Ruqyah (1): Terapi Ruqyah Syar’i

Penulis: Ummu Mu’aadz
Muroja’ah: Ustadz Aris Munandar

Saudariku yang dirahmati Allah, saat ini, sering kali kita mendengar terapi pengobatan ruqyah  namun pengertian yang terlintas dibenak kita adalah terapi untuk mengusir gangguan jin. Hal ini adalah pendapat keliru dan  salah kaprah dikalangan masyarakat saat ini. Padahal, ruqyah yang sesuai syar’i adalah sunnah Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wa sallam</em> yang disyari’atkan untuk dilakukan bagi setiap muslim pertama kali saat dirinya merasa sakit, baik sakit fisik maupun karena gangguan jin.

Apa itu Ruqyah ?
Ruqyah (dengan huruf ra’ di dhammah) adalah yaitu bacaan untuk pengobatan syar’i (berdasarkan riwayat yang shahih atau sesuai ketentuan ketentuan yang telah disepakati oleh para ulama) untuk melindungi diri dan untuk mengobati orang sakit. Bacaan ruqyah berupa ayat ayat al-Qur’an dan doa doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wasallam</em>.

Tidak diragukan lagi, bahwa penyembuhan dengan Al-Qur’an dan dengan apa yang diajarkan oleh Nabi <em>shallallahu ‘alaihi wasallam</em> berupa ruqyah merupakan penyembuhan yang bermanfaat sekaligus penawar yang sempurna bagi penyakit hati dan fisik dan bagi penyakit dunia dan akhirat. Bagaimana mungkin penyakit itu mampu melawan firman-firman Rabb bumi dan langit yang jika firman-firman itu turun ke gunung makai ia akan memporakporandakan gunung gunung. Oleh karena itu tidak ada satu penyakit hati maupun penyakit fisik melainkan ada penyembuhnya.

Allah berfirman, “Katakanlah, ‘AlQur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang orang yang beriman.’” (Qs. Fushilat: 44)

Dan di surah Al Isra’ 82, “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang orang yang beriman.”

Dan di surat Yunus ayat 57, “Hai sekalian manusia, sesungguhnya telah datang kepada kalian pelajaran dari Rabb kalian, dan penyembuh bagi penyakit penyakit  (yang berada) didalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Qs. Yunus: 57)

Pada masa jahiliyah, telah dikenal pengobatan ruqyah. Namun ruqyah kala itu banyak mengandung kesyirikan. Misalnya menyandarkan diri kepada sesuatu selain Allah, percaya kepada jin, meyakini kesembuhan dari benda benda tertentu, dan lainnya. Setelah Islam datang, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang ruqyah kecuali yang tidak mengandung kesyirikan,

‘Auf bin Malik radhiallahu ‘anhu berkata, “Dahulu kami meruqyah di masa jahiliyyah. Lalu kami bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang hal itu?’

Beliau menjawab, ‘Tunjukkan kepadaku ruqyah-ruqyah kalian. Ruqyah-ruqyah itu tidak mengapa selama tidak mengandung syirik’.” (HR. Muslim no. 2200)

Al-Qurthubi <em>rahimahullah</em>u berkata, “Hadits menunjukkan bahwa hukum asal seluruh ruqyah adalah dilarang, sebagaimana yang tampak dari ucapannya: ‘Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wa sallam</em> melarang dari segala ruqyah.’ Larangan terhadap segala ruqyah itu berlaku secara mutlak. Karena di masa jahiliyyah mereka meruqyah dengan ruqyah-ruqyah yang syirik dan tidak bisa dipahami maknanya. Mereka meyakini bahwa ruqyah-ruqyah itu berpengaruh dengan sendirinya. Ketika mereka masuk Islam dan hilang dari diri mereka yang demikian itu, Nabi <em>shallallahu ‘alaihi wa sallam</em> melarang mereka dari ruqyah secara umum agar lebih mantap larangannya dan lebih menutup jalan (menuju syirik). Selanjutnya ketika mereka bertanya dan mengabarkan kepada beliau bahwa mereka mendapat manfaat dengan ruqyah-ruqyah itu, beliau memberi keringanan sebagiannya bagi mereka. Beliau bersabda, ‘Perlihatkan kepadaku ruqyah-ruqyah kalian. Tidak mengapa menggunakan ruqyah-ruqyah selama tidak mengandung syirik’.

Mencegah Lebih Baik dari Mengobati
Saudariku, sesungguhnya syari’at Islam telah sempurna sehingga tidak ada hal melainkan sudah ada keterangannya dari Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wasallam</em>. Karena itu, Allah telah mengabarkan apa apa yang baik bagi seorang hamba dan apa apa yang mesti ditinggalkan dengan segala hikmah yang kita ketahui maupun yang tidak kita ketahui.

Diantara apa yang diajarkan Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wasallam</em> yaitu berdzikir mengingat Allah dalam setiap keadaan, dzikir pagi dan petang hari, ketika hendak tidur,  ketika masuk dan keluar rumah, saat memakai baju, dan lainnya hingga tidur lagi. Jika kita selalu menjaga dzikir dzikir ini pada waktunya, niscaya ia akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat, mencegah segala keburukan, mendatangkan berbagai manfaat dan menolak datangnya bahaya.

Ibnul Qayyim <em>rahimahullah</em> berkata, “Jika Allah akan memberi kunci kepada seorang hamba, berarti Alah akan membukakan (pintu kebaikan) kepadanya dan jika seseorang disesatkan Allah, berarti ia akan tetap  berada di muka pintu tersebut.” Bila seseorang tidak dibukakan hatinya untuk berdoa dan berdzikir, maka hatinya selalu bimbang, perasaannya gundah gulana, pikiran kalut, gelisah hasrat dan keinginannya menjadi lemah. Namun bila seorang hamba selalu berdoa dan berdzikir memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai keburukan, niscaya hatinya menjadi tenang karena ingat kepada Allah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” (Qs. Ar Ra’d: 28)

Doa dan dzikir yang dilaksanakan seharusnya adalah doa dan dzikir yang ada tuntunannya dari Rasulullah. Imam Ibnul Qayyim <em>rahimahullah</em> berkata, “Dzikir yang paling baik dan paling bermanfaat adalah doa dan dzikir yang diyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan, dilaksanakan dengan konsisten dari doa dan dzikir yang dicontohkan dari Rasulullah <em>shallallahu ‘alaihi wa sallam</em> serta orang yang melakukannya memahami makna dan maksud yang terkandung didalamnya.”

Seorang muslim seharusnya menjaga diri semaksimal mungkin dengan hal hal yang telah disyari’atkan Allah Ta’ala yaitu menjaga AllahTa’ala dengan benar benar mengikhlaskan diri dalam mentauhidkan-Nya, senantiasa bertaqwa, senantiasa berpegang teguh kepada sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, menjauhi bid’ah dan menyelisihi pada pengikut hawa nafsu.

Pada artikel selanjutnya insya Allah akan dijelaskan tentang tahap-tahap meruqyah, insya Allah.

Sumber:
Doa dan Wirid, Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawaz
Doa doa Ruqyah ,Dr.Khalid bin Abdurrahman al-Jarisi

Donasi dakwah YPIA

130 Comments

  1. Abi Nadia says:

    Syukron, atas artikelnya, bagus sekali. Selama ini yang dikenal di masyarakat Ruqyah untuk mengusir jin, karena pernah ada ditayangkan di teve.

  2. Ummu Fahri says:

    Artikelnya bagus. Ana izin Ngopy buat bacaan dan arsip. Jazakumulloh sebelumnya.

  3. ayesha says:

    ingatlah, dengan mengingat Allah hati menjadi tenang
    Maha benar Allah dengan segala firmannya

  4. daenna says:

    alhamdulillah pencarian sya tentang ruqyah syar’i terhenti juga disni… terima kasih atas pelajarannya….

  5. lollypop says:

    very nice articel………….

  6. mmonline says:

    artikelnya sangat bgs, mohon izin untuk kami sebarkan melalui website kami. Terima kasih

  7. mohammad rofii abu husain says:

    جزاك الله خيرا أين عنوانك
    ؟ وهل لديك معهد خاص لتعليم اللغة العربية خلال ثلاثة أشهر ويكون قد يتقن بها؟ ترجى إجابة الرسالة بأقصى السرعة وبارك الله فيك

  8. ichal says:

    kenapa rukyat terus diperdebatkan n kalau udah ada jawabannya tolong dikirimkan ke e-mail saya . trimakasih

  9. Basar Purnomo says:

    Saya malah bingung apakah ruqiyah itu dilarang atau tidak , kelihatannya banyak pendapat yang mengambang tentang ruqiyah itu.

  10. Ricky andhrea navaleon says:

    As.Subbahanalloh.hanya kpda IA lah aku mengadu n mint pertolngan.smg sdra2ku slalu dlm lndunganNYA.mien.w3.

  11. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Akhir2 ini Ibu saya terkena penyakit yang tidak wajar. Setelah di rontgen hasilnya semuanya sehat. Tapi beliau selalu mengeluh dadanya sakit. Kiat2 apa yang harus saya lakukan sebagai muslim untuk menangkal hal jahat tersebut?mohon penjelasannya…

  12. jamal says:

    ijin untuk dipasang diweb kami. jazakallahu khaeran.

  13. berlianto says:

    Ass.istri saya di yakini mendapat gangguan jin(ketakutan yg tdk wajar/berlebihan utk mempunyai anak/keturunan),lewat artikel ini semoga saya mendapat manfaat dari apa yang saya cari utk kesembuhan istri saya.

  14. Umm Fatimah says:

    @ Sdr. Basar Purnomo

    Ruqyah yang diperbolehkan adalah ruqyah yang diajarkan Rasululullah shallallahu’alaihi wasallam atau disebut juga ruqyah syar’iyyah. Adapun ruqyah yang tidak beliau ajarkan maka dilarang mengamalkannya karena terdapat unsur bid’ah dan syirik, atau disebut juga ruqyah syirkiyyah. Ringkasnya ruqyah itu ada dua jenis:
    1.Ruqyah syar’iyyah hukumnya boleh, tentang tata caranya bisa dilihat dibuku Doa dan Wirid Ust. Yazid bin Abdul Qadir Jawwas
    2.Ruqyah syirkiyyah hukumnya haram,sebagaimana yang banyak dilakukan oleh para dukun dan paranormal.

    @Sdr. Mimien Manson

    Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh
    Syafahallah-semoga Allah menyembuhkan beliau-kiat-kiat untuk melawan gangguan syaithan dan jin diantaranya dengan membaca alquran, dzikir pagi dan petang, dzikir dan doa sebelum dan sesudah tidur, mencari berkah dengan minyak zaitun, mengisi kegiatan sehari-hari dengan amalan-amalan yang Allah cintai seperti mendatangai majelis ilmu, berteman dengan orang-orang shalih dan yang tidak kalah penting untuk tawakkal, menggantungkan semua harapan hanya kepada Allah.Baca juga buku Doa dan Wirid Ust. Yazid bin Badul Qadir Jawas dan sebagai pelengkap baca juga artikel ini

    http://akhwat.web.id/muslimah-salafiyah/munakahat-keluarga/membentengi-rumah-dari-setan-i/
    http://akhwat.web.id/muslimah-salafiyah/munakahat-keluarga/membentengi-rumah-dari-setan-ii/

  15. jihad says:

    mari kita brantas kemusrikan,bid’ah sirk.khurofat,dengan RUQYAH ana setujuuuuuuuuuuuuuuu sekaliiiiiiiiiiiiiiiii

  16. Ria says:

    Mau nanya saat ini saya lagi menjalani pengobatan rukiyah dan reaksinya jin yg ada di dalam tubuh kejang2 saat saya sholat.kl misalkan kita rukiyah apa betul jin di tubuh kita keluar lalu terbakar????atau mereka kembali ke orang yang nyuruh mereka atau kembali ke asalnya??sebelum rukiyah saya sakit2an terus alhamdulilah skrg engga.tp suka ada yg masuk kebadan saya n saya merasakannya.malah bisa saya ajak bicara yang ditubuh saya.gimana cara menghilangkannya???

  17. gadis says:

    saya sendiri masih blm mengerti benar.
    tapi saya sedang menjalankan ruqyah ini. dan hasilnya di badan saya ada jin nya yg dikirim oleh orang lain.
    pada saat di bacakan ayat suci alquran saya dan di pijit bagian kelingking kaki saya sakit sekali. dn menurutnya itu ada makhluk halusnya(jin)

  18. Sutikno says:

    Sebelumnya Terima kasih Dengan Adanya Artikel ini saya jadi mengerti tentang rukiyah yang benar.
    Saya Punya Adik Perempuan Kena Penyakit seperti orang kerasukan atu dibilang Kirimam dari orang.Udah 2th Dirukiyah Tapi Sampai Sekarang masih suka kerasukan.terakhir dari hasil rukiyah secara tidak langsung menganjurkan untuk pisah dari suaminya.saya sangat sedih sekali mendengar hal itu.Bagai mana sebaiknya kami.terima kasih

  19. hasan suwarto says:

    membaca al-qur’an maka akan mendapat pertolongan Alloh SWT, membaca sholawat maka akan mendapat safa’at nabi Muhammad SAW.

  20. Durahman says:

    Kalau punya alamat tempat ruqyah di Jatim mungkin Malang atau Surabaya bisa dishare tapi yang shariyah

  21. Andi says:

    Subhanallah…
    Inilah yg penting untuk dipahami masyarakat.

    Teraphy dengan rukyah, bentengi diri dengan dzikir dan do’a.

  22. Rani says:

    Alhamdulillah pencarian ruqyah yg syar’i ketemu juga. Bisakah ukhti memberi tahu cara-cara ruqiyah yg syar’i. Ana tunggu artikelnya. Jazakillahu khairan katsiran :p

  23. tomi lustoro says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    saya pria umur 23 tahun sudah berkeluarga anak satu dan tugas di Pengadilan Agama Sorong – Papua Barat.
    selama saya meninggalkan jawa karena tugas di Papua, saya sudah taat lagi beribadah, entah apa penyebabnya yang jelas setiap saya mendengarkan ayat2 Al Quran dan fokus sama Allah saya jadi muntah, seakan2 semua isi perut mau keluar. Dan Semenjak itu saya maunya emosian terus, pokoknya sedikt saja ada yang ga enak di pikiran saya, saya langsung emosi. Saya pernah di ruqyah di Jayapura sebanyak 2x tapi setelah itu saya tetap belum ada perubahan. Saya sekarang bingung setiap lihat orang shalat ke Masjid saya menangis dan menyesali hidup ini.
    Terus terang saya dulu pernah punya semacam ilmu hitam dan berguru waktu di jawa.
    Saya mohon bantuanya, saya setiap saat selalu menangis d dlm hati saya.
    Mohon jalan keluarnya ?

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      Kami sarankan agar Bapak melakukan terapi ruqyah sbagaimana yang ada diartikel, dan salalh satu kunci terlepasnya gangguan jin dari diri seseorang adalah dengan tawakkal kepada Allah. karena bagaimanapun Allah lah yang menakdirkan semua ini terjadi dan pasti ada hikmah dibalik ketetapanNya. Allah lah satu-satunya Dzat yang bisa mendatangkan manfaat dan menolak bahaya, meski semua jin bersatu padu membehayakan seseorang tapi kalau Allah tidak menghendaki terjadi maka sis-sialah apa yang mereka usahakan. banyaklah berdoa memohonn kepada Allah agar dibebaskan dari pengaruh jahat setan. Salah satunya dengan sering membaca al Quran, doa pagi petang, mendatangi majlis ilmu terutama yang membahas tentang ilmu tauhid bagaimana mentauhidkan Allah dengan benar, jin akan terbakar dan panas mendegar ayat alqur’an dibacakan atau mendengarkan kajian tauhid (setahu kami dimasjid besar Sorong ada jadwal rutin kajian salaf). jangan lupa untuk bertaubat atas dosa-dosa besar yang telah lalu, memohon agar Allah mengampuninya dan menjauhkan dari sgala gangguan setan yang bersemayam ditubuh, Allahu yasyfik..

  24. Riana says:

    Assallamu’alaikum wr.wb

    Sudah jalan sebulan ini adik saya sering terlihat bengong dan pandangannya seakan kosong.Tapi saat dia sedang menatap wajah seseorang serasa akan menerkam.Kadang saya suka merasa takut sendiri.Saat sadar adik saya bercerita kepalanya itu seprti lonceng yang berbicara dan ada yang mengendalikan dirinya untuk menyuruhnya melakukan sesuatu.

    Terkadang suka cengar-cengir sendiri.Malah di bilang dia slalu merasa ada yang masuk dan keluar dikepalanya.Saat adik menceritakan kesaya perihal yang dirasakannya,Kepalanya sering sakit dan dia mengatakan gak boleh menceritakannya kesaya atau anggota keluarga lain.Saya sudah coba rukyah dan memang baru sekali.namun belum ada perubahan.yang saya lihat teramat berat dilakukannya jika disuruh sholat ataupun membaca ayat2 AlQuran agar dia bisa melawan bisikan2 tersebut.

    Mohon sarannya untuk saya membantu adik saya satu2nya.Karna hati saya sedih teramat sedih saat ibu saya slalu menangisi sikap adik yang banyak perubahan.

    • @ UKhti Riana
      wa’alaikumussalam warahmatullah..
      Semoga Allah memberi kesabaran kepada Ukhti dan sekeluarga dan semoga Allah memberikan kesembuhan kepada beliau. Memang lah ujian yang Allah berikan kepada tiap hamba berbeda-beda dan hendaknya kita tetap berkhusnudzan dengan menguatkan tawakkal, kepasrahan hidup kepada Allah, Dzat yang mengatur semua urusan hambaNya. Pastilah ada hikamah dibalik ketetapanNya, terus meneruslah berdoa memohon kesembuhan dan keselamatan. Hanya kepada Allah lah kita bisa mengadu…dan tidak lupa untu k tetap berikhtiar dengan terapi ruqyah syar’iyyah, membaca al qur’an, doa pagi petang dan mengisiwaktu dengan hal-hal yang bermanfaat. barakallahufikum..

  25. Shodiq says:

    Terima kasih banyak, infonya sangat berguna sekali.
    Kalau bisa dibantu, saya mau cari rekamana doa rukqiah, biar bisa saya dengar meskipun saya lagi dijalan.
    Terima kasih sekali lagi.

  26. wildan says:

    sudah ad kelanjutanx blum…?

  27. widianto says:

    Apakah pengobatan ruqyah dengan cara memasukkan jin kedalam botol bisa dikatakan syar’i ?

  28. salman says:

    kelanjutannya sangat di tunggu… saya sangat butuh…

  29. antin says:

    assalamualaikum.mw tanya dmn pengobatan ruqyah yg syar’i di surabaya ya?thanx

    • @ atin
      wa’alaikumussalam.
      saya mohon maaf, kurang tahu informasi di surabaya.
      untuk ruqyah syar’iyah sebenarnya bisa dilakukan sendiri atau dilakukan oleh keluarga atau teman. beberapa referensi yang bagus untuk dijadikan acuhan misalnya buku
      Ruqyah Syar’iyyah, Terapi Penyakit Jasmani dan Rohani karya Abdullah bin Abdul Aziz Al ‘Aidaan
      Panduan Praktis Terapi Penyembuhan Syar’i karya Ummu Maryam
      atau referensi lain yang berdasarkan al Quran dan as Sunnah

  30. yayan says:

    kenapa pasien ruqyah rata2 orang2 alim/yg suka belajar ilmu gaib. apa jin ga suka dgn orang bejat? bisakah orang bule diruqyah?

    • @ yayan

      1. orang yg alim artinya orang yg paham suatu ilmu. sehingga jika dikatakan “orang yg alim dalam ilmu agama” berarti dia adalah orang yg paham ilmu agama. maka, tidak tepat jika kita katakan bahwa orang alim dalah orang yg suka belajar ilmu gaib.

      2. pasien ruqyah tidak selamanya orang yang alim. adapun di antara sebab seseorang terkena gangguan jin sehingga perlu diruqyah:
      - jin tersebut “dikirimkan” oleh orang lain untuk mengganggu diri orang yg dikehendaki.
      - jin tersebut membencinya.
      - jin tersebut menyukainya.
      untuk mengenal ruqyah dan gangguan jin, silakan membaca buku-buku/artikel yg shahih berkaitan dengan hal ini. salah satunya bisa dengan mencari melalui SITUS PENCARI ILMU ISLAM http://yufid.com/

      3. perlu kita bedakan antara istilah “jin” dan “setan”. jin itu ada yg muslim dan ada pula yang kafir. adapun setan, maka bisa jadi dia dari kalangan jin.
      di antara orang yang disukai oleh setan adalah orang-orang yg melanggar hal-hal yg Allah haramkan.

      4. adapun tentang orang “bule”, mereka juga sama sebagaimana manusia yg lain, yaitu bisa diruqyah.

      wallohu a’lam.

  31. mas saya mau tau doa untuk membantu orang yang di gangu setan dan orang yang sedang kesurupan gimana tolong kirim ke email saya ya

  32. hendrik says:

    sepertinya saya diguna-guna org apa bisa minta alamatnya utk bisa diruqiyah…dan apakah hrs beragama muslim….makasih

    • @ hendrik

      Seorang muslim hendaknya tidak minta diruqyah, karena meminta diruqyah merupakan salah satu penghalang seorang muslim untuk masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits,

      هُمْ الَّذِينَ لَا يَسْتَرْقُونَ وَلَا يَتَطَيَّرُونَ وَلَا يَكْتَوُونَ وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

      Mereka adalah orang-orang yang tidak minta untuk di ruqyah, tidak pernah bertathayyur (menganggap sial/pamali) dan tidak pula melakukan terapi dengan kay (terapi dengan menempelkan besi panas pada daerah yang sakit), dan hanya kepada Rabb merekalah mereka bertawakkal.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas)

      Untuk penjelasan lebih rinci terkait dengan permasalahan Saudara, silakan baca artikel pada tautan berikut ini:
      http://al-atsariyyah.com/fatawa-salaf/klinik-ruqyah.html
      http://al-atsariyyah.com/quote-of-the-day/semua-tentang-ruqyah.html

  33. budi says:

    asalamualaikum.nama saya budi di pasuruan jatim.keluarga saya sedang diteror oleh seseorang,ato mungkin kelompok yg punya ilmu menghilang dari pandangan mata.sudah 7 th hal ini terjadi pada kami sekeluarga,hingga sekarang.pelaku sering mencuri uang dn benda2 berharga,serta makanan.satu saat,pelaku mencuri HP istri sy,kmudian sempat kontak sms dngn sy,isinya secara garis besar,dia melakukan teror tsb atas suruhan org lain yg ia sebut sbagai abdi.dia meminta mf,terpaksa harus melakukan tugs tsb,krna tidak pnya pilihan,jika di menolak,mka anak dn istrinya akan jd korban abdinya.dia jg menyarankan agar saya menjalani rukiah di tuban jawatimur,tp dia tdk sebutkan pada siapa kami harus mnta tlg.dngan alasan takut ketauan abdinya.yg jelas,obatnya ada di tuban.mungkin anda bisa membantu saya.ato bg siapapun yg bisa berikan sdikit informasi dn bantuan,sy mohon dngn segala kerendahan hati,agar menhubungi saya di 085234655175.
    sebelumnya saya ucapkan banyak terimekasih.wassalam.

  34. Miko says:

    Mohon Pencerahan kepada semua yang mengerti tentang ini, saya punya permasalahan adik saya agak terganggu secara kejiwaan atau stress, apakah kalo saya mengajak adik saya untuk di ruqyah dapat mengobati hal seperti ini? Dimana tempat ruqyah yang baik yang tidak terlalu jauh atau masih lokasi jawa barat, banten or jakarta. Wassalam.

  35. Ana sangat setuju dg artikel ini, obyektif dan sesuai sunnah. ana biasa menangani kasus2 sakit fisik dg doa2 ruqyah, alhamdulillah mereka sembuh dg izin Allah. ruqyah sangat efektif unt mendakwahi org yg belum paham masalah perdukunan. oleh sebab itu jangan sampai tertipu oleh org2 yg menamakan terapinya dg ruqyah padahal prakteknya sama dg dukun. hati2 banyak dukun yg pakai istilah ruqyah.

  36. Budi Rokhman says:

    Assalamualiakum wr wb. Saya bersyukur alkhamdulillah atas artikel ini mudah-mudahan dapat membantu kami dan saudara semuanya yang membutuhkan.Kami mohon bantuan informasi, saya saat ini belum tau tempat rukyah atau dengan menghubungi ustat siapa. Kami sangat memerlukan saat ini , Saya tinggal di Kel Botoran kab. Tulungagung. Mohon bantuanya.
    Terima kasih

  37. agus khasan says:

    syukron atas materix, ini amat berguna banget bagi khasanah ilmu n amal sy. terutama saat beri materi ttg ruqyah,

  38. diwan says:

    Ass.wrwb.. saya minta tolong di email-kan bacaan2/doa ruqyah syar’iyah sesuai yg diajarkan rosululloh saw, tks. wass..

  39. zoeny says:

    ass.wrb
    saya sedang mencari alamat ruqiah berdasarkan saran dari rosululoh
    ketika saya sendirian selalu ada bisikan2 yg msuk untuk berprasangka bruk terhdap orang lain saya sring menangis krn tb2 saya teringat dengan orang2 yg meyakiti saya.hidup saya tidak tenang krna di liputi rsa benci memang dulu ayah saya punya ritual mencuci kris dan mempunyai ilmu seperti perdukunan ketika rumah saya kosong karena ayah saya merantau di suruh mengambil keris di rumah yang tiba2 hilang.jujur saya tidak percaya akan hal demikian.pikiran saya benar2 di ganggu.saya bercerita dengan suami sayapun dia tidak menangkap apa yang saya rsakan malah membentak2 saya bila bertanya jujur saya tidak bisa menjelaskan kepada dia saya merasa tidak bisa hanya bisa diam memank dulu saya pernah murtad jg dan kini saya kembali ke dalam islam krna saya selalu di hunggapi rsa ketakutan. tetapi yang d tangkap suami saya,saya ingin kembali memeluk agama saya dlu padahal bukan itu yang saya maksud bukan itu saya ingin d sahadatkan dan saya ingin di ruqiah.
    tolong bantu saya karena di kota malang ini saya hanya sendiri kecuali dengan suami.
    terimakasih wsslm wrb

  40. Arie says:

    Assalamualaikum Wr Wb,
    Mohon tanggapan mengenai artikel di:

    Yang kurang lebih berisi seperti ini:
    Ada 5 tanda lahir dari seorang wanita yang harus di waspadai sebab bisa menyebabkan kesialan bagi pasangannya atau yang sudah mengintiminya. Kesialan tsb seperti sering sakit-sakitan, kebangkrutan usaha, kecelakaan bahkan kematian.
    5 tanda tsb adalah:
    1. Wanita yg sejak kecil tidak pernah tumbuh bulu kemaluannya.
    2. Wanita yg mempunyai tanda TOH di kemaluannya.
    3. Wanita yg punya TOH di pinggulnya.
    4. Wanita yg tidak berputing susu.
    5. Wanita yg punya TOH di punggung.

    NB: TOH menurut orang jawa bisa berbentuk seperti tompel berwarna hitam atau merah, bisa juga berupa tahi lalat.

    Pertanyaan:
    1. Apakah memang benar tanda tsb bisa berakibat seperti yg disebutkan di atas?
    Ada kejadian di kampung saya jawa tengah, seorang wanita yg sudah di tinggal mati suami sampai 3x. Setelah di terawang oleh orang pintar/paranormal ternyata ada TOH di kemaluannya dan secara ghoib berwujud ular.
    2. Apakah pengaruh negatif tersebut(kalau memang ada)bisa dihilangkan dengan Ruqyah?

    Terimakasih, mohon penjelasan dan pencerahannya.
    Wassalamualaikum Wr Wb.

    • @Arie
      wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh
      Semua yang disebutkan diatas merupakan keyakinan syirik yang harus kita tinggalkan. Janganlah kita mendatangi dukun ketika menghadapi sebuah permasalahan.
      “Barang siapa mendatangi tukang ramal lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu perkara dan dia mempercayainya, maka sholatnya tidak di terima selama 40 hari.” (HR. Muslim)
      Silahkan membaca artikel ini, semoga bermanfaat
      http://muslim.or.id/aqidah/mendatangi-pelayan-setan.html
      Hanya kepada Allah kita bergantung dan memohon pertolongan…

  41. Chaerina says:

    Assalamuallaikum wr.wb…

    Mas, Aku mau tanya fungsi ruqyah sebenarnya.. karena Akhir2 ini Aku didesak beberapa orang untuk melakukan ruqyah, dan memang saat Aku sekolah guru Aku pernah juga menyuruh Aku Ruqyah.alasannya :
    1. Ada aura gelap (kata guruku)
    2. beberapa org blang Aku seperti punya 2 sisi yg beda, t’kadang AKu bisa menjadi gadis manis, baik dan disatu sisi juga menjadi gadis yang sangat jahat, berantakan, gk karuan.
    3. Karena Aku menyimpan banyak kebencian kpd banyak orang dan sulit dilepaskan, (perpisahan ranjang yg t’jadi saaat aku kecilpun hingga saat ini masih menghantuiKu)
    4. Aku pernah trjebak pergaulan yang tidak seharusnya Aku lakukan diusiaku, yang memebuat karma buruk untukku, bahkan seringkali itu menjadi masalah yg cukup berat untuk gadis seumurannku.
    5. Beberapa orang berkata ” kamu itu basicnya gadis baik, tapi ada yang menyelimuti hati kamu ”
    6. Saya juga pernah b’pacaan dengan pria yg jauh lebih tua, setiap kali saya bertengkar saya seperti orang gila yang kesurupan yang teriak2. Saat itu ada saudaraku yang “bisa”, Dy sempat membaca surat, tapi saya gk inget, dn saya pingsan. Dy bilang Ak “dikerjain”
    7. Katanya dirumahku ada semcam “barang” kiriman (Aku p’nah lihat penyembuhan saudaraku dirumahnya terdapat uang,bangkai ikan kecil, rambut yang sudah beruban,beling, gabah, dll dibungkus dalam kain merah. sebelumnya saudaraku itu dikeluarkan bangkai ciak dalam tubuhnya)
    8. AKu pernah kehilangan pakaian dalamku yang Aku jemur di belakang rumah (tapi tertutupi), Aku mendatangi orang yang disebut engkong, (gak tau kyai atau apa) Dia bilang Aku dikerjain.

    Sejujurnya Aku percaya gk percaya, tapi entah kenapa saaat ini rasanya memang Aku perlu di Ruqyah. da sejujurnya Aku uga sudah sangat jarang shalat bahkan mengaji.
    Au mohon bantuannya, Aku masih bingung… Oh ya… Aku sempat diberitahu orang bahwa didalam diriku ada yang membuat AKu terlihat sangat cantik dimata lelaki (padahal aku gk pake susuk, dan memang gk p’caya sama susuk) kira2 itu apa ya ? bahaya gk sih ?

    mohon bantuanya… makasih

    Apakah Saya perlu diruqyah ?

  42. cici wahyu lestari says:

    ya, saya juga minta di rukiyah sebab saya terkadang merasa ada keanehan pada diri saya! saya merasa ada yang mengendalikan diri saya sehingga saya di benci oleh semua orang

    • @ Cici

      Ukhti yang kami sayangi di jalan Allah, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang 70 ribu orang yang masuk surga tanpa hisab, “Mereka adalah orang-orang yang tidak minta untuk diruqyah, tidak minta untuk di-kay (pengobatan dengan besi panas) dan hanya bertawakkal kepada Rabb-nya” (HR. Bukhari, no. 5378 dan Muslim, no. 549; dari Ibnu Abbas)

      Selengkapnya, silakan kunjungi tautan http://ustadzaris.com/bolehkah-meminta-diruqyah

      Semoga Allah memasukkan kita ke dalam surga-Nya, tanpa hisab dan tanpa azab. Amin

  43. Rosyidin AlSyirodj,S.Pd. says:

    mudah2an ini sarana da’wah bagi manusia secara umum dan sarana da’wah bagi yang sudah muslim/muslimah untuk kembali kepada ajaran Rosululloh yang murni tanpa adanya tambahan-tambahan yang mungkin sangat membahayakan aqidah bagi kaum muslimin/muslimah dan lanjutkan dengan artikel-artikel yang berlandaskan As-Sunnah yang benar-benar dari Rosululloh secara shohih. Amiin.

  44. tommynur says:

    assalamualaikum, sy tommy mau minta ayat2 ruqyah yg ada d al quran dan doa – doanya, knp ya hidup sy selalu sial, dan banyak utang yg tidak wajar dan selalu ribut saja dengan istri sy, terima kasih wassalam.

  45. alimustofa says:

    saya punya masalah dengan .anak saya setiap pertengahan tahun ajaran dan akhir ajaran gak mau masuk sekolah .sedangkan disekolah dia gak punya masalah. kalau di tanya dia menjawab nya dengan mbentak2 kayak nya gak wajar.

    tolong saya minta solusinya

  46. hendra says:

    assalamualaikum…
    saya hendra,saya ingin minta doa agar perasaan istri saya kembali normal dan agar perasaan istri saya kembali lagi ke saya,suapaya rumah tangga saya bahagia dan harmonis.
    terima kasih..
    wassalam.

  47. amalia says:

    Assalamualaikum,
    Saya ingin bertanya, apakak kita dapat di ruqyah ketika sedang berhalangan (datang bulan)?
    Terima kasim.

  48. budi yani says:

    mohon di tampilkan bacaan-bacaan ruqyah /surat apa saja dan ayat berapa di Al Qur’an

  49. Edi Jaedi says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya punya teman yang ingin me ruqyah dia dan istrinya, untuk menghilangkan kebiasaan buruk istrinya yang suka berutang secara sangat berlebihan dan berulang – ulang
    Apakah bisa ruqyah untuk hal demikian ?

    • @ Edi Jaedi

      Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh.

      Sebelum menempuh jalan ruqyah, sebaiknya dilihat kemungkinan sebab yang lain, yaitu: sedikitnya pengetahuan keagamaan istri tersebut tentang ketatnya aturan Islam dalam masalah utang-piutang.

      “Maha Suci Allah, betapa keras apa yang diturunkan Allah dalam urusan utang-piutang. Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, seandainya seorang laki-laki dibunuh di jalan Allah, kemudian ia dihidupkan, lalu dibunuh, kemudian dihidupkan, lalu dibunuh (lagi), sedangkan ia memiliki utang, sungguh ia tak akan masuk surga sampai dibayarkan untuknya utang tersebut.”(Hadits riwayat An-Nasa’i, lihat Al Mujtaba, 7/314; Shahihul Jami’, 3594)
      http://pengusahamuslim.com/baca/artikel/451/hukum-berutang-dengan-niat-tidak-membayar

      Jika seseorang berutang dengan tujuan buruk, maka dia telah zhalim dan melakukan dosa. Di antara tujuan buruk tersebut seperti:
      a. Berutang untuk menutupi utang yang tidak terbayar.
      b. Berutang untuk sekadar bersenang-senang.
      c. Berutang dengan niat meminta. Karena biasanya jika meminta tidak diberi, maka digunakan istilah utang agar mau memberi.
      http://pengusahamuslim.com/baca/artikel/836/adabadab-berutang

  50. nurcahya says:

    Apakah bisa meruqyah anak balita yang sering mengamuk tidak jelas & ingin menghilangkan watak kerasnya?
    mohon informasi juga lokasi (di jakarta) dimana tempat kami bisa meruqyah sesuai dengan Al-Qur’an & tidak mengandung syirik.
    Syukron katsir..

Leave a Reply