TIPS Menghilangkan Malas

Disusun ulang oleh: Ummu Aufa

“Tugas kuliah masih menumpuk di meja, Menghafalkan surat, yah…… hanya dapat ayat pertama saja sudah bosen, mau membaca tetapi mengantuk akhirnya buku-buku kajian beralih fungsi menjadi bantal, kasur empuk selalu menyapaku di malam hari, hmm… apa yang bisa diperbuat agar malas jauh dari diriku?! Akankah hidup yang bagaikan musafir ini disia-siakan begitu saja? Tidak… tidak boleh hal itu terjadi padaku, aku harus bisa memusuhi 5 huruf itu yaitu MALAS.”

Malas bisa kita hindari ketika ia datang menyerang kemauan dan semangat kita, di bawah ini ada beberapa tips antara lain:

  1. Membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang.
  2. Mengubah posisi duduk ketika membaca. Misalnya dari duduk berubah menjadi berdiri, namun disarankan jangan dari duduk terus berbaring bisa berbahaya atau bisa kebablasan tidur.
  3. Berpindah dari ruang baca ke kamar yang lain. Kalau sebagai anak kos bisa disiasati, berpindah dari kamar kita ke beranda kos, ruang tamu atau bahkan bisa juga ke dapur.
  4. Menghirup udara yang segar dengan cara berdiri di dekat jendela atau membuka jendela-jendela kamar lain untuk menambah kesegaran. Sebagai anak kos bisa disiasati dengan menciptakan aroma terapi, misalnya dengan menyemprot ruangan dengan wangi-wangian dan jika ada kipas angin, bisa menyetel kipas untuk menyebarkan wangi-wangian tersebut ke segala ruang. Karena mungkin tidak semua anak kos mempunyai jendela kamar.
  5. Berjalan-jalan sebentar di sekeliling rumah. Bisa diganti dengan kegiatan yang lain misalnya merapikan rak yang berantakan, atau kegiatan yang lain yang bisa menggerakkan otot-otot kita.
  6. Berbincang-bincang sebentar dengan keluarga atau teman sekos namun mengenai hal mubah bukan keharoman. Hati-hati jangan sampai lupa tujuan utama dalam berbincang-bincang yaitu untuk menumbuhkan semangat, bukan untuk ngobrol bahkan meng-ghibah.
  7. Berdiri membuat secangkir kopi, teh, susu atau juice untuk menghilangkan kebosanan dan menjernihkan akal.
  8. Mengubah kegiatan ketaatan. Misal bosan menghafalkan surat berganti dengan membaca, jika membaca bosan bisa diganti dengan mendengarkan kajian lewat CD.

Itulah beberapa tips agar kita tidak terjauh dari penyakit malas. Akan tetapi yang paling utama jangan sampai kita lupa berdo’a agar Alloh senantiasa memberi kita semangat dan agar menjauhkan diri kita dari penyakit malas tersebut. Wallohu A’lam bishowab.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi penulis ataupun bagi pembaca. Selamat tinggal Malas…

Maraji': Kaifa Tatahammas

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

227 Comments

  1. www.muslimah.or.id says:

    1. Ibnu Syarif

    Jazaakumulloh khoir atas informasinya, mudah2an bisa diamalkan. Biar gak gampang bosen….

    2. salma

    ahsantiy, Ummu Aufa…

    jangan lupa juga untuk mengingat tujuan akhir mengapa kita tidak boleh malas…

    bukankah kemuliaan hanya dapat dicapai dengan usaha keras? ridho ALLOH tidaklah dicapai dengan bersantai dan sekedar mengharap, tanpa ikhtiar..

    kelelahan hanyalah secuil permainan.
    bila diri merasa lelah, disanalah letak semangat.
    bila diri telah bersemangat maka disanalah letak kebahagiaan….

    semangat dalam perkara yang dicintai dan diridhio ALLOH..

    3. M. Aris

    Cukup bagus, Saya rasa tipsnya bisa dicoba.

    4. M. Sholeh

    Sangat menarik, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi saya. Sukron katsiron.

    5. khansa’

    yuppp jazakillah khair bagus deh artikelnya mudah2 malasnya berkurang..amin

    6. Dewi

    Jazakillah ukhti…
    sangat bagus…
    ana mau nanya..
    apakah wajar jika seseorang mengalami kemalasan yang sangat tapi…hal itu tidak bisa diatasi oleh apapun??karena ana sering ngerasain seperti itu..

    7. yuli

    Jazakillah Ummu Aufa, insyaallah bermanfaat dan bisa dicoba untuk diamalkan

    8. ummu aufa

    Untuk : Saudariku Dewi

    Kemalasan tidak bisa dihindari bagi seorang yang mempunyai aktifitas misalnya seperti kita penuntut ilmu.

    Malas adalah kecendrungan bagi kita untuk enggan melakukan kegiatan baik kegiatan yang besar bahkan untuk hal yang kecil. Nah diartikel ini adalah kemalasan belajar. Saudariku bukan berarti yang menyusun artikel ini sudah tidak mengalami kebosanan, bosan ada namun sewajarnya kita segera mencari cara untuk berlari menjauh dari kebosanan tersebut. Sulit….??? tergantung diri kita. Kalau kita mau maka kita akan mampu. Dan berdoa agar ALLOH selalu menjaga keistiqomahan kita hingga akhir nanti.
    Semoga Saudariku ini dimudahkan untuk mengatasi kemalasan yang melanda.

    9. Muhammad Rizal DY

    Sangat bermanfaat ya ukhti. Barakallahu fiik.

    10. Wafa

    syukron atas tipsnya
    i’Allah bermanfaat untuk kita semua

    11. riza isnani

    alhamdulillah akhirnya ana menemukan tips ini semoga dapat membantu ikhwah yang lain yang dalam keadaan malas,jazakumullah khairan katsiran

    12. Abu Yusuf

    nice..,really nice

    13. yuud baaz

    Jazakallah khoir kstira,
    atas Trik-triknya agar ga males, simpel dan mudah tu di terapkan (di lakukan). ingat jalan kita masih panjang.
    boleh MALES kalo kita udah SUKSES, tapi ga ada orang SUKSES yg PEMALAS.
    do’anya mo UJIAN nih.

    14. E.Ratna

    Jazaakillah khoir atas tipsnya… InsyaaAlloh bermanfaat… Semangat!!!musim ujian kan? Bagaimana jika ada teman yang menghilangkan malas dengan mendengarkan music? Alasannya karena jk m’dengarkan kajian malah ngantuk? Gmn tuh? Syukron…

    15. Ima

    Hilangkan malas? Bergaul dengan orang yang sedang rajin. Insya Alloh akan menggugah semangat kita lagi.

    16. diaz

    ass,
    terimakasih ukhti atas tipsnya……

    17. vika

    syukron ats tipsnya….=)
    ini psti sgt mbntu ^_^

    18. abu muslim

    buaguuu…..s!!!!

    19. rizki

    bisa kirim tips biar kita gak jd orang malas…?

    20. Qrana

    duh pusing

    21. joe

    thanks ya tips ini insyaallah akan lebih memotivasi aq amien……

    22. nia

    ukhti…syukron tips nya ya
    mudah2an ikhwah sekalian tak hanya semangat saat membacanya sekarang
    tapi selalu ingat tips ini setiap saat- saat kemalasan itu datang…^_^

    23. qorina

    assalamu’alaikum
    sukron ukthi atas tipsnya,tapi…, ukhti afwan, sebelummnya saya sudah mencobanya tapi masih saja hal trsb kambuh lagi. selalu,tiap kali akan mengerjakan amal baik terutama belajar dan lebih parah lagi membaca al quran saya merasa tidak menyukainya so malas. lalu apakah itu berarti saya bukan termasuk orang2 yg beriman, padahal saya sudah mengusahakannya. orang yg beriman itu salah satunya gemar membaca kalamullah. jadi bagaimana ukhti, saya ingin sekali disayang Allah.

    24. jajang

    hay’ gw jajang gue mau manya ni gimana si caranya jauh dari kemalasan, kebosanan dan kebodohan.

    25. emilda

    asslam….

    subhanaAllah ternyata web muslmah.or.id, keren abis…aku bru liat pertama ini:)

    komentar: ok bgt tipsnya, yakin jika ada kemauan n kerja smart insyaAllah semua berjalan lancar, toh kalau ada ombak dan duri yang menghadang itu sangat wajar, so keep istiqomah aja :)

    c..u next time

    wasaslam….

    26. abu harits

    alhamdulillah… Semoga bermanfaat bagi kita semua..

    27. retno

    ^_^

    28. zafirah

    makasih dah ngasih tips nd tricks nya,, soalnya ana punya penyakit males gak ketulungan,, mudah-mudahan berguna ya! he he!

    29. intan

    bagus sekali caranya,moga penyakit malas dapat diatasi

    30. Donna

    Lucu sih …? tapi saya suka.

    Terimakasih.

    31. Ukhti Nita

    Jazakumullah atas tipsnya,semoga bisa ana aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari ana,,,

    32. leli

    kalo berpindah dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya karna bosan mang ga papa yach? soalnya ada ustadz yg ngelarang,kadang buku yg dibaca belum selesai tapi udah bosen duluan & tertarik sama buku lain tapi selama bermanfaat untuk akhirat ga paa kali yach….

    33. Ummu Aufa

    Ukhti leli :
    Saya ingin sedikit membagi apa yang telah saya baca, mengenai memahami suatu buku sebaiknya diprioritaskan salah satu buku terlebih dahulu jika bisa diselesaikan dan dipahami dan diambil manfaatnya, karena kita tidak akan mendapat apa-apa jika sering berganti2 buku karena bosan. Mungkin bosan bisa diatasi dengan membaca buku-buku yang lain yang lebih ringan sebagai selingan (untuk merefresh semangat)namun tetap saja harus kita prioritaskan satu buku dulu.

    34. fitri

    mudah- mudahan bermanfaat bagi saya khususnya. karena penyakit ini benar-benar mengganggu saya dan otak saya sepertinya menjadi tumpul. kalo bisa mohon dikirimkan inormasi lagi ke email saya apabila ada informasi yang berkaita dengan psikologis atau pengetahuan ESQ. trima kasih

    35. herry

    Hasil yang baik itu akan dapat diperoleh manakala kita selalu berusaha keras,insya Allah.

    36. nelvi

    assalamu’alaikum warohmatulloh

    ukhti…
    kenalkan nama ane nelvi

    tulisan antum buagus en insya Allah bermanffat

    untuk itu ane juga pingin menyebarkan manfaatnya ke saudari2
    yang lain

    biar penyakit malas pergi dari kita semua

    so, ane minta izin ya tuk ngopy

    juga sekalian izin untuk ngopy artikel bagus lainnya di lain waktu

    jazakillah khoiro

    salam ukhuwah

    keep spirit and istiqomah on the right way…….

    37. nunu

    ya insyALLAH akn ku coba tipsnya sbelumnya makasih ya ats tipsny.

    38. prita

    Hmm… terima kasi atas sarannya, ukh..
    Huft.. knp ya rasa malas ga pernah jemu menggelayut di diri ini..
    harus semangat.. harus semangat untuk meraih kesuksesan tanpa rasa malas. amiien

    39. zainab ummu Aisyah

    nah yang akhir tuh yang paling penting Ukh ummu aufa!harusnya di tulis dengan huruf besar atau di huruf mirng….gitu….gimana?!yuuuuk smua kita harus bersemangat jangan MALAS!

    40. mala

    thank tips’y…!!!
    Mg2 ja brmanfaat “amien”

    41. niya

    Teori memang lebih mudah daripada praktek.

    harus dengan kesungguhan tinggi untuk menghindari malas.

    “Dilarang malas”
    cam kan hal ini baik-baik
    perlahan lah wahai saudara seimanku,.

    terus maju, walau selangkah.

    atau

    akibat dan dampak negatif malas akan membuat Anda menyesal,mengeluh, dan menjadi manusia yang tidak berfikir.

  2. anung says:

    wah, pas bgt mbak..
    lg down semangatnya..
    tugas kuliah buanyak, deket deadline lg

  3. dede says:

    susah emang ngindarin yg namanya dah males.
    apalagi kalo lingkungan gk mendukung!!!!!

  4. alhiko says:

    Jazakallah tipsnya, ini sgt bermanfaat buat ana yg lagi mo nyusun proposal thesis, krn akhir2 ini koq rasanya agak males aja nyentuh bahan2 penyusunan thesis.
    Boleh khan Ane sebarluasin tips ini di blog ane ? Thanks
    Smoga situs ini makin berjaya di dunia maya… Amin.

  5. Ikhwan says:

    Syukron katsiron jidan, ada gak tips yang lain. Soalnya tips itu dah sering qu coba, tapi….. aqu rasa malas itu masih menghampiri qu bEteeee buanget !!!!

  6. muhamad says:

    sipoo!!!
    aku coba iy…..hehe
    tQ…. ^_^

  7. Kemal says:

    Assalamu’alaikum Wa Rahmatullah Wa Barakatuh…Alhmdllh,mksh banyak ats tipsny ^_^ akn q coba dech tipsny,mdh2an q bs mngalahkan rasa malas itu.Q bnr2 ngrasa kalo malas itu adlh monster yg mngacak2 bathin q,cieh…Ya mdh2an kdepanny monster itu ga sebuas sekarang,hehe…Mksh buanyax y tipsny…Lam knal aja ya…Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullah Wa Barakatuh…

  8. Hanadhiya says:

    Assalamu’alaikum.wah…boleh juga tuh tipsnya, eh tapi terkadang kalau lagi butek/ suntuk, kesel, jadinya malas, mudah2an gak malas lagi deh

  9. Annisa says:

    Alhamdulillah tipsnya tepat baget untuk anak kuliahan, yang sering malas untuk kerjakan tugas2 yang seabrek.. Sukron…

  10. Rakhma says:

    Asslm.
    afwan bagaimana hukumnya tentang jilbab gaul itu?terus bagaimana ciri-ciri jilbab gaul tersebut?syukron.
    Wasslm.

  11. ahmad says:

    daripada ukhti pengen tahu bagaimana jilbab gaul mendingan bagaimana jilbab yang sesuai dengan syariat
    http://muslimah.or.id/nasihat-untuk-muslimah/jilbabku-penutup-auratku.html

  12. yulian says:

    sekarang kan sedang bulan Ramadhan……..malesnya nambah,apalagi setelah sholat subuh.ngantuk banget.Ana bener-bener lagi ngalami futur ditambah ana yang belum memiliki kesibukan apa-apa,rasanya kurang ada semangat dalam hidup,takutnya malas yang berlarut-larut ini bisa menyebabkan kekufuran pada Allah,sifat putus asa dan dampak buruk yang lain.Ya Allah tolonglah hambaMu ini………bisakah minta tips bikin homework berupa kerajinan tangan yang ringan dan bisa menghasilkan..jazakillah

  13. Huzny says:

    Tips y dh bgs bngt,..Tgl ane coba…

  14. Silfi says:

    Aritkelnya bagus. Semoga aku dapat melaksanakan dengan baik

  15. Nevy _gatsu says:

    Hatur nuhun, saran’y buaguz pizn. Mpe tmn2 pda hran dgn perbhn mles w. Se x gie thxs bgt. Wslm

  16. irianto says:

    makanya jangan malas loe…..tahu kan akibatnya???

  17. Yana says:

    keep spirit of jeehad fi sabilillah……………..

  18. Desi t.S says:

    Bgi dunk tips biar gk mlz,biar bngsa indonesia menjadi negara yg mju.

  19. rdho says:

    Saya sdah adda niat bwt berubah…
    udh ada motivasi…
    tp knapa sifat malas tidak hilang ???
    Bahkan saya rasa tdk ada perubahan dlm diri sya !!!!!
    GMn dunk ??

  20. bagus juga. saya jadi pingin ikut bergabung

  21. sabiel says:

    alhamdulillah , hazihi lmaqolah yusaa’ iduni lilmuqobalatil imtihan ,syukron jazilan .

  22. kurniawan says:

    Subhanallah…ternyata masih buanyak orang2 mukmin yang mau berbagi ilmu………….

  23. ira says:

    salam kenal qu jg pengin lihat2 artikel yang bnayk manffatnya

  24. ira says:

    ass. sukron

  25. putri says:

    assalammu’alaykum
    afwan sebelumnya, ada yg harus di ralat “5 kata” seharusnya “5 huruf” untuk kata “malas”. ^_^

  26. margareth says:

    Setau gw “MALES” itu 5 HURUF…bukan 5 KATA….diperbaiki lah kata pengantarnya itu…… bikin orang tambah MALES bacanya…..hehe…

  27. dimaz says:

    sukron yach…

  28. Arifin says:

    Makasih tips nya very good.
    Ku mo nanya.
    Gimana motivasinya supaya menghilang sifat malas di dalam diri kita?.
    Replay ke emaiku ya.
    Thanks

  29. tiwi says:

    ….hmm…sukron…
    ….mga bsa jd…
    …motivasi bwt sy….amin…>=)

  30. tri my says:

    semangat mari kita libas si-malas !!!
    allohuakbar !..

  31. faristy says:

    MALAS………………
    1 kata yg sllu hinggap dlam diri Q…………….
    Maunya sih sllu rajin tp rsa tu sllu dan sllu hinggap dlam diri Q……………
    thank’s wat tipsnya… Ntr tak coba dech……………
    Truz berkarya…………………..
    :)

  32. Rhima says:

    artikel yang bagus.. semoga bisa saya amalkan amin….

  33. linda says:

    aslm…
    smg tipsnya bermanfaat bwt qt semua…
    thanx’s……

  34. ditta says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    y memang malas tu selalu meLekat dkita dann emg susH bgt buat ngilangnnya tapi stlh bc” tipsnya bole jg tu dcoba cZ aku serng bgt malas bLjr…..
    makasi y…

  35. ozzzaey says:

    thank you for this article , [is] very useful

  36. ifah says:

    wah khoir khoir bs dicoba niech
    lakinna yang namanya malas tu bener2 seswatu yang sulit bgt tuk di usir dari dlm diri Q

  37. ifah says:

    oz lam kenal smua.

  38. Wulan says:

    Aslm,ak mta motivasi bwt g mlez bljr dunk.sblmny SuKrOn…

  39. rahmayani says:

    ehmmmm…MALAS yach emang sih susah koq udah jadi temen deket,malas adalah kunci tertundanya segala sesuatu,kalau dah tertunda akhirnya gagal kalau dah gagal pasti kecewa,siapa sih org yg mau kecewa,tetapi kecewa itu ga akan datang kalau ga di undang,ya kalau ga mau jangan di undang,mudahkan,ikut aja dengan ketentuan waktu tapi iringi dengan do’a,insya Allah……!

  40. andikartito says:

    menurut ana cara yang paling jitu untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan mengetahui manfaat dari apa yang kita lakukan. oleh karena itu hendaklah ketika kita akan melakukan sesuatu harus mengetahui manfaat dari perbuatan tersebut. tulis sebanyak-banyaknya manfaat dari sesuatu yang akan kita lakukan.

  41. Achmad alwasim says:

    Jangan jadi orang malas

  42. mia rahma says:

    hmmm…akulah orang termalas didunia ini…tpi akan kucoba ti ini.

  43. kiki says:

    ya allah bagus sekali

  44. rado says:

    bawguez bawnet dech pkug.na

  45. Anggraeni says:

    semoga tips tadi berguna dan dapat mengatasi kemalasan tersebut

  46. nurhaida says:

    assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    malas itu tidak suka mengerjakan segala sesuatu hal yang semestinya harus dia kerjakan .
    terima kasih atas jabarannya …………
    sehingga saya lebih mudah untuk mengerjakan pr.

  47. penthenk says:

    thx’s tips’na eah.

  48. silvicantik says:

    assalamu@laikum..
    Boleh ya ikutan koment…
    Ketika malas datan9 menyerang yg aku lakukan adlh menepuk2 tangan layak’y nontn prtandingan, stlh mnepuk tgn lalu aq lanjutkan dgn bilang sEmaN9at….!!! SeMAn9aT….!!! Baru dech lakukan kegiatan sprti biasanya…..

  49. achmad arief says:

    itu sama aja dipaksakan …..nah yang jadi problem bagaimana klo kita selalu di datangi rasa males itu bis bangun tidur ….tpi kita sadar yang kita lakuin itu rasa males…yang jadi pertanyaan bagaimana seseorang bisa melakukanya dengan tidak memikirkan ach cape ach males…nah dia itu penuh dengan hati? mungkin klo ada doanya bisa dibantu

  50. Latief says:

    Syukran katsiran k’ ummu aufa atas tipsx. Smoga bisa sy amalkan…
    Klo kta sdah brusaha, tinggal ALLAH yg mnentukan…!! d: )
    jazakillah khair…

Leave a Reply