TIPS Menghilangkan Malas

Disusun ulang oleh: Ummu Aufa

“Tugas kuliah masih menumpuk di meja, Menghafalkan surat, yah…… hanya dapat ayat pertama saja sudah bosen, mau membaca tetapi mengantuk akhirnya buku-buku kajian beralih fungsi menjadi bantal, kasur empuk selalu menyapaku di malam hari, hmm… apa yang bisa diperbuat agar malas jauh dari diriku?! Akankah hidup yang bagaikan musafir ini disia-siakan begitu saja? Tidak… tidak boleh hal itu terjadi padaku, aku harus bisa memusuhi 5 huruf itu yaitu MALAS.”

Malas bisa kita hindari ketika ia datang menyerang kemauan dan semangat kita, di bawah ini ada beberapa tips antara lain:

  1. Membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang.
  2. Mengubah posisi duduk ketika membaca. Misalnya dari duduk berubah menjadi berdiri, namun disarankan jangan dari duduk terus berbaring bisa berbahaya atau bisa kebablasan tidur.
  3. Berpindah dari ruang baca ke kamar yang lain. Kalau sebagai anak kos bisa disiasati, berpindah dari kamar kita ke beranda kos, ruang tamu atau bahkan bisa juga ke dapur.
  4. Menghirup udara yang segar dengan cara berdiri di dekat jendela atau membuka jendela-jendela kamar lain untuk menambah kesegaran. Sebagai anak kos bisa disiasati dengan menciptakan aroma terapi, misalnya dengan menyemprot ruangan dengan wangi-wangian dan jika ada kipas angin, bisa menyetel kipas untuk menyebarkan wangi-wangian tersebut ke segala ruang. Karena mungkin tidak semua anak kos mempunyai jendela kamar.
  5. Berjalan-jalan sebentar di sekeliling rumah. Bisa diganti dengan kegiatan yang lain misalnya merapikan rak yang berantakan, atau kegiatan yang lain yang bisa menggerakkan otot-otot kita.
  6. Berbincang-bincang sebentar dengan keluarga atau teman sekos namun mengenai hal mubah bukan keharoman. Hati-hati jangan sampai lupa tujuan utama dalam berbincang-bincang yaitu untuk menumbuhkan semangat, bukan untuk ngobrol bahkan meng-ghibah.
  7. Berdiri membuat secangkir kopi, teh, susu atau juice untuk menghilangkan kebosanan dan menjernihkan akal.
  8. Mengubah kegiatan ketaatan. Misal bosan menghafalkan surat berganti dengan membaca, jika membaca bosan bisa diganti dengan mendengarkan kajian lewat CD.

Itulah beberapa tips agar kita tidak terjauh dari penyakit malas. Akan tetapi yang paling utama jangan sampai kita lupa berdo’a agar Alloh senantiasa memberi kita semangat dan agar menjauhkan diri kita dari penyakit malas tersebut. Wallohu A’lam bishowab.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi penulis ataupun bagi pembaca. Selamat tinggal Malas…

Maraji': Kaifa Tatahammas

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

227 Comments

  1. Al Ardli says:

    @khafidatul inayati

    salah satu tips supaya bisa solat malam yaitu, sebelum tidur niatin untuk solat tahajud dan banyak-banyaklah minu7m air mineral supaya waktu tengah malam kita bisa bangun karena pengen buang air kecil. lah, disitu kita juga niatin wuduh juga agar kantuk kita bisa hilang dan kita tunaikan solat malam kita itu :)

  2. Moh Fauzi Alex Sandi says:

    Asslamualaikum Wr Wb
    Alhamdulillah terimaksih banyak atas solusi dan saran2nya,,,,semoga berkah untuk semuanya,,maaf boleh menambahkan sedikit ya,,,
    Jangan lupa berdoa kepada Allah,karna itu senjata paling ampuh untuk semua,,,Kun Fayakun…Bismillah,,terimaksih,,,

  3. Inthand says:

    Semoga saya bisa menghilangkan K A T A : MA LA S, soalnya susah banget ya kalau udah ketemu tempat tidur pasti bawanya malas mau ngapain aja malas, apa lagi kalau uadah ke temu cuaca dingin ya udah bawaannya tidur terus deh hahhaha:)… Jadi curcol
    makasih deh nanti di coba tipsnya
    wasalam..
    Salam kenal aja deh

  4. warsito widodo says:

    untuk penulis dan diriku. aku doakan semoga tetap istiqomah hingga akhir hayat..

  5. taufiq gunawan says:

    assalamu’alaikum,syukran untuk ummu Aufa karna artikelx sngt bermanfaat dan mohon ijin copy paste

  6. ipul saifullah says:

    wahh sangat bermanfaat sekati tips nya thanks………. ^_^

  7. Rian Ariyandi says:

    izin copy ya… terima kasih

  8. canopy kain says:

    yang rajin aja blm tentu berhasil, moga aja saya gak kaya gitu :D

  9. Desi says:

    Sepertinya terjadi kepada saya, soalnya dikepung tugas udah kelas 3 sma -_- tapi semoga saya bisa melawan

  10. Iqbal says:

    Jazakillahu khayran wa barakallahu fiik

  11. Desi says:

    Memang lagi dikepung tugas. soalnya mau lulus smk >.< say NO TO MALAS ! tapi kadang kalo pelajran disekolah ngantuk banget … #curcol

  12. Subhanallah.. Sangat bermanfaat.. Syukron Akhi/Ukhti..
    Jazakallah khoiron katsiron..

  13. Dwi says:

    semoga bisa saya terapkan ;) ada tips biaar ng males bangun pagi ng?

  14. Hamba Allah says:

    Terimakasih tipsnya. Semoga bermanfaat untuk saya. Kebetulan akhir2 ini saya merasa ‘malas yg to the max’ :(
    Padahal skripsi menanti :|
    Semoga dgn tips ini dpt merubah perilaku saya :)
    Syukron..

  15. salman alfarizi says:

    ana minta di doakn smoga penyakit mls hilang dr ana

  16. Silma says:

    Terima kasih infonya, sangat membantu dan mengingat agar kita tidak malas

Leave a Reply