Kecantikan Sejati

Dikirim: Ummu Yusuf Wikayatu Diny
Muroja’ah: Ust Aris Munandar

Adalah kebahagiaan seorang laki-laki ketika Allah menganugrahkannya seorang istri yang apabila ia memandangnya, ia merasa semakin sayang. Kepenatan selama di luar rumah terkikis ketika memandang wajah istri yang tercinta. Kesenangan di luar tak menjadikan suami merasa jengah di rumah. Sebab surga ada di rumahnya; Baiti Jannati (rumahku surgaku).


Kebahagiaan ini lahir dari istri yang apabila suami memandangnya, membuat suami bertambah kuat jalinan perasaannya. Wajah istri adalah keteduhan, telaga yang memberi kesejukan ketika suami mengalami kegerahan. Lalu apakah yang ada pada diri seorang istri, sehingga ketika suami memandangnya semakin besar rasa sayangnya? Konon, seorang laki-laki akan mudah terkesan oleh kecantikan wajah. Sempurnalah kebahagiaan seorang laki-laki jika ia memiliki istri yang berwajah memikat.

Tapi asumsi ini segera dibantah oleh dua hal. Pertama, bantahan berupa fakta-fakta. Dan kedua, bantahan dari sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Konon, Christina Onassis, mempunyai wajah yang sangat cantik. Ia juga memiliki kekayaan yang sangat besar. Mendiang ayahnya meninggalkan harta warisan yang berlimpah, antara lain kapal pesiar pribadi, dan pulau milik pribadi juga. Telah beberapa kali menikah, tetapi Christina harus menghadapi kenyataan pahit. Seluruh pernikahannya berakhir dengan kekecewaan. Terakhir ia menutup kisah hidupnya dengan satu keputusan: bunuh diri.

Kecantikan wajah Christina tidak membuat suaminya semakin sayang ketika memandangnya. Jalinan perasaan antara ia dan suami-suaminya tidak pernah kuat.

Kasus ini memberikan ibroh kepada kita bahwa bukan kecantikan wajah secara fisik yang dapat membuat suami semakin sayang ketika memandangnya. Ada yang bersifat psikis, atau lebih tepatnya bersifat qalbiyyah!

Bantahan kedua, sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam: “Seorang wanita dinikahi karena empat hal; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah yang taat beragama niscaya kamu akan beruntung.” (HR. bukhari, Muslim)

Hadist di atas sebagai penguat bahwa kesejukan ketika memandang sehingga perasaan suami semakin sayang, letaknya bukan pada keelokan rupa secara zhahir. Ada yang bersifat bathiniyyah.

Dengan demikian wahai saudariku muslimah, tidak mesti kita harus mempercantik diri dengan alat kosmetik atau dengan menggunakan gaun-gaun aduhai yang akhirnya akan membawa kita pada sikap berlebihan pada hal yang halal bahkan menyebabkan kita menjadi lalai dan meninggalkan segala yang bermanfaat dalam perkara-perkara akhirat, wal ‘iyadzubillah. Namun tidak berarti kita meninggalkan perawatan diri dengan menjaga fitrah manusia, dengan menjaga kebersihan, kesegaran dan keharuman tubuh yang akhirnya melalaikan diri dalam menjaga hak suami. Ada yang lebih berarti dari semua itu, ada yang lebih penting untuk kita lakukan demi mendapatkan cinta suami.

Sesungguhnya cinta yang dicari dari diri seorang wanita adalah sesuatu pengaruh yang terbit dari dalam jiwa dengan segala kemuliaannya dan mempunyai harga diri, dapat menjaga diri, suci, bersih, dan membuat kehidupan lebih tinggi di atas egonya.

Untuk itulah saudariku muslimah… Tuangkanlah di dalam dada dan hatimu dengan cinta dan kasih sayang serta tanamkanlah kemuliaan wanita muslimah seperti jiwamu yang penuh dengan kebaikan, perhatian serta kelembutan. Bukankah kita telah melihat contoh-contoh yang gemilang dari pribadi-pribadi yang kuat dari para shahabiyyah radiyallahu ‘anhunna…?

Janganlah engkau penuhi dirimu dengan ahlak yang selalu sedih dan gelisah, banyak pengaduan dan keluh kesah dan selalu mengancam, karena hal tersebut akan menggelapkan hatimu. Tersenyumlah untuk kehidupan. Seperti kuatnya para shahabiyyah dalam menghadapi kehidupan yang keras dan betapa kuatnya wanita-wanita yang lembut itu mempertahankan agamanya…

Perhiasan jiwa, itulah yang lebih utama. Yaitu sifat-sifat dan budi pekerti yang diajarkan Islam, yang diawali dengan sifat keimanan. Sebagaimana firman Allah, (yang artinya) “Tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan.” (QS. Al-Hujaraat: 7)

Apabila keimanan telah benar-benar terpatri dalam hati, maka akan tumbuhlah sifat-sifat indah yang menghiasi diri manusia, mulai dari Ketakwaan, Ilmu, Rasa Malu, Jujur, Terhormat, Berani, Sabar, Lemah Lembut, Baik Budi Pekerti, Menjaga Silaturrahim, dan sifat-sifat terpuji lainnya yang tidak mungkin disebut satu-persatu. Semuanya adalah nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang diberikan kepada hamba-hambanya agar dapat bahagia hidup di dunia dan akhirat.

Wanita benar-benar sangat diuntungkan, karena ia memiliki kesempatan yang lebih besar dalam hal perhiasan jiwa dengan arti yang sesungguhnya, yaitu ketika wanita memiliki sifat-sifat terpuji yang mengangkat derajatnya ke puncak kemuliaan, dan jauh dari segala sesuatu yang dapat menghancurkanya dan menghilangkan rasa malunya….!

Saudariku… jika engkau telah menikah, maka nasihat ini untuk mengingatkanmu agar engkau selalu menampilkan kecantikan dirimu dengan kecantikan sejati yang berasal dari dalam jiwamu, bukan dengan kecantikan sebab yang akan lenyap dengan lenyapnya sebab.

Saudariku… jika saat ini Allah belum mengaruniai engkau jodoh seorang suami yang sholeh, maka persiapkanlah dirimu untuk menjadi istri yang sholihah dengan memperbaiki diri dari kekurangan yang dimiliki lalu tutuplah ia dengan memunculkan potensi yang engkau miliki untuk mendekatkan dirimu kepada Yang Maha Rahman, mempercantik diri dengan ketakwaan kepada Allah yang dengannya akan tumbuh keimanan dalam hatimu sehingga engkau dapat menghiasi dirimu dengan akhlak yang mulia.

Saudariku… ini adalah sebuah nasihat yang apabila engkau mengambilnya maka tidak ada yang akan diuntungkan melainkan dirimu sendiri.

Disalin dari: Buletin al-Izzah edisi no16/thn III/Muharram 1425 H

(Bulletin ini diterbitkan oleh Forkimus (Forum Kajian Islam Muslimah Salafiyah) Mataram, Lombok, NTB)

***

Artikel www.muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

99 Comments

  1. Ali Shaleh Alkatiri says:

    Apa ada majalah/tercetak daro forum ini : dari muslimah unutk muaslimah. Kalau ada dimana saya dapat beli?

    Mohon juga dikembangkan kajian untuk pengembangan usaha alternatif yg bisa dikembangkan para muslimah

  2. Nhie says:

    mohon izin buat copy, afwan

  3. humairah says:

    Maaf, mohon izin copy

  4. wiwin says:

    alhamdulillah,, setelah membaca tulisan ini sya semakin mantap untuk mempersiapkan diri sya agar lbh baik lagi walau sampai saat ini belum di anugerahi seorang suami tpi sya yakin dgn semakin memperbaiki akhlak dan peribadi sya Allah pasti sdh siapkan seorang pendamping hidup yg beriman, Aminnnn….

  5. Wulan says:

    ijin copy ya ukhti… Matur nuwun..

  6. Qowi says:

    Subhanalloh…smg kita senantiasa mjd wnta yg cantik, baik dzohir maupun bathin.

  7. Eyna says:

    Izin copy ya.. afwan

  8. Ari says:

    Assalamu’alaikum..

    Ukhty…izin copy di FB ya..
    InsyaAlloh bermanfaat..Syukron jazakillah khair

  9. Aan says:

    Subhanallah,,,
    jadi lebih semangat memperbaiki diri untuk menjadi istri yg sholihah..
    jazakillah untuk artikelnya,,sangat bermanfaat,,

  10. ainun says:

    Assalamu’alaikum..
    Izin copy ukh..
    Syukron..

  11. bedah siicue bicker says:

    saya sangat suka pendapat yang di atas bahwa kecantikan alami lebih penting da pada fisikli

  12. tati lubis says:

    mohon izin utk mengcopy. sukron…

  13. indri says:

    begitu besar harapan setiap wanita tuk bisa jadi istri yang soleha.karna itu idaman setiap suami.ummu bagaimana kiat tuk jadi istri yang soleha? saya tunggu jawabannya

  14. sri mulyati says:

    assalamualaikum..izin copi lagi ya .
    terima kasih seblmnya

  15. Indah Mona watti says:

    subhanallah…

    semoga kita semoga kita mendapatkan kecantikan lahir dan bathin,,

    tetap tersenyum pancarkan kecantikan hatimu…
    ^_^

  16. Nucky says:

    Alhamdulialah setelah membaca tulisan ini saya semakin mantap untuk mempersiapkan diri agar lebih baik lagi

  17. abu zayyan says:

    assalamualaikum..

    ijin copy akh.

  18. Badri. S says:

    Asslm. izin mengkopi artikelnya buat share kepada teman2 muslimah.

  19. iin says:

    ilmu yang benar2 bermanfaat bagi kaum muslimah..makasih atas ilmunya yang tlah tertuangkan ini…

  20. iin dwi azzahra says:

    sebuah ilmu yang sangat berkilauan ukhti dibandingka kemilauan dan indahnya permata..apa yang ukhti kemukakan sangat brharga.. izin copi ya… makasih ^_^

  21. ummi nasywaa says:

    mohon izin share
    afwan

  22. ko ahong says:

    kl bs pgnnya pny istri cantik agamanya , rupanya ,tinggi nasabnya ,bnyk hartanya..seperti rasul memilih khadijah , aisyah , keempat kriteria ada di di diri keduanya..boleh kan ????

  23. muslim says:

    ijin share ya… mkasih.

  24. lilis says:

    assalamu’alaikum…
    izin share ya… syukron

  25. fyrha says:

    subhanallah….
    posting,a sgat bgus……
    izin d copy y………

  26. Diaz Bono Bumi says:

    Subhanllah…smga sy bs mndptkan sprti pa di tuliskan di artikel ini…

  27. vitri says:

    ijin copy ya ukhti / afwan ……terimkasih

  28. Wahyu Neisya Imanillah says:

    Subhanalloh sungguh artikel ini sangat syarat dengan nasehat…syukron jazakallohu ta’ala…

  29. fitri says:

    subhanallah…. artikel ini sangat bagus n bermanfa’at untuk para pembacanya terutama kaum muslimah….
    Syukron ya ukhty…. insyaallah setelah membaca artikel ini saya dan muslimah lainnya akan mendapatkan hidayah dan semakin yakin untuk memperdalam ketaqwaan kepada allah SWT sehingga keimanan dalam hati akan terpancar sebagai kosmetik abadi.

  30. sitiramdayani says:

    Assalamualikum,,,, luar biasa artikel ini, cukup singkat. namun isinya sangat bermanfaat n bermakna mendalam. saya sangat tersentuh membacanya, sebagai seorang wanita. saya sangat bersyukur. memang beribu pahala gampang buat kita gapai. tetapi dosa juga sangat gampang di dapat. namun apapun yg kita lakukan itu semuanya ada bimbingannya. yaitu Al Qur’an dan Hadits.

  31. lelly says:

    assalamualaikum wr.wb.

    mhon izin buat copy artikel ini,, :)

  32. ilham says:

    stelah membacanya afwan merasa terharu dan ingi memiliki wanita yg ada dlm tulisan ukhti

  33. Mila says:

    mohon izin tuk copy yaa, ukhti
    syukron………..

  34. ns says:

    assalamu’alaikum.wr.wb
    afwan, izin untuk meng copy artikel yang ada di situs ini.. jzkmlh khoir jaza.. wassalamu’alaikum.wr.wb

  35. ben. says:

    izin ngesare

  36. nice posting, sangat memberikan referensi yang baik
    semangat terus yaa nge blognya
    kalau sempat kunjungi blog saya
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih

  37. nuri says:

    ijin copy ya ukhti…:D

  38. reinrin says:

    ass,,
    memang susah mnjdi wanita sholehah’ tpi sya akan berusaha mndji wanita solehahah…

  39. Jony faelany says:

    Assalamualaykum wr. Wb,
    da suatu ketakutan dari diri saya. Yaitu tdk bisa mendapatkan istri yg soleha. Bgaimana solusix. Sekian
    assalamualaykum

  40. fatimah says:

    Kata-katanya membuat aku sadar dan ingin menjadi wanita solehah

  41. kykoshop says:

    perhiasan jiwa…
    artikel yang mantap..

  42. lia says:

    alhmdulilah,setelah membaca artikel ini sy tambah pengetahuan lg n pengen tw lebih bnyk lg.

  43. dartini says:

    assalamu’alaikum,,, barakallah fiik.. ijin copas ,, syukron jazakumullah khair..

  44. nana says:

    baarakallaahu fii kum

    masyaaAllah nasehatnya…
    syukron

  45. yons says:

    barakallahu fiikum…sangat memotivasi untuk mencari istri yg sholehah…jazakumullahu khairan…

Leave a Reply