Apa Makna Wanita Diciptakan dari Tulang Rusuk yang Paling Bengkok?

Pertanyaan:

Disebutkan dalam sebuah hadits, “Berbuat baiklah kepada wanita, karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, sedangkan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas,” dst. Mohon penjelasan makna hadits dan makna ‘tulang rusuk yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas’?

Jawaban:

Ini adalah hadits shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim di masing masing kitab Shahih mereka, dari Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam. Dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa nabi shalallahu ‘alayhi wasallam bersabda,

“Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik.”
(HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186)

Ini adalah perintah untuk para suami, para ayah, saudara saudara laki laki dan lainnya untuk menghendaki kebaikan untuk kaum wanita, berbuat baik terhadap mereka , tidak mendzalimi mereka dan senantiasa memberikan ha-hak mereka serta mengarahkan mereka kepada kebaikan. Ini yang diwajibkan atas semua orang berdasarkan sabda Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam, “Berbuat baiklah kepada wanita.”

Hal ini jangan sampai terhalangi oleh perilaku mereka yang adakalanya bersikap buruk terhadap suaminya dan kerabatnya, baik berupa perkataan maupun perbuatan karena para wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, sebagaimana dikatakan oleh Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam bahwa tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.

Sebagaimana diketahui, bahwa yang paling atas itu adalah yang setelah pangkal rusuk, itulah tulang rusuk yang paling bengkok, itu jelas. Maknanya, pasti dalam kenyataannya ada kebengkokkan dan kekurangan. Karena itulah disebutkan dalam hadits lain dalam ash-Shahihain.

“Aku tidak melihat orang orang yang kurang akal dan kurang agama yang lebih bias menghilangkan akal laki laki yang teguh daripada salah seorang diantara kalian (para wanita).”
(HR. Al Bukhari no 304 dan Muslim no. 80)

Hadits Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam yang disebutkan dalam ash shahihain dari hadits Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu. Makna “kurang akal” dalam sabda Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam adalah bahwa persaksian dua wanita sebanding dengan persaksian seorang laki laki. Sedangkan makna “kurang agama” dalam sabda beliau adalah bahwa wanita itu kadang selama beberapa hari dan beberapa malam tidak shalat, yaitu ketika sedang haidh dan nifas. Kekurangan ini merupakan ketetapan Allah pada kaum wanita sehingga wanita tidak berdosa dalam hal ini.

Maka hendaknya wanita mengakui hal ini sesuai dengan petunjuk nabi shalallahu ‘alayhi wasallam walaupun ia berilmu dan bertaqwa, karena nabi shalallahu ‘alayhi wasallam tidak berbicara berdasarkan hawa nafsu, tapi berdasar wahyu yang Allah berikan kepadanya, lalu beliau sampaikan kepada ummatnya, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

“Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).”
(Qs. An-Najm:4)

Sumber:
Majmu Fatawa wa Maqadat Mutanawwi’ah juz 5 hall 300-301, Syaikh Ibn Baaz Fatwa fatwa Terkini Jilid 1 Bab Perlakuan Terhadap Istri penerbit Darul Haq

***
Artikel muslimah.or.id

Donasi dakwah YPIA

86 Comments

  1. Lail says:

    Asalamu’alaikum…
    Izin mau share ea …
    jazakumullah ..

  2. Shohibun says:

    Asslmlkm… Maaf sya tertarik & kpngin tau dr pertnyaannya Titah belum terjawab Tntang lelaki yg mempunyai istri lbih dari satu itu gimana. Trima ksih…

  3. hamba ALLAH says:

    trims nasehatnya kepada pemiklik tulang rusuk tris karna kaum hawa diciptakan ALLAH ADA SUMBANG SIH KAUM MUSLIM

  4. Ariana Hamidoen says:

    Walaupun wanita takdirnya kurang akal dan agamanya dan kadang2 berperilaku buruk, tetapi Alloh Subhana wata Ala memerintahkan untuk para suami, para ayah, saudara saudara laki laki dan lainnya untuk menghendaki kebaikan untuk kaum wanita, berbuat baik terhadap mereka , tidak mendzalimi mereka dan senantiasa memberikan ha-hak mereka serta mengarahkan mereka kepada kebaikan. Ini yang diwajibkan atas semua orang……….Subhanallah semoga kita bisa menjadi wanita yg sholihah. Amin.

  5. Ariana Hamidoen says:

    Ijin share ya Jazakillahu khaira

  6. YUSUF says:

    watak seorang wanita berbeda beda ada yg keras dan adas yg lembut bagai mana kita menyikapinya yg keras,, dan apakah nafsu seorang wanita lebih besar dari pada laki laki,,,,,,???

  7. Mira says:

    Sungguh aku bangga menjadi seorang muslimah,
    yang posisi nya sangat di muliakan oleh islam..

    syukron,,
    ijin share ea

  8. wanita itu bagaikan tulang rusuk yang bengkok..
    jika diluruskan akan patah dan jika dibiarkan akan tetap bengkok

  9. artikel yang mencerahkan bagi kita semua… wanita sesungguhnya bukan sekedar pelengkap.. tapi menjadi bagian yang keseimbangan

  10. ahmad says:

    assalmualaikum,
    minta ijin nge share

    sukron

  11. wardah says:

    semoga jadi motivasi para muslimah dalam menggapai ridho Alloh,,,( akhwat dunia – akherat….hehe )

  12. wardah says:

    semoga jadi motivasi para muslimah dalam menggapai ridho Alloh,,,( akhwat dunia – akherat….amiin, insya Alloh )

  13. sary says:

    kenapa hawa diciptakan dari tulang rusuk mengapa tidak tulang yang lain?

  14. phony says:

    aslmkm..
    ijin share yach…
    jazakumullah

  15. dikin saliman says:

    mohon izin share

  16. lutfi says:

    iji share..z.jzkl

  17. nm says:

    saran buat para akhwat
    karena itu terimalah saran” kebenaran.

  18. rayadi says:

    Buat renungan,mdah~mdahan brmanpaat tuk Qt smua…!

  19. Abdullah E. Lubis says:

    ibuku, istriku dan anak wanitaku begitu bermakna dalam hidupku.
    subhanallah….telah Kau ciptakan ketiga makhluk tersebut buatku

  20. Fery says:

    terimakasih atas hadist da penjelasan tentang wanita ini.

  21. Mila says:

    bengkok : klo dlm seni,,garing lengkung itu menunjukkan kelembutan,luwes,dan tidak kaku…maka dlm menyikapi wanita haruslah seperti makna garis lengkung itu…

  22. Hipotensi says:

    semoga saja kelak aq bisa mendapatkan seorang imam yang dapat membawa ke jalan Rabb-ku .. amiin

  23. abimanyu.riadi says:

    ra ieruh carane ngunduh

  24. haritadi says:

    ijin share

  25. artikelnya bagus banget. mudah ” suatu saat nanti say bisa mndapatkan suami yang bisa membingbing keluarganya ke jalan yg benar.

  26. latifatul khoiriyah says:

    kalo umpamanya ada laki2 yg menikah dg wanita yg umurnya diatasnya lebih tua bagaimana?? Apakah juga temasuk tulang rusuk suaminya??

  27. yanto says:

    bisa jadi bisa jadi

  28. yanto says:

    apakah benar wanita itu berasal dari tulang rusuk yang paling atas dan yang bengkok kalau benar jawab ke email saya yah

  29. Ais says:

    Tapi kenapa bapakku kejam terhadap istri dan anak perempuannya?

Leave a Reply