Wanita Sebagai Ujian

Dari Usamah bin Zaid, Rosulullah shollallahu’alaihi wasallam bersabda: “Tidak pernah kutinggalkan sepeninggalku godaan yang lebih berbahaya bagi kaum lelaki selain daripada godaan wanita.”

Perlu kita ketahui ukhty, fakta yang terjadi memang benar bahwa banyak sekali kerusakan yang telah timbul karena wanita yang tidak mengenali kemuliaan, kehormatan dan kesucian dirinya, sehingga menjadi wanita yang tidak bermartabat bahkan “murahan.”

Banyak kita temui para wanita yang menjajakan harga diri dan kesucian di jalan-jalan tanpa ada perasaan risih dan mereka menanggalkan rasa malunya, Mereka mengumbar nafsu para lelaki, padahal telah kita ketahui bahwa laki-laki itu sangat mudah tergoda (terfitnah) apalagi oleh perempuan yang berpakaian seksi, sehingga banyak timbul kejahatan karenanya, misalnya pemerkosaan, permusuhan, pembunuhan, bahkan sangat mungkin menyebabkan perbuatan syirik, seperti slogan yang ada “cinta ditolak, dukun bertindak.”

Fitnah lain yang mungkin ditimbulkan oleh wanita adalah fitnah harta dan kekuasaan. Wanita banyak yang tertipu dengan indahnya kehidupan dunia, suka bermewah-mewahan dan berfoya-foya. Lalu mereka mempengaruhi suami-suami mereka agar melakukan perbuatan haram untuk memenuhi nafsu dunianya, hingga banyak terjadi pencuriaan, perampokan, dan korupsi, karena laki-laki itu tidak ingin ditinggalkan wanita yang terlanjur dicintainya.

Wahai saudariku, mintalah pertolongan kepada Allah, agar kita tidak menjadi wanita penebar fitnah. Jadilah wanita mulia yang dapat mencetak generasi sholih untuk kejayaan agama islam, dan untuk keselamatanmu di akhirat kelak. Dengan apakah kita melakukannya wahai saudariku? Yaitu dengan mempelajari diinul islam yang haq, sesuai Al-Qur’an, As-Sunnah, dan pemahaman salafussholih, mengenai bagaimana beraqidah, bermanhaj, berakhlak, bermuamalah, berhijab/berpakaian syar’i, dan lain-lain dari seluruh aspek kehidupan kita.

Yang terakhir, perlu kita ketahui bahwa menuntut ilmu itu wajib bagi muslim & muslimah. Jadi, berdosalah bagi seseorang yang diberi kemampuan namun tidak mau menuntut ilmu. Semoga Alloh Ta’ala memberikan taufik bagi kita. Aamiin.

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

26 Comments

  1. www.muslimah.or.id says:

    1. Dina

    begitulah… keadaan wanita muslimah dewasa ini.
    saya sekarang tinggal bersama mertua di macedonia, di tetovo kebanyakan adalah muslims albania. tapi… sangat jauh dari agama. wanita juga tidak berhijab, suka berhias didepan umum, bid’ah dan sihir dimana-mana. Ya Allaah selamatkanlah aku dan keluargaku beserta kaum muslimin dari tipu dunia. Dan mudahkanlah kami dalam mempelajari Ilmu agama dan tegak diatas manhaj salaf. amin.

    2. delina

    assalamu’alaikum
    saya selalu gelisah setelah banyak membaca hadis mengenai wanita. Terkejut, karena terkesan hadis-hadis tersebut terkesan seolah-olah wanita adalah makhluk yang jahat. Astaghfirullah, mudah-mudahan Allah mengangkat kebodohan dari saya.Ameen.
    banyak yang belum saya mengerti mulai dari hak seorang istri yang telah dicerai, Rasulullah saw menjima budak wanita, dilarangnya wanita menolak madunya, dll. Mungkin ilmu saya belum sampai. Sungguh tiada enak jika kita tidak banyak tahu agama.

    wa’alaikumsalam wr wb

    Jawaban muslimah.or.id:
    Waalaikum salam warohmatullah wabarokatuh
    Alhamdulillah, semoga Allah memudahkan ukhti dalam memahami agama dengan metode dan pemahaman yang sesuai dengan pemahaman salafus sholih. Ukhti, derajat seorang wanita sangat sangat tinggi di dalam Islam. Dalam Islam, seorang wanita diperlakukan secara istimewa, dan ini sangat berbeda dengan anggapan aktivis “Bra Burning”/kaum feminis yang menganggap Islam merendahkan kaum wanita, dan tentu saja anggapan mereka tersebut didasarkan pada pengetahuan mereka yang sangat minim tentang Islam. Barokallahu fiiki…

    3. Ummu Aufa (Admin) to delina

    Subhanallah ukhtiy, bisa dirasakan betapa sulitnya berjalan diatas manhaj salaf dan mempertahankan kaidah-kaidah syar’i disana. Berusahalah semaksimal mungkin untuk mendatangi majelis-majelis ilmu yang mengkaji agama sesuai dengan pemahaman salafus sholeh karena itu salah satu cara untuk menjaga tegaknya agama. Dengan ilmu kita bisa terhindar dari syubuhat yang menyesatkan dan dengan ilmu pula kita bisa membedakan mana yang haq, mana yang batil. Semoga Allah selalu menjaga agama dan iman kita hingga tiba waktu perjumpaan dengan-Nya.

    4. Aswad

    Jangan termakan pengaruh2 orientalis yang sengaja membuat Islam terlihat menjijikkan di mata ummatnya sendiri. Maka ihtimamlah terhadap menuntut ilmu syar’i, karena barang siapa Allah inginkan kebaikan kepadanya, maka akan Allah pahamkan ia terhadap ilmu syar’i.
    Insya Allah, saat antunna belajar ilmu syar’i niscaya antunna akan faham betapa indahnya Islam itu.

    5. Hazin

    hmm…semoga situs ini tetap bisa eksis. khususnya dalam artikel agar bisa selalu ditambah yang baru.
    semoga saudara2 di salafy khususnya para akhwat agar tidak hanya mengetahui ilmu akan tetapi juga mengamalkannya. tidak hanya mempraktekkan dalam perkara aqidah dan ibadah semata tetapi juga dalam masalah akhlaq. jangan lupakan akhlaq wahai ukhti fillah.

    6. Dwi

    Assalamualaikum wr.wb

    Fenomena seperti itulah yang selama ini membuat hati saya ternyuh.Semoga dengan kondisi seperti ini kita (kaum muslim)dapat mengambil hikmahnya.Semoga kita semua bisa lebih dekat dengan Allah dan menjadi manusia yang paling mulia disisi-Nya.Amien.

    Wassamualaikum wr.wb

    7. leli

    pujian bagi wanita sangat tinggi “sebaik-baik perhiasan dunia” jika dia sholihah.celaannya juga tinggi”kebanyakan penghuni neraka” semoga kita bisa jadi yang pertama

  2. ibrahim says:

    semoga allah memberi apunan dan menujukan jalan yang lurs dan ia ridhai untuk semua pria muslim dan wanita muslim di dunia ini……..amin

  3. aboelayla says:

    Dan tugas kitalah semua sebagai pengemban risalah untuk banyak-banyak berwasiat atau lebih sering menasihati mereka dengan cara yang baik dan lemah lembut. Karena seringkali fenomena ini terjadi adalah bukan karena kesalahan mereka kaum wanita secara mutlak, bisa saja disebabkan karena para orangtua atau wali-wali mereka enggan melarang mereka dari berbuat kemungkaran-kemungkaran tersebut. Sebagaimana firman Allah : “Jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka”, maka sudah sewajibnya bagi kita untuk memberikan nasihat kepada siapa saja wanita yang ada dalam keluarga kita sesuai dengan kemampuan kita untuk menyampaikan kepada mereka tentang Islam yang benar, terutama dalam masalah berbusana muslim yang baik, yang sesuai dengan tuntunan syariat Islam yang murni. Wallahu A’lam bish Shawab

  4. Mil says:

    aku juga ingin menjadi perhiasan yang paling baik di dunia, ternyata aku tak sendiri… SEMANGAT!!

  5. Rini afnitasari says:

    Sangat bagus sekali.Subhanallah isiny sangat membantu saya dalam memahami islam.Saya mau tanya soal hukum berjabat tangan antara laki2 dan perempuan,makasih

  6. Agin says:

    Sangat bagus ,untuk meluruskan dan mengingatkan kita kaum perempuan untuk selalu mawas diri, tapi sy kira saya kira kita juga tdk bisa 100 % menyalahkan perempuan yang tidak tahu kehormatan dirinya”. Karena saat ini banyak sekali kaum laki2 yang diberi kemuliaan untuk memimpin tapi tidak becus mengurus rumah tangganya, banyak laki2 yang sibuk cari ilmu agama disana sini tp tak pernah membagi ilmu dengan istrinya,banyak sekali laki2 yang sudah tak punya kehormatan dengan mnjual kehormatan isterinya kepada laki2 lain untuk kepentingannya, banyak ” bapak” yang tidak bisa jadi pemimpin anak2nya, banyak laki2 yang tak malu menjejali perempuan dengan “yang disebutnya dalil2 agama”yang semata2 diperuntukkan hanya untuk kepentingan egonya, tapi siapa yang mencela mereka??!! tidak banyak lho yang mengingatkan apa kewajiban mereka, apa tugas mereka, sebagaimana cara2 Rasullullah mendidik istri2 nya. Sy kira banyak laki2 sekrang yang jauh dari “harapan”, tapi lagi-lagi yang banyak dihujat adalah “Wanita” . Yah…Semoga setiap wanita akan mendapatkan suami yang sholeh,bisa jadi isteri2 yang sholikah, istri 2 yang kuat, yang bisa menjadi tameng para suami dari dosa.

  7. Diyanah says:

    salam. pendapat tentang perempuan yang suka bising di khalayak ramai.seolah-olah ingin menunjuk-nunjuk.

  8. nainawatizakiyah says:

    Subhanallah……..sebuah ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya.
    Izin share ya…….???

  9. Albar wibiyanto says:

    Memang di antara 3 “Ta” wanitalah godaan yg terberat….

  10. mufti says:

    Wahai para istri, jgn lah engkau meminta lebih dr kesanggupan nafkah yg telah di berikan olh suami mu. Karena rezki yg di dpt olh suamimu itu adalah berkah/halal. Dan jgnlah bnyk menuntut dr suami mu.

  11. ummu musa says:

    assalamualaikum,..afwan ijin shar

  12. Nurul AD says:

    saya setuju dg artikel nya.. :)

  13. Nina says:

    setiap kita memiliki masa lalu sehitam apapun masa lalu itu Tuhan tetap membuka tangan Nya dan memumtun kita untuk kembali padaNya karena pintu maaf tak akan pernah tertutup

  14. salsabila says:

    sebelumnya ana mnta maaf. tapi alangkah baiknya untuk mengutip hadist, periwayat (arrowi)nya juga dicantum. dengan demikian kita lebih yakin dengan keabsahan hads. bukan berarti disini ana meragui kualitas hadis tsb. banyak maaf dari ana

  15. iramardanimanurung says:

    Saya selalu berdoa kepada Allah SWT agar saya menjadi istri sholehah dan diberikan kesabaran dalam mengarungi kehidupan rumah tangga yg serba pas – pasan agar saya tidak termasuk salah satu ujian berat bagi suami saya sehingga dapat mendidik anak – anak saya menjadi anak yg sholeh dan sholehah.Menuntut ilmu itu sesuai dengan anjuran Rasulullah ” Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat ” , ” tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri cina “, dengan ilmu segala amalan dapat dikerjakan dengan benar, karena ilmu yang bermanfaat dapat menolong kita di akhirat kelak.

    • @ iramardanimanurung

      Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabulkan doa Saudara. Amin.

      Adapun tentang kutipan yang Saudara cantumkan, “Tuntutlah ilmu sampaik ke Negeri Cina,” itu merupakan HADITS BATIL (sebagaimana yang disebutkan Syekh Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Adh-Dha’ifah, no. 6255) , sehingga sepatutnya kita tidak menganggap bahwa perkataan tersebut sebagai hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta tidak menyebarkan di tengah masyarakat.

  16. Nurhidayah says:

    Izinkan ana share artikel ini di laman ana…Moga bermanfaat & sentiasa dalam rahmat Allah… InsyaAllah..

  17. lukman mokodompit says:

    nasehat adalah manfaat buat manusia untuk menuju ridho allah swt,,,sehingga ujung-ujungnya,,,surga

  18. iRma says:

    Assalamu’alaikum
    bgitulah keadaan skrg.. Masih byk Gajah ( Gadis Jahiliyah ) mnggoda.
    naudzubillahimindzalik..

  19. wiwit purramaranti says:

    mdh2an kita semua bs menjaga generasi penerus kita agar tidak merusak kaum lelaki, dgn mendidik anak perempuan kita dr kecil tuk diperhatikan teman2 dlm pergaulannya, dan jg berusaha menjaga cara mrk berpakaian dr kecil, krn semuanya itu dimulai dr rumah….

  20. dewi says:

    IJIN copas yah ukhti buat sbarin info nie.

  21. felianna murdiati says:

    semoga para wanita mau meneladani wanita-wanita yang Tangguh seperti Asiah istri Fir’aun,Masitoh,Hagar istri Nabi Ibrahim bersama Ismail berjuang di Mekah,Sarah Istri Nabi Ibrahim rela berbagi demi kebahagiaan suami, Maryam menjaga kesucian dan kehormatan Siti Khadijah Istri Rasulullah saw merelakan hartanya untuk berjuang demi menegakkan kalimat Allah dan lain2 mereka

  22. surtiman says:

    assalamu’alaikum.. .
    q seorNg yg hidup d’masyarakat yg kBanyakan melakukan k’musrikan daN bid’ah.. .
    do’akanlah q n kluar
    gaku agar terjauh dari smua itu….

  23. Zakiyyah says:

    Alhamdulillah.

  24. YANI says:

    Assalammu’alaikum…

    Bagaimana jika seorang wanita yang menganggap bahwa dirinya adalah seorang muslimah tapi pada kenyataannya dia terpikat dengan seorang lelaki dan telah mengetahui bahwa lelaki tersebut telah memiliki istri dan anak, tapi karena si lelaki tersebut berdalih bahwa hubungannya dengan si istri sedang bermasalah, maka apakah pantas seorang wanita muslimah ini mencoba memberikan perhatiannya kepada lelaki tersebut dan berusaha masuk ke dalam kehidupannya sehingga si lelaki memutuskan untuk menceraikan istrinya untuk tetap bisa bersama si wanita tersebut? Saya pernah membaca sebuah hadist,, “bahwa sebenarnya setan dalam diri seoarang lelaki ada pada pandanganya, hatinya dan kemaluanMnya. Sedangkan setan dalam diri seorang wanita ada pada pandangannya, hatinya dan sikap lemah lembutnya.” Mohon penjelasannya!

  25. home learning says:

    Buat Yani ‘Seorang lelaki yang baik tak akan menceritakan keburukkan isteri atau menceritakan masalah dengan wanita lain y tiada kena mengena dengannya.Di sini jelas bahawa lelaki y baik walaupun mahu berpoligami pasti menganggam erat rahsia jsteri kerana isteri adalah pakaian bagi suami begitu sebaliknya.

Leave a Reply