Infertilitas Pasutri (2)

Kondisi Reproduksi Wanita Kelainan terbanyak pada organ reproduksi wanita penyebab infertilitas adalah endometriosis dan infeksi panggul, sedangkan kelainan lainnya yang lebih jarang kejadiannya adalah mioma uteri, polip, kista, …

677 96

Kondisi Reproduksi Wanita

Kelainan terbanyak pada organ reproduksi wanita penyebab infertilitas adalah endometriosis dan infeksi panggul, sedangkan kelainan lainnya yang lebih jarang kejadiannya adalah mioma uteri, polip, kista, dan saluran telur tersumbat (bisa satu atau dua yang tersumbat).

Penyakit Penyebab Infertilitas pada Wanita

1. Endometriosis

Endometriosis adalah jaringan endometrium yang semestinya berada di lapisan paling dalam rahim (lapisan endometrium) terletak dan tumbuh di tempat lain. Endometriosis bisa terletak di lapisan tengah dinding rahim (lapisan myometrium) yang disebut juga adenomyosis, atau bisa juga terletak di indung telur, saluran telur, atau bahkan dalam rongga perut. Gejala umum penyakit endometriosis adalah nyeri yang sangat pada daerah panggul terutama pada saat haid dan berhubungan intim, serta -tentu saja-i nfertilitas.

2. Infeksi Panggul

Infeksi panggul adalah suatu kumpulan penyakit pada saluran reproduksi wanita bagian atas, meliputi radang pada rahim, saluran telur, indung telur, atau dinding dalam panggul. Gejala umum infeksi panggul adalah: nyeri pada daerah pusar ke bawah (pada sisi kanan dan kiri), nyeri pada awal haid, mual, nyeri saat berkemih, demam, dan keputihan dengan cairan yang kental atau berbau. Infeksi panggul memburuk akibat haid, hubungan seksual, aktivitas fisik yang berat, pemeriksaan panggul, dan pemasangan AKDR (alat kontrasepsi dalam rahim, misalnya: spiral).

3. Mioma Uteri

Mioma uteri adalah tumor (tumor jinak) atau pembesaran jaringan otot yang ada di rahim. Tergantung dari lokasinya, mioma dapat terletak di lapisan luar, lapisan tengah, atau lapisan dalam rahim. Biasanya mioma uteri yang sering menimbulkan infertilitas adalah mioma uteri yang terletak di lapisan dalam (lapisan endometrium). Mioma uteri biasanya tidak bergejala. Mioma aktif saat wanita dalam usia reproduksi sehingga -saat menopause- mioma uteri akan mengecil atau sembuh.

4. Polip

Polip adalah suatu jaringan yang membesar dan menjulur yang biasanya diakibatkan oleh mioma uteri yang membesar dan teremas-remas oleh kontraksi rahim. Polip dapat menjulur keluar ke vagina. Polip menyebabkan pertemuan sperma-sel telur dan lingkungan uterus terganggu, sehingga bakal janin akan susah tumbuh.

5. Kista

Kista adalah suatu kantong tertutup yang dilapisi oleh selaput (membran) yang tumbuh tidak normal di rongga maupun struktur tubuh manusia.
Terdapat berbagai macam jenis kista, dan pengaruhnya yang berbeda terhadap kesuburan. Hal penting lainnya adalah mengenai ukuran kista. Tidak semua kista harus dioperasi mengingat ukuran juga menjadi standar untuk tindakan operasi. Jenis kista yang paling sering menyebabkan infertilitas adalah sindrom ovarium polikistik. Penyakit tersebut ditandai amenore (tidak haid), hirsutism (pertumbuhan rambut yang berlebihan, dapat terdistribusi normal maupun tidak normal), obesitas, infertilitas, dan pembesaran indung telur. Penyakit ini disebabkan tidak seimbangnya hormon yang mempengaruhi reproduksi wanita.

6. Saluran Telur yang Tersumbat

Saluran telur yang tersumbat menyebabkan sperma tidak bisa bertemu dengan sel telur sehingga pembuahan tidak terjadi alias tidak terjadi kehamilan. Pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui saluran telur yang tersumbat adalah dengan HSG (Hystero Salpingo Graphy), yaitu semacam pemeriksaan röntgen (sinar X) untuk melihat rahim dan saluran telur.

7. Sel Telur

Kelainan pada sel telur dapat mengakibatkan infertilitas yang umumnya merupakan manifestasi dari gangguan proses pelepasan sel telur (ovulasi). Delapan puluh persen penyebab gangguan ovulasi adalah sindrom ovarium polikistik. Gangguan ovulasi biasanya direfleksikan dengan gangguan haid. Haid yang normal memiliki siklus antara 26-35 hari, dengan jumlah darah haid 80 cc dan lama haid antara 3-7 hari. Bila haid pada seorang wanita terjadi di luar itu semua, maka sebaiknya beliau memeriksakan diri ke dokter.

Kondisi Reproduksi Pria

Perlu pembaca ketahui bahwa kondisi reproduksi pria meliputi sperma dan seksualitas.

Sperma

Sperma berasal dari kata spermatozoa, yaitu sel kelamin jantan yang memiliki bulu cambuk. Bentuk sperma mirip kecebong. Sperma dihasilkan oleh testis. Cairan nutrisi sperma berupa cairan putih, kental, dan berbau khas yang disebut “semen”. Proses pengeluaran semen dan sperma disebut ejakulasi, sehingga cairannya disebut juga dengan cairan ejakulat.

Pada pemeriksaan cairan ejakulat yang normal didapatkan:

  1. Volume: ≥ 2 mililiter.
  2. Lama mencair: 60 menit.
  3. pH (tingkat keasaman): ≥ 7,2.
  4. Kadar spermatozoa: ≥ 20 juta spermatozoa per mililiter.
  5. Jumlah spermatozoa total: ≥ 20 juta spermatozoa per ejakulat.
  6. Motilitas (pergerakan):
    • ≥ 50% motil (grade a dan b)*; atau
    • ≥ 25% bergerak progresif (grade a)
  7. dalam 60 menit setelah ejakulasi.

  8. Vitalitas: spermatozoa hidup ≥ 75%.
  9. Sel darah putih: < 1juta per mililiter.

*):
Grade a: pergerakan sperma yang cepat, progresif, biasanya membentuk garis lurus.
Grade b: pergerakan sperma yang lambat, biasanya kurang membentuk garis lurus.

Sperma membawa sifat dari bapak, yang nantinya akan bertemu dengan sel telur yang membawa sifat dari ibu. Oleh karena itu, kualitas sperma dan sel telur yang baik menjadi faktor penting dalam kehamilan.

Penyebab Umum Ketidaksuburan Pria

1. Gangguan di daerah sebelum testis (pretesticular)

Gangguan biasanya terjadi pada bagian otak, yaitu hipofisis yang bertugas mengeluarkan hormon FSH dan LH. Kedua hormon tersebut mempengaruhi testis dalam menghasilkan hormon testosteron, akibatnya produksi sperma dapat terganggu. Terapi yang bisa dilakukan adalah dengan terapi hormon.

2. Gangguan di daerah testis (testicular)

Kerja testis dapat terganggu bila terkena trauma pukulan, gangguan fisik, atau infeksi. Bisa juga terjadi, selama pubertas testis tidak berkembang dengan baik, sehingga produksi sperma menjadi terganggu. Dalam proses produksi, testis sebagai “pabrik” sperma membutuhkan suhu yang lebih dingin daripada suhu tubuh, yaitu 34–35 °C, sedangkan suhu tubuh normal 36,5–37,5 °C. Bila suhu tubuh terus-menerus naik 2–3 °C saja, proses pembentukan sperma dapat terganggu. Oleh karena itu, hindari memakai celana dalam atau celana panjang yang ketat. Usahakan tidak mengenakan celana dalam waktu tidur untuk menjaga suhu di bagian tubuh tersebut tetap sejuk. Janganlah merokok, karena penelitian menunjukkan bahwa perokok memiliki jumlah sperma lebih sedikit dibandingkan pria yang tidak merokok. Jangan mengonsumsi alkohol karena dapat mempengaruhi fungsi liver, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan estrogen. Jumlah estrogen yang tinggi dalam tubuh akan mempengaruhi produksi sperma. Usaha lain untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma adalah mengkonsumsi suplemen alami. Asam amino L-carnitine (ditemukan dalam daging merah dan susu) dan L-arginine (terdapat dalam kacang-kacangan, telur, daging, dan wijen) berkhasiat meningkatkan mutu sperma.

3. Gangguan di daerah setelah testis (posttesticular)

Gangguan terjadi di saluran sperma sehingga sperma tidak dapat disalurkan dengan lancar, biasanya karena salurannya buntu. Penyebabnya bisa jadi bawaan sejak lahir, terkena infeksi penyakit -seperti tuberkulosis (Tb)-, serta vasektomi yang memang disengaja.

4. Gangguan lain

Gangguan lain yang cukup sering kejadiannya adalah pelebaran pembuluh darah atau varises. Varises pada pembuluh darah yang menyuplai testeis disebut varicocele. Akibatnya, darah kotor yang seharusnya dibawa ke atas untuk dibersihkan, turun lagi dan mengendap di testis. Darah kotor yang mengendap mengandung zat-zat yang melemahkan sperma, seperti adrenalin dan sebagainya.

Penyebab Lain

1. Kelainan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh berguna melawan benda asing atau kuman penyebab infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Janin juga dilindungi dengan kekebalan ini agar berkembang baik. Kekebalan tubuh diperankan oleh antibodi. Antibodi bisa menyerang kuman (benda asing) karena ada antigen pada kuman tersebut. Jadi, antigen berperan sebagai “tanda pengenal” agar kuman dapat dikenali antibodi, baru kemudian antibodi dapat menghancurkannya. Akan tetapi, pada beberapa wanita terdapat kelainan adanya antibodi antisperma, akibatnya antibodi tersebut menghancurkan sperma yang masuk sehingga pembuahan gagal terjadi. Pada beberapa pria, juga terdapat kelainan berupa antibodi yang dimilikinya menyerang sperma karena sperma dianggap sebagai benda asing sehingga sperma menjadi berkualitas jelek alias tidak mampu membuahi sel telur.

Pada dasarnya, wanita tidak memiliki unsur antigen, seperti halnya pada sperma atau komponen plasma semen. Namun, pada saat wanita mulai berhubungan seksual dengan pria, dalam tubuhnya akan terbentuk antibodi antisperma terhadap antigen sperma. Pada tingkat tertentu antibodi masih dapat ditembus oleh sperma yang bagus kualitasnya dan dapat mengakibatkan kehamilan.

2. Infertilitas Sebagai Komplikasi Penyakit Lain

Penyakit-penyakit yang berkomplikasi infertilitas, antara lain: penyakit genetik, kencing manis (diabetes mellitus), penyakit kelenjar gondok, kelainan hormon, dan obesitas (kegemukan).

Pengobatan Bagi Pasangan Infertil

Bagi pasangan yang ingin dikaruniai keturunan, hendaknya senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, berikhtiar, dan bertawakkal. Berusaha dengan penuh kesabaran, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala pasti selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

Pasangan infertil sebaiknya pergi ke dokter, rumah sakit, atau klinik infertilitas untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klinik infertilitas yang ada di Indonesia, misalnya:

  • Klinik Permata Hati RSUP dr. Sardjito, Yogyakarta.
  • Klinik Fertilitas Graha Amerta RSU dr. Soetomo, Surabaya.
  • Klinik Yasmin RSUP dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Program kesehatan mungkin yang ditawarkan oleh dokter pada pasangan infertil cukup beragam tergantung penyebab infertilitas. Yang perlu diingat, dalam usaha memperoleh keturunan kita harus tetap memperhatikan rambu-rambu syariat. Janganlah demi memenuhi keinginan untuk mendapat anak sehingga kita menghalalkan segala cara.

Usaha- usaha yang Dianjurkan untuk Memperoleh Keturunan

  1. Berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Terutama dengan banyak-banyak beristigfar.
  2. Sabar, optimis, dan komunikasi yang baik antar suami-istri untuk memutuskan suatu terapi.
  3. Berperilaku hidup sehat, meliputi:
    1. Diet (pola makan) yang sehat
      • Jumlah asupan kalori ditujukan untuk mencapai berat badan ideal.
      • Karbohidrat kompleks merupakan pilihan dan diberikan secara terbagi dan seimbang, sehingga tidak menimbulkan puncak glukosa darah yang tinggi setelah makan.
      • Mengandung sedikit lemak jenuh dan tinggi serat larut.
    2. Latihan jasmani
      • Latihan jasmani teratur dapat memperbaiki kendali glukosa darah, serta mempertahankan atau menurunkan berat badan.
      • Latihan jasmani yang dianjurkan adalah dikerjakan sedikitnya selama 150 menit/minggu dengan latihan aerobik sedang (50—70% denyut jantung maksimal*), atau 90 menit/minggu dengan latihan aerobik berat (mencapai denyut jantung >70% maksimal). Latihan jasmani dibagi menjadi 3-4 kali aktivitas per minggu.
        *) Denyut jantung maksimal: 220-umur: contoh: seseorang berumur 50 tahun, denyut jantung maksimalnya adalah 220-50=170 denyut/menit.

Referensi:

  • Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Di Indonesia 2006.
  • Seleksi Pasutri Pada Kasus Infertilitas, oleh: H. Soehartono DS.
  • Skor Infertilitas Surabaya (Berdasarkan Faktor Risiko), oleh: Samsul Hadi.
  • Vitahealth. 2008. Infertil: Informasi Lengkap Untuk Penderita dan Keluarganya. Jakarta: Gramedia.
  • www.kesrepro.info.net
  • www.klinikyasmin.co.id
  • www.mhhe.com
  • www.wikipedia.com

***

Penulis: dr. Ian Danny Kurniawan (Abu ‘Ammar)
Artikel muslimah.or.id

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?

  • siti

    ass,…
    Dok saya sdh hampir 5 thn menikah tp blm hamil juga,..
    2 thn terakhir saya tidak teratur haid

  • Marlina

    saya sdh berumah tangga 5thn. kami blm mpy anak..
    apakah saya masih bs mpy keturunan…
    saya sdh berobt kemana2, katanya sel telur saya kecil2..
    apa yg harus saya lakukan..

    maksi…

  • lisa

    dok saya seorang wanita umur 33 thn sudah menikah 3 tahun tapi belum dikarunia anak,saya ada penyakit adenomyosis apakah saya masih bisa hamil?pantangan apa yg harus saya jalankan?dan pengobatan apa yg mesti saya jalankan krna sudah beberapa dokter tapi belum berhasil.miom dengan adenomyosis itu sama atau tidak yach dok?lebih sulit yang mana untuk memperoleh keturunan.thx

  • Imey caca

    Ass.wm.wb
    Saya wanita berumur 23 thn. sya sudah menikah tp ktika brhubungan intim brsama suami sy knp sperma sya gk prnh kluar. sedangkan suami sya maunya sya mengeluarkan sperma yg bnyk (becek). apa yg harus sy lakukan dok. trims

  • http://www.muslimah.or.id dr. Avie Andriyani

    # Karyudi

    Wanita yang mengalami pengangkatan rahim, bisa mengalami menopouse dini, yang disertai dengan berbagai keluhan akibat berkurangnya hormon estrogen. Di antara keluhannya adalah gangguan fungsi seksual, seperti tidak nyaman/nyeri saat berhubungan intim, kekeringan vagina, dll. Namun jangan khawatir, karena bukan berarti wanita tersebut tidak bisa menikmati hubungan intim. Yang penting adalah komunikasi dengan suami sehingga ada pengertian dan dukungan. Saran ana, banyak-banyaklah fitoestrogen yaitu zat mempunyai khasiat dan cara kerja yang menyerupai estrogen, sehingga bisa mengurangi keluhan menopouse. Fitoestrogen bisa diperoleh dari kedelai dan olahannya (tahu, tempe, tauco, dll), brokoli, wortel, jeruk, tomat, dan cabai. (dr. Avie Andriyani)

  • titik

    ass,,,,
    Sy seorang istri umur 25 th sdh menikah 4,5 th tp blm dpt momongan,,,,sdh 1 thn terakhir ini sy haid tidak teratur dan haidx jd lama sekali bs smpai 3 mgu, dg vol yg banyak,,,di miss V sy ada benjolan,sy pernah prksa ke bbrp dokter kandungan dan hslx rahim saya baik2 aja krn bnjolanx hny dijln lahir tdk smpi ke rahim,,,skrg kl sy hbs berhbgan dan smp orgasme, keluar darah yg menggumpal dr vagina,,,,apkah yg sdg sy alami ini dok dan mkn penyebab blm dikaruniai anak,,,keluarx drh stlh berhbgan tdk ada rasa sakit dan sy jg tdk prnh nyeri haid yg brlbhan,,,,mohon sarannya dok,,,? Terima kasih atas jwbnx,,,,

  • http://www.muslimah.or.id dr. Avie Andriyani

    # Titik

    Haid anti yang berlangsung lama (bahkan sampai 3 pekan) dan dengan volume darah haid yang banyak, disebut sebagai menoragia atau hipermenorea. Yaitu salah satu jenis gangguan haid yang ditandai dengan perdarahan haid yang lebih banyak dari normal(lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari), kadang disertai dengan bekuan (gumpalan) darah sewaktu haid. Perlu diketahui, bahwa siklus haid yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari.

    Ana sarankan anti untuk memeriksakan diri ke SpOG supaya mendapat penanganan yang tepat, karena haid yang berlangsung berkepanjangan dengan jumlah darah yang terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak darah sehingga memicu terjadinya anemia. Selain itu, kondisi haid yang tidak normal ini juga bisa mengganggu keberhasilan proses pembuahan. Sedangkan mengenai gumpalan darah yang keluar setiap kali berhubungan, maka kemungkinannya bisa jadi akibat gesekan pada benjolan di miss V atau bisa juga penyebab lainnya. Ana sarankan juga untuk rutin melakukan papsmear. (dr. Avie Andriyani)

  • http://www.muslimah.or.id dr. Avie Andriyani

    # Imey Caca

    Setiap kali berhubungan suami istri, seorang wanita memang mengeluarkan semacam cairan yang fungsinya sebagai semacam pelumas supaya tidak nyeri ketika penetrasi. Perlu pendahuluan yang cukup sehingga anti rileks dan bisa mengeluarkan cairan dalam jumlah yang cukup (seperti yang suami anti inginkan). Selain itu, komunikasikan setiap keinginan atau masalah yang mungkin bisa menjadi penghambat, misalnya kecapekan atau yang lain, sehingga hubungan intim bisa dinikmati oleh kedua belah pihak. (dr. Avie Andriyani)

  • http://www.muslimah.or.id dr. Avie Andriyani

    #Lisa

    Adenomyosis adalah masuknya endometrium (jaringan yang melapisi dinding rahim) ke dalam myometrium (jaringan otot rahim). Gejala yang sering muncul adalah nyeri haid, haid yang lama dengan darah yang banyak bahkan bergumpal-gumpal, serta pembengkakan rahim. Sedangkan myoma adalah tumor jinak di myometrium yang pembesarannya terkait hormon estrogen. Jadi ada perbedaan antara adenomyosis dengan myoma, karena adenomyosis bukanlah tumor dengan batas yang jelas seperti halnya myoma.

    Tidak ada penelitian/bukti yang jelas mengenai hubungan antara adenomyosis dengan ketidaksuburan, tapi diketahui bahwa beberapa wanita dengan adenomyosis bisa tetap hamil. Jadi, anti tidak perlu khawatir. Penanganan adenomyosis bisa dengan obat-obatan, operasi, atau kombinasi keduanya. Untuk pemilihan treatment, sebaiknya konsultasikan kepada dokter Sp.OG yang memeriksa.

    Tidak ada pantangan khusus bagi penderita adenomyosis, tapi ana sarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjauhi stres. Jangan lupa berdoa pada Allah Taala, semoga lekas dikaruniai anak.

  • http://www.muslimah.or.id dr. Avie Andriyani

    # Marlina

    Keadaan sel telur yang anti alami disebut sebagai PCO (Polycystik Ovarii) yang bisa dideteksi dengan pemeriksaan USG Transvaginal. Sedangkan jika disertai dengan gejala lain, seperti haid jarang (dengan darah sedikit/bercak, bahkan tidak haid), ada gejala tingginya hormon pria/hiperandrogen (berbulu, berkumis, berjerawat, dll), dan kadar gula cenderung meningkat, maka disebut PCOS (Polycystic Ovarii Syndrome).

    Untuk penanganan, salah satunya dengan obat-obatan untuk diabetes/kencing manis. Untuk program hamil, konsultasikan dengan dokter Sp.OG anti. Biasanya dilakukan upaya untuk meningkatkan kesuburan dan memantau kematangan sel telur (apakah terjadi ovulasi). Jika tidak berhasil, kadang dilakukan tindakan operasi. Biasanya wanita dengan sel telur kecil-kecil memang lebih sulit hamil, namun bukan berarti tidak bisa hamil. Hendaknya anti banyak berusaha, berdoa dan tawakal kepada Allah Azza wa Jalla. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan menghindari stres. Semoga bisa cepat mendapatkan momongan.

  • lysari

    assalamualaikum wr wb. saya pd bln jan melakukan laparaskopi, karena saluran telur non patent. setelah itu melakukan tapros sebanyak 3X. pada saat tapros saya tetap mengalami haid. tapi setelah selesai tapros haid saya tidak kunjung datang. yang saya ingin tanyakan, apakan selama saya blum haid saya tidak dapat mengalami kehamilan? krn saya bingung menentukan masa subur. mohon masukan dan pencerahannya. terima kasih. wassalam

  • Aria

    saya sudah menikah 2th sampai saat ini belum di karuniai momongan n sikul haid saya 35. dan apabila haid haya berlangsung 3 hari itupun dalam 3 hari hanya sehari banyak dan dua harinya hanya flex saja. apakah itu ciri dari tersumbatnya saluran telor saya. terima kasih.

  • hanik hidayati

    saya 38 th suami 45 th sudh 13 th menikah blm punya keturunan ,hasil pemeriksaan suami astenozoosperma,hasil hsg saya 1.CERVICITIS
    2.UTERUS NORMAL DG 2 TUBA PATENT. Siklus haid 28 hr rutin dn tidak mengalami keluhan ,sekarang ini sy lg berusaha menyakinkan suami untk insem atw bayi tabung ,
    pertanyaan saya :
    1apakah dg kondisi saya masih memunginkan untk program tsb ?
    2 rumah sakit mana & siapa dokter muslim yg bisa jd rujukan program tersebut ?
    terima kasih
    wassalam
    hanik

  • nur halimah

    dok saya wanita usia 26 tahun dan menikah sudah 8 tahun dan belum memiliki keturunan, tinggi badan saya 150 cm dan berat badan saya 78 kg. saya mendapatkan menstruasi terakir ketika saya kelas 3 SMA,sampai sekarang saya tidak mendapatkan menstrusi,apakah saya mengalami infertilitas bahkan sudah mengalami menopouse. bisa kah saya hamil dan mendapatkan mestruasi saya seperti wanita nornal. trimakasih. karena saya sangat menginginkan seorang anak.

  • elly

    ass…
    saya menkah baru 1.5 tahunan umur 43 , suami 52 th, dengan diagnosa dokter menghidap mioma uteri dan kista indung telur.
    apa saya bisa memiliki keturunan dan apa yang harus saya lakukan
    komentar dokter hidrotolpig /hydrosalping apa maksudnya
    makasih saran

  • ummu salmaan nuruulaeliy

    Bismillaah
    Assalaamu`alaikum … baarokallohufiik dokter .
    Ana sudah menikah di th ke-3 , 3 bulan lalu ana dikuret kehamilan pertama pekan ke-11 .
    dokter bagaimana prosedur medis yang harus ana jalani untuk mendapatkan *buah hati*
    jazaakumullohu khoiron

  • hesti

    assalamualaikum dokter,,
    nama saya hesti umur 25 th..sudah 7bln ini menikah dan di bulan september kmrn saya priksa di vonis kista <2cm,saya di beri provula 10 tablet dan disuruh fisioterapi UKG sebayak 10x.yang sayatanyakan apakah saya termasuk infertile kok diberi provula?dan apakah saya bisa hamil dokter?makanan apa saja yang harus dihindari..terimakasih dokter
    wassalamualaikum wr wb.

  • dea mariska

    hai all mom wanna be,
    Sy mau share aj,sy mnikah 21bulan tinggal d pontianak, sy dvonis tuba kr non patent pd bulan ke9.stlh it kami trs mngikuti program ksuburan dg memantau tiap bulan sel telur mana yg tumbuh.tetapi blm jg ad tanda2 sy hml.sampai sy dbaeritahu teman untuk urut ibu2 tukang urut.3hari brturut2 tiap pg sy diurut ringan tdk trasa skt, dan bln berikutnya sy telat 3hr,sy testpack +,subhanallah.Ilmu Allah sangat luas

    • Nella A.P.

      tukang urutnya alamatnya dimana,ya, mbak? kebetulan saya juga tinggal di pontianak. udah setahunan menikah.

  • tina

    Dok, sy wanita usia 37 thn sudah 9 thn menikah tp blm pny keturunan.haid sy teratur n rutin. tlg rekomendasinya dok, ke RS mana yg ada klinik infertil nya. sy domisili di tangerang, banten. tks

  • nina

    apakah di bandung ada dokter ato rs untuk konsultasi infertilitas

  • trie

    Aslm
    saya penderita PCO apakah bisa hamil???
    bgmn cr pengobatan yg tepat??
    sekarang saya lg minum provera untuk merasang haid saya apa itu tepat??
    jazz

  • nhia

    Asslmkm…dok umur sy 33th dah mw 7th mnikah wkt pernikahan ke 6th sy blm jg pny anak tp pas bln mei 2011 sy hamil tp diusia kandungan 23w sy mengalami iufd trs stlh mlahirkan sy bersih nifas slma 25hr lalu mjlang 40hr’y sy haid sampe 9hr,apa itu disebut sy subur ? trs apakah sy msh bs hamil dlm wkt dekat ??? sy mohon jwbn’y trim’s

  • bayu aramco

    dok, gimana ya isteri sy takut sekali wkt di hsg, hingga gagal hsg, katanya entah sakit atau takut yg berlebihan, dinasehatin sulit sekali. apa ada hsg yg tidak sakit ya? mohon info nya, trmksh

  • emi

    ass.. Dok,
    Sy perempuan 25th, usia pernikahn 1 th, belum mmiliki kturunan. Sy sudah usg n rahim sy baik,tp 13 hari dr haid sy tdk mengeluarkan cairan (lendir). Dan suami blm check qualitas sperma,karna sy pikir,, dr molaritas sperma suami sy bagus, tidak encer. Apa penyebab sy blm hamil ya dok? Apakah sperma yg tidak encer blm tentu memiliki qualitas yg bagus? Bagaimana tanda2 ovulasi? Apakah trauma psikis dapat menyebabkan anovulasi? mohon info nya dok,, trima kasih..

  • emot

    aslmk, wr.wb.
    Langsung sj ya dok, sy adalah sorang istri berumur 27 thn. Sy menikah pd umur 25 secara tdak langsng sy sdah 2 thn menikah. Tentunya memiliki mo2ngan adalah harapan besar sy dan suami, sy sdah k beberapa dokter kandungan d daerah dekat kami tinggal. Tp dr be2rapa dokter yg sdah kami datangai mengatakan bahwa penyebab susahnay sy utk mendapatkan mo2ngan adalah karena rahim sy tidak subur. Itu karena haid saya tdk teratur, sy haid 2 bulan sekali. Selain itu, akhir2 ini sy sering keputihan yg menurut sy berbeda ketika sy msh gadis dl. keputihan sy menggumpal dan gatal sekali, pernah d obati namun kambuh lagi. Yg mau sy tanyakan, apakah d klinik infertilisasi kesuburan rahim sy bs d atasi, utk mempermudah sy memperoleh keturunan. kemudian apakah keputihan itu salah satu penyebab ketidaksuburan sy. Kalau sy mau k klinik yasmin utk info pendaftaran kmana sy harus menghubunginya? Trmksh sebelumnya, wslmk..

  • dewi gunarti

    assalamualaikum wr wb. saya sudah menikah 1.5 th,sampai saat ini belum di karuniai momongan. haid saya normal 3/5 hari dengan siklus 28/31 hari. diawal haid sering sakit. umur saya dan suami 30 tahun, sudah pernah periksa kedokter hasil sementara rahim saya baik baik saja, suami merokok dengan hasil pemeriksaan sperma “oligo astheno teratozoospermia”. dimohon masukan dan bantuanya dok :
    1. apakah kami masih bisa memeliki keturunan dengan normal ?
    2.seandainya hrs bayi tabung, apakah masih memungkinkan dengan usia kami yang sekarang.
    3. bisakah sperma suami saya kembali normal dok, dan bagaimana cara mengatasinya..
    terimah kasih.wasalam

  • Ika Kumala

    Ass. Wr Wb
    Dokter, saya wanita berumur 32 thn sdh berumah tangga selama 6 thn dan sudah mempunyai seorang putri berusia 4 thn. Setelah anak berusia setahun saya di diagnosis mengidap hipertiroid. yang ingin saya tanyakan, apakah hipertiroid mempengaruhi kesuburan saya? krn sampai dgn skrg saya jg blm hamil lg pdhal tidak pernah KB dan Haid saya lancar.

    Atas Jawabannya, saya ucapkan Terima Kasih.
    Wass.

  • yulia

    asssalamungalaikum….q mo tnya dok…umur saya 22 tahun…sya blum prnah haid slma ini..sya cba cek ke dktr kndungan…kta dkter saya agenesis uterus…sya mrasa dunia ini rntuh saat mndgarnya…stlah bbrpa thun sya mncba mmbranikan dri ntuk 2nd opinion ke dktr ahli usg..trus kta dktr itu kran rahim saya trllu kcil 2,6 cm…dsrankn untk k dktr kndgan..trus sya cek ktanya sya mengidap amenhora primer..trus sya dmnta untuk cek k klink infrtlitas,,,mnrut dktr bgaimna???

  • yuli

    assalamu’alaikum??saya seorang wanita yg mengalmi amonerae primer..sya sdah usg kta dktr ovrium sya hnya trlhat 1 dan brukuran lbh bsar dri nrmalnya…kmdian sya dsruh ck hrmn…kt dktr hrmn kwntaan sya tr llu tgi…bgaimna ini dk?aplgi sya dblngin dktr klo tdk haid2 sy hrus loporaskopi..sy amat down skli…

  • dr. Ika Kartika

    @ Ibu Ika Kumala

    Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

    Hipertiroid dapat mempengaruhi kesuburan wanita salah satunya karena menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Namun pada kondisi hipertiroid yang terkontrol dengan baik, sepengetahuan kami, kesuburan dan kehamilan tidak banyak dipengaruhi, apalagi dengan jadwal siklus bulanan yang lancar dan teratur.

    Jika selama ini kondisi hipertiroid Ibu terkontrol dengan baik, kemungkinan ada faktor lain yang mempengaruhi hingga belum hamil sampai saat ini, baik dari Ibu maupun dari suami. Kami sarankan Ibu untuk melakukan pemeriksaan kesuburan kembali begitu juga dengan suami Ibu.

  • dr. Ika Kartika

    @ Ibu Yulia

    Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

    Jika amenorrhea primer yang Ibu alami disertai dengan perkembangan karakteristik seksual sekunder seperti maturasi bentuk payudara, dan rambut pubis, maka kemungkinan Ibu mengalami amenorrhea primer dengan ovulasi (fungsi endometrium normal), dan darah haid tidak keluar diakibatkan adanya penyumbatan dari dalam organ-organ reproduksi, dan jika sumbatan dapat diatasi misalnya dengan koreksi operasi/bedah, diharapkan kehamilan masih dapat terjadi (pada kondisi rahim yg normal). Ukuran rahim yang kecil memang dapat menyulitkan kehamilan, namun masih dapat dicoba mengoreksi keadaan tsb dengan terapi hormon. Sebaiknya Ibu memang berkonsultasi ke klinik penanganan infertilitas untuk mengetahui langkah apa yang dapat ditempuh beserta keuntungan dan risikonya.

  • Nurjanah

    Ass. . .
    Nama saya nurjana,usia 21 thn dan blm menikah.
    Satu bulan yg lalu saya habis menjalani oprasi kista ovarium. Dan kista ad pada k’dua ovarium saya,kiri dan kanan. Ovarium yg kanan saya harus di angkat krna kista sudah besar,sdangkan yg kiri di bersih kan,tp kta dokter saya harus menjalani suntik sbln skali slama 3 bln agar saya tidak mengalami datng bln,tp saya hanya suntik satukali saja. Saya mu tanya,bagai mana cra pencegahan kista polisistik tanpa harus menjalani suntik yg 3 bln it,soal’y obat satukali suntik’y mahal dan makanan ap yg harus saya pantang agar mencegah kista tidak tUmbuh kmbali??
    Terimakash,mohon jawaban’y. . . .

  • isdwi

    dok,sy sdh nikah 6,5th blm hamil jg,hasil pemeriksaan suami oat,apa saya msh bisa hamil normal.tks

  • yulia

    ??????????’???????..?? dok…saya. yulia yg mengidap amonerae primer……alhmdllh stlh saya knsltsi ke klnik infertlts djgja saya sudah haid..kndisi profl hrmn. Kwanitan saya trllu tinggi katanya….trus sya dberi obt prothira…alhmdllh bbrp hri stlh obt hbs sya bsa haid…ap brrti pnybb amnrae prmer yg sya almi krn prgstrn sya sdkt y dk?trus krna klinik djgja jraknya lmyan jauh dr tmpt tgl sya akhrnya sya mnrskn pngbtan drs dkt tgl sya kdian saya dberi pil sprti pil kb dok….nmanya pil yaz….a lgkh saya bnar dok???mohon kmntrnya…ya mnruskb. Pn

  • http://ummushofiyya.wordpress.com dr. avie

    # aria
    Haid yang hanya berlangsung 3 hari dan jumlahnya sedikit tidak selalu mengindikasikan adanya sumbatan pada saluran telur. Keadaan seperti itu bisa dipengaruhi oleh kondisi hormonal juga. Jika Anda sudah menikah tapi belum juga mendapatkan keturunan, anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Lamanya dan banyaknya darah haid tidak mutlak menentukan kesuburan seorang wanita. Jadi, jangan terlalu khawatir.

  • http://ummushofiyya.wordpress.com dr. avie

    # nur halimah
    Kondisi infertilitas merupakan kondisi belum juga hamil setelah 1 tahun menikah dengan frekuensi hubungan suami istri yang teratur. Sehingga kondisi yang Anda alami memang sudah bisa dikategorikan sebagai kondisi infertilitas. Sebaiknya Anda menemui dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan2 penunjang dalam rangka mencari tahu penyebab infertilitas tersebut. Dokter biasanya akan meresepkan obat perangsang haid dan kemudian memantau perkembangan haid Anda, dan kemudian merencanakan program hamil secara alami terlebih dahulu.

  • http://ummushofiyya.wordpress.com dr. avie

    # hanik hidayati
    Kondisi cervicitis bisa mengganggu proses pembuahan, maka segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan. Kami sarankan juga pada suami ibu hanik supaya menemui dokter andrologi untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai hasil labnya yang astenozoosperma.

  • http://ummushofiyya.wordpress.com dr. avie

    # elly : Hydrosalphing adalah kondisi di mana tuba fallopi membengkak karena terisi cairan yang dihasilkan mukosa (selaput lendir) tuba falopii. Cairan itu tidak bisa keluar melalui ujung distal (bawah tuba falopii). Karena itu, ujung tuba falopii buntu atau buntu sebagian (kurang lancar).

    Hydrosalphing umumnya disebabkan proses infeksi. Jika kondisinya sudah kronis dan terjadi kerusakan parah selaput lendir, cilia-cilia yang berfungsi menggerakkan spermatozoon dan zigot bisa hilang. Kalau itu terjadi, tuba falopii tidak bisa berfungsi dengan baik, meski kondisinya masih paten (berlubang).

    Untuk mengetahui apakah masih bisa hamil secara normal, harus dilihat kerusakan tuba falopii itu. Jika hidrosalphing-nya tidak berat, tuba falopii masih bisa berfungsi maka kehamilan normal masih dimungkinkan.

    Untuk penanganan kista dan miom sebaiknya dikonsultasikan pada dokter kandungan dan dipantau terus perkembangannya.

  • http://ummushofiyya.wordpress.com dr. avie

    # um salman nurulaely : Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan saat yang tepat untuk hamil lagi setelah mengalami keguguran. Misalnya, kasus keguguran tersebut merupakan kehamilan pertama atau bukan, apa penyebabnya, berapa umur ibu sekarang, dan bagaimana kondisinya. Jika semuanya normal, maka sekitar 2-3 bulan setelah menstruasi biasanya ibu sudah boleh hamil lagi. Kondisi yang dianggap tidak normal adalah jika kehamilan yang mengalami keguguran tersebut merupakan hamil anggur, karena berpotensi menjadi penyakit trofoblas ganas, yaitu semacam tumor dalam rahim yang terbentuk dari jaringan sel-sel bagian luar pada awal terbentuknya janin, dan bisa menyebar sampai ke paru-paru, otak atau hati. Untuk kasus khusus seperti ini, ibu perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan dan jika tidak ada tanda-tanda keganasan pada trofoblas, barulah ibu boleh hamil lagi

    Jika ibu nurlaely berencana hamil lagi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan :
    ? Berusaha menata kembali perasaan bersedih karena keguguran tersebut. Terimalah semua takdir yang telah ditetapkan oleh Allah taala dan banyak berdoa agar diberi keturunan yang shalih/shalihah serta diberi kekuatan selama menjalani masa kehamilan sampai melahirkan. Jiwa yang tenang dan bebas stres sangat berperan dalam keberhasilan proses kehamilan.
    ? Periksa ke dokter kandungan, sehingga faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya keguguran dapat diketahui dan ditangani dengan baik.
    ? Terapkan pola hidup sehat, seperti olahraga secara teratur, makan makanan bergizi, istirahat cukup, tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat, mengurangi konsumsi kafein dan menjauhi rokok.

  • Asep

    Waalaikumussalam warrahmatullahi wabarkatuh

    Saya umur 42thn dan istri saya 43thn kami sudah menikah sekitar 15thnnamun belum di beri keturunan
    Dan sudah mencoba melakukan bayi tabung beberapa kalii tetapi selalu gagal.,! Pada saat pertama kali melalukan proses bayi tabung pembentukan embrio berkembang normal dan di kembalikan ke dalam rahin istri saya, namun hasilnya gagal, dan kami sudah mencoba beberapa kali namun hasilnya selalu gagal,

    Dan yang terakhir kali saat pembentukan embrio lambat bahkan dari sekian sel telur yg berkembang cuma satu sisanya tidak ada perkembangan,.

    Yang ingin Saya tanyakan apa penyebab pembentukan embrio pada proses bayi tabung lambat,?

  • lia

    assalamungalaikum dok…saya lia umur 23 th sdh mnikh ..dulu sya amenorea primer..tpi stlah ke dokter dan diberi prothyra saya bisa haid…tpi kalo tidak minm prothira saya tidak haid dok…menurut dokter apa yg trjdi dengan saya??apa amenirea primer saya dikarenakan tidak adanya ovulasi ataukh krena kurangnya hormon progesteron???trimakash atas jawbnya…wassalamungalaikum…

  • http://[email protected] zul aidah

    Assalamualaikum dok,, sy usia 20thn dan suami 31th, kami menikah sdh 8bln, dan blum jg hamil. Seetelah ikut promil dan hasilnya sel telur sy kecil2 ukuran 3mm, paling bsar hanya 5mm… Apakah sy bisa hamil dok?

  • ifa

    Sore dok….
    Dok,usia saya 35 tahun sudah menikah selama 6 tahun saat ini sy sedang mengalamai hipertiroid dan sedang mengkomsumsi PTU 100gr,sy sangat menginginkan kehamilan dok apakah sy bisa langsung promil sedangkan hipertiroidnya blm normal ?

  • Sinta

    Ass dok, saya usia 20, belum pernah melakukan hubungan intim, yg saya mau tanyakan, saat haid biasanya wanita normal 7hari, namun saya hanya 3-4hari, di hari pertama dan seterusnya haidnya tidak pernah banyak, dan saat hari-hari biasa, di bawah perut(rahim) seperti ada rasa nyeri-nyeri namun tidak terlalu sakit, kejadian seperti ini sudah berlangsung 1 tahun terakhir, ini termasuk penyakit, atau hanya stress dok?.
    Terimaksih.

  • kurnia

    Pagi dok. Sy wanita usia 30 thn. Sy baru menikah 2 bln lalu. Suami saya mengalami penis yg tdk.dapat keras. Bisa keras hny 80 persen. Bgamana menangani keluhan ini dok. Dan RS mana yg hrs kami datangi di kotamadya Tangerang.