Ternyata Hari Jum’at itu Istimewa

Penyusun: Ummu Aufa Muraja’ah: Ustadz Abu Salman Saudariku, kabar gembira untuk kita semua bahwa ternyata kita mempunyai hari yang istimewa dalam deretan 7 hari yang kita kenal. Hari …

9 146

Penyusun: Ummu Aufa
Muraja’ah: Ustadz Abu Salman

Saudariku, kabar gembira untuk kita semua bahwa ternyata kita mempunyai hari yang istimewa dalam deretan 7 hari yang kita kenal. Hari itu adalah hari jum’at. Saudariku, hari jum’at memang istimewa namun tidak selayaknya kita berlebihan dalam menanggapinya. Dalam artian, kita mengkhususkan dengan ibadah tertentu misalnya puasa tertentu khusus hari Jum’at, tidak boleh pula mengkhususkan bacaan dzikir, do’a dan membaca surat-surat tertentu pada malam dan hari jum’at kecuali yang disyari’atkan.


Nah artikel kali ini, akan menguraikan beberapa keutamaan-keutamaan serta amalan-amalan yang disyari’atkan pada hari jum’at. Semoga dengan kita memahami keutamaannya, kita bisa lebih bersemangat untuk memaksimalkan dalam melaksanakan amalan-amalan yang disyari’atkan pada hari itu, dan agar bisa meraih keutamaan-keutamaan tersebut.

Keutamaan Hari Jum’at

1. Hari paling utama di dunia

Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada hari jum’at ini, antara lain:

  • Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi.
  • Hari akan terjadinya kiamat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

2. Hari bagi kaum muslimin

Hari jum’at adalah hari berkumpulnya umt Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti shalat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah jum’at yang berisi wasiat taqwa dan nasehat-nasehat, serta do’a.

Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

3. Hari yang paling mulia dan merupakan penghulu dari hari-hari

Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)

4. Waktu yang mustajab untuk berdo’a

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari jum’at lalu beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)

Namun mengenai penentuan waktu, para ulama berselisih pendapat. Diantara pendapat-pendapat tersebut ada 2 pendapat yang paling kuat:

a. Waktu itu dimulai dari duduknya imam sampai pelaksanaan shalat jum’at

Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata padanya, “Apakah engkau telah mendengar ayahmu meriwayatkan hadits dari Rasulullah sehubungan dengan waktu ijaabah pada hari jum’at?” Lalu Abu Burdah mengatakan, “Aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Yaitu waktu antara duduknya imam sampai shalat dilaksanakan.'” (HR. Muslim)

Imam Nawawi rahimahullah menguatkan pendapat di atas. Sedangkan Imam As-Suyuthi rahimahullah menentukan waktu yang dimaksud adalah ketika shalat didirikan.

b. Batas akhir dari waktu tersebut hingga setelah ‘ashar

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hari jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslimpun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘ashar.” (HR. Abu Dawud)

Dan yang menguatkan pendapat kedua ini adalah Imam Ibnul Qayyim rahimahullah, beliau mengatakn bahwa, “Ini adalah pendapat yang dipegang oleh kebanyakan generasi salaf dan banyak sekali hadits-hadits mengenainya.”

5. Dosa-dosanya diampuni antara jum’at tersebut dengan jum’at sebelumnya

Dari Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah seseorang mandi pada hari jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara jum’at tersebut dan jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari)

Amalan-Amalan yang Disyari’atkan pada Hari Jum’at

1. Memperbanyak shalawat

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.” (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)

2. Membaca surat Al Kahfi

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim dan Baihaqi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

3. Memperbanyak do’a (HR Abu Daud poin 4b.)

4. Amalan-amalan shalat jum’at (wajib bagi laki-laki)

  • Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian.
  • Berpagi-pagi menuju tempat shalat jum’at.
  • Diam mendengarkan khatib berkhutbah.
  • Memakai pakaian yang terbaik.
  • Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar.

Saudariku, setelah membaca artikel tersebut semoga kita bisa mendapat manfaat yang lebih besar dengan menambah amalan-amalan ibadah yang disyari’atkan. Sungguh begitu banyak jalan agar kita bisa meraup pahala sebanyak-banyaknya sebagai bekal perjalanan kita di akhirat kelak. Wallahu a’lam.

Maraji':

  1. Do’a dan Wirid, Pustaka Imam Asy-Syafi’i
  2. Tafsir Ayat-Ayat Yaa Ayyuhal-ladziina Aamanuu, Pustaka Al-Kautsar
  3. Amalan dan Waktu yang Diberkahi, Pustaka Ibnu Katsir

***

Artikel www.muslimah.or.id

Sebarkan!
5809 40 0 0 0 177
In this article

Ada pertanyaan?

146 comments

  1.    Reply

    Maaf boleh copas yah..

  2.    Reply

    izin share ukhtiy & copy untuk di sebarkan ke saudara2 muslim & muslimah lainya,,

  3.    Reply

    assalamualaikum…izin copi lagi ya…

  4.    Reply

    Assalamu’alaykum
    Mau tanya, adakah dalil yang menyatakan bahwa amal pada hari jumat akan dilipatgandakan dibanding harilainnya???
    Syukron

    1.    Reply

      @ Umi Rayya
      Wa’alaikumussalam,
      Maaf kami tidak mengetahuinya.

  5.    Reply

    Assalamu’alaikum Ustad Abu Salman
    Bagaimana klau sedang shollat Jum’at ada yg tidur, apakah kita sebagai mamum boleh membangunkan? karena banyak umat klau shollat jum’at ketiduran bukannya mendengarkan khotib berkhotbah dan bukannya harus berwudhu kembali..?
    terima kasih
    Wassallam..

    1.    Reply

      @ Dicky
      Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      Tentang bentuk tidur yang bagaimanakah yang bisa membatalkan wudhu silahkan Anda membaca artikel di link berikut ini, semoga bermanfaat.
      http://rumaysho.com/hukum-islam/thoharoh/3007-tidur-seperti-apa-yang-membatalkan-wudhu.html
      http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=252

  6.    Reply

    Syukron, trimakasih info tentang hari Jumatnya.

  7.    Reply

    Ana ijn share y

  8.    Reply

    Assalamu’alaykum. Ana izin share ya umm

  9.    Reply

    Assalamu’alaykum,elh.. waw komentar saudara ku ini pada tgl 13 mei 2010 di situs ini…beristghfarlah.. yuk saudara ku, bacalah artikel ilmu ini dgn hati yg jernih & sabar dgn memulai membaca ta’awudz agar bisikan setan tdk menguasai hati dan jiwa mu.semoga Allah membimbingmu dlm meraih hidayah di atas ilmu syar’i yg berlandaskan pada dalil-dalil yg shohih. amiin.

  10.    Reply

    @ Bpk.Suwito
    jawaban pertanyaan Anda ada di artikel pada link yang bermanfaat berikut. silahkan di klik
    http://dzakhirah.co.cc/2009/10/adzan-jumat-dua-kali/

    @ Elh
    jangan salah…dosa maksiat itu lebih “mendingan”daripada dosa bid’ah. karena pelaku maksiat(seperti baca buku porno) itu pasti tau betul yang ia lakukan adalah perbuatan dosa sehingga diharapkan bisa bertaubat. berbeda dengan pelaku bid’ah (seperti yasinan), ia merasa berbuat baik (baca:beribadah)dengan kebid’ahannya sehingga sulit bertaubat. tapi bagaimanapun namanya dosa ya tetap dosa, baik kecil ataupun besar…klo disana ada pilihan ketaatan,maksiat dan bid’ah..kenapa harus pilih maksiat? lebih lebih bid’ah??

  11.    Reply

    Wah wah wah makin aneh org2 skrg ini…agama kok berdasarkan “hoby”?????

    @elh
    Kalo begitu besok saya kepengin sholat dzuhur 6 roka’at aaahh sekalian aja saya genapin sholat fardhu sehari semalam 50 roka’at…Wong saya hoby sholat kok, kan menurut NU klo hoby berarti boleh2 saja kan???

    Heran saya, mendasarkan agama hanya kepada hoby…ck ck ck ck ck ck. Mau jadi apa islam ini???

  12.    Reply

    Subhanaallah …………..
    Semoga kita semua dapat mengamalkannya…
    Aamiin…

  13.    Reply

    Jadi medndingan baca buku porno di bandingkan baca yassin ya….??
    kita orang NU baca yassin itu udah Hoby

    1.    Reply

      Dari mana anda mendapat kesimpulan seperti itu wahai saudaraku??
      Sesungguhnya seorang muslim itu akan menyukai dan mencintai membaca al-qur’an di setiap surat-nya. Dan ketika membaca surat tertentu di waktu tertentu membutuhkan dalil yang shahih, bukan berdasarkan pemikiran manusia. Karena setiap ibadah membutuhkan dalil. Adapun membaca al-Qur’an itu sendiri tentu saja berpahala.
      Sebagai contoh:
      Sholat subuh 2 raka’at maka ini ada dalilnya. Sholat sunnah rawatib sebelum subuh 2 raka’at juga ada dalilnya.
      Maka jika seseorang menjalankan sholat sunnah rawatib 6 raka’at karena dia sangat cinta dan “hobi” menjalankan itu, maka apakah kita katakan hal itu dapat dibenarkan?
      Maka apakah ketika seseorang mengingatkan bahwa itu salah dan menyelisihi dalil-dalil syar’i, apakah berarti orang yang mengingatkan itu melarang seseorang melakukan sholat? Tentu saja tidak wahai saudaraku. Maka jernihkan hati kita dan berusahalah bersungguh-sungguh melakukan ibadah berdasarkan dalil-dalil yang shahihah.

  14.    Reply

    apakah yang lebih adzan dua kali atau satu kali pada shalat jumat???

  15.    Reply

    @ Sdr. Yota
    yasinan termasuk amalan yang tidak pernah Allah syariatkan dan tidak pernah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam ajarakan. intinya yasinan adalah amalan bid’ah.silahkan baca artikel ini juga
    http://muslim.or.id/manhaj/yasinan-bidah-yang-dianggap-sunnah.html

  16.    Reply

    wah..zen banget artikelnya…ana juga anh baca masalah ni di majalah as sunnah.. tp gmn menurutmu ttg org yang menghususkan hari jum’at atow malam jum’at utk baca surat yasin, hiziban’ dll

  17.    Reply

    subhanallah

  18.    Reply

    wah…. besok hri jum’at nih, hruz cpetan dtang k Mesjid biar bisa di saf depan, mudah2an lebih berkah dari jum’at sblumnya,,, amin,
    n makasi buat artikelx
    ..buat tman2 smua salam knal Assalamualaikum

  19.    Reply

    sebelumnya saya sudah tahu kalo hari jumat merupakan hari yang istimewa…namun saya tidak tahu amalan2 apa saja yang harus kita perbanyak dihari jumat….semoga artikel ini bermanfaat bwat kita semua dalam menyerpurnakan ibadah kita…amin

  20.    Reply

    @ Ukhti Apronditha

    Larangan puasa pada hari jum’at berlaku jika seseorang meniatkan puasa karena hari tersebut adalah hari jum’at. Dalilnya adalah sabda Nabi shallallahu’alaihi wasallam: “Janganlah salah seorang diantara kalian puasa pada hari jum’at kecuali jika berpuasa sebelum atau sesudahnya”. HR. Bukhari dan Muslim

    Untuk melengkapi jawaban kami bawakan nukilan fatwa Lajnah Daimah ketika ditanya tentang hukum puasa arafah yang bertepatan dengan hari jum’at.

    ????? ???? ????? ??????? ??? ?? ??? ????? ?????? ??????? ????? ??? ????? ??? ?? ???? ???? ??? ??? ??? ????? ??? ???? ???? ??????? ?? ????? ??? ????? ??????? ??? ?? ??? ????? ???? ??? ???? ??? ??? ?? ???????? ?????? ?????????? ??????? ?????

    Maka larangan puasa pada hari jum’at berlaku jika seseorang mengkhususkan puasa pada hari tersebut semata-mata karena saat itu adalah hari jum’at. Adapun orang yang berpuasa sunnah namun bertepatan dengan hari jum’at maka tidaklah terlarang, bahkan di syariatkan meskipun hanya puasa pada hari itu saja. Meski demikian jika dia puasa sehari sebelum dan sesudahnya itu adalah lebih utama demi kehati-hatian dalam mengamalkan kedua hadits tersebut dan tentunya ada tambahan pahala baginya. (Fatawa Lajnah Daimah hal.481, Asysyamilah)

    Jadi untuk puasa dawud yang bertepatan dengan hari jum’at hukumnya sah dan boleh-boleh saja karena puasa dawud termasuk puasa sunnah yang disyariatkan. Allahua’alam

    wajazakillahu khairan…

  21.    Reply

    Saya mau tanya……bila seseorang melakukan puasa Daud itu khan pasti bertemu dengan hari Jumat….
    apakah hal itu diharamkan/boleh/pengecualian?
    mohon dicantumkan sunnah2/fatwa2 tentang hal ini…..
    Syukron…Jazakumullohu khoiron……

  22.    Reply

    bertambah lg pengetahuan saya, trimakasih yah artikel yg bagus. saya ijin copas..Jazakallahu khaira

  23.    Reply

    Subhanallah…
    Artikelnya bagus…
    Boleh Copas kan?Mau nyebarin di FB,Biar semua muslim bertobat..

  24.    Reply

    Assalamualaikum, Yg terhormat Ustadtz. Penyusun: Ummu Aufa
    Muraja’ah: Ustadz Abu Salman

    pertanyaan saya;
    1. apa selanjutnya doa istijabah hari jumat yg selain doa diatas termasuk ba’da ashar, khan ada lanjutannya. menurut habib(saya lupa nama beliau) terima kasih atas jawabannya.
    2.

    wassalam.

  25.    Reply

    assalamualaikum…………
    ma’af sebelumnya………..
    ini bukan komentar atau pa gitu..tapi kami mau tanya…soalnya di negara kita ini yang selalu krisis ekonomi masih belum usai usai juga….dan mungkin ada hubungannya karena dengan beberapa peristiwa atau kejadian khususnya di negara kita ini pas hari jum’at
    ditahun kemarin yaitu 2009 sampai sekaran…banyak peristiwa atau kejadian pada hari jum’at…kenapa dan ada apa…mungkinkah ini betanda akan baiknya bangsa kita atau malah sebaliknya?

  26.    Reply

    ya allah sungguh menyentuh hati sma artikel2nya,baru aku sadari bahwa sungguh spesialnya hari jum’at……

  27.    Reply

    semua makhluk hidup takut pada hari jum’at, jangan jangan besok matahari terbit dari barat kecuali manusia, karena begitu angkuhnya manusia

  28.    Reply

    Aslkm, mohon izinnya untuk di sebarkan ke teman2 di fb

  29.    Reply

    subhanallah… semoga kita bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan menambah amalan – amalan ibadah yang disyariatkan..

  30.    Reply

    alhamdulilah semoga membaca artikel hari jum’at ini membuat kta mendekatkan diri dgn Allah dan Takut kepada Allah amien.

  31.    Reply

    izin share ukhtiy

  32.    Reply

    subhaanallah, mari bg smua umat islam hrs mengetaui bgtu ma’nyosnya hr jmt. sebarkan

  33.    Reply

    ijin kopi ya ustad

  34.    Reply

    Assalamulaikum wr. wb.. Tanpa basa – basi lagi, sya mw tanya tentang dalil dalam alqur’an tentang hari kiamat. apakah ada dalil alquran yang mengatakan kiamat itu jatuh pada hari jum’at sesuai dengan hadits nabi muhammad saw.. wassalam

  35.    Reply

    allah maha mengetahui semua ciptaanya….allah maha pengasih dan maha penyayang

  36.    Reply

    Semoga artikel ini bermanfaat bagi umat Islam

  37.    Reply

    jadi tambah semangat…

  38.    Reply

    subhanallah, ana copy ke blog ana ya.. shukran b4.

  39.    Reply

    Artikel yang saya bilang sangat indah, menenangkan hati dan menambah iman, insyaAllah…

    Mkasih buat yang contribute di website ini, jazakumullahu khoiran katsiraa…

    Bismillah, yuk jumatan yuk… mas-mas… pak-pak… dah jam stengah 12 lho…

  40.    Reply

    sholat jumat wajib dan msh banyak org2 mencari kiasan supaya tdk melaksanakan sholat jumat

  41.    Reply

    sangat bermanfaat dan menambah wwsan,s’moga kta slalu snantiasa brikhtiar djalan ALLAH SWT.

  42.    Reply

    sungguh hari yang sngat bermanfaat tuk berkumpulnya umat muslim dg berbai perbedaan dan suku yg se aqidah

  43.    Reply

    terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang “Tidur Ketika Khutbah Jum‘at, Mengapa?!”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/hidup-ini-memang-penuh-kelucuan.html

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

  44.    Reply

    kalo baca surat alkahfi nya malem jumat gmn ya?

  45.    Reply

    Assalaamuu’alaikum

    Ana baru tahu klu yg dimaksud hari Jum’at tu yang 12 jam ya?
    Berarti dari subuh sampay akhir ashar bukan?
    Lalu, waktu dari maghrib setelah ashar hari Kamis sampay sblum subuh apa namanya malam Jum’at.
    Lalu apa ibadah yang disyari’atkan untuk hari Jum’at seperti banyak membaca sholawat, doa, sama membaca surah Al Kahfi itu untuk waktu hari Jum’at yang 12 jam itu saja?

    Jazakumullah khoiron

  46.    Reply

    assalamualaikum.
    ada sedikit kesilapan di dalam artikel ini.

    “tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah”

    malaikat tidak boleh disamakan dengan manusia, oleh itu tidak ada penjodoh bilangan yang sesuai utk malaikat. tidak boleh menyamakan malaikat sebagai “seorang malaikat”, meng”orang”kan malaikat samalah seperti kita meyakini kepercayaan orang2 kafir di luar sana.

    insya-allah, saya akan cuba memanfaatkan hari jumaat ini sebagai hari yang terbaik bagi kita semua… amin…

  47.    Reply

    1. ajenQ
    December 19th, 2007 at 1:55 am

    assalamu’alaikum……….

    subhanallah……….

    sebelumya,ana pernah dengar tentang keutamaan hari jum’at…

    tp,tidak sehebat dari artikel ini……..

    semoga,bisa tambah lagi artikel bermanfaat lainnya…

    seperti tentang cinta bagi muslimah…?
    (^_^)……

    2. nurul
    December 22nd, 2007 at 6:49 pm

    alhamdulillah semoga dengan membaca artikel keutamaan hari jumat ini semakin menambah banyak berdoa…

    3. fathy
    December 23rd, 2007 at 6:35 pm

    all artikel di sini, bgs bgt buat mading, semoga bermanfaat

    4. jenggotman48
    December 25th, 2007 at 11:03 pm

    apakah ada shalat rawatib sebelum Jum’ah/adzan 2 kali?

    5. Fery
    December 31st, 2007 at 4:58 am

    Âss…Yaampun kl sblm bc artikel in biasa2 aj tuh kl hr jumat,malah biasanya hr yg ngantukin,abs jumatan lsg bo2,malah wkt khatip kutbah,tuh saat2 plg berat buat nahan bo2…He2 thanks bgt buat penulis aq jd lbh b’semangat hadapi hr jumat…Cäyo!!!

    6. Elinda roza
    January 2nd, 2008 at 12:38 pm

    Alhamdulillah,….semoga artikel ini bisa memotifasi kita untuk meningkatkan amalan kita terutama pada hari jumat

    7. asiah
    January 4th, 2008 at 7:03 pm

    Allhamdulillah artikel ini dapat memberi kita tambahan pengetahuan bagi muslimah

    8. ibnu
    January 8th, 2008 at 12:32 am

    asssalamu’alaikum.
    alhamdulillah, artikel ini dapat memberi tambahan ilmu dien bagi kaum muslimin juga…
    jazakumullah khoir.
    wassalamu’alaikum.

    9. Rosa
    January 11th, 2008 at 12:57 am

    Bagaimana dengan ibadah puasa 9 dan 10 Muharam yang Insya Allah jatuh pada hari Jum’at dan Sabtu?
    Apakah kita yang ingin melaksanakannya boleh melaksanakan pada hari Jumat (saja)? Sebab setahu saya, ibadah puasa sunnah pada hari Sabtu dilarang (lebih keras lagi diharamkan -bukan sekedar makruh).
    Please dong sharingnya..
    Jazakallahu khaira

    10. Abul ‘Izz
    January 17th, 2008 at 1:04 am

    Janganlah kalian mengkhususkan puasa pada hari Jum’at, kecuali jika berpuasa sehari sebelum atau setelahnya” [Ditakhrij oleh Muslim : Kitabush Shaum/Bab Karahiatu Shiyam Yaumul Jum’ah Munfaridan (1144)]
    Adapun apabila kita berpuasa satu hari sebelumnya atau sehari sesudahnya maka puasanya ketika itu diketahui bahwa tidak dimaksudkan untuk mengkhususkan hari Jum’at dengan puasa ; karena dia berpuasa sehari sebelumnya yaitu Kamis atau sehari sesudahnya yaitu hari Sabtu.(lihat jawaban syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin di al.manhaj.or.id) Jadi Insya Allah boleh berpuasa tanggal 18 dan 19 januari hari jum’at dan sabtu, wallahu ‘alam

    11. donalhusni
    January 24th, 2008 at 11:37 am

    terima kasih untuk tipsnya….

    12. nuzulul
    January 31st, 2008 at 1:12 am

    artikel sangat bagus, dan lebih bagus lagi kalo diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kemampuan keimanan kita

    13. hamba
    February 6th, 2008 at 2:33 pm

    alhamdulillah
    baru tau nih kl hari jum’at itu hari yang berkah hehe..

    moga dengan membaca artikel ni ,ana bisa lebih memperbanyak amal pada hari jum’at .ga jum’at ja kl bisa tiap hari ^_^

    14. tari
    February 15th, 2008 at 6:05 am

    subhanallah ya..

    15. i2n
    February 15th, 2008 at 10:49 pm

    assalamu’alaikum……………..

    subhanallah ternyata apa yg disampaikan oleh ustazah ane temukan jawabannya disini hadits dan qur’annya,syukran jazilan….*-*