Luangkan Waktumu untuk Membaca Al-Qur’an!

Penulis: Ummu Yusuf Wikayatu Diny
Muroja’ah: Ust. Aris Munandar

Saudariku…
Jangan karena kesibukan dan banyaknya kegiatan menjadikan kita lupa untuk membaca dan mentadaburi al-Qur’an. Sesungguhnya ketenangan dan ketentraman dapat diperoleh dari Al-Qur’an.

Hal ini berdasarkan firman Alloh, “Ingatlah hanya dengan mengingat Alloh-lah hati menjadi tentram.” (Qs. ar-Ra’d: 28)

Dari Abdullah bin Mas’ud radiallohu ‘anhu Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya kebaikan sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, Mim satu huruf.”
(Shahih HR.Tirmidzi)

Dan bahkan, iri terhadap mereka yang telah mengamalkan Al-Qur’an, dibolehkan. Dari Ibnu Umar radiallohu ‘anhu yang meriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam bahwasannya beliau bersabda,

“Tidak berlaku iri kecuali terhadap dua orang, seseorang yang dianugrahi Alloh Al-Qur’an lantas dia mengamalkannya sepanjang malam dan sepanjang siang dan seseorang yang dianugerahi Alloh harta lantas dia menginfakkannya sepanjang malam dan sepanjang siang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu terdapat permisalan yang baik bagi yang membaca Al-Qur’an, karena Rasululloh pernah bersabda, “Permisalan seorang muslim yang membaca Al-Qur’an bagaikan buah jeruk, baunya wangi dan rasanya lezat, sedangkan orang mukmin yang tidak membaca al-Qur’an bagaikan buah kurma yang tidak ada baunya dan rasanya manis. Permisalan orang munafik yang membaca Al-Qur’an bagaikan kemangi yang baunya wangi rasanya pahit, sedangkan orang munafik yang tidak membaca al-Qur’an bagaikan labu yang tidak ad wanginya dan rasanya pahit.” (HR. Bukhari Muslim)

Terdapat hikmah yang indah dari perkataan al-Ajuri rahimahullah,

“Barang siapa yang merenungi firman-Nya maka ia akan mengenal Rabbnya, akan mengetahui keutamaannya dibandingkan orang orang mukmin yang lain, dia akan menyadari kewajibannya dalam beribadah hingga senantiasa berusaha untuk menjaga kewajiban tersebut. Ia akan berhati-hati terhadap apa yang dilarang Rabb-Nya, mencintai apa yang dicintai-Nya. Barang siapa yang memiliki sifat yang demikian, ketika membaca al-Qur’an dan ketika mendengarkanya, maka Al-Qur’an akan menjadi penawar hatinya, ia akan merasa cukup tanpa harta, mulia tanpa kesulitan, lembut dalam menyikapi orang yang kasar padanya.

Orang yang memiliki sifat demikian, ketika ia memulai membaca sebuah surat yang tergambar dibenaknya adalah sejauh mana  dia  dapat mengambil pelajaran terhadap yang dia baca. Tujuannya membaca Al-Qur’an tidak semata-mata untuk mengkhatamkannya akan tetapi seberapa besar ia dapat memahami perintah Alloh dan mengambil pelajaran darinya. Membaca Al-Qur’an adalah ibadah maka tidaklah pantas membacanya dengan hati yang kosong lagi lalai, dan Allah Ta’ala maha memberi taufik terhadap yang demikian.”

Wahai saudariku, jangan sampai waktu kita tidak ada sedikitpun untuk membaca atau membaca Al-Qur’an. Berusahalah, walaupun sedikit waktu tersisa.

***

Artikel: muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

44 Comments

  1. syukran udah diingatkan, jazakillahu khairan

  2. Lukman says:

    Mdh2n bs ngatur wktu dg baik,biar ttp bs bc alqur’an wlwpun tiap hari cm satu halamn

  3. tatik says:

    InsyaAlloh… :)

  4. Rindu Syahid says:

    Asalamualaikum, alhamdulillah artikel yg bagus, mengingatkan kita u slalu mbaca Alquran dan tau keutamaannya. tlg di muat dong artikel gmn cara mghafal quran, ada niat saya utk bisa hfal quran /hafiz, kira2 umur 35 spt saya ini bisa gak hafiz?. sukron. salam utk kel di padang, utk tmn saya di Fb: dr. BUDI GUSTIAN

  5. fatih says:

    membaca alqur’an.. dengan meluangkan waktu hanya 5 menit saja kdang terlupa, padahal sehari saja qt diberi waktu 24 jam… kemanakah waktu2 terbuang??? dengan membacanya ketenangan itu kan kita dapat.. biarlah gelisah pergi, karena alqur’an senantiasa menghiasi hati…

  6. fulanah says:

    assalamu’alaykum..mau tnya,mana yg lbih afdhol,membaca Al-qur’an atau m’hafalkan al-qur’an&mur0ja’ah?krn blakangan ini,saya lbh srg m’hafal drpda membaca al-qur’an..
    m0h0n pnjelasany..syukr0n

  7. nainawati zakiyah says:

    Assalamua’alaikum….
    Syukron artikelnya, bagus banget. dengan ini lebih semangat deh tuk menyisakan wktu dngan Truzz bca Qur’an. Izin share Juga yach,,,,

  8. Vithry says:

    Alhamdulillaah msh ada yg mengingatkan..jazakumullah kHairan..smga Allah memudahkan Qta dlm mempelajaRi ayat2-Nya dan slalu mndpt petunjuk-Nya..amiin.. Ijin shaRe ya.. :)

  9. fulanah says:

    Jazakillahi khair….
    sudah diingatkan…
    Alhamdulillah…smg dng nasihat ini, diingatkan agar tdk lalai krn dunia..

  10. haniseh says:

    Allhamdulillah..selalu istiqomah walaupun sedikit..karena itu sebuah dari pesan Rasulullah juga..

  11. Abu Falih says:

    Benar, Nasihat yg bagus. Insyaa Allah

  12. Sulastri says:

    Assalammu’alaikum… Alhamdulillah, jazakillah katsiron ya muslimah.. Udh ngingetin kt lg agr sll membaca al-qur’an n mengamalknny dkhdupan kt sehari2..

  13. Abu Nabila says:

    Ass wr wb…
    Membaca al quran yg dimaksud tentulah dgn mengerti artinya, memahami maknanya, beriman kpd nya yg dibuktikan dgn mengamalkannya dlm kehidupan sehari hari. Jazakumullah khairn.

  14. Ega says:

    Tidak berlaku iri kecuali terhadap dua orang, seseorang yang dianugrahi Alloh Al-Quran lantas dia mengamalkannya sepanjang malam dan sepanjang siang dan seseorang yang dianugerahi Alloh harta lantas dia menginfakkannya sepanjang malam dan sepanjang siang. (HR. Bukhari dan Muslim).
    ada 2 kt tntng membc.. qoro yaqrou qiroatan dn talaa yatlu tilawatan.. bdnya, yg drkt qoroa (iqro’) itu membc tnpa melihat (hapalan).. kalo yg dr kt talaa yatlu tilawatn itu mmbc dgn melihat (bk / ktb).. skrg membc yg dimksd hdist itu yg mana ukhti?

  15. nia says:

    alhamdulillah…. syukron katsiron…. alqur’an adalah pedoman hidup, semoga kita dapat mengamalkannya dalam menjalani hidup di bumi ALLAH….

  16. Ukhti Ega, insyaallah lebih tepat membaca dengan mushaf, sebagaimana keterangan tentang keutamaan yang dipeoleh pembaca alquran ketika bulan ramadhan. sebatas yang saya pahami anjuran membaca alquran dengan mushaf dan metadabburi maknanya lebih baik daripada mengahafalnya khusus ketika bulan ramadhan.

    jadi maksud oenulis diatas-semoga tidak salah- adalah membaca dengan mushaf.

    oia, satu lagi, dalam bahasa indonesia terkadang kata tilawah dan membaca itu memiliki makna yang sama. sehingga orang mengatakan “tilawah alqur’an” itu dimaknai membaca dengan mushaf.
    allahu a’alam

  17. Fera febrian says:

    Syukron sudah di ingatkan…insya allah bisa membagi wkt dgn baik….

  18. Fera febrian says:

    izin share ya….

  19. yayah says:

    buat anak”ku dimana berada yuk jadikan membaca firman-firNYA adalah suatu KEBUTUHAN seperti kita butuh makan…

  20. prie says:

    Subhanallah… Alhamdulillah artikel yg bermanfaat..

  21. ifazka says:

    Subhanallah,pembahasan yg membuka mata hati kita.Betapa bergetarnya hati saya setelah saya membaca artikel ini.Ketika saya mambuka tas saya, yg ada hanya kertas2 dan buku2 tugas kantor.ditambah lagi dengan arsip2 yg harus dibawa dengan map plastik.Tapi……..tidak ada Al-Quran disana,yg kecil sekalipun.Ya Allah ampuni hamba Mu yg selalu lalai dengan kewajibannya….

  22. Junaidi says:

    YaALLOH SEMOGA HAMBA BS MENJALANKAN PERINTAHNYA

  23. sinarti says:

    mudah2n walau hanya bisa meluangkan waktu sebentar membaca al_Qur’an sehabiz shlt mgrb, yg penting rutin aja di laksanakn.

  24. ummu yasir says:

    assalamu’alaikum

    afwan, ana share di fb.ktika mw klik link nya knp webnya tdk bs ditemukan?

  25. [email protected] says:

    Assalamu’alaikum..izin share ya..

  26. anitko says:

    Salam. Syukran sudah diingatkan.

  27. heni says:

    syukron.. ijin share

  28. Jazakillahu khoir ..

    izin share ..

  29. mirawati says:

    alhamdulillah, terima kasih atas artikel yang bagus ini. Semoga aku bisa istiqamah..jazakallah khairan.

  30. isna says:

    artikelx bagus bagt, memotivasi untk dapt melakukan yg terbaek di tiap harix,,, sampai saat ni sya masih berusaha meluangkan waktu membaca alqur`an tiap harix, namun terkadang sulit…. semoga Allah SWT slalu mengingatkan hamba yg penuh dgn khilaf ini,,,, amien
    Syukron,,,, wslmkm..

  31. fikaResita says:

    subhanallah…….. indah sekali

  32. Suwarga says:

    Alhamdu lillah masih ada yang perduli tentang ini mudah mudahan ber manfa’at bagi seluruh umat amiin

  33. icih says:

    alhmdulillah .ingin lebih memigkatkan lg membaca al quran,artikel yg sangat bermanfaat.

  34. Heldi Muslih says:

    Dengan cara membaca alquran yang benar dan cepat dapat memberi inspirasi yang positif

  35. tianie henniee says:

    alhamdulillahh… terima kasih telah mengingat kan…
    :)

  36. MUTIARAFADILAH says:

    SUBHANALLAH mudah”an bermanpaat untuk para muslim n muslimah yg sedang memperdalam islam agar senantiasa setiap waktu luang di isi dengan dzikir dan hapalan ALQUR AN

  37. Thifa says:

    Subhanallah .. izin copas, ya! Sumbernya akan disertakan. Jazakillah ..

  38. santi says:

    ijin copas yaa…sumber disertakan..trm ksh

  39. setyo says:

    Subhanallah, izin share, jazakillaahu khaira

  40. ratnawati says:

    walaupun membaca, sedikit demi sedikit asal bacaan yang dibaca benar, berusahalah supaya tidak malas kalau membaca ayat-ayat Al”quran, itu amalan kita di akherat, yang kekal dan abadi.

  41. sanah says:

    ayat perintah membaca al-qur’an selain surat al-alaq apa ea
    minta penjelasan

  42. Rindu Syurga says:

    masya Allah ta’ala mantabbbbssss! yaa Allah… bantulah hamba menjadi hafizhah aamiiiin

  43. Tarji Marjuki S.ip says:

    Ass Wr,Wb,
    Kaum muslimin yang baik luangkan waktumu untuk selalu membaca-membaca al quran dan mudah2an kita nanti di hari qiamat selalu mendapatkan lindungan serta syafaat di qiyamul nanti amiiinnnnn
    wassalalm,
    tarji mz

Leave a Reply