Apa Makna Wanita Diciptakan dari Tulang Rusuk yang Paling Bengkok?

Pertanyaan:

Disebutkan dalam sebuah hadits, “Berbuat baiklah kepada wanita, karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, sedangkan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas,” dst. Mohon penjelasan makna hadits dan makna ‘tulang rusuk yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas’?

Jawaban:

Ini adalah hadits shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim di masing masing kitab Shahih mereka, dari Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam. Dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa nabi shalallahu ‘alayhi wasallam bersabda,

“Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik.”
(HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186)

Ini adalah perintah untuk para suami, para ayah, saudara saudara laki laki dan lainnya untuk menghendaki kebaikan untuk kaum wanita, berbuat baik terhadap mereka , tidak mendzalimi mereka dan senantiasa memberikan ha-hak mereka serta mengarahkan mereka kepada kebaikan. Ini yang diwajibkan atas semua orang berdasarkan sabda Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam, “Berbuat baiklah kepada wanita.”

Hal ini jangan sampai terhalangi oleh perilaku mereka yang adakalanya bersikap buruk terhadap suaminya dan kerabatnya, baik berupa perkataan maupun perbuatan karena para wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, sebagaimana dikatakan oleh Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam bahwa tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.

Sebagaimana diketahui, bahwa yang paling atas itu adalah yang setelah pangkal rusuk, itulah tulang rusuk yang paling bengkok, itu jelas. Maknanya, pasti dalam kenyataannya ada kebengkokkan dan kekurangan. Karena itulah disebutkan dalam hadits lain dalam ash-Shahihain.

“Aku tidak melihat orang orang yang kurang akal dan kurang agama yang lebih bias menghilangkan akal laki laki yang teguh daripada salah seorang diantara kalian (para wanita).”
(HR. Al Bukhari no 304 dan Muslim no. 80)

Hadits Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam yang disebutkan dalam ash shahihain dari hadits Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu. Makna “kurang akal” dalam sabda Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam adalah bahwa persaksian dua wanita sebanding dengan persaksian seorang laki laki. Sedangkan makna “kurang agama” dalam sabda beliau adalah bahwa wanita itu kadang selama beberapa hari dan beberapa malam tidak shalat, yaitu ketika sedang haidh dan nifas. Kekurangan ini merupakan ketetapan Allah pada kaum wanita sehingga wanita tidak berdosa dalam hal ini.

Maka hendaknya wanita mengakui hal ini sesuai dengan petunjuk nabi shalallahu ‘alayhi wasallam walaupun ia berilmu dan bertaqwa, karena nabi shalallahu ‘alayhi wasallam tidak berbicara berdasarkan hawa nafsu, tapi berdasar wahyu yang Allah berikan kepadanya, lalu beliau sampaikan kepada ummatnya, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

“Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).”
(Qs. An-Najm:4)

Sumber:
Majmu Fatawa wa Maqadat Mutanawwi’ah juz 5 hall 300-301, Syaikh Ibn Baaz Fatwa fatwa Terkini Jilid 1 Bab Perlakuan Terhadap Istri penerbit Darul Haq

***
Artikel muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

86 Comments

  1. Anggia says:

    semoga banyak para pria bisa membacanya dan memahami, apa lagi kalau memiliki seoarang istri yang bekerja

  2. Setiyadi says:

    Assalamu’alaykum. Memang kita ga boleh kasar pd wanita. Tp bgmn jk kasus spt ini: seorg suami sdh mendakwahi istri ttg kewajiban berhijab, shalat & melakukan amalan2 sunnah dg cara halus, trus mengajak ke majlis ilmu utk meyakinkan ttg keutamaan & pentingnya amalan2 tsb. trus suami jg sdh membelikan jilbab yg layak, belikan kitab2 ilmu agama utk dipelajari, tp kog ya istri msh aj susah utk terus memakai jilbab, shalat wajibnya sering bolong, amalan sunnah tdk pernah dikerjakan. Pake jilbab jika kerja/bepergian sj, kalo dirmh/ketetangga dkt tdk pake, padahal suami slalu ngingetin terus. Kalo ditegur agak keras dikit biasanya ngambek. Mau dikasari ndak sampe hati. Apa hrs bersabar terus ato bgmn ? Pusing sy, terkadang timbul rasa putus asa. Bagi yg mau ksh solusi sy ucapkan Jazakallahu Khoiron.

    • @ Setiyadi
      Wa’alaikumussalam warahmatullah..
      Sedikit yang bisa kami sampaikan berkenaan dengan permasalahan Bapak diatas, bahwa salah satu tanda dakwah dengan hikamah adalah berdakwah kepada orang lain dengan penuh kesabaran. hendaknya kita juga tidak terburu-buru untuk mendapatkan hasil dan terus tetap bedoa kepada Allah agar orang yang kita dakwahi tersebut mendapatkan taufikNya.

  3. knur says:

    s’orang anak perempuan yg dlahirkn dr ibu kandungnya,tp dbesarkn oleh org lain,tp melihat kondisi sang ibu kandung miskin,si anak perempuan tidak menganggap ibu kandungny,melainkan ibu yg diangktny lbh baik dr ibu kandungny,n sll mnjelek2kn ibu kandungny,n smp skr dia mbthkn p’tolongan ibu kandungny kalau lagi ada mauny saja.apakah menurut anda dia adalah anak yg plg b;dusta?.terimakasih.

    • @ Knur
      kami hanya bisa berdoa semoga Allah memaafkan kesalahannya terhadap ibunya dan semoga Allah membaguskan akhlaknya kepada keduaorang tua terutama ibunya yang telah bersusah payah mengandung dan melahirkan juga kepada orang yang telah berbuat baik kepadanya dengan membesarkannya. Allahu sami’un mujib..

  4. dandylove says:

    Alhamdulillah dengan segala nikmat-Mu amal shaleh menjadi sempurna.
    Alangkah baiknya Engkau ya Allah-memang hanya Engkaulah dzat Yang Maha baik.Engkau sangat Penyantun & sangat penyayang kepada manusia.setelah Engkau,kemudian melalui hamba-hamba pilihanMu dan segala wasilahMu-Engkau sampaikan kepada kami petunjukMu yg Agung dan luhur,adab yg sangat mulia.Kami mempersaksikanMu-mempersaksikan kpd pengemban ArsyMu dan malaikatMu dan kpd seluruh makhlukMu,bahwa Engkaulah Allah,tiada ilah selain Engkau dan tidak ada sekutu bagiMu, dan Muhammad itu adalah hamba dan utusanMu.Allahumma ya Allah tolonglah kami u/sll megingatMu,mensyukuriMu dan tolong pula kami agar kami dapat beribadah dengan baik kpd-Mu.Aamiin…

  5. yuli says:

    bismillah
    ijin copi

  6. Siti Rohana says:

    terima kasih atas artikelnya
    sangat menambah wawasan

  7. assalamu’alaikum…
    ukhti,,
    ana izin copy paste ya… ^_^

  8. rennyd says:

    izin share ya ustadz…

  9. vivi oktavianti says:

    ijin share ,
    jazaakumullah khayran

  10. farhanim says:

    artIKeL yg CkUP BaIK PrNH cY BcE…tHNiAh..

  11. Assalamualaikum…yang arti dari wanita di ciptakan dari tung rusuk dan bengkok adalah, wanita itu lemah dan mudah terpengaruh oleh perasaannya sendiri. oleh karena itu butuh orang yang selalu menggingatkannya di kala dia salah. apa bila di biarkan diakan selalu bengkok. tapi apabila dalam membinanya tapi sangat diharapkan kesabaran dan kelembutan, apa bila dengan keras karena yang bengkok itu kan mudah patah.

  12. das says:

    terimahkasih atas dakwanya semoga bermanfaat

  13. alwiyah says:

    Ya itulah kelebihan wanita..yang seharusnyalah di kasihi dan di cintai bukan untuk di sia-siakan oleh kaum pria yang banyak terjadi pada sat ini.

  14. Wulan says:

    Ijin shared dan copy ya..

  15. nadia pramita says:

    subhanallah..

  16. wan ferina says:

    semoga para suami bisa mendidik istri-istrinya dengan cara yang baik dan penuh kasih sayang

  17. fru says:

    ijin share di fb..
    jazakumulloh khoiron..

  18. ummu kultsum says:

    izin syer.
    jajakunnallahu khoir

  19. ummu kultsum says:

    izin sher yaaa…

  20. hania says:

    asallamuallaikum ,wr`rb

    aku sangat terharu tentang tulisan ini
    aku jadi tau ….
    subhanallah……

  21. lovely says:

    baguss bangeettt topik na………………

  22. unik says:

    Maha Suci Allah SWT,
    semoga kita semua termasuk watina yang baik dan sholehah sehingga mereka berbuat baik kepada kita,amin.

  23. muslimahBaru says:

    assalamualaikum…
    sgt bgus info ini..izin copy buat kongsian pada teman2

  24. mawardi says:

    ASSALLA,MUALAIKUM jika anaknya tidak pndi mengaji apakah orang tua juga bersalah ??…..

    • @ Mawardi
      W’alaikumussalam,
      Orang tua bersalah jika dia tidak mengajari anak-anaknya mengaji atau membiarkan anak-anaknya menyepelekan urusan agamanya dan tidak mengarahkan anaknya untuk belajar agama.

  25. mama fiyan says:

    mohon copy untuk diletakkan di blog saya ya puan.

  26. irawaty says:

    apa ganjaran yg di timpakan kpd seorang laki
    lki yag maenyakiti hati maupun fisik seorang wanita???

  27. nur says:

    Assalamu’alaikum. jika dikatakan bahwa jodoh seseorang yang tepat itu adalah ketika seorang suami menemukan istrinya memang berasal dari tulang rusuknya sendiri (dg DNA tulang yg sama). nah, karena memang tidak memungkinkan utk upaya itu maka dg gholabatud-dlon seseorang mengatakan ini jodoh atau tidak dari persepsi individu. Apakah yg demikian itu benar? bagaimana sebenarnya standar mengatakan ini jodoh atau tidak, adakah kaitannya dengan tulang rusuk seperti yg disebutkan diatas? afwan wa jazakumullah khoir katsir

    • @ Nur
      Wa’alaikumussalam,
      Wanita tercipta dari tulang rusuk yang paling bengkok bukan bermaksud bahwa istri tercipta dari tulang rusuk suami atau memiliki DNA yang sama. Secara ilmiahpun membuktikan jika DNA yang sama itu menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki hubungan darah alias hubungan keluarga(mahram). Bahkan haram hukumnya menikah dengan mahram.
      Tentang jodoh, siapa yang menikahi Anda kelak itulah jodoh yang Allah takdirnya kepada Anda.

  28. assalamualaikum… makasi ats artikelnya!!!!
    Smoga ALLAH subhanahuwataala memberikan limpahan HIdayah kepada kita semua amin…..!!!

  29. Ummu 'Aisyah says:

    Assalamu’alaykum
    ijin copy buat ana post di blog ana
    jazakumullahu khoiron

  30. sholeh says:

    subhanallah,, izin share ya,, syukron,,

  31. pujiastuti says:

    semoga semua,laki ataupun perempuan bisa saling memahami..

  32. fathimah cilegon says:

    Assalaamu’alaikum.
    artikelnya bagus dan menarik.
    ‘afwan izin share dan copas artikel ini. syukron wa jazaakumullohu khoiron

  33. Vita says:

    Asalamu’alaikum. Artikelnya TOP deh..

  34. Rifan Muazin says:

    Assalamualaikum….
    izin ana copy di http://makinglove.tk

  35. ibnu hasan says:

    @ Bpk. Setiyadi
    Semoga bisa membantu, dari pengalaman saya dalam mendakwahi keluarga saya biasanya saya tetap menyediakan buku bacaan yang dalam bentuk majalah (agar lebih mudah dipahami dan lebih menarik baginya) dan di rumah selalu mendengarkan kaset ceramah tanpa harus memaksa namun usahakan agar istri tetap bisa mendengar walaupun istri sedang sibuk mengerjakan hal lain di rumah. dengan membiasakan hal ini secara konsisten serta tetap sabar dan ikhlas serta gaya penyampaian yg baik insya Allah akan diberi kemudahan

  36. wiwit purramaranti says:

    mdh2an dgn artikel ini dapat membuat para suami, saudara laki2 lbh menghargai wanita, tp bkn berarti para wanita jg menjdkan ini sesuatu yg membuat lbh berlaku seenaknya… krn biar bgmnapun sebaik baik wanita adlh yg byk berada di rumah tuk menjaga kehormatan dan martabat…tp klo jln wanita tetap hrs bekerja krn keadaan dan msh bs… mdh2an krn mmg wanita tsb sanggub menjaga keimanan dan kehormatannya di luar rumah….

  37. Boleh jadi, benar kata Ibnul Jauzi dalam Dzammul Hawa bahwa…

    لا وقاء للنساء
    “Wanita itu tidak memiliki kesetiaan”

  38. titah says:

    Assalamu’alaikum!
    Kalau memang wanita terbuat dari tulang rusuk laki-laki, lantas tulang rusuk laki-laki yang mana? suaminya-kah? dan bagaimana dengan laki-laki yang menikah lebih dari satu?

  39. titah says:

    Maaf boleh coomment pernyataanx mas Abu Muhammad Al’Asy’ari?
    ketahuilah bahwa tak semua wanita berhak dituduh tak setia…

  40. muslimah says:

    klo wanita ketika berbuat salah diartikan krn mereka kurang akal n agama,.lalu kalo laki2 krn apa?

  41. fitrah says:

    Assalamualaikum…
    Izin share ya..insya Allah bermanfaat.

  42. pepy says:

    Assalamualaikum ^_^

    mau nanya ..
    maksud dari hadis ini apa ya ??

    “Aku tidak melihat orang orang yang kurang akal dan kurang agama yang lebih bias menghilangkan akal laki laki yang teguh daripada salah seorang diantara kalian (para wanita).” (HR. Al Bukhari no 304 dan Muslim no. 80)

    kalo ada waktu tolong do jelasin.
    makasi :)

  43. elianda says:

    Alhamdulillah dengan segala nikmat-Mu amal shaleh menjadi sempurna.

  44. ahmad fauzi alhilal says:

    Izin copas ya.

  45. umi says:

    assalamualaikum

    mohon izin share.

  46. okky wijayanto says:

    sayangilah wanita karena jika tulang rusuk diluruskan maka dia akan patah. dan jangan tanyakan alasan apapun kepada tipe wanita seperti ini. cukup disuruh pulang dan sholat saja. [pesan redaksi muslimah.or.id: kami mohon maaf kepada Al-Akh Okky, karena komentar beliau kami ringkas]

  47. Reni says:

    Assalamu’alaikum…..
    Bangga rasax biSa jAdi sEoraNg Wanita..

    Ukhti sAya Izin Copy Paste yH….!!!

  48. Kamelia says:

    Subhaanallaah… sbg Muslimah Qt hrs mensyukuri sgala kemuliaan yg dibrikan Allah pd Qt..smoga kelak di akhirat sana, Wanita Muslimah lbh mdptkn kmuliaan dr Allah dbnding wkt hdupx ddunia. Aamiin..

    oya, ‘afwan, izin mengcopy ya Ukh??? Syukron

  49. Wahai Muslimah! bentuklah jiwa dan akhlakmu dengan sebaik-baiknya agar engkau tidak dihumban dalam api neraka. Wahai orang yang menjaga amanah! jagalah perempuan2 kalian.

  50. asdarlooy says:

    assalamualaikum,,,
    artikel’y bagus, ijin share yah..
    Syukron.

Leave a Reply