Kapan Kiamat Terjadi? (1)

Disembunyikannya waktu terjadinya kiamat ini sesungguhnya mengandung hikmah/kebaikan bagi manusia, diantaranya adalah agar manusia senantiasa bersiap-siap untuk menghadapinya, sehingga tidak bermalas-malasan dalam beramal. Tetapi dengan rahmat-Nya pula, Allah telah menjadikan kiamat memiliki alamat/tanda-tanda yang mendahuluinya, sekaligus hal ini sebagai bukti kenabian nabi Muhammad shallallahu'alaihi wasallam sehingga keimanan kita akan kerasulannya semakin kuat.

60 58

Pembicaraan tentang kapan terjadinya kiamat mulai hangat kembali akhir-akhir ini. Kalau dulu kiamat pernah diramalkan akan terjadi tanggal 9 bulan 9 tahun 1999, sekarang ini kiamat diramalkan terjadi pada tanggal 21 bulan 12 tahun 2012. Kapanpun mereka tetapkan tanggalnya, sesungguhnya itu hanyalah ramalan, karena kiamat adalah perkara ghaib hakiki yang hanya diketahui Allah kapan terjadinya, bahkan rasul paling mulia dari kalangan manusia (Rasulullah Muhammad shallallahu’alaihi wasallam) dan dari kalangan malaikat (Jibril ‘alaihissalam) tidak mengetahui perkara ini, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Jibril, ketika beliau bertanya kepada Rasulullah tentang kapan terjadinya kiamat, maka di jawab,

“Tidaklah orang yang ditanya tentangnya lebih mengetahui dari yang bertanya.”


Maka tidak diragukan lagi bahwa makhluk yang kedudukannya di bawah keduanya lebih tidak mengetahuinya lagi. Jadi kita wajib mendustakan setiap orang yang mengatakan mengetahui kapan terjadinya kiamat, karena barangsiapa menyatakan dirinya mengetahui ilmu yang ghaib bukan dengan cara-cara yang dapat dibuktikan secara ilmiah maka masuk dalam ilmu perdukunan. Sebagaimana telah kita ketahui perdukunan merupakan bentuk kesyirikan.

Bahkan dikarenakan ramalan tentang kiamat ini, penulis pernah mendengar kalau ada orang yang bunuh diri karena takut menghadapinya. Padahal seseorang yang memiliki akidah yang benar seharusnya tidak takut karena ramalan tersebut, dan tidak sepatutnya seorang yang beriman mempercayainya, karena orang yang percaya pada ramalan mendapat ancaman sholatnya tidak diterima selama empat puluh hari dan perbuatan ini dihukumi sebagai bentuk kekafiran. Sebagaimana terdapat dalan hadits Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam,

“Barangsiapa mendatangi tukang ramal, lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu perkara, dan dia mempercayainya, maka sholatnya tidak diterima selama empat puluh hari.” (HR. Muslim 2230)

“Barangsiapa mendatangi tukang ramal atau dukun, lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka sesungguhnya ia telah kafir dengan wahyu yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu’alaihi wasallam.” (HR. Ahmad)

Tanda-Tanda Kiamat

Disembunyikannya waktu terjadinya kiamat ini sesungguhnya mengandung hikmah/maslahat (kebaikan) bagi manusia, diantaranya adalah agar manusia senantiasa bersiap-siap untuk menghadapinya, sehingga tidak bermalas-malasan dalam beramal. Tetapi dengan rahmat-Nya pula, Allah telah menjadikan kiamat memiliki alamat/tanda-tanda yang mendahuluinya, sekaligus hal ini sebagai bukti kenabian nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam sehingga keimanan kita akan kerasulannya semakin kuat.

Ulama membagi tanda-tanda kiamat tersebut ke dalam tiga bagian, yaitu:

1. Tanda-tanda yang telah berlalu dan telah selesai:

a. Diutusnya Nabi shallallahu’alaihi wasallam dan kematiannya, sebagaimana sabda beliau, “Jarak antara aku diutus dengan datangnya hari kiamat adalah bagaikan dua jari ini.” Beliau pun berisyarat dengan jari tengah dan jari telunjuknya. (HR. Bukhori dan Muslim)

b. Peperangan yang terjadi diantara dua golongan yang besar dengan dakwah yang sama, yaitu mereka sama-sama Islam. Yang dimaksud adalah peperangan antara ‘Ali dan Mu’awiyah radhiyallahu’anhuma. Dari Abi Hurairah, ia bekata,

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam telah bersabda, ‘Tidak akan tegak hari kiamat sampai berperang dua golongan yang besar, yang menimbulkan kematian yang begitu banyak, sedangkan dakwah keduanya adalah satu. Dan sampai munculnya para dajjal, yaitu para pendusta sebanyak tiga puluh orang yang semuanya mengaku sebagai rasul Allah (utusan Allah). Dan sampai diangkatnya ilmu. Dan banyak sekali gempa. Dan waktu berjalan demikian cepat. Dan tersebarnya berbagai huru-hara. Dan banyak sekali al-harju, yaitu pembunuhan. Dan banyak sekali harta diantara kamu, sampai harta itu melimpah ruah sehingga pemilik harta sangat ingin kalau ada orang yang menerima shadaqahnya, dan sampai orang yang memiliki harta itu memberikan hartanya, lalu orang yang diberikan harta itu berkata, “Aku tidak butuh dengan harta ini.” Dan manusia berlomba-lomba meninggikan bangunan. Dan sampai seorang melewati kubur orang lain lalu dia berkata, “Wahai, alangkah baiknya kalau aku saja yang berada di tempatnya.” Dan sampai matahari terbit dari tempat terbenamnya, maka apabila matahari telah terbit dari tempat tenggelamnya dan manusia melihatnya, merekapun beriman semuanya, maka yang demikan itu terjadi, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya yang belum beriman sebelum itu atau dia belum mengusahakan kebaikan pada masa imannya.‘” (HR. Bukhori)

c. Terbunuhnya amirul mukminin ‘Utsman bin ‘affan radhiyallahu’anhu. Berkata Hudzaifah radhiyallahu’anhu, “Fitnah yang pertama adalah terbunuhnya ‘Utsman……”

d. Berlimpahnya harta sehingga pemilik harta sangat ingin kalau ada yang ingin menerima shadaqahnya, telah terjadi pada khalifah Umar bin Abdul ‘Aziz.

2. Tanda-tanda yang telah terjadi dan terus berulang semakin banyak:

a. Munculnya dajjal-dajjal kecil yang mengaku sebagai nabi, banyaknya gempa, berlomba-lomba dalam meninggikan bangunan, waktu berjalan demikian cepat, tersebarnya berbagai macam kekacauan, seseorang menginginkan kematian karena putus asa dalam kehidupan dunia. Sebagaimana disebutkan dalam hadits abu hurairah di atas. Serta dalam riwayat lain, dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidak akan hancur dunia ini sehingga ada orang yang lewat di dekat makam, lalu ia bergulung-gulung di atasnya, dan berkata,’Duhai andaikan aku yang berada di dalam kubur ini!’ Padahal tidak ada agama padanya, akan tetapi ujian dan bala (maksudnya karena dahsyatnya cobaan).” (HR. Bukhori dan Muslim)

b. Berlomba-lomba memperindah masjid. Dari Anas ia berkata, telah bersabda Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, “Tidak akan tegak hari kiamat sampai manusia bermegah-megah dengan (membangun) masjid.” (HR. Abu Dawud)

c. Manusia semakin rakus pada dunia dan semakin jauh dari Allah. Dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Telah dekat hari kiamat, dan tidak bertambah (kemauan) manusia terhadap dunia melainkan semakin rakus, dan tidak bertambah (kedekatan) mereka kepada Allah melainkan semakin jauh.” (HR. Hakim)

d. Seorang muslim hanya memberi salam kepada yang dia kenal, tersebarluasnya perdagangan, memutuskan silaturrahim, saksi palsu dengan menyembunyikan saksi yang benar, tersebarnya pena. Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya dihadapan hari kiamat akan terjadi: memberi salam hanya kepada orang-orang yang khusus (yakni yang dikenal saja), tersebarnya perdagangan, sehingga seorang istri membantu suaminya dalam berdagang, terputusnya hubungan kekeluargaan (silaturrahim), saksi palsu, disembunyikannya saksi yang haq, dan tersebarnya pena (tulisan dan kitab-kitab).” (HR. Ahmad)

e.Diangkatnya ilmu, tersebarnya kebodohan dan banyaknya pembunuhan. Telah bersabda Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, “Sesungguhnya di hadapan kedatangan hari kiamat terdapat hari-hari yang diangkatnya ilmu, turunnya kejahilan dan banyaknya al-harju, yaitu pembunuhan.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Serta dalam riwayat lain, berkata Abu Musa, telah menceritakan kepada kami Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam,

“Sesungguhnya di hadapan hari kiamat akan ada al-harju.”

Aku bertanya, “Ya Rasulullah, apakah itu al harju?”

Beliau menjawab, “Pembunuhan.”

Lalu sebagian kaum muslimin bertanya, “Ya Rasulullah, sesungguhnya kami telah membunuh musyrikin dalam satu tahun sekian dan sekian.”

Maka beliau bersabda, “Bukan pembunuhan terhadap kaum musyrikin. Akan tetapi sebagian kamu membunuh sebagian yang lain, sehingga seseorang sampai membunuh tetangganya, anak pamannya, dan keluarganya.”

Lalu sebagian kaum bertanya, “Ya Rasulullah, apakah pada hari itu kami masih mempunyai akal?”

Maka Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam menjawab, “Tidak, bahkan akan dicabut akal kebanyakan orang pada zaman-zaman itu, kemudian yang ada adalah manusia yang seperti debu bertebaran ditiup angin dalam keadaan tidak mempunyai akal.” (HR. Ibnu Majah dan Imam Ahmad)

f. Tersebarnya perzinaan, minum khomr, sedikitnya laki-laki, dan banyaknya perempuan. Dari Anas, ia berkata, telah bersabda Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, “Sesungguhnya diantara tanda-tanda hari kiamat ialah: diangkatnya ilmu, mengakarnya kebodohan, diminumnya khomr, nyatanya perzinaan, banyaknya wanita dan sedikitnya laki-laki, sehingga perbandingan untuk lima puluh orang wanita yang mengurusnya hanya satu orang laki-laki.” (HR. Bukhori dan Muslim)

g.Amanah disia-siakan dan orang-orang bodoh dijadikan sebagai pemimpin. Dari Abu Hurairah, ia berkata, ketika nabi shallallahu’alaihi wasallam sedang berbicara kepada orang banyak, datanglah kepada beliau seorang Arab yang tinggal di desa (arab Badui), lalu ia bertanya, “Kapankah hari kiamat?”

Maka Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam terus saja melanjutkan pembicaraannya. Maka berkata sebagian kaum, “Beliau mendengar apa yang ia tanyakan, tetapi beliau tidak menyukai pertanyaannnya.” Sebagian yang lain mengatakan, “Bahkan beliau tidak mendengarnya.” Sehingga ketika beliau telah menyelesaikan pembicaraannya beliau bertanya, “Mana yang tadi bertanya tentang hari kiamat?”

Orang itu menjawab, “Saya wahai Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.”

Beliau menjawab, “Apabila amanat telah disia-siakan maka tunggulah kedatangan hari kiamat.”

Orang itu bertanya lagi, “Bagaimana disia-siakannya?”

Beliau menjawab, “Apabila urusan telah diserahkan untuk mengurusinya kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kedatangan hari kiamat.” (HR. Bukhori)

h. Menuntut ilmu kepada ahlu bid’ah. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, ” Sesungguhnya sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah dicarinya ilmu itu dari para ahli bid’ah.” (HR. Ath-Thobroni)

i. Ahli ibadah yang bodoh tentang agama. Dari Anas radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Di akhir zaman nanti akan ada ahli ibadah yang bodoh dan ulama yang fasiq.” (HR. Abu Nu’aim dan Hakim)

j. Datangnya hari dimana orang yang bersabar untuk beragama seperti menggenggam bara api. Dari Anas radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Akan datang kepada manusia masa dimana orang-orang yang bersabar untuk beragama, seperti orang yang menggenggam bara api.” (HR. Tirmidzi)

k. Orang yang paling beruntung di dunia adalah orang yang dungu. Dari Hudzaifah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan tegak hari kiamat sehingga manusia yang paling beruntung di dunia adalah luka’ ibnu luka’ (yaitu budak yang bodoh dan hina).” Maksudnya adalah manusia akan dipimpin oleh budak yang bodoh dan hina.

Bersambung insya Allah

Penulis: Ummu Muhammad Anik Rachmawati
Muraja’ah: Ust. Aris Munandar

***
Artikel muslimah.or.id

Sebarkan!
467 3 0 0 0 16
In this article

Ada pertanyaan?

58 comments

  1.    Reply

    terima kasih atas infonya..
    saya ingin sekali menambah pahala saya………

    terima kasih,karena link ini telah buat saya lebih sadar

  2.    Reply

    Bagus

  3.    Reply

    ya allah berikan lah petunjuk kepada hambah mu ya allah
    amin

  4.    Reply

    saya sbg orang islam tdk akan pernah percaya ramalan hri kiamat,karena hny allah swt yg tau kpn hari kiamat itu terjadi. tetapi bagi orang yg tdk beragama pasti apapun yg dikatakan oleh orang dia akan slalu percaya.

  5.    Reply

    tidak percaya 20102 kiamat

  6.    Reply

    akan aku jadikan hikmah dalam hidupku

  7.    Reply

    Ya Allah berikanlah aku petunjuk kepada Ridho-Mu, Janganlah Engkau Menguji ku dengan Ujian yang berat sehingga aku tidak sanggup untuk Memikulnya

  8.    Reply

    …saya msih blum fham yg AKAN DATANG D’MSA DI MNA MANUSIA YG SBAR
    UNTUK BERAGAMA sperti orng yg menggenggam bara api

    1.    Reply

      @ Muhammad
      Maksud dari kalimat,

      “Akan datang kepada manusia masa dimana orang-orang yang bersabar untuk beragama, seperti orang yang menggenggam bara api.

      Adalah karena yang terjadi pada masa itu islam begitu asing bahkan bagi pemeluknya sendiri. Ajaran islam yang lurus telah ternodai dengan berbagai kesyirikan dan bid’ah yang sesat sehingga orang yang berusaha beragama dengan agama yang dianut Nabi shallallahu’alaihi wasallam mengalami banyak cobaan, fitnah, kesulitan bahkan pengucilan jadilah ia seperti halnya penggenggam bara api. karena mayoritas manusia saat itu telah jauh dari ajaran islam yang lurus dan kebanyakan mereka menilai sunnah sebagai bid’ah dan yang bid’ah menjadi sunnah atau bahkan menilai tauhid sebagai syirik dan yang syirik mereka anggap sebagai tauhid. Allahulmusta’an.

  9.    Reply

    hidup akan mati dan kiamatpun pasti terjadi
    dan yg terpnting kita harus banyakin ibadah
    jngan sekarang aja sehabis baca artikel,
    namun harus dan lebih baik trus dan trus beribadah kpada Allah
    dan mnjalankan perintah Allah dan meninggalkan apa yg dilarang Allah swt.pasti godaan syetan akan slalu ada,namun iman kita harus lbih kuat.trus dan trus ingtin orang lain,untuk ingt kepada Allah.makasih
    atas artikelnya

  10.    Reply

    subhanallah mksih saudara ku.

  11.    Reply

    masyaalah sungguh sudah dekat kiamat itu,karena tanda2 kiamat sudah di depan mata kita bahkan mungkin kita sendiri yang mengalaminya….aku berlindung kepada allah dari dahsyatnya hari akhir..

  12.    Reply

    Subhanallah….Maha besar allah….. Mkacii eah,, Artikel ini sangatd bermnfa”t bagii Ummat Islam…. untugg mnjadii suatu Pengingat menuju kehidupannd eang akhan datang…?!@#$%^&*() :-)

  13.    Reply

    gempa terjadi di mana2 apakah mungkin suatu tanda2 kiamat,,??

  14.    Reply

    bagus skali kisah ya lw bisa yang terlebih terpernci…..
    memang kiamat sekang sudah dekat tapi kita tetap menjalan kan yang di perintah kan oleh allah,
    zaman sekarang manusia bayak lebih mengutamakan kedudukan,kegagahan,kecantikan,kekayaan.dan kekuasaan,ini dah salah satu penyakit manusaia,yang sering di katakan rasullah,tanda tanda kiamat kandatang………….

  15.    Reply

    Mha besar ALLAH ats segala kehendk x?
    Yg js lakukan saja apa yg trbaik utk hr ini..n strus y …..
    ALLAH itu brsam org2 yg sabr

  16.    Reply

    kiamat itu pasti akn terjadi..so,tugas kita adlah bersiap siap menyambut’y dgn berbekal amal slama hidup d dunia
    thanks tulisan’y..

  17.    Reply

    kiamat itu hanya allah swt yg tahu,klau ada ramalan kiamat yg akn dtng tgl,bln,& thn segitu,itu hanya utk mnakut-nakuti kita untuk lbh giat lg beribdh.jd jgn prcy…sm yg nmnya rmln,yg pnting kita hrs lbh giat lg beribdh…ok! allah swt melindungi kalian!

  18.    Reply

    astagfirullah ….
    aku semakin yakin jika hanya Allah lah yang hanya mengetahui segalanya…

  19.    Reply

    subbanallah…tanda2 sdh tampak, jlz dan nyata. spt gmpa2 sbntar2, bnyak yg mengaku2 sbg nabi, kemaksiatan dmane2, korupsi,pungli, pembunuhan. a’udzubillah mindzalikh..

  20.    Reply

    subhanallah,
    allahu akbar
    ssngguh y,hnya Allah lah yg thu kpn
    kiamat it trjdi,
    trmh ksih ats ad y artikel d ats,,
    biar smua org brtqw pd allah swt,,
    ammien, wslam,

  21.    Reply

    artikel yang mengingatkan kita akan datangnya hari kiamat, thanks

  22.    Reply

    Kiamat adalah hal Ghaib yg wajib kita imani bahwa yg nama’a kiamat pasti Terjadi, mengenai kapan akan terjadi’a kiamat tak ada yg tau karena Kiamat Rahasia Allah..”Razeki,peutumun,maut”semua nie rahasia Allah…jadi, saran saya mari sama sama kita mempertebal amal ibadah kita kpd Allah dgn mengerjakn yang ma’ruf meninggalkan yang mungkar..krn sesungguh’a Amal Ibadahlah yg menjdi sahabat sejati di akhirat nanti..amin ya rabbal a’lamin

  23.    Reply

    Kiamat, kiamat, kiamat…, sypa yg tau, akan dtagnya? Hnya Ia yg tau… ALLAH swt, “subhanallah… Ia yg memulai, maka Ia pula yg mengakhiri…”

    Asat-usut, rpanya Hidup manusia d dunia trnyata hanyalah utk mencari tau…
    Kpan dan kpan… Kpan akan trjadi…

  24.    Reply

    aduuuuuuuhh,, artikel ini membuat jantung saya berdebar……..

  25.    Reply

    subhanallah :(

  26.    Reply

    telah banyak dari tanda2 kiamat itu……..

  27.    Reply

    emang kiamat udah dekat……tuh liat aja di sekitar kita udah banyak tanda2nya…………

  28.    Reply

    dengan adanya artikel tsb,kita yakin kiamat pasti datang.perbanyaklah ibadah kita.tanda2 sudah mulai kelihatan,bencana dimana2,kerakusan manusia akan jabatan,kekayaan dll.perbandingan jml perempuan dn laki2 lebih besar.dll.wallahu alam.

  29.    Reply

    ya alloh sesungguhanya kami banyak dosa yaalloh ampunilah dosa hamba mu ini amien

  30.    Reply

    wdh…….

    low di pkir”…..gw mah mlh jd bingung……..

  31.    Reply

    jgn lah prcya pda ramalan,manusia gak kan prnah tau kpn trjadi nya kiamat,nabi ja gak tau????????
    knpa manusia sok tau…???????????
    yang tau hnya lah Allah SWT…..
    kita hrus pasrah,hidup mati hnya Allah yg tau….

    by:dian,intan….

  32.    Reply

    Izin Share ya,,
    Sukron

  33.    Reply

    aq cmn percaya kepada Allah karena sesungguhx dia maha Pencipta lagi maha penyayang

  34.    Reply

    sebagian besar sudah benar-benar terjadi di saat ini.
    “Aku bersaksi Tiada tuhan selain Allah dan Aku bersaksi Muhammad utusan Allah”.

  35.    Reply

    yang perlu adalah bukan mengetahui kapan hari kiamat terjadi akan tetapi bekal apa yang sudah kita siapkan untuk menyambut datangnya kiamat.
    semoga kita termasuk orang-orang yang mempunyai banyak bekal akhirat.

  36.    Reply

    sebenarnya hari kiamat tidak ada yang mengetahuinya, kecuali Allah Swt.

  37.    Reply

    subhanallah, rabbighfirli waliwalidaya walilmuminina yauma yaqumul hisab..

  38.    Reply

    asslmu,,,wwb sekarng pun telah nampak ang anda ktakn semua kta hnya menungu waktu nya saja,,,,,,,,,,,semoga artikel bpak menjadi pelajaran bagi kum umat islam,,,,,,amin,,,,,,

    saya sangat suka skali tentang artikel bapak,,,,,,,,,
    sangat22 suka,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    oh y,,,,,pak di percpat y,,,,,,smbnganya,,,,,,,,sya,masih,penegn bca artikel bpak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    waslam…….
    dafit afrianyo

    1.    Reply

      Wa’alaikumussalam, sudah ada kelanjutannya. silahkan membaca artikel berikut:

      http://muslimah.or.id/aqidah/kapan-kiamat-terjadi-2.html

  39.    Reply

    subhanallah, nafas ini tersengal-sengal membacanya…sadar banyak skali pertanda yg telah tjadi…ijinkan sy share di blog sy, agar bs dibaca yg lainnya ..

  40.    Reply

    subhanallah….
    ana minta ijin u/ share artikel ini y umm..
    biar yg lain bisa baca juga..

    syukron,

  41.    Reply

    kita sebagai umat wajib meyakini akan datangnya hari kiamat tersebut, dan kita juga harus selalu siap kpn hari kiamat tersebut akan datang…
    jd kita harus selalu mempersiapkan diri dari sekarang juga……..

  42.    Reply

    Terima kasih, semoga kita lebih taqorub lagi kepadanya amiiin.

  43.    Reply

    subhanallah..
    semoga banyak yg membaca artikel ini

    ana ijin share ya, Umm..
    sukron

  44.    Reply

    subhanallah,, maha suci engkau…
    kita bisa tahu kapan kiamat akan datang….

  45.    Reply

    ya Allah… memang kiamat pasti akan teradi, bahkan orang yang nonmuslim pun percaya akan teradinya kiamat. namun semakin banyak gembar gembor kiamat makin banyak pula maksiat yang teradi. semoga Allah tetap memberikan petunuk dan hidayahnya agar kita tetap istiqomah di alan-Nya..

  46.    Reply

    subhanallah artikel ini benr2 menyadarkan kita semua,semoga berka n bermanfaat.Amin…

  47.    Reply

    Nampaknya ciri-ciri kiamat telah tampak, namun kapan kita tahu. Bersiap-siap untuk itu perlu…terutama shalat, istiqfar dll

    Surya Afnarius
    Fakultas Teknik
    Universitas Andalas

  48.    Reply

    subhanallah mksih dh di post artikel’a n ini sbgai pengingat bhwa kiamat ntuu pzti kn terjadi eheheh