Kecantikan Sejati

Dikirim: Ummu Yusuf Wikayatu Diny
Muroja’ah: Ust Aris Munandar

Adalah kebahagiaan seorang laki-laki ketika Allah menganugrahkannya seorang istri yang apabila ia memandangnya, ia merasa semakin sayang. Kepenatan selama di luar rumah terkikis ketika memandang wajah istri yang tercinta. Kesenangan di luar tak menjadikan suami merasa jengah di rumah. Sebab surga ada di rumahnya; Baiti Jannati (rumahku surgaku).


Kebahagiaan ini lahir dari istri yang apabila suami memandangnya, membuat suami bertambah kuat jalinan perasaannya. Wajah istri adalah keteduhan, telaga yang memberi kesejukan ketika suami mengalami kegerahan. Lalu apakah yang ada pada diri seorang istri, sehingga ketika suami memandangnya semakin besar rasa sayangnya? Konon, seorang laki-laki akan mudah terkesan oleh kecantikan wajah. Sempurnalah kebahagiaan seorang laki-laki jika ia memiliki istri yang berwajah memikat.

Tapi asumsi ini segera dibantah oleh dua hal. Pertama, bantahan berupa fakta-fakta. Dan kedua, bantahan dari sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Konon, Christina Onassis, mempunyai wajah yang sangat cantik. Ia juga memiliki kekayaan yang sangat besar. Mendiang ayahnya meninggalkan harta warisan yang berlimpah, antara lain kapal pesiar pribadi, dan pulau milik pribadi juga. Telah beberapa kali menikah, tetapi Christina harus menghadapi kenyataan pahit. Seluruh pernikahannya berakhir dengan kekecewaan. Terakhir ia menutup kisah hidupnya dengan satu keputusan: bunuh diri.

Kecantikan wajah Christina tidak membuat suaminya semakin sayang ketika memandangnya. Jalinan perasaan antara ia dan suami-suaminya tidak pernah kuat.

Kasus ini memberikan ibroh kepada kita bahwa bukan kecantikan wajah secara fisik yang dapat membuat suami semakin sayang ketika memandangnya. Ada yang bersifat psikis, atau lebih tepatnya bersifat qalbiyyah!

Bantahan kedua, sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam: “Seorang wanita dinikahi karena empat hal; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah yang taat beragama niscaya kamu akan beruntung.” (HR. bukhari, Muslim)

Hadist di atas sebagai penguat bahwa kesejukan ketika memandang sehingga perasaan suami semakin sayang, letaknya bukan pada keelokan rupa secara zhahir. Ada yang bersifat bathiniyyah.

Dengan demikian wahai saudariku muslimah, tidak mesti kita harus mempercantik diri dengan alat kosmetik atau dengan menggunakan gaun-gaun aduhai yang akhirnya akan membawa kita pada sikap berlebihan pada hal yang halal bahkan menyebabkan kita menjadi lalai dan meninggalkan segala yang bermanfaat dalam perkara-perkara akhirat, wal ‘iyadzubillah. Namun tidak berarti kita meninggalkan perawatan diri dengan menjaga fitrah manusia, dengan menjaga kebersihan, kesegaran dan keharuman tubuh yang akhirnya melalaikan diri dalam menjaga hak suami. Ada yang lebih berarti dari semua itu, ada yang lebih penting untuk kita lakukan demi mendapatkan cinta suami.

Sesungguhnya cinta yang dicari dari diri seorang wanita adalah sesuatu pengaruh yang terbit dari dalam jiwa dengan segala kemuliaannya dan mempunyai harga diri, dapat menjaga diri, suci, bersih, dan membuat kehidupan lebih tinggi di atas egonya.

Untuk itulah saudariku muslimah… Tuangkanlah di dalam dada dan hatimu dengan cinta dan kasih sayang serta tanamkanlah kemuliaan wanita muslimah seperti jiwamu yang penuh dengan kebaikan, perhatian serta kelembutan. Bukankah kita telah melihat contoh-contoh yang gemilang dari pribadi-pribadi yang kuat dari para shahabiyyah radiyallahu ‘anhunna…?

Janganlah engkau penuhi dirimu dengan ahlak yang selalu sedih dan gelisah, banyak pengaduan dan keluh kesah dan selalu mengancam, karena hal tersebut akan menggelapkan hatimu. Tersenyumlah untuk kehidupan. Seperti kuatnya para shahabiyyah dalam menghadapi kehidupan yang keras dan betapa kuatnya wanita-wanita yang lembut itu mempertahankan agamanya…

Perhiasan jiwa, itulah yang lebih utama. Yaitu sifat-sifat dan budi pekerti yang diajarkan Islam, yang diawali dengan sifat keimanan. Sebagaimana firman Allah, (yang artinya) “Tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan.” (QS. Al-Hujaraat: 7)

Apabila keimanan telah benar-benar terpatri dalam hati, maka akan tumbuhlah sifat-sifat indah yang menghiasi diri manusia, mulai dari Ketakwaan, Ilmu, Rasa Malu, Jujur, Terhormat, Berani, Sabar, Lemah Lembut, Baik Budi Pekerti, Menjaga Silaturrahim, dan sifat-sifat terpuji lainnya yang tidak mungkin disebut satu-persatu. Semuanya adalah nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang diberikan kepada hamba-hambanya agar dapat bahagia hidup di dunia dan akhirat.

Wanita benar-benar sangat diuntungkan, karena ia memiliki kesempatan yang lebih besar dalam hal perhiasan jiwa dengan arti yang sesungguhnya, yaitu ketika wanita memiliki sifat-sifat terpuji yang mengangkat derajatnya ke puncak kemuliaan, dan jauh dari segala sesuatu yang dapat menghancurkanya dan menghilangkan rasa malunya….!

Saudariku… jika engkau telah menikah, maka nasihat ini untuk mengingatkanmu agar engkau selalu menampilkan kecantikan dirimu dengan kecantikan sejati yang berasal dari dalam jiwamu, bukan dengan kecantikan sebab yang akan lenyap dengan lenyapnya sebab.

Saudariku… jika saat ini Allah belum mengaruniai engkau jodoh seorang suami yang sholeh, maka persiapkanlah dirimu untuk menjadi istri yang sholihah dengan memperbaiki diri dari kekurangan yang dimiliki lalu tutuplah ia dengan memunculkan potensi yang engkau miliki untuk mendekatkan dirimu kepada Yang Maha Rahman, mempercantik diri dengan ketakwaan kepada Allah yang dengannya akan tumbuh keimanan dalam hatimu sehingga engkau dapat menghiasi dirimu dengan akhlak yang mulia.

Saudariku… ini adalah sebuah nasihat yang apabila engkau mengambilnya maka tidak ada yang akan diuntungkan melainkan dirimu sendiri.

Disalin dari: Buletin al-Izzah edisi no16/thn III/Muharram 1425 H

(Bulletin ini diterbitkan oleh Forkimus (Forum Kajian Islam Muslimah Salafiyah) Mataram, Lombok, NTB)

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

100 Comments

  1. www.muslimah.or.id says:

    1. idhom roziqi
    December 30th, 2007 at 5:37 am

    kita tentu sudah banyak yang tahu rata-rata wajah dan fisik artis-artis kita tidak mengecewakan bahkan bisa dikatakan nyaris mendekati sempurna. Tapi pertanyaannya,mengapa kehidupan rumah tangga mereka banyak yang hancur dan cuma bertahan seumur jagung,mengapa ??. Dari contoh kecil itulah kita bisa mendapat ibroh bahwa kecantikan yang hakiki adalah kecantikan yang muncul dari dalam hati kita. wajah dan kesempurnaan fisik hanyalah faktor pendukung tapi tidak dominan,jazakalloh!!

    2. ummu hanifah :
    December 31st, 2007 at 5:26 am

    assalamu’alaikum,jazakilah khoir untuk ummu yusuf,kalu boleh ana ngasih sdikit saran, ana sarankan gimana kalau di buat majalah khusus membahas ttg wanita, karena yang ndak punya komputerkan ngga bisa baca tu padahalkan ilmu tentang kecantikan sejati (sala satunya)sangat penting untuk kita ketahui, klw berbentuk majalah kan semua bisa baca dan bisa juga untuk koleksi buat bacaan anak-anak kita nanti.afwan,jazakillah khoir

    3. ummu abdillah
    January 6th, 2008 at 3:01 am

    artikel bagus mohon izinnya untuk dikopi paste yah ukhtiy

    4. ridwan
    January 7th, 2008 at 4:31 am

    Wa’alaykumsalam warahmatullahi wabarakaatuh. Ummu hanifah. Alhamdulillah sudah ada majalah khusus wanita muslimah, yang insya Allah shahih, yaitu majalah Nabila [mottonya : Karena Wanita Begitu Dihargai]. Wallahu A’lam.

    5. dyah martiwi
    January 9th, 2008 at 1:40 am

    subhanallah artikelnya membangun sekali, merasuk kejiwa dan menyentuh hati, semoga si penulis selalu dilimpahkan rahmat dan berkah oleh ALLAH Subhanahuwata’ala….
    dan mohon izinnya untuk dicopy dan disebarkan kpd para wanita muslimah yang ingin memiliki kecantikan sejati.

    6. abu faiz
    January 9th, 2008 at 6:23 am

    kecantikkan adalah dambaan setiap insan apakah dia perempuan atau laki-laki(tentu sebagai istri )tapi apakah cukup cantik saja,karena semua tiada nilai tanpa konsep islam yang syumul

    7. S.noviyanti
    January 15th, 2008 at 3:27 am

    artikelnya sangat bagus mohon izin untuk dicopy paste yah ukhtiy

    8. akh. Krisna
    January 15th, 2008 at 10:57 pm

    aswrwb. buaaaaagus sekaleeee!!! aku bisa memperoleh kriteria jodoh yang ideal. jazakumullahu khairan katsira.wslmwrwb

    9. yusep maoludin
    January 15th, 2008 at 11:06 pm

    Setelah ana baca website ini sangat bagus. Bolehkah ana print dan ana bukukan, supaya ini ana pun di rumah bisa membacanya?

    10. andriani
    January 16th, 2008 at 10:36 pm

    alhamdulillah…artikel ini sangat menyentuh sekali. mahon doa agar saya kelak dengan izin Allah menjadi istri yang sholehah. mohon izin utk di kopi ya??? Jazakallah Khair

    11. isma
    January 17th, 2008 at 7:08 pm

    Subhanallah wal hamdulillah walaaillahailallahhu allahuakabar!!!! semoga Allah mempertukan kita dengan hurul aini di syurga nanti

    12. kiki
    January 18th, 2008 at 12:48 am

    saya senang sekali membaca artikel dr ummu yusuf …bisa sebagai pedoman saya dlm menjalankann rumah tangga, tp saya punya masalah dg kaka saya yg ingin cerai dg suaminya krn suami tdk menafkahi istri dan anak2 kmudian suami tdk punya pendirian krn selalu berada di blakang orang tuanya yg slalu menyalahi kakak saya tp mau dg duit kakak saya mesti gmana ya ummi seharusnya kakak saya itu? tlg bantuannya ,trima kasih ummi yusuf ,wassalam…….

    13. tayra
    January 23rd, 2008 at 12:06 am

    Subhanallah…
    kata2 nya benar2 menyentuh

    14. handayani
    January 23rd, 2008 at 12:17 am

    artikelnya menarik sekali , izin u copy paste

    15. Niniek
    January 24th, 2008 at 4:28 am

    Assalammualaikum, Wr. Wb.
    Bahasan tentang wanita memang sangat menarik dan tak pernah ada habisnya. Setelah membaca artikel ummu yusuf,saya merasa bahwa selama ini saya belum melakukan apa2 untuk mempersiapkan diri saya. Terimakasih, telah mengingatkan sebagian kaum muslimah terutama yang belum menikah untuk meningkatkan segala potensi untuk dekat dengan Allah agar menjadi pribadi shalehah.Karena Wanita yang baik adalah untuk laki2 yang baik dan sebaliknya. Ditunggu artikel2 berikutnya…..Jazakillah khoir…..

    16. miftahul huda
    January 29th, 2008 at 10:29 pm

    assalamualaikum.
    kecantikan memeng hal yang sesuatu yang banyak disalah artikan, bahkan disalah gunakan, baik oleh yang dikarunia kecantikan ataupun yang sebagai penikmat anugrah. kenapa justru hhal ini terjadi?
    sebuah pertanyaan besar bagi kita dan tentunya PR!
    kenapa?

    karena hari ini banyak diantara saudari-saudari kita yang sengaja bahkan bangga dengan kecantikannya, sehingga akhirnya menggunakan karunia itu di jalan yang salah. maka sepantasnya bagi kita yang telah Alloh berikan ilmu dan kefahaman, untuk senantiasa memberikan nasehat dan peringatan, utamanya bagi diri pribadi, keluarga dan lingkungan terdekat kita. karena hal itu termasuk kewajiban kita dan hak saudara-saudari kita.

    17. gadis_biasa
    January 30th, 2008 at 7:40 am

    assalamu’alaikum…wr.wb
    ijin copy paste artikelnya ya ukhty cayank ~_~
    mg ukhty sll dalam lindungan-NYA amin

    18. nuzulul
    January 31st, 2008 at 1:21 am

    kata cantik itu sebenarnya mencakup berbagai aspek, tidak saja fisik melainkan hati juga. wajah cantik tapi mo diajak ke mana-mana (cowok yang bukan muhrimnya).wanita cantik itu sebenarnya adalah wanita yang bisa menjaga diri baik belum beristri maupun sudah beristri.nabi disenangi banyak orang karena budi pekertinya. jadi wanita cantik itu wanita yang baik budi pekertinya.

    19. rahma aisyah
    February 2nd, 2008 at 5:13 am

    Assalamu alaikum Wr.Wb.
    Subhanallah,artikelnya samgat menarik.
    Semoga dariartikel ini kita dapat mengambil ibroh,memantapkan hati dan semakin banyak belajar untuk memperbaiki diri kita. Jazakillah khair…

    20. nurfatihah
    February 5th, 2008 at 10:06 pm

    syukran…artikel yang tlalu menyentuh jiwa.sebagai seorang muslimah yg juga punya cita-cita u menjadi seorang isteri solehah suatu hari nanti,artikel ini izinkan ana u manjadikannya sebagi panduan.Setiap muslimah punya cita-cita yang tinggi u berada di syurga yang hakiki….semoga dirahmati

    21. murty
    February 11th, 2008 at 12:52 am

    Subhanallah….artikelnya sangat bagus,,bsa d jadikan panduan dalam berumah tangga…Ukhtiy izinkan saya mengcopy & menyebarkan kepada sodara2 Muslimah dalam Liqo’ saya….jazakumullahu khairan katsira

    22. pute
    February 19th, 2008 at 10:27 pm

    artikelnya bgz banged..
    ijin d copy ya ukhty..
    jazakillah khoir…

    23. nur
    February 21st, 2008 at 6:36 pm

    Assalamau’alaikum wr. wb.

    subhanallah…

    artikelnya bagus banget…
    tlah membangunkan dan mengingatkanku kembali..
    betapa kekalnya kecantikan sejati seorang muslimah, yang jauh lebih kekal dari kecantikan fisikly saja.

    don’t be sad..
    tak perlu menghabiskan banyak uang tuk mencari kecantikan, itu hanya kecantikan sesaat, kecantikan fisik saja,
    apabila kecantikan tsb tidak diikuti oleh kecantikan batiniah (hati-ahlak yang baik, dll) apalah gunanya.
    bangga dan berbesar hatilah atas kecantikan yang tlah kita miliki, yang tlah Allah SWT anugerahkan buat kita,
    jangan lupa untuk terus mempercantik hati dan jiwa kita untuk memperoleh kecantikan sejati itu…
    S e m a n g a t…

    semoga kita semua (para muslimah) dapat memperoleh kecantikan sejati itu. atas izin dan ridhoNya.. amin..

    wasssalamu’alaikum.Wr.Wb.

    24. ami_safitri
    February 22nd, 2008 at 1:50 am

    assalamu’alaikum..
    Subhanalloh, dari judulmya ana dah penasaran. He2 dengan baca ini ana jadi makin ‘ngeh’ untuk belajar jadi istri yang sholikhah, yang menyejukkan kala dipandang suami. Doakan na agar bisa dan mampu menjadi istri yang mempunyai kecantikan sejati, yang bisa jadi simpanan suami. O ya, mbok dilampirkan juga gimana caranya memiliki kecantikan sejati itu. Jazakillah khoiron katsiron..

    25. nurlaela
    March 2nd, 2008 at 5:45 am

    jazakillah….
    alhamdulillah..
    Allah masih memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa menerima setiap hikmah yang datang kepada saya belakangan-belakangan ini…

    26. dewi
    March 4th, 2008 at 10:07 pm

    subhanallah syukron katsiron ukhti
    …..hati ana tersentuh nih…
    jd semangat to benahi diri…^.^

    27. ikah
    March 8th, 2008 at 3:33 am

    artikel bagus mohon izinnya untuk dikopi

    28. yusi
    March 9th, 2008 at 11:08 pm

    Assalamualaikum…
    Ukhti…
    yusi minta tolong, jika ukhti-ukhti berkenan memberikan penjelasan lebih detail, bagaimana membuat rumah menjadi surga bagi suami… (dalam pelaksanaannya dalam kehidupan sehari-hari)?

  2. Irfa says:

    Artikel yang menyentuh hati, pas bwt saya yang sedang mencari jodoh, untuk pertimbangan saya mencari istri yang solihah, doakan saya agar mendapat jodoh yang solihah

  3. Titin says:

    Alhamdlih akhry saya dpt menemukan masukan2 y9 mulia tuk saya pelajari.Mdh2n dn9 memahami n menjalani metode trsbut.Saya akan memukan jdoh sy y9 tpat..Dunia akirt..Amin

  4. nita says:

    Assalamualaikum..Subhanallah..ini sangat bermanfaat bagi ane.Syukron.

  5. wulandari says:

    Ass,
    isinya begitu menyentuh perasaan wanita muslimah Indonesia…
    jujur saya sebagai wanita dengan usia 26 tahun sempat merasakan khawatir dengan belum adanya jodoh di samping saya…
    tapi dengan membaca artikel ini, saya termasuk wanita beruntung karena dapat mempersiapkan diri sebagai istri yang solehah sebelum jodoh saya tiba…
    subhanallah islam itu sangat indah, damai, romantis dan penuh cinta

  6. maya says:

    Subhanallah.., minta izin copy yaaa

  7. dayang says:

    Subhanallah,setelah membaca artikel ini,ada motivasi yang tinggi muncul di dalam diri.Agar kiranya selalu meningkatkan ketakwaan tuk mempercantik diri dalam keimanan sejati wnita muslim.dan kpd diri pribadi akn selalu mengembangkan potensi yg dimiliki,guna menutupi suatu kekurangan.

  8. nin4 agustina86 says:

    ass ,
    subhanallah,setelah saya membaca artikel ini.hati saya tergugah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.saya menyadari bahwa kecantikan yang dimiliki seorang akhwat bukan segala2nya.kadang kecantikan bisa menimbulkan banyak masalah.bagiku yang terrpenting jika aku mempunyai suami.kecantikanku hy untuk suami tercinta.terima kasih bangeeeet atas artikel ini,semoga bermanfaat bagiku dan bagi kita smua.islam tu indah dan damai.I LOVE ISLAM(NINA86)

  9. dini says:

    Assalamu’alaikum,,
    Alahamdulillah, Alloh telah memberikan saya petunjuk untuk membuka situs ini sehingga dapat membaca artikel yang sangat bermanfaat ini.

  10. Arif Izzak says:

    Alhamdulillah Allah telah menuntun aku ke situs ini. Artikelnya sangat bagus, mudah2an bisa membuat aku jadi pemimpin bagi istrikui

  11. petir1000 says:

    asalamua’laikum
    alhamdulillah telah menemukan artikel yang bagus sekali sehingga membuat panduan bagi saya yang sedang bingung mau menentukan pilihan dalam menikah, sebagai kodrat manusia kita semua pasti menginginkan calon pendamping kita yang sesempurna mungkin, saya sekarang ini sedang dalam rangka mencari apakah boleh saya memilih, sementara ada seseorang yang menembaku….mohon saranya,,, trimakasih

  12. Hazza says:

    Ass.Wr.Wb,
    Alhamdulillah Allah telah menuntun saya untuk membaca artikel yg sangat indah dan menyentuh hati, terimakasih ya Allah… engkau telah mengingatkan saya juga para muslimah lainnya melalui artikel ini. Mudah2an kami semua (para muslimah) selalu mendapat ridhoMu untuk menjadi istri yg solehah amin……ya robbal alamin. Tks

  13. aisyah says:

    Assalamua’laikum wr.wb

    Ummu Yusuf Wikayatu Diny, terima kasih untuk artikel na yang super keren…

    saya yakin setiap orang yang membacanya akan tersentuh,, dan menginginkan kecantikan sejati ada dalam dirinya…

    Mohon izinnya untuk mengcopy artikelnya untuk saudari2 ku yang lain.. karena saya tinggal di kota kecil dan akses internet masih sangat minim disini…
    dan maaf masih banyak yang kurang bisa komputer apalagi internet…

    Makaci yach… :>

    Wassalamu’alaikum wr.wb

  14. marwan says:

    Assalamu’alikum
    Alhamdulillah, akhirnya saya bisa menemukan artikel ini. Artikel ini sangat bermanfaat buat saya pribadi maupun teman-teman lain yang membaca ini.artikel bisa mebuat mantap hati saya untuk menentukan kriteria calon pendamping saya kelak.
    Nuwun, Terimaksaih sekali
    Wasalamu’alaikum

  15. Jazili says:

    Assalamualaikum…

    The truth beauty is in acceptance and finding the best side of our couple, beauty in lookks is not everything…

    salam kenal kang…

  16. markonah says:

    Assalamu’alaikum…
    Artikelnya bagus. minta izin untuk copy paste ya…:)

  17. rahasia ah... says:

    ampun!! jadi pengen cepet nikah biar cuma suami yang bisa melihat kecantikanku…he…. ^-^

  18. mbak rahasia ah …kok malah buka rahasia anda sendiri padahal dalam agama ngak boleh

  19. bila ingin melihat kecantikan sejati yaitu para istri-istri para Sahabat r.a. mereka sangat sederhana dan paham perjuangan suaminya dalam jihad

  20. prita says:

    ah…
    jadi pengen cepet2 nikah,
    pengen panen pahala di ladang rumah tangga..
    amin..amin…

  21. miftahul huda says:

    masih pengenkan????

    insaallah ane pengen buangeeet

    dapet pahala di ladang rumah tangga??

    ane ma dapat syurganya azza wa jalla

    nikah yuk…!!!

  22. yang sdang menunggu pendamping hidup says:

    doakan smoga aq bsa mendapat seorang istri yang soleha yang bis menjadi perhiasan yang paling indah di dunia, yang membuat nyaman dan tetram ketika memandang, yang dapat memberi kesejukan ketika dan keteduhan ketika kegerahan, seperti yang dikatakan ummu yusuf……………………………… amin…//

  23. wah lama-kelamaan pembahasan ini jadi biro jodoh

  24. ukhti says:

    Assalamua’alaikum Wr. Wb.

    terus terang aQ pernah melakukan kesalahan yang fatal sebagai seorang wanita muslimah tapi Alhamdulillah sekarang sedang berusaha memperbaiki diri, dengan adanya artikel ini mudah2an keimanan aQ semakin kuat. Mohon do’a serta dukungan dari akhi ukhti fillah agar aQ tidak merasa rendah diri. Amin…
    Jazakumullah Khair

  25. ukhti aya says:

    Subhanallah,,pertama kali buka artikel ini jadi buat ana ketagihan. syukron atas artikel nya yang bagus2..izin ngopi paste artikelnya ya!!!!

  26. yuni says:

    assalamulaikum,

    smua artikelnya baguuuuuuuuuuuuuuuus ana copy paste yach… syukron ya ukhti…

    wassalamulaikum

  27. safarina ghifna says:

    saya mau tanya tentang bagaimana sikap qta lagi marah dengan suami,cara menenangkan diri??

  28. Ila says:

    Salam ummi yusuf,, Alhamdulillah ilmu ini benar2 membuatkan hati kecil ini tersentuh.. berbalik kepada keadaan persekitaran kita pada masa kini, rata2 kes penceraian sdh semakin kerap berlaku.. MasyaAllah, masjid yg di bina indah, runtuh d tengah jln. Isteri yg solehah, bukan sj memilki kecantikan luaran malah dilengkapi dgn kecantikan dalamanyg lahir dari hati yg benar2 tulus, ikhlas dan suci. inilah idaman para suami yg bertakwa. Taatilah para suami, nescaya kbhgiaan milki abadi. InsyaAllah.

  29. Ukhty says:

    ShubhnalLah,, sung9uh mulia bacaan itu, hti ana merasa tersentuh sekali saat membaca artikel itu, ana harap akhwat2 muslimah pun bisa merasakan seperti apa y6 ana rasakan saat ini dan bergegas untk senantiasa mengutamakan kecntikan hti dari pd kcntikan fisik y6 sifatnya hy sementara, sykron,,

  30. humairah says:

    Subhanallah…subhanallah…subhanallah!!!
    artikel@ sangat membangun…alhamdulillah begitu ana membaca artikel@,ana merasa ada desiran hebat yang memenuhi rongga..Syukran katsiran:)mohon tambahan doa@ agar ana menjadi seorang muslimah sejati sekaligus istri yang membawa ketenangan,kesejukan serta kebahagiaan bagi suami ana kelak..amiin!!

  31. Abu hanif, andi says:

    MasyaAllah artikel ukhti bagus..
    Kalo bisa ana mu ngusulkan agar ukhti atau akhi membikin artikel yang di tujukan kpd kaum adam yg isinya bagaima sih ketampanan sejati laki2 yang di dambakan wanita muslimah.

  32. rahma says:

    Bismillah,

    @Ukht Humairah
    Menjadi muslimah yang sejati tidak hanya cukup dengan do’a, tapi juga usaha untuk mau belajar dan niat untuk berubah. Insya Allah…

    @Akh Abu Hanif, andi
    Seorang wanita muslimah tidak hanya membutuhkan ketampanan suami secara fisik saja. Karena kebaikan dan kecantikan yang dilihat dari segi materinya saja akan cepat pudar dan sirna. Seorang suami akan bertanggung jawab kepada Allah Jalla wa ‘Ala perihal istri, anak dan keluarganya. Ahsan, antum lebih fokus kepada pengembangan ilmu agama dan syari’at. Karena itulah bekal utama untuk memikat hati seorang muslimah. Insya Allah…

  33. Abu hanif,andi says:

    InsyaAllah…Syukran atas jawabanya Baarakaallahu fikum wa nafa’ana bi ‘ilmikum. Mudah2n Allah senantiasa menambahkan kpd kita ilmu yang bermamfaat dan ketakwaan. Amiin..

  34. akhwat imut says:

    akhwatfillah, jagalah dirimu seperti Allah menjagamu.
    Innerbeauty itu penting loh! Karena wanita susah dimengerti…^o^

  35. nana says:

    syukron katsir…moga saya bisa mencontoh sebagai wanita yang ada pada artikel tersebut, karena kaum hawa sekarang sudah susah untuk menjadi muslimah yang baik apa lagi seorang wanita yang sholeha, semoga dengan artikel ini banyak wanita bisa intropeksi diri.

  36. Sri Purwati says:

    Alhamdulillahirobbilalamin, ana diberikan oleh Alloh subhanahuwataala suami yang soleh, suami yang bisa mendidik ana menjadi istri yang sholehah.
    Untuk suamiku..semoga Alloh senantiasa melindungimu dan membimbingmu dunia akhirat…
    Dan semuga ana selalu diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menjalani kehidupan ini.. amin ya robbal alamin.

  37. ummu abdillah says:

    subhanaalloh, sebuah artikel yang sangat bagus.memang kecantikan fisik bukanlah modal utama untuk meraih kebahagiaan dalam rumah tangga.tetapi modal utama untuk meraih kebahagiaan dalam rumah tangga adalah ilmu dien dan kecantikan yang lahir dari jiwa. wahai ukhtifillah, semoga kita dapat mejadi istri sholihah buat suami kita,menjadi ummi yang sholihah buat anak – anak kita.amiiinn

  38. assyidah says:

    salam ukhwah.. ana copy artikel ini, dan juga artikel jangan menyerah saudariku kemudian paste dalam blog ana..mohon diizinkan..

  39. Ary says:

    Sungguh suatu pelajaran yg berharga untuk wanita. Makasih ya…

  40. yuni astrika utami says:

    mksih bwat artikel diatas,,,

    bgus bgt,,

    saat ini saya lgi bimbang ‘n lgi brusha untuk menata hati
    memkai kerudung…
    saya ingin mnjdi seorng istri yg solehah bwt suamiku nanti,

  41. Alhamdulillah saya menemukan situs ini, semoga nasehat dan tulisan yang ada membawa perubahan dalam bersikap saya…

  42. sifa says:

    luar biasa, ini sangta bermanfaat bg saya. salam kenal

  43. dea says:

    ayukroon ukhti.subhanalloh artikelnya jamilah…oya ana yg dalam luqoh arabic ngk? kebetulan akhwat arabiyah ada yg mau baca…..jazakillah….

  44. Sahrul Pabiccang says:

    Woww keren bgt, tapi kepanjangan bro..

  45. yunita says:

    Alhamdullilah…………bagus banget tulisan diatas………semoga dapat mengilhami jawa da hati setiap wanita untuk menambah kecantikan sejati yang sesunguhya….Amin

  46. wul says:

    ijin copy paste

    assalaamu’alaykum…^^

  47. ummu maisah says:

    Assalamu’allaikum.
    Kata cantik yang terbayang dalam pikiran pasti,memiliki wajah dan tubuh yang sempurna dan tidak terkesan jelek.Tetapi itu hanya pembungkusnya saja, belum tentu didalamnya(jangan berburuk sangka)karna Allah tidak menciptakan manusia sempurna banget, seperti bidadari surga(aduhai cantik sekali,apalagi mereka di persiapkan untuk suami kita yang shalih)jadi jangan membuat mereka cemburu,kala kita memarahi suami. Jaga akhlak,mempercantik diri, senyum, kebaikan tuk suami. Pasti di surga kita akan mendampingi suami.Amin

  48. whyeta says:

    subhanallah,,artikelnya bagus banget…syukron katsiroo!! artikel ini menberi motivasi bg para muslimah..terutama yg blum menikah..agar bersegera menuai pahala kegerbang rumah tangga..

  49. tyas says:

    kalo menurut saya,artikel dari ummu yusuf ini menarik,ya?!!!
    semoga ini bisa menjadi tuntunan bagi pengantin baru.ami….nnnn.

  50. nawa says:

    Wanita memang akan banyak menghuni neraka seperti sabda baginda Rasul saw,tapi jika wanita menurut apa yang diperintahkan oleh ALLAH SWT melalui RasulNYA maka wanita pasti dalam kedudukan yang sangat mulia memang sangat sulit tapi harus terus berusah dan mencoba menjadi wanita yang terbaik di hadapan ALLAH azza wajalla….

Leave a Reply