi orang yang membaca zikir setiap pagi dan petang.

      2. Untuk pengusiran.
      Bacakan surat Al-Baqarah (satu surat utuh). Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Sesungguhnya, setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya. (H.R. Muslim)

      3. Sering gunakan rumah Anda untuk melaksanakan shalat sunah dan membaca Alquran.
      Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Terangilah rumah kalian dengan shalat.

      4. Banyaklah berdoa dan mohonlah kepada Allah untuk mengusir makhluk ini. Semoga Allah segera mengabulkan doa Anda.

      Sumber: http://konsultasisyariah.com/diusili-makhluk-gaib

  12. Rudin says:

    Assalamu’alaikum

  13. nursia dana says:

    assalamu alaikum wr.wb
    saya berdomisili di Surabaya. beberapa tahun belakangan ini saya merasa ada yg tdk beres dgn diri saya. hampir setiap pagi saya ngantuk, padahal saya merasa tidur sdh cukup dimalam hari. sulit konsentrasi apalagi saat belajar dll, hampir tiap membaca sesuatu br bbrp menit langsung hilang (lupa).
    adakah saya harus diruqyah …????
    (mohon info tempat ruqyah syari di Surabaya, (kalau bisa yg dekat dgn Ketintang)
    terima kasih

    • @ Nursia
      Wa’alaikmussalam warahmatullah,
      Kami sarankan agar Saudari banyak-banyak membaca Al-Qur’an, memohon, berdoa dan bertawakkal kepada Allah dan mencoba melakukan terapi ruqyah sendiri. Semoga Allah memberi kesembuhan kepada Ukhti.

  14. wili says:

    ass sy wili saya pngn smbuh dari segala cobaan hidup saya tiap hari jm 06.sore kepala saya terasa berat dan mulut saya g mau dim selallu bicara sendiri dn saya di jauin ma tmn sdra istri saya gara2 saya dulu di mandiin pake kembang 7 rupa dan di buka mata batin saya minta tolong saya harus baca surat apa dan saya pengen diri saya kaya dulu waktu saya belum di mandiin oleh temen saya pake kembang 7 rupa mohon kasi tau saya sellu ribut terus sama keluarga saya dan iistri saya

  15. nur says:

    assalamualaikum, sy mau tanya doa ruqyah apa untuk menyembuhkan penyakit hati

  16. rizki says:

    assalamualaikum
    sy punya masalah hati
    batin saya sangat tersiksa
    karna pacar,,
    saya tau ini dosa, tpi saya uda putuskan dia
    tp kenapa sy masih g tenang melihat dia dengan wanita lain,, sakit rasa nya… tolong tenangkan pikiran saya.. supaya dendam, cemburu, sakit hati ini hilang,,,, kirimkan saya ayat2nya

  17. fissilmi dahila says:

    assalamualaikum wr wb….sy silmi ,usia 28 th.kenpa stiap sy knal sama cowok selalu ga ada kecocokan dan pasti kalo pacaran serius putus sedangkan sy pengen nikah..apakah sy perlu di ruqyah?

  18. fathur rochim says:

    apakah dilamongan ada tempat ruqyah kalau ada alamatnya dimana?

  19. lilis supriyanti says:

    Asalamualaikum wr.wb
    Kenapa ya hingga saat ini saya susah mendapatkan jodoh, sedangkan usia saya sudah 32, bagi seorang wanita sangat riskan sekali. doa-doa apasaja yang bisa mempercepat hajat saya dan apakah saya perlu di rukyah?
    terima kasih atas perhatiannya.
    wasalam…

    • @ Lilis Supriyanti
      Wa’alaikumussalam,
      Perbanyak berdoa, memohon dan meminta kepada Allah agar dimudahkan medapatkan jodoh. Senantiasa bertawakkal dan menggantungkan harapan kepada Nya. Tidak lupa untuk tidak mudah putus asa dalam berusaha. Mintalah bantuan bapak, paman, kakak untuk mencarikan laki-laki shalih yang baik agama dan akhlaknya. Smoga Allah mudahkan urusan ukhti.

  20. Alba says:

    Subhanallah.artikel yg sangat membantu dalagm hal menjelaska arti dan guna ruqyah sesuai syar’i.insyaallah jd amalan ilmu yg bermanfaat.amin

  21. Alba says:

    Aslm wr wb..mf sy mau minta pertimbangan sblm melakukan ruqyah thdp sodara sy.dimana alasan dihati sy yg (1)krn ingin membuktikan Al-Quran,dan As-Sunnah kunci mulia hidup didunia untuk akherat(2)krn sy marah pula dngn sodara saya dihati kecil sy krn mereka lebih mementingkan dan memikirkan yg namanya karomah dri pd melakukan kewajiban seorang muslim,sholat 5 wkt,puasa,bertaqwa kpd Allah SWT,ber akhlak sesuai pinta Allah SWT,beraqidah sesuai pinta Allah SWT.dan paling bikin marah hati kecil sy mereka menafsirkan islam bukan dr Al-Quran n As-Sunnah tapi dari akal pikiran mereka,dan terbukti kacau semua dari sudut pandang mereka ttng islam.dan kbtln ayahhanda mereka kmren kena santet/gendam kata kyai dukun mereka,bahkan ngirim santet balik.mereka beranggapan jin yg ada disamping mereka bebas dimanfaatkan,pdhl setau sy,di Al-Quran dilarang,riwayat Rasulullah saat ada jin yg ingin bantu melawan jin kafir yg ingin mencelakai Rasulullah,beliau melarangnya.lagi pula kalo saya pikir2 mereka kayaknya pnya niatan test “ilmu”(yg dianggapnya karomah) di ruqyah menang apa kalah,karena dri tiap cara bicara yg dipengaruhi pola pikir mereka mereka menyombongkan diri,yg paling nyesek lg mereka meremehkan para ustadz dan ahli ulama serta ahli ibadah dr segi manapun…mereka beranggapan merekalah paling benar tapi tanpa mempelajari Al-Quran n As-Sunnah.mereka juga punya “pusaka” “jimat”.Demi Allah SWT dan Rasul q sy td menambahi bahkan penjelasan sy diatas mungkin kurang,kalo dengar mereka bicara ttng islam malah bikin hati nangis rasanya,isi kepala pengen teriak utk suruh belajar tafsir ke ahli ulama atau ustadz.sy meminta pertimbangan ummu/abi apakah sy tetap meneruskan ruqyah ini.krn sy sendiri jg takut masuk ke golongan syirik bahkan sombong.jazakumullah.wslm wr wb.

  22. igha says:

    ayat apa yg bagus di bacaan saat merukiyah,

    tahap”an rukiah dari awal tu gimana?

    tlong beri penjelasan nya ??

    :)

  23. pipit says:

    Assalamualaikum…sy pipit umur 23thn…saya mau minta ayat2 ruqyah yg ada di Al quran dan doanya agar bisa mengobati sifat buruk saya yg kelewat batas ini…saya ingin mulai hidup yg baru lagi dan jd anak yg solihah…
    terima kasih wassalam…

  24. robby says:

    askum, wr wb.. saya robi diplmbng,, dr sejak sy keluar dr kota batam kenapa sy selalu terkena musibah,, setiap sy dpt kerja slalu ada aja masalah,, dan skrng sy lg sakit,, kalau dicek di medis dokter mengatakan sy sehat2 saja,, ada juga yg mengatakan sy sakit dibuat orang,, mohon penjelasan gmna caranya biar sy bisa sembuh dr penyakit sy ini,, terima kasih,, wassalam

  25. suswito says:

    Assalamualaikum.. apa yang harus saya lakukan terhadap anak saya,, sekarang berumur 2 th 2bln.tiap bangun tidur tiap pagi selalu menangis keras karena alasan yang tak jelas dan kemauan yang tak jelas pula,dan tidak mau diam sekalipun di iming-imingi sesuatu..
    Terima kasih..

    • @ Suswito

      1. Dalam usia 2-3 tahun, biasanya anak-anak mengalami fase yang disebut “tantrum”. Gejala tantrum biasanya terjadi karena anak belum mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik sehingga si anak tidak mampu mengungkapkan keinginannya secara jelas. Walhasil, orangtua jadi bingung harus merespon seperti apa. Salah satu kisah tantrum bisa dibaca di http://ummiummi.com/tantrum-terakhir-jibril

      2. Anda juga bisa mencoba sering-sering memperdengarkan murottal Alquran kepada anak Anda. Jangan lupa juga menutup pintu dan jendela menjelang maghrib dan jangan biarkan anak masih berada di luar rumah pada saat tersebut.

      3. Senantiasa doakan kebaikan bagi anak Anda. Hindarkan celaan dan makian meski emosi mulai meninggi. Sesungguhnaya setiap kesabaran orangtua dalam mendidik anak-anaknya akan bernilai pahala di sisi Allah, insyaalloh.

  26. jefri says:

    assalamualaikum,, saya jefri, tolong minta bacaan ruqyah yang menenangkan hati saya, sebab saya sering sekali bertentangan dengan hati nurani saya, misalnya dalam hati saya tidak ingin mengatakan sesuatu yang dilarang agama tapi entah mengapa selalu hati saya mengatakannya, mohon solusinya,,terima kasih wassalamualaikum

  27. candra says:

    assalamualaikum.
    saya ada diwilayah pekanbaru, kemana saya harus ruqyah dan melakukna konsultasi?

  28. sri says:

    assalamu’alaikum wr. wb.
    saya, sri, umu 30 tahun, sudah 8 bulan saya sakit, menurut medis saya tidak sakit apa-apa, tapi kenapa saya merasakan sakit, gejala fisiknya pusing pindah-pindah dan rasanya juga lain-lain, mata buram, lemas, dada panas/nyeri, badan sempoyongan, badan kadang terasa panas, gemetaran dll dan sampai jalan jauh pun tidak sanggup. menurut orang yang tau katanya ada orang yang jahat terhadap saya, saya pun sudah beberapa kali di ruqyah. minta pendapatnya dan mohon bantuan tempat ruqyah di jakarta pusat. karena saya merasa kesulitan menemukan tempat ruqyah, kalau adapun ustadznya sangat sibuk dengan kegiatan lain sehingga tidak tentu kapan waktunya.
    terima kasih. wassalam….

    • @ Sri
      Wa’alaikumusssalam,
      Kami sarankan banyaklah meminta kepada Allah, berdoalah kepadaNya, bergantunglah kepada Allah karena Allah lah yang mampu menghilangkan segala marabahaya dan penyakit. Karena sebab terbesar yang bisa mendatangkan kesembuhan adalah tawakkal kita kepada Allah. Berusaha meruqyah diri sendiri dengan bacan Al Qur’an adalah lebih baik dan lebih utama. Adapun meminta ustadz atau orang lain untuk meruqyah kita maka hukumnya makruh karena bisa mengurangi kadar tawakkal kita kepada Allah. Namun jika ada orang yang berbaik hati meruqyah kita (tanpa kita minta) maka hukumnya tidak mengapa dan boleh menerima bantuannya. wallahua’lam.

  29. gibran says:

    apa bisa makhluk golongan jin bs d lihat dengan kasat mata?
    sedangkan yg saya tahu jin tersebut ghoib.

    • @gibran
      bisa, bisa menampakkan diri menjadi ular, manusia, atau penampakan lain.

      “Jin bisa berujud seperti manusia dan binatang. Dapat berupa ular dan kalajengking, juga dalam wujud unta, sapi, kambing, kuda, bighal, keledai dan juga burung. Serta bisa berujud Bani Adam seperti waktu setan mendatangi kaum musyrikin dalam bentuk Suraqah bin Malik kala mereka hendak pergi menuju Badr. Mereka dapat berubah-ubah dalam bentuk yang banyak, seperti anjing hitam atau juga kucing hitam. ” (Idhahu Ad-Dilalah, hal. 19 dan 23)

  30. Deni Surya says:

    Ass…..Wr.Wb.Saya punya tetangga anaknya kemasukan makhluk halus, entah jin atau setan saya gak faham yang jelas berhari hari, namaun ketika di bacakan ayat-ayat suci tetap aja begitu,malah terkesan dia( yang kemasukan) lebih faham ,apakah hal tsb dapat melalui rukiyah ? jazakallauhu roeron,atas pejelasannya..

  31. sri says:

    assalamu’alaikum.
    saya sakit sudah hampir 9 bulan, walaupun sering keluar masuk RUMAH sakit secara medis tidak ditemukan apa penyakit saya dan saya sudah beberapa kali di ruqyah tapi tidak ada reaksi pada saat di ruqyah. ustadz yang meruqyah juga bingung mengambil kesimpulan saya sakit apa, medis atau non medis. bagaimana supaya segera mendapat petunjuk dari Allah untuk kesembuhan saya, mohon penjelasan.
    terima ksih. wassalam

  32. Sumarno says:

    saudari sri
    smoga saudari sri selalu dalam kesabaran.sebab mungkin itulah cara Allah SWT,tuk menghapus dosa dan memberikan pahala bagi anda.selalu sabar.
    1.Ruqyah tetap dilakukan baik mandiri karena itu jauh lebih utama.sebagai catatan sebelum ruqyah hindarkan rumah dari jimat/rajah-rajah,lukisan manusia ataupun binatang.berwudhu, menutup aurat.
    2.minum madu
    3.minum habbatussaudah
    4.senantiasa berprasangka baik kepada Allah SWT dan pada manusia
    5.memaafkan orang-orang yang telah bersalah dengan kita

  33. siti warsiyah says:

    saya seorang ibu rumah tangga, sudah setahun lebih saya merasakan kalo tubuh saya tak enak, kalo habis maghrib pasti takut dan kalo malem jumat ikut yasinan pasti perut mules2 dan pikiran semrawut tolong minta solusinya?

  34. anto says:

    assalamualaikum wr wb..bapak saya sakit struk tp dlm tubuhnya masih tertanam jimat,apakah perlu di ruqyah?krn klo diruqyah kasihan kondisi fisik yg lemah akibat struk. trimakasih

    • @ Anto
      ??????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????

      Ruqyah dengan bacaan Al-Qur’an sangat manjur mengobati smua jenis penyakit fisik dan non fisik. Penyakit hati maupun penyakit jasmani. Bahkan bisa mendatangkan pahala dengan membacanya dan mentadabburi nya. Bahkan membaca, mendengarkan dan mentadabburi Al-qur’an termasuk amalan yang utama. Bantulah orangtau Anda membacanya, mempelajarinya smoga Allah menghilangkan gangguan setan dr daalam tubuhnya.

  35. Ifat says:

    assalamu’alaikum, mba artikel tahap-tahap meruqyah yang dimaksud ada dimana ya? aku sudah coba cari di web ini tapi belum ketemu nih?

  36. ahmad zubair says:

    intinya dlm hal merukyah,siperukyah harus iklas,ksembuhan tergantung jg keiklsan siperukyah,sjauh mana keiklsan dlm menanganinya maka sjauh itulah ALLAH SWT beri ksmbuhanan,JGN SMPAI ada niat mrukyah krn uang.pasien jgdianjurkan u/JAGA SOLAT 5WKTU,BC QUR’AN 1JUZ DLM SHARI,jgn dengar musik

  37. Abidin says:

    Assalamualaikum Wr.Wb. Saya punya anak sulung laki laki sdh tahunan kena oenyakit kejiwaan, gejalanya tinggal diam dirumah tdk mau bergaul dg org lain suka termenung dan emosi dan malas beraktivitas termasuk mandi tdk mau pake baju hanya pake celana tetapi pikirannya bagus tdk seperti org gila lainnya, saya sdh pernah meruqyah dg mengundang seorang ustaz tapi menurut ustaz tsb tidak ada apa2nya lalu saya mendatangi seorang ustaz yg sering mengobati org dg air minum yg diabacakan doa dia katakan bhw ank saya kena guna2 wanita teman kuliahnya dan sdh beberapa org yang saya anggap bisa obati penyakit seperti itu saya datangi tetapi sampai saat ini belum ada yang bisa mengatasi penyakitnya. Saya mohon kpd ustaz bagaimana solusinya agar anak saya tersebut bisa disembuhkan, semoga Allah SWT memberi jalan keluarnya. Amin

    • @ Abidin
      ??????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????

      Kami sarankan agar Bapak membacakan kepadanya Al Qur’an, memperbanyak doa memohon kesembuhan kepada Allah serta memperbesar tawakkal berserah diri dan ketergantungan hati kepada Nya. Smoga Allah menyembuhkan anak bpk tsb serta menjauhkannya dari gangguan setan. Aamiin.

  38. ZAINUDDIN says:

    apa amalan untuk orang yg sering merukyah

  39. rahma says:

    Assalamu’alaikum
    Usia saya 28tahun,anak saya baru 1 saat ini berumur 3tahun, saya pendatang di salah satu desa, saya tengah mengelola usaha sjak tahun 2007, Alhamdulillah usaha saya maju pesat. Sjak tahun 2010 sd sekarang sya merasakan sakit yg aneh, awalnya kami (saya dan suami) tidak tau, sehingga kami hnya berobat medis saja, sampai habis berjuta2 dan juga melakukan general cek up yang tidak murah di laboratorium ternama, hasilnya NIHIL. Macem2 rasanya, kadang merasa tercekik, merasa jantung sperti ditusuk, perut dipukul,kelamin panaass, kaki beraaattt dan banyak terasa kedutan di seluruh badan saya, bahkan pernah suatu waktu ketika sarapan dari tenggorokan saya keluar paku keciil skali dan potongan kuku manusia, saya juga sering melihat sekelibat2 bayangan hitam, mendengar suara2 aneh. Berbagai upaya sy dan suami lalui, sampai kami lelah, sejak 2010 sudah 6 orang pintar (termasuk kyai) mendeteksi sya terkena guna2, mereka semua mngatakan “ini berat Bu”, tpi Alhamdulillah Allah masih terus melindungi saya sampai detik ini. Dalam hati saya pasrah kepada Allah SWT dan saya terus berdzikir maupun sholawat dan banyak doa lain di batin saya, saya pun berusaha menepati solat 5 waktu, solat duha, solat malam, menyantuni yatim piatu dan duafa, tapi belum hilang-hilang juga, sampai saya sdh merasa terbiasa dengan hal2 aneh yg saya rasakan, sehingga tidak terlalu heboh saya rasakan. Belum lama ini ada seorang teman main kerumah saya membawa anak perempuannya masih 10tahun, dan lugu, si kecil bercerita dg bahasa kanak2 nya menunjukkan anggota tubuh saya yg sakit mana2 saja, dan memang BENAR, padahal sya belum mngatakan samasekali. Si kecil bilang kalo makhluk yg di dalam tubuh saya itu terus mnyakiti dan menggerogoti raga saya, dan harus segera diusir. Sampai dia mnyarankan saya utk RUQYAH. Tadi malam, tepat malam Jumat saya menjalankan prosesi Ruqyah, yang hadir adalah seorang ustadz dan 4 santrinya yg masih muda2 dbawah 17 tahunan dan Sikecil dan ibunya juga dibantu Laki2 Dewasa yg dg kekuatan batinnya bersama se Kecil mengeluarkan apa yg ada pada tubuh saya, saya merasa aneh ketika pak ustdz dan santri nya membacakan ayat2 Qur’an, saya merasa seperti ada yang mau keluar dari tubuh saya, muter2 terus, sakitnya pindah-pindah, dan dan mmg saya merasakan ada hembusan angin keluar dari tubuh saya,tapi sampai dengan prosesi rukyah selesei, dalam tubuh saya sperti masih ada yang tertinggal. dan saran mereka supaya rukyah perlu dilaksanakan lagi. Mba Mas Pak Bu… tolong kasih comment ke saya, saya harus bagaimana.

  40. eka says:

    mau tanya saya punya adik dia sering keluar masuk rumah dan selau marah juga sembayang tanpa henti terkadang ganti baju terlalu sering dan sering bicara sendiri katanya dia sering bicara sama anak kecil padahal gak ada tapi adik saya tau bahwasanya semua keluarga dan nama sekaligus nama aktor dan tetangga tolong beri tau solusinya trima kasih dari saya di sini.

  41. enggo says:

    Assalamualaikum

    Saya sedang sakit jasmani..dan saya tidak memeriksakannya ke dokter, karena takut.Sakit tersebut sudah 3 bulan lebih.Setelah browsing di internet saya menemukan solusi dengan Rukyah.
    Adapun Rukyah tersebut saya lakukan sendiri antara lain : Zikir,Doa Shifa,Shalat Tahajud dan Menghatamkankan Alquran.Apakah cara saya itu sudah benar ?
    Terimakasih

  42. Atik says:

    Assalamu’alaikum,,
    Saya mau mnt info yg bs mrukiyah, sy prlu untk mmprbaiki rmh tangga sy yg sdh stahun lebih tdk jg mmbaik,awalny suami sy selingkuh pd saat sy hamil smp sy mlahirkn dan prgi bgitu sj mninggalkn sy,setiap sy tegor prempuanny pdhl dngn baik2 pnyampaianny sy lngsng dtalak,rencanany skrng suami mau balik tp sy mau tenang prlu rukiyah & diijab kabul ulang,mohon saran dan infony,trima ksih

  43. tb anis says:

    Alhamdulillah dengan ijin allah trapi ruqyah segala penyakit bisa disembuhkan asalkan kita yakin dan ikhlas karena allah.amin

  44. Rizky says:

    Assalamualaikum WR.WB.

    Saya ada penyakit,penyakit saya ini rasanya agak begitu aneh,kalau memikirkan tempat atau sesuatu yang udah lama rasanya kepala ini sprt ada yang ngebayangin,fikiran & penglihatan sprtnya gelap sekali,trus yang hebohnya badan ini kejang2 sprt kerasukan mulai dari situ bdn ini ga sadar,pas sadarnya saya udah ada di rnjng,itu aja yang nolongin orang2 yang ada dsktr .
    Padahal berbagai pengobatan & cara therapi udah saya lakukan di berbagai tempat ttpi msh saja kmbli lagi rasa yang ngebayangin itu,penyakit saya ini udah agak lama dari saya berumur 9 thn sampai berumur 20 thn skrng ni msh saja rasa yg menakutkan itu ngebayangin fikiran saya.
    Apakah di dalam tubuh saya ini sprt ada yang merasuki atau jangan2 terkena santet,yang saya takutkan adalah kata teman2 saya “mungkin di tubuh kamu ada makhluk yang mengganggu karna kamu pernah mengencingi pohon2 yg ada penghuninya” padahal saya tdk prnh melakukan hal sprt itu .

    Saya minta tolong penjelasannya ya,kalau bisa di ruqyah bagaimana cara mengobatinya agar penyakit saya ini bisa sembuh atau kalau di dalam tubuh saya ini ada yang mengganggu bisa dikeluarkan sprt kata teman saya tadi.

    Wassalam .

  45. assalamualaiku wr.wb
    saya regina. saya punya calon suami yang menderita kanker otak dan umur ia telah di vonis hanya beberapa tahun lagi hidupnya oleh dokter. dia sekarang stress dan dia enggan menikah dengan saya karena takut akan kematiannya yang semakin dekat ..
    dia seperti orang yang kebingungan sering melamun, lalu bagaimana cara menenangkan ia agar ia tak percaya akan vonis dokter itu ..
    bisakah di ruqyah agar ia mendapat ketenangan kembali dalam hidupnya ?? Terimakasih

  46. misnayati says:

    ass..wr.wb.pd saat skrg suami bnyk menjalin hubungan dg bbrp wanita diluar hubungan wajar pertemanan. itu udah sering kedapatan oleh sy, tiap sy tanya demi Allah demi Rasulullah jwb nya, ntah itu kena guna2 atau gak tau sy pak, apakah dg rukiah bs dia di jauhkan dr wanita2 itu, apakah bs jk saya yg membaca rukyah tanpa hrs k org lain.tksh atas jawabannya. wass

  47. rossadono wahyu priyambodo says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Pak, Ustadz saya dan istri ingin sekali di ruqyah, tapi kami ga tau harus kemana, sementara pengertian dan pemahaman agama kami kurang, mohon kami diberi petunjuk alamat kemana kami harus ruqiyah, kami tinggal di sawangan depok, kami tunggu alamat balasan alamat klinik ruqyah Pak Ustadz, terimakasih
    Wassalam Wr.Wb

  48. trimakasih saya merasa terbantu sekali dengan penerangan masalah ruqiyyah. makasihyah semoga di balas oleh Alloh yg setimpal. saya jadi mengerti jelas atas urayan ruqqiyyah yg sebenarnya makasihyah makasihyah.

  49. ummu nauval says:

    assalamualaikum ustad ana mau nanya anak ana penyandang autis umurnya udah 15 th apa kah bisa dengan pengobatan ruhqiyah? karna dia sering mengamuk dan marah2 sampai memukul ana klu mendengar kan ayat ayat al quran bagaimana solusinya ustad

    syukron ummu nauval pariaman

  50. rosa says:

    assalamualaikum, sy rosa nau tanya mengapa hati sy selalu gelisah

Leave a Reply